steffifauziah's blog

Sharing Everything In A Good Way, Insyaallah!

Resep Capcay Enak Untuk yang Tak Bisa Masak ~

Hi, Sobat Blogger!


Kadang suka bingung enggak sih, masak apa yang gampang tapi enak. Bosan 'kan kalau masak serba instan terus. Pasti juga enggak sehat. Pengin sayur-sayuran tapi bingung pengin olahnya kaya bagaimana. Nah, akhirnya muncul ide masakan yang enak dan mudah buatnya.

Bikin CAPCAY! Mungkin buat emak-emak bikin capcay mah gampang pisan euy. Nah, buat saya yang enggak bisa masak-masak amat bikin capcay tentu agak-agak puyeng gitu yes, wkwkwk. Masak  capcay ini berawal dari suami yang minta. Lagi ngidam kek-nya doi makanya tiba-tiba minta banget di bikinin capcay. Enggak googling resep juga sih, karena kalau diingat-ingat bikin capcay sama kaya tumis aja, bedanya di kasih air sedikit biar agak cemek (apaan cemek, wkwk). Benyek gitu lah ya.

Belanja lah saya dan suami ke tukang sayur sebelah rumah. Iya, bareng suami biar mesra aja gitu wkwk. Apa saja bahan-bahannya? Simak ulasannya berikut ini :

Bahan-bahan
  • 1 buah kentang
  • 1 buah wortel
  • Kol secukupnya
  • 3 buah sosis
  • 5 buah bakso sapi
  • 5 cabe rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Lada secukupnya
  • Royco sapi secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1/2 gelas air
  • Minyak secukupnya
  • 1 buah telor

Cara membuatnya
  1. Sebelum memasak capcay, ada baiknya kentang di rebus dahulu hingga setengah matang karena kentang lama matangnya.
  2. Panaskan minyak secukupnya untuk menumis
  3. Masukkan bawang putih dan bawang merah yang telah di potong-potong
  4. Setelah bawang harum, masukkan telor dan aduk
  5. Setelah itu masukkan wortel yang telah di potong-potong
  6. Tunggu wortel hingga setengah matang lalu masukkan kol
  7. Setelah itu masukkan kentang yang telah di rebus setengah matang
  8. Masukkan bakso dan sosis
  9. Tambahkan royco rasa sapi, lada dan garam secukupnya
  10. Tuang air sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata
  11. Cicipi rasanya sesuai selera
  12. Nah, capcay siap disantap dengan nasi hangat

Yummy!

Itu tadi resep membuat capcay enak dan mudah. Masaknya enggak lama sih, yang lama itu di motong sayurannya, wkwkwk. Lumayan juga menguras tenaga buat saya yang jarang banget masak. Alhamdulillah, setelah jadi, capcay di santap dengan lahap oleh suami. Duh, senang yes. Hasil jerih payah keringat dingin keluar, hasilnya tak mengecewakan. Tambah lagi nasinya jadi 2 centong, wkwk. Masyaallah.

Nah, buat emak-emak yang jago masak. Resep sayuran apa lagi yes, yang enak dan mudah untuk disantap? Yuk, kasih tau saya resep kece-nya emak-emak ya di kolom komentar di bawah ini, hehe.

Salam,

Comments

  1. Waaaah... Senengnya ada temen yang dlm masalah masak. Makasih resepnya. Sy simpen ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba semoga suka sama resep capcay-nya.

      Delete
  2. Kayaknya enak tuh capcaynya walaupun nggak pake kembang kol (pasti tukang sayurnya lagi nggak bawa). Platingnya juga oke banget. Ternyata Mbak Steffi jago masak juga......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan bun, emang saya lupa gak pakein kembang kol wkwk. Gak jago2 amat saya masak mba. Pake perasaan tiba2 jadi *eh wkwk

      Delete
  3. Resepnya simple..cobaa aah.. anak saya juga kurang suka kembang kol

    ReplyDelete
  4. Sama dong mba Steffi, saya juga nggak bisa masak hehe.. Kapan-kapan share lagi yah resep masakan yang gampang dibuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk, tos mba, semoga setelah ini kita jago masak yes hehe

      Delete
  5. Hmmmm, jadi lapeeerr, coba aah resepnya, thanks ya mbak, aku Juga kurang cerdas urusan masak wkk wkk wkkkk

    ReplyDelete
  6. Saya juga suka dengan cap cay, karena dalam sayuran juga ada lauknya, bisa dikasih potongan ayam, udang, bakso, dll, jadi nggak usah sediakan lauk lagi. Kalau saya biar nyemek saya tambahkan maizena yang dicairkan dengan air, ditanggung makin nambah terus nasinya ­čśő

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya semacam pakai tepung kanji ya bun? boleh juga nih nanti di coba. Terima kasih sarannya.

      Delete
  7. Bisa dicoba nih resepnya. Mesti mampir warung buat belanja nih sepulang kerja.

    ReplyDelete
  8. aku masak cap cay tanpa kentang, lebih banyak sayurnya, telur, kadang campur daging ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun baruan banyak tukang sayur gak jualan, itu aja beruntung masih ada wortel dan kol hehe. Makasih ya mba sarannya.

      Delete
  9. Wah auto laper ni mbak sfefii.. hihi..makasih sharing resepnya.. aku juga suka capcay

    ReplyDelete
  10. Hmmm capcay yang enak, tapi kalau saya belum pernah pake kentang, ntar ah dicoba.
    Ini resep favorit anak saya Mbak, Tumis Keciwis
    Bahannya : Keciwis yang muda, telor puyuh rebus, kerupuk kulit( dorokdok) kalau suka. Bawang bombay, bawang putih, boleh tambahkan cabe, garam, merica dan bumbu penyedap jika suka.
    Carbut : oseng bawang dan cabe sampe harum, masukan keciwis sampe setengah matang, masukan garam, merica, penyedap. Masukan kerupuk kulit yang sudah diremas kasar juga telor puyuh. Oseng sebentar angkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keciwis itu sayuran apa bun? Saya malah baru tau wkwk. Makasih resepnya bun, insyaallah nanti di cobaa

      Delete
    2. Keciwis, cuciwis itu alias baby kol.

      Delete
    3. oalah norak bangeet saya gatau wkwk, oke siap insyaallah nanti saya coba resepnya bun. Makasih banyaak hehe.

      Delete
  11. Resep masakan tiap rumah tuh beda2 khas nya... mau coba ah cap cay ala mak steffi. Soalnya kalo saya nggak pake kentang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa emang seharusnya gak pake kentang hehe, tapi berhubung kemarin berasa ada yg kurang karena tahun baruan banyak tukang sayur yg gak lengkap. Biar makin kenyang akhirnya tambah kentang gitu hehe

      Delete
  12. Resepnya asik nih mb... boleh dicoba. Saya jg termasuk emak2 yg nggak mau repot kalau masak soalnya. Hehe ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk, bener banget sih, tumis itu paling gampang dibanding yang lain, kalo goreng-goreng kurang suka hehe

      Delete
  13. menu andalan di rumah saya juga mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

back to top