steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Waspada Terhadap Virus Corona Tanpa Perlu Panik, Begini Tipsnya!

Halo, Sobat Blogger!

Waspada Terhadap Virus Corona

Sekarang ini Indonesia sedang dilanda musibah. Virus yang awalnya berasal dari China ini merebak hingga berbagai belahan dunia. Salah satunya negeri tercinta kita ini, Indonesia yang juga terkena dampaknya. Khawatir? Jelas, karena virus ini tidak main-main bahayanya.

Bahkan di China sendiri yang terdampak pada virus ini sudah puluhan ribu orang yang terinfeksi dari akhir tahun 2019, meski sekarang sudah mulai berkurang banyak. Alhamdulillah, semoga Indonesia juga segera membaik kondisinya. Nah, supaya kita tak panik mengenai Virus Corona ini, ada baiknya kita mengenal Virus ini terlebih dahulu. Yuk, kita bahas satu per satu.

Latar Belakang Tentang Virus Corona

Virus Corona ini juga dikenal dengan COVID-19. Kasusnya ini berawal dari penyakit radang paru-paru yang misterius pada akhir tahun 2019. Diduga hal ini terjadi di Pasar Huanan di Wuhan salah satu pasar yang menjual berbagai macam daging binatang liar, bahkan tak biasa dikonsumsi seperti ular, kelelawar, tikus dan lain-lain.

Baca juga Makanan dan Minuman Untuk Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

Banyaknya ditemukan kasus radang paru-paru misterius ini di Pasar Huanan, membuat pasar ini akhirnya ditutup sementara untuk mengetahui penyebab pastinya. Sampai akhirnya ditemukan bahwa Virus Corona atau COVID-19 adalah penyakit yang menyebabkan radang paru-paru misterius tersebut. Dimana virus tersebut berasal dari hewan kelelawar yang dikonsumsi oleh manusia. Sebenarnya Virus Corona ini sudah tidak asing di dunia medis, namun hanya beberapa jenis saja yang mampu menginfeksi manusia hingga menjadi radang paru-paru.

Namun perlu diketahui, sebelum Virus Corona ini merebak seperti sekarang, sudah ada SARS dan MERS yang juga berkaitan dengan virus ini. Dari latar belakang tersebutlah, tidak hanya kali ini saja Virus Corona membuat gempar dunia. Apalagi gejala Virus Corona ini seperti flu, batuk dan sesak nafas yang membuat penderitanya mengalami gagal organ.

Status Pandemi Virus Corona

Dilansir dari news.detik.com (18/03/2020) masih belum jelas apakah kelelawar, ular dan hewan liar lainnya yang memang menyebabkan Virus Corona ini. Namun terlepas dari itu semua, memang benar adanya virus ini bisa menular ke manusia dan menjadi bahaya yang sangat serius. Sehingga Kesehatan Organisasi Dunia WHO menetapkan hal ini sebagai pandemi Virus Corona pada tanggal 11 Maret 2020.

Pandemi ini mengindikasikan bahwa infeksi Virus Corona sangat cepat dan hampir semua belahan dunia telah terkena virus ini. Peningkatan jumlah kasus yang sangat signifikan di waktu yang singkat membuat negara-negara yang terkena wabah ini harus segera menanganinya dengan tepat dan cepat. Semoga saja segera ada obat dan vaksin untuk Virus Corona ini, sehingga keadaan dunia lebih baik lagi. Aamiin.

Diketahui dari WHO bahwa Eropa merupakan yang paling terbesar terkena dampak wabah virus ini,  Eropa menjadi pusat pandemi virus Corona secara global. Jumlah kematian karena Virus Corona di Eropa lebih besar dibandingkan di China. Menurut WHO, jumlah kasus Virus Corona ini lebih dari 136 ribu disekitar 123 negara . Sejumlah 81 kasus dari total tersebut berada di wilayah China daratan. Di Eropa, Italia yang mengalami infeksi Virus Corona terparah dan tercatat lebih dari 15 ribu kasus.

Bahkan di ASEAN, Indonesia telah menjadi nomer satu yang terparah karena kematian dari virus ini sangat tinggi. Sekitar 300 lebih positif Virus Corona dan terdapat kurang lebih 25 orang meninggal dunia per Maret ini. Diperkirakan selama dua minggu ini akan terus bertambah. Maka dari itu, Virus Corona ini bukan lagi main-main. Kita harus mulai menjaga diri supaya tetap sehat dan imun tubuh selalu dalam keadaan baik.

Gejala Pada Virus Corona

Mengetahui gejala-gelaja Virus Corona sangat penting. Hal ini dapat membuat kita lebih waspada dan jika terdapat gejala ini bisa langsung ke rumah sakit terdekat untuk melakukan penyembuhan. Apalagi virus ini mirip seperti flu biasa, untuk itu kita harus pandai membedakannya.

Gejala Ringan Virus Corona
  • Batuk
  • Letih
  • Sesak nafas dan terasa ngilu pada seluruh badan
  • Terasa tidak enak badan

Gejala Berat Virus Corona
  • Kesulitan bernafas
  • Infeksi radang paru-paru
  • Sakit di badian perut
  • Nafsu makan turun

Baca juga Review Foodstock, Meal Ready To Eat

Gejala diatas biasanya terjadi antara 2-10 hari, tetapi ada juga yang setelah 24 hari baru mengalaminya. Memang tak semua orang akan mengalami hal yang sama, tetapi setidaknya ketika kita mengalami batuk sudah harus menjaga jarak dari orang lain dan pergunakan masker ketika keluar rumah. 

Selain itu, untuk membedakan antara Virus Corona dan flu biasa, perhatikan hal ini :

Waspada Terhadap Virus Corona

Jika terjadi salah satu atau dua hal diatas, bersegeralah untuk ke rumah sakit dan tes Virus Corona. Agar dilakukan penanganan yang tepat dan bisa segera diatasi penyakitnya.

Tips Pencegahan Virus Corona

Pencegahan sangat perlu kita lakukan, agar tak semakin menyebar Virus Corona ini. Kita harus mematikan rantai penyebaran dari virus ini. Jangan sampai kita dan keluarga kita terkena. Maka, lakukan pencegahan terkait Virus Corona :

1. Rutin Cuci Tangan

Ikuti langkah-langkah mencuci tangan seperti di video ini (Sumber : Google Doodle)

Ini sangat perlu kita lakukan. Menjadi lebih higienis sangat penting untuk sekarang ini. Setiap kita melakukan aktivitas apapun sebisa mungkin cuci tangan. Terutama sebelum makan atau ketika menyentuh wajah. Hal simpel seperti ini bisa membuat rantai Virus Corona putus.

2. Tidak Sering Memegang Wajah

Kadang tanpa disadari kita sering kali memegang wajah. Padahal untuk sekarang ini, memegang wajah adalah hal yang tak dianjurkan. Apalagi jika belum mencuci tangan. Virus akan lebih mudah masuk ke tubuh kita melalui mulut atau hidung. Maka, ada baiknya sebelum menyentuh wajah untuk mencuci tangan dulu dan sebisa mungkin kurangi untuk memegang wajah.

3. Jangan Menyentuh Fasilitas Publik

Kita tak pernah tahu fasilitas publik tersebut apakah telah aman dari virus atau tidak. Dikarenakan Virus Corona ini bisa bertahan hidup di benda mati. Maka, kita harus sangat hati-hati mengenai hal ini. Sebisa mungkin tidak menyentuh sama sekali fasilitas publik, jika pun harus menyentuhnya jangan lupa untuk segera cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

4. Hindari Keramaian

Yap, pencegahan selanjutnya bisa dilakukan dengan menghindari keramaian. Dikarenakan mudahkan tertular dari Virus Corona ini dari jarak kurang dari 1 meter, jadi ada baiknya kita menjaga dari keramaian. Untuk menghindari orang-orang yang tak sadar diri bersin dan batuk tiba-tiba tanpa ditutup.

5. Rajin Membersihkan Rumah

Menyapu dan mengepel lantai rumah setiap hari sangat dianjurkan. Juga jangan lupa untuk membersihkan setiap debu yang terdapat pada barang-barang yang ada di rumah. Menyikat kamar mandi juga hal yang sangat disarankan. Hal ini mengantisipasi pencegahan terhadap Virus Corona. Minimal pencegahan dapat dilakukan dari rumah dulu dengan rajin membersihkan rumah.

Baca juga Bunda, Yuk Kenalan dengan Minyak Telon Doodle!

6. Bersegera Mandi & Ganti Baju

Tak banyak yang mendapatkan WFH (Work from Home) untuk para pekerja atau karyawan. Ada baiknya setelah pulang kerja, langsung mandi dan berganti baju. Rendam baju dalam detergen untuk menghilangkan virus yang menempel pada baju. Begitu pun untuk ibu-ibu yang telah harus keluar untuk berbelanja kebutuhan rumah, sebisa mungkin langsung mandi dan berganti pakaian sebelum menyentuh perabotan rumah.

7. Terapkan Sosial Distancing Ketika Keluar Rumah

Ketika terpaksa harus keluar rumah, seperti yang telah disampaikan diatas untuk menghindari keramaian dan terapkan sosial distancing. Maksudnya adalah menjaga jarak satu sama lainnya untuk tidak saling bersentuhan baik sengaja maupun tidak sengaja. Dikarenakan Virus Corona bisa saja tidak menerapkan gejala pada seseorang dan ditakutkan untuk menularkan ke orang lain. Jadi, jaga jarak sangat penting sekali.

8. Pakai Masker Ketika Batuk atau Bersin

Jangan menyepelekan batuk dan bersin, etika yang baik adalah menggunakan masker. Agar droplet tidak mengenai orang lain. Jangan sampai kita sembarangan batuk dan bersin tanpa memerhatikan sekeliling kita. Cobalah untuk lebih waspada perihal ini dan mulailah saling menjaga kesehatan satu sama lain serta tidak menularkan penyakit.

9. Membawa Hand Sanitizer

Ketika di luar rumah membawa hand sanitizer sangat penting untuk kita karena akan sulit untuk mencuci tangan. Sediakan hand sanitizer berbentuk kecil yang mudah di bawa-bawa di dalam tas. Gunakan ketika kita habis memegang barang-barang yang banyak dipegang oleh orang lain. Jika hand sanitizer sulit ditemukan, bisa membuatnya sendiri.

Waspada Terhadap Virus Corona
Sumber : cnbcindonesia.com

10. Tidur Cukup dan Tidak Begadang

Kurangi begadang jika tidak penting. Imun di tubuh harus selalu baik untuk sekarang ini, agar tak mudah terkena Virus Corona yang sedang melanda. Begadang membuat badan selalu merasa lelah meski telah banyak tidur. Ada baiknya untuk sekarang ini, tidur di pukul 9 atau pukul 10 malam dan bangun pagi di pukul 4 atau pukul 5 agar badan tetap bugar.

11. Konsumsi Makanan Bergizi, Buah, dan Sayur

Makanan yang kita konsumsi tentu menjadi salah satu cara agar badan memiliki imun yang baik. Perbanyak makan sayur, buah dan makanan sehat lainnya akan membantu kita tetap sehat. Jangan pernah lupa untuk selalu mencuci bersih buah dan sayur sebelum dikonsumsi. Usahakan untuk setiap hari makan sayur dan buah, agar badan tetap fit.

12. Rutin Konsumsi Vitamin untuk Imun Tubuh

Konsumsi vitamin juga penting untuk imun tubuh. Pilihlah vitamin yang herbal dan minim efek samping, kalau bisa tanpa efek samping. Supaya imun tubuh menjadi lebih baik bukan sebaliknya. Seperti madu, habattusauda, minuman infused water, dan vitamin dari tumbuhan lainnya.

Baca juga Agar Anak Sehat dan Bunda Bahagia

13. Udah di Rumah Aja

Yap, jangan berpergian dahulu untuk sekarang ini. Bersabar untuk tetap di rumah. Apalagi untuk para pekerja yang mendapatkan Work from Home. Ini kesempatan yang baik untuk tidak sering-sering keluar rumah. Untuk anak sekolah yang diliburkan sekolahnya, juga sangat dianjurkan tidak main keluar rumah. Cukup melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama orang tua agar tetap di dalam rumah.

14. Kelola Stress dengan Baik

Jangan terlalu stress menghadapi Virus Corona ini, meski infeksi ini terus bertambah setiap harinya. Baca berita tentang Virus Corona dan update beritanya juga penting tetapi jangan terlalu dipikirkan. Tetap berpikir positif agar tubuh juga memiliki imun ya baik. Tetap bahagia dengan melakukan aktivitas yang disukai di rumah, agar imun tetap terjaga dan kita tetap sehat.

Seperti halnya menulis, membaca, memasak atau melakukan hal lain yang disenangi. Bisa juga nih mengunjungi website Ibu-Ibu Doyan Nulis, sebagai referensi berbagai macam informasi yang bermanfaat. Insyaallah ini bisa menjadi hal yang menyenangkan loh dan dapat meredakan stress sehingga daya tahan tubuh kita lebih kuat deh.

15. Jangan Lupakan Olahraga Ringan

Olahraga ringan seperti squat, push up, sit up dan plank juga bisa dilakukan di dalam rumah. Jika biasanya rajin untuk olahraga lari, gantilah untuk olahraga yang bisa dikerjakan di rumah. Menjaga tubuh tetap bugar dan sehat itu sangat penting. Jadi, jangan lupakan olahraga ya.

Amalan Doa yang Bisa Dilakukan

Sebagai seorang muslim, berdoa itu juga sebagai ibadah. Apalagi adanya Virus Corona ini yang pastinya adalah kehendak dari-Nya. Virus Corona pun ciptaan-Nya. Ikhiar seperti hal diatas sudah kita lakukan, lalu selanjutnya kita perbanyak baca doa agar Allah jauhkan penyakit yang tidak baik dari tubuh kita.

Apa saja amalan doa tersebut? Berikut ini ada 10 wasiat perlindungan diri wabah yang ditulis oleh Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdulmuhsin Al-Badr :

1. Berdoa Sebelum Terjangkit Wabah

Dari Utsman bin Affan RadhiyaAllahu ‘anhu ia berkata,

"Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang membaca doa

"Bismillaahil-ladzii laa yadhurru ma’as-mihi syai-un fil-ardhi wa laa fis-samaa’ wa huwas-samii’ul-‘aliim”

(dengan menyebut nama Allah yang dengan nama-Nya segala sesuatu di langit dan di bumi tak akan membahayakan, dan Dia Maha mendengar lagi Maha mengetahui)

sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan tertimpa bala’ yang datang secara tiba-tiba hingga tiba waktu pagi. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu pagi sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan tertimpa bala yang datang secara tiba-tiba hingga tiba waktu sore. [HR. Abu Dawud dan yang lain]

2.  Memperbanyak Doa Nabi Yunus

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, permohonan Dzun-Nun (Yunus) tatkala berada di dalam perut ikan ialah

“laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh-zhaalimiin” 

(Tidak ada sesembahan yang hak selain Engkau, Maha suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim)

Tidaklah seorang muslim berdoa dengan kalimat ini dalam suatu hajat melainkan Allah pasti akan mengijabahinya. [HR. Imam Ahmad dan Tirmidzi]

3. Berdoa Memohon Perlindungan dari Cobaan yang Berat

Allaahumma innii a’uudzu bika min jahdil balaa’, wadarakisy-syaqaa’, wa suu-il qadha’, wa syamaatatil-a’da’

(Ya Allah hamba berlindung kepada-Mu dari cobaan yang berat, kesengsaraan yang sangat, takdir yang buruk dan kegembiraan musuh).

Dari Abu Hurairah RadhiyaAllahu ‘anhu,

dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam beliau bersabda : “Mohonlah perlindungan kepada Allah dari bala’ yang berat, sebab-sebab kesengsaraan, takdir yang buruk dan kegembiraan musuh. [HR. Bukhari]

4. Senantiasa Membaca Doa Keluar Rumah

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu

bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila seorang keluar dari rumahnya lalu mengucapkan

“Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi, laa haula wa laa quwwata illaa billaahi” 

(dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal hanya kepada Allah, tiada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah semata).

“Maka dikatakan (kepadanya) ketika itu : Engkau telah mendapatkan petunjuk, diberikan kecukupan dan penjagaan Setan-setan pun menjauhinya. Setan yang lain berkata kepada mereka: “Bagaimana bisa engkau menyesatkan orang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?” [HR. Abu Dawud]

Baca juga 5 Menu Simpel Penghilang Stress

5. Memohon Keselamatan Kepada Allah pada Waktu Pagi dan Sore

Dari Abdullah bin Umar RadhiyaAllahu ‘anhuma ia berkata,

“Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkan beberapa kalimat doa berikut bila tiba waktu pagi dan sore,

“Allahumma innii as-alukal– ‘aafiyah fid-dunyaa wal-aakhiroh. Allahumma innii as-alukal-‘afwa wal-‘aafiyah fii diinii wa dunyaayaa wa ahlii wa maalii. Allahummas-tur‘aurootii wa aamin rou’aatii. Allahummah-fazhnii min baina yadayya wa min kholfii, wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fauqii, wa a’uudzu bi’azhomatika an ughtaala min tahtii”. 

(Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada- Mu ampunan dan keselamatan pada agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku. Ya Allah, tutuplah auratku dan berilah keamanan pada rasa takutku. Ya Allah, jagalah aku dari arah depanku, belakangku, kananku, kiriku dan dari atasku, dan aku berlindung dengan keagungan-Mu agar terhindar dari bahaya secara tiba-tiba dari arah bawahku).” [HR Ahmad dan yang lain]

Berikut ini pdf Dzikir Pagi dan Petang yang bisa kita amalkan : Dzikir Pagi Petang pdf

6. Memperbanyak Doa

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda,

“Sesungguhnya doa dapat memberi manfaat dari sesuatu yang telah terjadi dan dari sesuatu yang belum terjadi, maka itu wahai hamba-hamba Allah hendaklah kalian berdoa” [HR. Tirmidzi dan yang lain]

7. Menjauhi Tempat-Tempat Tersebarnya Wabah

Dari Abdullah bin Amir RadhiyaAllahu ‘anhuma,

bahwasanya Umar RadhiyaAllahu ‘anhu pernah bepergian menuju Syam. Ketika sampai di daerah Sargh datang kabar kepada beliau bahwa telah tersebar wabah di Syam. Kemudian Abdurahman bin Auf RadhiyaAllahu ‘anhu mengabarkan kepada beliau bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Apabila kalian mendengar wabah ada di suatu negeri maka janganlah kalian mendatanginya, dan apabila wabah tersebut berada di suatu negeri sementara kalian berada di dalamnya, maka janganlah kalian keluar untuk melarikan diri darinya." [HR Bukhari]

8. Senantiasa Berbuat Kebaikan

Dari Anas RadhiyaAllahu ‘anhu ia berkata,

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Perbuatan-perbuatan yang baik dapat menghindarkan diri dari kematian yang buruk, berbagai penyakit dan bencana. Orang yang berbuat kebaikan di dunia ia akan dibalas dengan kebaikan di akhirat." [HR. Hakim]

Ada baiknya selama masa wabah ini tetap berbuat baik. Membantu kiri kanan yang memang sulit untuk memenuhi kebutuhan rumah, misal memberikan beras, lauk pauk atau pun kebutuhan sabun untuk mencuci. Lebih baik lagi jika kita memiliki masker dengan jumlah banyak, dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Masih banyak orang-orang diluar sana yang tidak bisa tetap di rumah karena jika tidak keluar untuk bekerja tidak dapat makan. Bergeraklah hati kita ketika mengetahuinya dan segeralah membantunya. Agar mereka tetap di rumah dan bisa makan dengan layak.

Baca juga Ketika Bapak Berbagi, Hanya Ikhlas yang Ia Tanamkan

Selain itu, berilah bantuan kepada keluarga yang ayahnya atau pencari nafkah utama terkena virus ini. Berikan kebutuhan pokoknya agar tetap kuat menghadapi cobaan tersebut. Jangan abai terhadap hal ini, saling tolong menolong sangat diperlukan di masa wabah seperti ini.

Waspada Terhadap Virus Corona
Sebarkan sebanyak-banyaknya, ya. Sumber : suara.com
Cek disini untuk keaslian gambar berita di atas.

9. Mengerjakan Shalat Malam

Dari Bilal RadhiyaAllahu ‘anhu,

bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Kerjakanlah shalat malam oleh kalian, karena sesungguhnya ia merupakan kebiasaan orang-orang saleh. Sesungguhnya sholat malam dapat mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dari perbuatan dosa, menggugurkan keburukan-keburukan dan mengusir penyakit dari tubuh manusia.” [HR.Tirmidzi]

10. Menutup Tempat Makanan dan Minuman

Dari Jabir bin Abdullah RadhiyaAllahu ‘anhuma ia berkata,

Aku mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Tutuplah wadah makanan dan rapatkanlah bejana minuman, karena sesungguhnya dalam setahun ada satu malam dimana wabah akan turun padanya. Tidaklah wabah itu melewati wadah makanan yang tidak ditutup dan bejana minuman yang tidak dirapatkan melainkan ia akan masuk ke dalamnya." [HR. Muslim]

Baca juga Resep Capcay Enak Bagi yang Tak Bisa Masak!

Hikmah dari Wabah Virus Corona

Ada beberapa hikmah yang bisa kita ambil dari maraknya wabah Virus Corona ini. Semoga dengan adanya wabah yang datang ke negara kita, bisa membuat kita semakin sadar untuk terus bersabar dalam setiap cobaan yang diberikan oleh-Nya.

Waspada Terhadap Virus Corona

Berikut ini hikmah dari wabah Virus Corona yang mudah-mudahan kita bisa mengambil pelajarannya untuk dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi :

1. Jika tadinya kita suka malas menjaga kebersihan sekarang kita jadi rajin untuk selalu menjaga kebersihan dan lebih higienis.

2. Jika tadinya kita abai kepada kesehatan tubuh, sekarang jadi rajin untuk merawat diri agar imun selalu dalam keadaan baik.

3. Jika tadinya kita tidak suka makan sayur dan buah, sekarang kita bisa makan sayur dan buah dengan lahap agar tubuh tetap bugar.

4. Jika tadinya kita sering membuang makanan, sekarang kita tak lagi menyia-nyiakan makanan yang ada karena tidak mudahnya untuk keluar rumah untuk membeli makanan seperti biasa.

5. Jika tadinya kita sulit berbagi kepada sesama, sekarang lebih sering berbagi untuk keberlangsungan kehidupan satu sama lainnya.

6. Jika tadinya jarang doa dan dzikir, sekarang lebih rajin mendekatkan diri kepada Allah dan sering beribadah.

7. Jika tadinya sering keluar main dengan teman-teman, sekarang lebih sering di rumah dan mengobrol dengan orang tua atau mendekatkan diri dengan anak-anak.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kita ambil pelajaran dalam musibah Virus Corona ini. Semoga ini semua bisa berlangsung terus bukan karena wabah saja. Bismillah, Allah berikan kita selalu kesehatan dan terhindar dari wabah ini. Aamiin.

Tidak Perlu Panik Berlebihan Tapi Tetap Waspada!

Banyak yang panik hingga akhirnya membeli kebutuhan rumah tangga dengan tak wajar. Tetaplah berbelanja dengan wajar seperti biasa. Misal untuk keperluan sebulan atau seminggu. Kita tetap mengurangi keluar rumah yang tak penting. Keluar hanya untuk keperluan rumah tangga tetap dilakukan dengan tetap menjaga jarak.

Jangan sampai ketika kita borong keperluan rumah tangga atau masker atau hand sanitizer membuat harga menjadi melonjak tajam. Tak kasihan kah dengan orang yang tak punya? Mereka juga butuh makan dan butuh masker serta hand sanitizer. Jadi, tak perlu untuk memborong semua itu karena panic buying.

Baca juga Wanita Mulia Penghuni Surga

Selain itu, harus hati-hati menyebarkan berita. Sebelum share berita pastikan bahwa hal tersebut benar adanya. Dengan cara mengecek di situs berita yang terpercaya. Kenapa tidak boleh menyebarkan berita hoax, supaya :

1. Tidak Terlalu Panik dan Takut Berlebihan

Terkadang sebuah berita yang tidak benar adanya, isi beritanya sangat berlebihan. Hingga yang membaca menjadi sangat takut dan akhirnya panik berlebihan. Nah, hal ini yang harus kita hindari. Cari tahu dulu kepastiannya melalui situs yang terpercaya. Selain itu, jangan langsung sebar ke orang lain karena bisa jadi saja ada yang percaya dan kita telah memberikan berita tidak benar.

Tidak ada salahnya melakukan kroscek berulang kali ketika kita mendapatkan broadcast pesan, supaya tidak terlalu panik dan tetap waspada.

2. Tidak Meremehkan Virus Corona

Jangan meremehkan wabah virus ini hingga menjadikannya candaan yang kurang etis. Tetaplah waspada tetapi tidak panik. Waspada dengan tetap melakukan pencegahan terhadap virus ini dan tidak panik ketika mendapatkan berita yang kurang menyenangkan. Stay safe untuk semuanya dan jangan keluar rumah apalagi sampai ikutan kumpul-kumpul yang tidak ada faedahnya.

Waspada Terhadap Virus Corona

Itu tadi beberapa hal mengenai Virus Corona yang sedang mewabah sekarang. Semoga kita semakin paham dan kenal dengan virus ini sehingga kita tetap waspada. Lakukan pencegahan dan beritahukan kepada orang terdekat untuk tetap di rumah aja. Semoga wabah ini lekas membaik dan kita dapat beraktivitas seperti biasa. Aamiin.

Salam,

Comments

  1. Bener harus tahu trik and tips ya ya mbak terimakasih ulasannya

    ReplyDelete
  2. Mbaa lengkap banget bahkan ada info untuk bantuan. Subhanallah baik banget, semoga wabah ini segera usai ya dan kita kembali normal.Semoga Allah juga senantiasa menjaga kita aamiin

    ReplyDelete
  3. Tidak perlu panik berlebihan tapi tetap waspada! Setuju sayaa...
    Infonya detil dan lengkap sekali Mbak Steffi, jadi tercerahkan..
    Semoga segera berlalu ya musibah ini dan semua kembali ke kondisi terbaik seperti semula

    ReplyDelete
  4. Kak kayaknya lebih bagus lagi kalo doanya ditulis pakai huruf hija'iyah, lebih mudah dibacanya kalo buat saya :)

    ReplyDelete
  5. Lengkap sekali Mba penjelasannya, mulai dari penjelasan tentang corona sampi tips tipsnya. Aku setuju sih meskipun sedih ada wabah tapi ada hikmahnya. Buatku pribadi, berkat #dirumahaja jadi bisa quality time sama keluarga.

    ReplyDelete
  6. Tadinya aku nggak terlalu aware ama covid 19 ini loh mba. Kupikir ini mah jauh lah, kayak kasus SARS tempo hari. Ternyata sekarang di depan mata dan bener-bener harus waspada. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan dijauhkan dari penyakit mematikan ini ya. Buat sodara-sodara yang terkena musibah ini semoga disembuhkan, yang meninggal diterima di tempat terbaik di surga... amin amin.

    ReplyDelete
  7. Benar sekali. Kalau nggak ada kepentingan apa pun, sebaiknya di rumah saja. Menghadapi masalah yang tengah merebak sekarang ini memang nggak usah panik. Tapi jangan terlalu berani dan sesumbar. Ikuti saja anjuran penanganan dari pemerintah. Maka semoga kita tetap sehat.

    ReplyDelete
  8. Lengkap banget ini mah tulisannya. Betul Mbak, enggak perlu panik, yang harusitu waspada.

    ReplyDelete
  9. Virus ini memang kelihatannya ringan saja, seperti flu biasa. Tapi karena gejalanya ringan tersebut jadi lebih susah dideteksi. Aku pribadi agak ketir-ketir karenja suami masih keluar kota terus. Tapi yawislah, yang penting hati2 dan melakukan pencegahan. Stay safe buat kita semua ya

    ReplyDelete
  10. Seneng banget bacanya. Infonya valid, kumplit, infografisnya juga kece. Wajib dishare ini ­čśü

    ReplyDelete
  11. Lengkap banget nih mba informasi nya Masya Allah...
    Benar kita harus tetap waspada dan tidak panik juga harus lebih perhatian lagi terhadap berita yg beredar...
    Trims mba doa2nya

    ReplyDelete
  12. Iya bener banget mbak, tidak perlu panik. Sebab panik akan membuat kita kehilangan kewaspadaan. Selain itu panik juga akan membuat imun tubuh menurun.

    ReplyDelete
  13. panik malah membuat fungsi ginjal kacau dan sistem imun pun berantakan, jadi memang aku setuju dengan banyak saran yang mbak tuliskan, hiks udah lama aku gak hidupkan sholat malamku lagi huhu

    ReplyDelete
  14. Ya betul ya mbak kadang kita lupa ambil hikmah dari setiap kejadian. Apa yang ingin Allah sampaaikan pada kita melalui wabah ini, terima kasih kupasannya mbak...dalem banget

    ReplyDelete
  15. Bagus sekali tulisannya menyentuh sisi spiritual juga yang memang Dia-lah Allah Swt sebaik-baik tempat kita berlindung dan bersandar. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah Swt ya mba.

    ReplyDelete
  16. Artikelnya lengkap banget mb, mulai dari apa itu virus corona, gejala, tips pencegahan dan lain-lain, bermanfaat banget ini untuk jadi pegangan, makasih mb

    ReplyDelete
  17. Musim virus Corona, harus lebih higienis lagi, lebih bersih lagi. Sempet khawatir karena suami haris kerja. Otomatis istri di rumah harus rewel sama suami untuk segera bersih2 diri. Kalau pulang kerja.

    ReplyDelete
  18. Artikel paling lengkap tentang tips menghadapi covid-19. Terima kasih karena ada doanya juga. Stay safe mba Steffi

    ReplyDelete
  19. MasyaaAllah lengkap banget Mbak. Terima kasih informasinya. Betul banget selama ada corona ini ada banyak himkah juga yang bisa dipetik. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya, dan virus ini segera hilang aamiin

    ReplyDelete
  20. Wah saya udah baca artikel ini kemarin dan udah komen.
    Saya komen lagi aja :D

    Saya ga tau tingkat 'kepanikan' di Indo, tapi kalo di sini orang-orang berbondong-bondong beli tisu toilet. Mereka ga kepikiran buat 'bersih-bersih' pake air kaya kita yang Muslim hehe

    ReplyDelete
  21. Covid-19 memang virus yang sangat berbahaya, tapi kita perlu menyikapinya dengan tenang agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

    ReplyDelete
  22. Masyaallah. Lengkap sekali. Kalau sudah gini, tinggal dijalani saja semua dengan hati tenang, ya

    ReplyDelete
  23. DOA. Ini senjata kaum beriman ya Mba.
    Semoga badai corona ini segera berlalu.
    InsyaAllah semua akan kembali normal yaaa

    ReplyDelete
  24. Ini hari kesepuluh kami sekeluarga karantina mandiri. Bahkan, ART pun kami berhentikan sementara, saking khawatirnya sama kesehatan keluarga. Apalagi saya punya 3 batita yg jelas masuk kategori kelompok rentan. Semoga pandemi ini segera berakhir dan anak-anak kita bisa bebas bermain lagi di luar.

    ReplyDelete
  25. Ada hikmah yang bisa diambil dari pandemi covid-19 ini tepat sekali mbak♥️, benar² harus menjaga diri dan keluarga. Dirumah saja dulu

    ReplyDelete
  26. Yea keep calm dan jaga kesehatan mulai diri sendiro dan lingkungan sekitar.Semoga badai segera berlalu

    ReplyDelete
  27. Entah kenapa, sejak pandemi ini menyebar, saya dan teman-teman kantor sering merasa badan nggak enak, kecapekan kerja gitu.. yang mustinya sih hal biasa tetapi jadi rada-rada parno kali ya mba...

    ReplyDelete
  28. Nah itu dia kak..kadang2 parno sendirian... tiba2 merasa letih..trus mengait2kan dengan gejala korona... padahal ga kemana-mana... makanya memang perlu tenang dan tidak panik... sambil tetap perhatikan keadaan sekitar dan melakukan yang dihimbau..

    ReplyDelete
  29. Satu lagi kak Hikmahnya, alam jadi bisa beristirahat karena polusi udara menurun di beberapa negara terjangkit seperti di Cina dan Itali. Tapi semoga segera reda ya Kak kasus Corona ini terutama di Indonesia. Semoga Allah berikan kita kekuatan. Terima kasih untuk contoh doa-doanya ya kak. Sebab kita memang harus perbanyak doa sekarang.

    ReplyDelete
  30. Corona memang bikin panik. gara-gara corona, tatanan sosial masyarakat jadi amburadul. namun di balik semua ini pasti ada hikmahnya. dengan informasi yang cukup, maka kita akan lebih waspada dan menjaga kebersihan

    ReplyDelete
  31. Artikel lengkap bangets..tercerahkan saya.
    Semoga segera berlalu wabah Corona, dan kita bisa beraktivitas lagi seperti semula, semua sehat dan tersu semangat

    ReplyDelete
  32. Semoga wabah yg mematikan ini segera berlalu dari bumi yg kita pijak ini.

    Dari kejadian ini pasti ada hikmah yg dapat kita ambil, terutama untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan serta tetap memohon perlindungan kepada Allah SWT

    ReplyDelete
  33. Covid oh Covid ...
    Hadirnya semisal saringan & pembuka manusia bagaimana aslinya. Ada yang peduli ada yang abai. Ada yang panik, ada yang santai. Namun bencana selalu bersama hikmah. & ilmu adalah salah satu hikmahnya. Termasuk ilmu untuk menyikapinya secara bijak.

    Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  34. Ya Allah lengkap banget tulisannya. Dari semua hal yang ditulis di sini semoga orang-orang makin sadar akan dampak yang ditimbulkan jika masyarakat masih gak ikut arahan.

    ReplyDelete
  35. Komplet banget informasinya, Mbak. Mulai dari latar belakang sampai doa - doa yang bisa dibaca. Terima kasih sudah berbagi ��

    ReplyDelete
  36. untuk yg sudah melakukan dirumahaja dan juga social distancing itupun memang urgensinya tinggi, seperti tidak diberlakukannya WFH di kantornya sehingga bener-bener harus ikhrtiarnya dengan cara asupan, ga mager plus jangan lupa berdoa. Utamanya sih, rajin-rajin cuci tangan dan g sembarangan pegang2 bagian wajah

    ReplyDelete
  37. Aku setuju banget dengan tulisan ini. Tak perlu panik namun tetap waspada. Selain itu menurutku, berhenti untuk membicarakannya juga. Alam itu kan energi. Kata-kata yang kita ucapkan juga punya kekuatan. Klo dibicarakan terus, coronanya nanti makin kuat.

    ReplyDelete
  38. benar sekali mbak, kita tidak boleh panik atu takut dengan corona, karena kalo kita panik jadi semakin semprawut pkiran kita dan jadi tidak tenang (jadi pikiran). pejelasan di artikel ini sangat lengkap . trimS

    ReplyDelete
  39. Banyak yang jadi cemas berlebihan gara-gara Corona. Tanpa disadari rasa cemas berlebihan ini yang bikin imunitas melemah. Jadi mending yang gampang cemas, stop baca-baca medsos dan berita aja. Fokus berikhtiar menjaga kesehatan dan banyak2 berdoa... dan pastinya ayuk bergandengan tangan bareng-bareng kita hadapi Corona. Tentunya gandengannya virtual aja, kan lagi physical distancing hehe.

    ReplyDelete
  40. Benar banget mbaak, banyak hikmah yg bisa diambil,
    Semoga cepat berlalu corona inii, kadang agak parno sampe kapan ya berakhir, yg penting kita berdoa selalu dan melakukan apa yg dianjurkan pemerintah dengan berdiam di rumah dulu

    ReplyDelete
  41. Saya suka Amalan Doa dan Tips nya mbak. Seringnya kita berupaya ini itu biar terhindar tapi lupa minta doa dan mengingat bacaan Qur'an dan Hadist. Betul, kita jangan juga terlalu panik menghadapi Corona tapi tetap waspada.

    ReplyDelete
  42. Setuju sama tulisannya mba, bukan hanya berdoa andalannya tapi juga menerapkan anjuran pemerintah dan juga who terutama social distancing dan gaya hidup sehat. Semangat2 untuk hidup yg lebih baik..

    ReplyDelete
  43. Ada yg panik, panik banget. Sekali santuy, santuy banget. Kadang bikin peringatan ke masyarakat bingung juga, yg panik protes karena bikin stres, yang santuy ga juga ngerti, hehehe

    ReplyDelete
  44. Infonya lengkap dan detil sekali, Mbak Steffi. Semoga wabah ini cepat berakhir ya dan kita bisa kembali beraktivitas dengan normal dalam keadaan sehat.

    ReplyDelete
  45. Semoga kita semua diberi perlindungan dan dijauhkan dari wabah corona ini. Buat yang sudah positif corona semoga lekas sembuh. bagi yang meninggal semoga khusnul khotimah, dan semoga tenaga medis yang menjadi garda terdepan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dan sehat selalu. Aamiin

    ReplyDelete
  46. Terima kasih atas ulasan lengkapnya Mbak Steffi. Semoga kita semua senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT dan terus berdoa agar pandemik ini segera berakhir.

    ReplyDelete
  47. Kita memang sudah harus waspada ya. Bukan panik, tapi menjaga diri dan orang-orang di lingkungan kita agar selalu sehat dan tidak mudah terpapar virus ini. Ikuti saja himbauan pemerintah demi kemaslahatan bersama.

    ReplyDelete
  48. Lengkap bgt tipsnya mbak.
    Emang ya jgn panik, waspada dgn melakukan upaya preventif lebih baik

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top