steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Lakukan Hal Simpel Ini Agar Hidup Semakin Sehat!

Halo, Sobat Blogger!

Cara Simpel Hidup Sehat

Semenjak pandemi ini kita jadi semakin semangat untuk hidup sehat, ya. Sudah mulai melakukannya kah? Wah, kalau sudah luar biasa sekali. Masih banyak loh yang enggan untuk melakukan hidup sehat. Selain itu, menganggap enteng virus ini hingga bodo amat. Duh, serem!

Nah, sudah saatnya sih kita aware dengan masalah ini. Salah satunya bisa dengan olahraga sepeda, selain tetap menjaga imun tubuh pastinya. Sudah saatnya benar-benar kita jaga, agar si virus nakal ini enggak mudah hinggap di tubuh kita. Benar enggak? Enggak hanya yang kerja di luar rumah saja, tetapi untuk yang WFH atau untuk freelancer juga butuh loh menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga Ingin PCR Test Drive Thru di Jakarta? Cek Dulu 7 Hal Ini!

Lalu, apa saja yang perlu kita lakukan agar hidup semakin sehat? Ada beberapa hal yang perlu kita coba nih. Semoga dengan menerapkan pola hidup sehat ini, tubuh dan jiwa kita pun semakin sehat, ya. Simak ulasannya berikut ini :

1. Atur Stress

Cara Simpel Hidup Sehat

Mengapa atur stress? Sepertinya seseorang tak bisa jika tak stress. Pasti ada saja hal-hal yang membuat dirinya stress. Untuk itu aturlah stress itu sedemikian rupa, agar tak mengganggu jalannya pola hidup sehat yang sedang kita lakukan.

Bagaimana caranya? Jika kita sedang banyak sekali pikiran, coba deh untuk menenangkan pikiran sebentar saja. Lakukan hal yang disukai dan tinggalkan sebentar hal-hal yang bikin stress.

Biarkan pikiran kita lebih rileks dalam menghadapi masalah atau apapun itu yang membuat stress. Dengan atur stress kita, kita akan lebih mudah untuk mengatur jadwal pola hidup yang telah kita buat. Awalnya memang sulit, tapi ini harus dijadikan kebiasaan. Agar mudah menjalani hidup sehat.

2. Luangkan Waktu Olahraga

Olahraga itu penting, minimal 10 menit setelah bangun tidur dan 15 menit sebelum tidur. Lakukan saja olahraga ringan seperti pemanasan atau senam. Rutinkan setiap hari atau seminggu 3 kali. Setidaknya dengan olahraga, badan akan lebih fresh.

Selain itu, pola tidur pun akan lebih terjaga. Biasanya orang yang rutin olahraga, tidurnya bisa maksimal loh. Pas tidur tak sering insomia dan pas bangun badan jadi lebih segar dari biasanya. Coba, yuk!

Baca juga Waspada Terhadap Virus Corona Tanpa Perlu Panik, Begini Tipsnya!

3. Makan Tidak Berlebih & Konsumsi Makanan Sehat

Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Dengan begitu kita enggak akan makan berlebihan. Kenapa enggak boleh? Karena akan membuat berat badan tubuh overweight atau lebih parahnya obesitas. Nah, kalau sudah begini kan jadi repot mau menurunkan berat badan. Enggak mudah loh menurunkan berat badan.

Jika masih lapar, ganti cemilan dengan buah atau susu diet. Kurangi makanan yang mengandung karbohirat berlebih. Jika tak begitu suka buah, coba saja dengan buah yang disukai. Makan buah itu-itu saja untuk permulaan tak apa loh. Nanti lambat laun bisa coba buah-buahan lainnya. Atau oatmeal juga boleh. Yang penting ketika ngemil konsumsi makanan sehat.

4. No Smoking!

Rokok itu tak baik untuk tubuh. Malah di dalam islam, merokok itu haram karena menyakiti diri sendiri. Mengakibatkan bisa membunuh. Nah, loh! Jadi, ada baiknya untuk tak merokok. Jika masih merokok, coba pikirkan kembali pola hidup sehat yang seperti apa yang ingin dijalankan?

Pola hidup sehat tak ada anjuran untuk merokok. Bisa jadi niat pola hidup sehat tak benar-benar dari hati. Hanya mengikuti trend agar dianggap keren. Jadi, pikir ulang untuk melakukan pola hidup sehat tetapi masih merokok.

Baca juga Cek Dulu 5 Hal Ini, Sebelum Pakai Jasa Penyemprotan Disinfektan!

5. Rajin Cek Berat Badan

Cara Simpel Hidup Sehat

Cek berat badan seminggu sekali untuk melihat apakah berat badan tetap stabil atau malah naik. Jika pola hidup sehat yang kita terapkan, berat badan akan ideal. Jika mengalami obesitas atau overweight perlahan akan turun.

Berat badan turun perlahan lebih baik daripada sekaligus langsung banyak. Biasanya berat badan yang sekaligus turun banyak, pola hidup yang dilakukan cenderung salah. Tapi memang tak semua, tergantung dari cara dietnya.

6. Jangan Lupa Istirahat

Istirahat itu penting, jadi jangan dilupakan untuk istirahat. Seperti tidur siang dan tidur malam dibawah jam 11 malam. Agar tubuh juga mendapatkan istirahat yang layak. Istirahat salah satu cara untuk memulihkan tubuh dari banyaknya aktivitas kita setiap hari.

Jadi, jangan biarkan tubuh bekerja terlalu lelah. Nanti akan timbul stress dan pola hidup sehat akan jadi berantakan.

Baca juga Ada 3 Klinik yang Tersedia di RS Panti Waluyo, Cek Informasinya!

7. Minum Vitamin

Jangan lupa minum vitamin setiap hari. Ini untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Pilihlah vitamin yang herbal dan bukan obat-obatan kimia. Vitamin herbal biasanya tidak ada efek samping, beda dengan vitamin yang berasal dari obat-obatan kimia.

Saya sendiri rutin konsumsi habbatussauda dan madu setiap hari. Ini salah satu vitamin herbal yang bisa kita coba agar tubuh tetap fit dan tak mudah sakit.

8. Ibadah Khusyuk

Cara Simpel Hidup Sehat

Ibadah khusyuk salah satu pola hidup sehat. Kenapa? Karena sehat kita ini adalah anugrah dari Yang Maha Kuasa. Caranya dengan ikhtiar dengan 7 cara diatas. Namun, jangan lupakan doa kepada Allah, agar Allah senatiasa meridhoi kita agar selalu sehat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Berikut ini doa yang bisa kita amalkan agar diri ini dijauhkan dari penyakit berbahaya,

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Allāhumma innī a‘ūdzu bika minal barashi, wal junūni, wal judzāmi, wa sayyi’il asqāmi.

Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.”

Jangan lupakan juga dzikir pagi petang, untuk setiap hari dibaca. Agar Allah senantiasa menjaga kita setiap saat. Kepada siapa lagi kita meminta jika bukan kepada Allah Ta'ala? Untuk itu, hidup sehat yang kita jalani ini, juga minta kepada Allah. Semoga ikhtiar kita selama ini membuat tubuh kita senantiasa selalu sehat. Aamiin.

Baca juga Wah, Ternyata Manfaat Habbatussauda Itu Sangat Hebat Loh!

Nah, itu tadi beberapa hal simpel yang bisa kita lakukan untuk pola hidup sehat. Apakah kamu telah menerapkannya? Jika sudah, biasanya apa saja yang kamu lakukan? Sharing yuk, di kolom komentar di bawah ini, ya. Semoga bermanfaat.

Salam,

Comments

  1. Subhanallah.... Terimakasih untuk tips-tipsnya yang bermanfaat kak. Semoga kita juga selalu dekat dengan Allah

    ReplyDelete
  2. Kalau saya berusaha makan sehat, berjemur, banyak gerak dan minum vitamin. Emang sih ya menjaga kesehatan saat pandemi ini satu keharusan banget semoga kita semua senantiasa sehat ya mbak..

    ReplyDelete
  3. Terus terang aja kak selama masa pandemic seperti ini Aku beneran tidak berani melihat timbangan, soalnya aku takut malah stress

    ReplyDelete
  4. Terus terang aja kak selama masa pandemic seperti ini Aku beneran tidak berani melihat timbangan, soalnya aku takut malah stress

    ReplyDelete
  5. Aku berharap bisa tetap sehat walau sudah tua. Emang kalau umur ga ada yg tahu namun setidaknya kita ikhtiar dengan sehat kita

    ReplyDelete
  6. Benar sekali kak ,mengatur ke 8 hal ini yang agak riskan stress ya kak. kalau udah stress melanda semuanya berdampak kepada 7 lainnya, semoga kita semua gak usah stress2 lah ya. bersyukur aja.

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya sehat tuh simpel ya mbak, asal mau rutin buat melakukan hal2 yg telah mbak sebutkan tadi, tips2nya noted banget nih buatku yg masih berproses dlam menjalani hidup sehat

    ReplyDelete
  8. Kak tulisannya bermanfaat banget!! Makasih doanya, udah aku ss untuk aku baca habis sholat. Semoga kita tetap diberikan kesehatan dan dijauhi dari segala penyakit. Amiin

    ReplyDelete
  9. Atur stress ini yg mungkin agak sulit ya... Kadang masalah tiba2 muncul dan tiba2 pula kita kepancing untuk bereaksi berlebihan. Kuncinya memang harus rileks, santai, tenang dalam menghadapi masalah. Makasih kak tipsnya

    ReplyDelete
  10. Nnah di bagian makan ini yg agak susah nahannya kak..apalagi pas selesai sepedaan... biasanya lapar melanda... butuh perjuangan juga menahan agar ga kebabalasan...

    ReplyDelete
  11. Namanya hidup sudah pasti ada stres Ya kan Kak Steffi.
    tapi stres memang harus diatur supaya tidak menjadi distress. Alias stres yang buruk. Yang menyebabkan kesehatan menjadi terganggu.
    Kalau aku banyak-banyakin stay positive kak. Satu lagi suka bomat. Alias bodo amat. Hehe

    ReplyDelete
  12. Semuanya bisa dilakukan sih mesih agak berat. Tapi dari semuanya yang menurutku paling berat adalah rutin olahraga. Huft
    Maklum, badanku udah obes level 1. :(

    ReplyDelete
  13. Kalau yang badannya agak segeran terus sering nimbang badan apa malah gak makin stress Mbak? Pernah nonton tu si Upin Ipin, Kak Rose malah teriak ngeliat angka berat badannya. Hahaha.

    ReplyDelete
  14. Aku rajin cek berat badan kak, soalnya emang lg menjalani diet OCD hihihi

    ReplyDelete
  15. Olahraga ini yang masih belum bisa konsisten nih aku. Masih suka bolong. Padahal kalau udah olahraga, tidur pun nyenyak. Tapi, buat konsistennya itu.. Ampun

    ReplyDelete
  16. di masa padnemi gini memang kita harus mengendalikan kesehatan ya mbak steffi. mulai dari pola makan dan pola pikir juga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top