steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Wah, Ternyata Manfaat Habbatussauda Itu Sangat Hebat Loh!

Halo, Sobat Blogger!

manfaat habbatussauda

Manfaat habbatussauda atau yang biasa di kenal dengan jintan hitam ini ada banyak, loh. Mungkin yang paling kita tahu, manfaat habbatussauda ini adalah bisa menyembuhkan segala penyakit. Yap, ini memang benar. Seperti yang kita ketahui dalam hadist, ini.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa ia pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: “Sungguh dalam habbatus sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Saya bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian”. (Hadist Bukhari)

Masyaallah, tumbuhan kecil yang telah Allah ridhoi untuk tumbuh di dunia ini ternyata manfaatnya sangat hebat sekali, ya. Segala penyakit pun bisa sembuh dari habbatussauda ini dengan izin Allah. Untuk itu, banyak sekali yang memanfaatkan tumbuhan ini untuk diolah ke berbagai macam produk. Tujuannya satu, yaitu untuk memberikan manfaat yang besar kepada semua orang.

Baca juga Beberapa Bahan Alami Untuk Atasi Mata Bengkak!

Apa Kandungan Habbatussauda?

manfaat habbatussauda

Habbatussauda atau jintan hitam memiliki banyak kandungan yang baik, yaitu beberapa vitamin dan mineral seperti tembaga, fosfor, zat besi, dan zink. Selain itu, juga memiliki kandungan karoten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A oleh hati.

Tak hanya itu saja, di dalam biji jintan hitam terdapat kandungan asam lemak tak jenuh seperti asam linoleate dan asam oleat. Ternyata si kecil jintan hitam ini terdapat juga kandungan asam jenuh seperti asam palmiat dan asam stearat. Saponin dan senyawa alkaloid juga ditemukan di dalam jintan hitam.

Memang tumbuhan kecil satu ini memiliki beragam kandungan. Pantas saja manfaat habbatussauda ini sangat banyak.



Apa Saja Manfaatnya?

manfaat habbatussauda

Seperti yang kita tahu manfaat habbatussauda itu ada banyak seperti untuk kecantikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Untuk itu manfaat habbatussauda saat ini sedang digandrungi di masyarakat. Kita simak lebih lanjut tentang manfaat habbatussauda, yuk :

1. Dapat Menyembuhkan Segala Penyakit

Hal yang paling hebat dari habbatussauda ini adalah bisa menyembuhkan segala penyakit. Sudah jelas dari hadists di atas perkataan dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka, dari itu banyak yang merutinkan untuk mengkonsumsi habbatussauda ini.

Kandungan habbatussauda yang memiliki sifat antibakteri dan antivirus ini bisa membantu menyembuhkan segala penyakit. Selain itu, dapat juga melancarkan peredaran darah. Jika rutin dikonsumsi dan yakin Allah akan menyembuhkan penyakit yang kita derita. Insyaallah, akan sembuh atas izin Allah.

2. Dapat Bisa Untuk Program Hamil

Habbatussauda juga dikenal bisa untuk program hamil. Bagi yang ingin segera memiliki keturunan. Konsumsi habbatussauda bisa menjadi salah satu usaha. Bisa konsumsi berupa kapsul atau pun minyaknya.

Untuk pria manfaat habbatussauda ini bisa untuk meningkatkan kualitas sperma. Khususnya untuk para pria perokok. Habbatusauda bisa membantu untuk membunuh racun dalam tubuh. Untuk wanita bisa untuk menyuburkan rahim.

3. Bisa juga Untuk Mengurangi Berat Badan

Bagi yang ingin diet bisa konsumsi rutin habbatussauda ini. Apalagi yang memiliki obesitas. Dalam penelitian Journal of Diabetes & Metabolic Disorders bahwa tidak ditemukan efek samping ketika  konsumsi habbatussauda untuk program penurunan berat badan dan sangat efektif sekali untuk mereka yang obesitas. Nah, bagi yang mau kurus dan langsing bisa coba nih untuk rutin konsumsi habbatussauda, ya.

4. Menjaga Imun Tubuh

Sekarang ini imun tubuh harus selalu dijaga agar tak menurun karena adanya pandemi yang tak kunjung selesai ini. Rutin konsumsi habbatussauda dapat memperkuat imun karena terdapat kandungan etanol yang dapat meningkatkan jumlah sel limfosit dan monosit.

Kandungan tersebut dapat meningkatkan aktivitas fungsional sel kekebalan tubuh. Oleh karena itu, agar imun kita tetap terjaga dan selalu sehat, jangan lupa untuk rutinkan konsumsi habbatussauda ini, ya.

5. Untuk Perawatan Kecantikan

Tak hanya untuk kesehatan saja, manfaat habbatussauda juga bisa loh untuk perawatan kecantikan. Bagi kita yang memiliki wajah keriput bisa menggunakan habbatussauda ini. Minyak habbatussauda bisa digunakan untuk wajah dan rambut. Karena terdapat antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Tinggal oleskan saja di wajah dan rambut. Dengan begitu wajah akan berkurang keriputnya dan rambut akan lebih berkilau. Enggak hanya untuk wajah dan rambut saja. Bisa juga untuk kulit di seluruh tubuh, bisa dijadikan untuk pelembab, loh.

Kapan Saja Konsumsi Habbatussauda?

manfaat habbatussauda

Konsumsi habbatussauda untuk kapsul dianjurkan 2-3 kapsul untuk dewasa. Sedangkan untuk anak-anak cukup 1-2 kapsul saja. Diminum pada pagi dan sore hari.

Begitu juga dengan minyak habbatussauda, bisa dikonsumi berbarengan dengan air hangat dan ditambah madu.  Bisa juga dioleskan pada wajah, rambut dan kulit di tubuh.

Selain itu, bubuk habbatussauda bisa dicampurkan pada makanan. Jika anak-anak masih sulit konsumsi kapsul atau minyak, bisa menggunakan bubuk habbatussauda.

Baca juga Waspada Terhadap Virus Corona Tanpa Perlu Panik, Begini Tipsnya!

Nah, itu tadi segudang manfaat habbatussauda. Masyaallah, memang sangat banyak sekali, ya manfaatnya. Semoga dengan usaha rutin konsumsi habbattussauda bisa membuat kita lebih sehat lagi. Aamiin. Kalau kamu juga suka konsumsi habbatussauda kah?

Salam,

Comments

  1. Baru sadar begitu banyak manfaatnya habbatussauda. Kirain cuma karena iklan marketing di TV-TV aja. Tapi ternyata memang banyak ya. Kakak biasanya konsumsi yang mana?

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah, aku baru tahu kalo manfaat habbatusauda sebanyak ini. Makanya banyak produk-produk yang menambahkan kandungan habbatusauda ya. Tapi, aku sih baru pake yang shampo sama sabun pencuci piring, wanginya seger. Kalo yang lain-lain mungkin akan segera di coba :D

    ReplyDelete
  3. Habbatussauda ni memang bagus ya kandungannya apalagi kalau rutin dikonsumsi setiap hari

    ReplyDelete
  4. Ngga heran kalau Habbatussauda jadi trend dipakai dimana-mana ya mba. Subhanallah emang, Allah menciptakan sesuatu sehebat ini

    ReplyDelete
  5. selama proses penyembuah sakit batu empedu saya beberapa waktu yang lalu, menggunakan habbatusaudah lho. alhamdulillah membantu. menjaga imun juga oke. memang subhanallah sekali ya manfaatnya.sekarang malah ada inovasinya yang dicampur madu.

    ReplyDelete
  6. Pertama kenal habbatussauda nih dikasih tahu teman pas kuliah. dia rajin banget mengonsuminya. Saya tertarik tapi blm berani makan jintan hitam ini, agak parno sama bentuknya yg bulat2 gitu, hihi. Tapi sepertinya nanti2 perlu dicoba nih. Manfaatnya masya Allah bagus sekali. cocok dikonsumsi apalagi dengan musim yg tak menentu seperti sekarang ini

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah kak, terima kasih atas informasinya.
    Sabda Nabi Muhammada SAW tetntang Habbatussauda ini saya pernah dengar, tapi informasi sedetail ini soal kesuburan, menjaga imun, diet dan kecantikan baru saya tau sekarang.
    Jazakillah khoiron katsiron.

    InsyaAllah besok saya langsung cari.

    ReplyDelete
  8. Wah langsung terbelalak mataku ketika ada tulisan diet😂 yang kakak saranin kan sudah berupa racikan farmasi ya. Kalau secara herbal artinya beli di pasar dan direbus, bisa ngak ya? Soalnya aku termasuk orang yang takut konsumsi kapsul dan kawan²nya hehe

    ReplyDelete
  9. Habbatussauda ini jadi andalan sejak zaman kuliah. Dulu kenalnya juga dari teman2 pengajian yang jual obat2 herbal. Sampai sekarang Alhamdulillah sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu habbatussauda juga bisa untuk promil mba Steff, pengen beli juga eheheh
    Karena bagus dari jaman dulu disarankan ya. Yang bagus yang merek apa ya mba, aku juga lagi pengen punya momongan banget hehehe. Doakan ya mba

    ReplyDelete
  11. MasyaAllah ternyata manfaatnya banyak sekali ya kak

    ReplyDelete
  12. Sering dengar habbatassauda ini tapi tidak tahu sedetail ini manfaatnya ternyata luar biasa ya

    ReplyDelete
  13. Habbatusauda ini alias jinten hitam ini luar biasa manfaatnya mbak. Aku sm syami pun rutin konsumsi ini apalagi di era pandemi gini

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top