steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

30 Aktivitas Produktif yang Bisa Dicoba Ketika di Rumah Aja

Hi, Sobat Blogger!

Di Rumah Aja

Masa karantina di rumah makin panjang, ya. Para pekerja kantoran juga WFH (Work from Home) ditambah hingga 10 April, ini suami saya sih, ada yang sama? Anak sekolah yang SFH (School from Home) juga sama. Nah, pasti dong ada rasa bosan yang tak terkira selama masa karantina ini. Ya, wajar sih. Namanya juga makhluk sosial, ya. Maunya kelayapan aja, hihi. Yuk, sama-sama bersabar semoga virus nackhal itu segera pergi. Aamiin.

Selama masa karantina pasti ada rasa bosan yang sangat menghantui, ya. Coba deh untuk selalu hidup sehat sederhana supaya lebih baik lagi hidup kita selama di karantina, ya. Pasti banyak juga nih yang punya tips-nya. Kalau kamu punya tips sendiri, enggak?

Selama saya karantina di rumah, awalnya bosan juga. Pengin banget keluar rumah, kebetulan juga kebutuhan sayur mayur di rumah menipis dan harus belanja mingguan. Wah, senang banget bisa keluar rumah meski sampai rumah harus segera masukin baju ke mesin cuci, cuci kaki dan tangan sebelum pegang perabotan rumah, hihi.

Lalu, kira-kira ada kegiatan produktif kah selama kita di rumah aja? Jelas ada dong. Ada banyak lagi, sekitar 30 kegiatan produktif yang bisa kita lakukan di rumah. Iya sebanyak itu.

Baca juga Jadi PJ Buku Antologi Ala Steffi, Mau Coba?

Oh iya, 30 aktivitas ini bisa kamu lakukan selama masa karantina yang makin panjang ini. Wah, kebayang dong seproduktif apa kita di rumah, hehe. Yuk, kita simak ulasannya :
 
1. Dekorasi Ulang Kamar Tidur

Mendekorasi ulang kamar tidur tentu menjadi hal yang paling menyenangkan nih. Apalagi kalau kita sudah merasa mulai sangat bosan dengan dekorasi kamar yang gitu-gitu aja. Sudah saatnya mendekorasi ulang.

Nah, bahan-bahan dekorasinya bisa pakai daur ulang karena kita kan sulit juga untuk belanja keluar rumah. Kalau pun mau bisa secara online saja belanja keperluan dekorasi kamar. Nah, masa karantina akan lebih menyenangkan dan jadi lebih betah dengan dekorasi kamar yang baru.

2. Mencoba Resep Baru

Di Rumah Aja

Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan kegiatan produktif selama masa karantina di rumah. Banyak loh olahan resep yang pastinya belum pernah sama sekali kita coba. Nah, ini bisa jadi salah satu cara nih. Biar semakin semangat untuk memasak.

Enggak melulu jajan keluar, memasak dan mencoba resep baru bikin kita jadi lebih senang di rumah aja. Setuju enggak?

3. Bersih-bersih Rumah

Untuk yang sering mager untuk beres-beres rumah, inilah saatnya, hihi. Biar virus, kuman dan bakteri pada mati di rumah kita, untuk itulah beres-beres rumah sangatlah penting. Jangan biarkan rumah kita jadi sarang kuman. Biar semakin produktif dan banyak gerak juga sudah waktunya rajin beres-beres rumah selama masa karantina ini.

Sudah saatnya perabotan rumah tidak ada lagi debu, langit-langit tidak ada lagi sarang laba-laba. Kamar mandi sudah di sikat, bagian laci di dapur sudah di lap dan bagian-bagian rumah lainnya yang jarang terjamah. Yuk, lakukan beres-beres rumah sekarang juga!

4. Menyortir & Mengurangi Barang-barang yang Tak Terpakai

Daripada banyak barang yang menumpuk di rumah, ada baiknya mulai disortir, yuk. Biar enggak jadi rumahnya si laba-laba. Kesenangan nanti dia punya tempat tinggal baru, hehe. Yuk. mulai cari-cari mana barang-barang yang tidak terpakai dan mana yang masih kita mau pakai.

Untuk barang-barang yang masih bagus ada baiknya kita sumbangkan. Untuk barang-barang yang memang sudah tak layak pakai bisa di daur ulang atau dibuang. Semangat menyortir barang-barang yang tak terpakai. Semoga semakin produktif kegiatan di rumah!

5. Olahraga Ringan

Di Rumah Aja

Ini penting sih. Selain bisa membuat badan menjadi lebih bugar dan lebih sehat, membuat badan jadi enggak mudah lelah. Apalagi di zaman wabah begini, kita harus menjaga imun dengan baik. Nah, olahraga adalah salah satunya. Tidak perlu sulit, cukup lakukan olahraga ringan saja.

Jika takut tidak konsisten bisa download aplikasinya di handphone. Ada banyak loh. Selain itu, juga ada berbagai macam olahraga ringan yang di tawarkan agar badan tetap bugar. Oh iya, bisa juga untuk program diet nih. Supaya setelah wabah selesai, berat badan tetap normal dan aman.

6. Mencoba Hal yang Baru

Coba deh untuk melakukan hal yang baru. Seperti merajut, menganyam atau belajar hal yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan. Apalagi untuk kamu yang mudah banget bosan. Nah, mencoba hal baru dapat menghilangkan rasa bosan kamu nih.

Pastinya tetap happy ya meski di rumah aja, karena banyak hal yang bisa kamu lakukan. So, jangan takut untuk mencoba hal yang baru, ya. Selamat bereksperimen!

7. Merealisasikan atau Praktek Ide-Ide

Jika senang sekali membuat DIY (Do It Yourself), waktunya sekarang bisa direalisasikan loh. Ya, kan kita di rumah aja nih. Enggak banyak kelayapan karena emang enggak boleh. Daripada ide-ide tersebut hanya ada di notes buku atau dipikiran kita aja kan. Lebih baik segera dipraktekkan saja. Siapa tahu jadinya bagus dan banyak yang mau. Bisa dijadikan bisnis tuh. Lumayan banget.

8. Bikin Kue atau Camilan Sehat

Di Rumah Aja

Buat yang suka sekali ngemil, ini perlu kita terapkan. Bikin camilan dan kue sehat bisa kill your time loh. Pastinya juga bikin badan sehat. Jika selama ini kita sering banget makan camilan yang kurang sehat, sekarang waktunya dikurangi, ya.

Coba deh bikin salad buah atau apple pie. Bikin camilan dari oats juga sehat tuh atau bikin susu kurma. Intinya perbanyak cari tahu camilan sehat, supaya enggak salah makan camilan. Biar badan juga tetap terjaga imunnya.

9. Bercengkrama dengan Keluarga

Renungkan deh, sudah berapa lama kita tidak quality time dengan mengobrol banyak hal sama keluarga? Pasti yang dulunya jarang ketemu karena sibuk kerja atau sekolah atau kuliah. Nah, sekarang saatnya. Kita kumpul lagi bareng keluarga dan saling bercerita satu sama lain. Bisa cerita apapun yang penting saling terbuka saja dan bangun lagi komunikasi.

Jika jauh bisa menelpon atau video call orang tua atau anak atau istri atau suami. Bikin suasana hangat lagi dengan komunikasi. Sering-seringlah beri kabar kepada keluarga yang jauh. Bercengkrama tidak harus bertemu kan? Apalagi sedang di karantina begini. Jadi, solusinya tetap berkomunikasi dengan handphone atau dengan alat komunikasi lainnya.

10. Melakukan Perawatan Muka dan Tubuh

Untuk yang sering tak punya waktu perawatan muka dan tubuh. Nah, puas-puaskan lah untuk melakukan perawatan muka dan tubuh selama di rumah aja. Manjakan tubuh kita ini dengan berbagai macam perawatan. Dari ujung kaki hingga ujung rambut bisa tuh sekalian perawatan.

Baca juga Asyiknya Jadi Pembicara Ketika Masih Pemula

Bisa panggil orang salon juga secara online jika kamu enggak punya peralatannya. Tapi kalau bahan perawatannya lebih baik kerjakan sendiri saja di rumah. Dikarenakan tidak mengundang orang luar ke rumah sekarang lebih baik dan membatasi orang bertamu ke rumah. Biar rumah kita tetap steril. It's your choice.

11. Mencoba Make Up Baru Untuk Suami

Bagi yang sudah punya suami, coba deh sesekali pakai make up. Percantik diri kita selama di rumah aja. Suami juga pasti jenuh dong melihat istrinya begitu-begitu aja. Nah, sudah saatnya nih percantik diri dengan make up.

Bisa pakai make up yang sudah ada di rumah dan bisa coba-coba mana yang kira-kira bikin kita jadi lebih pangling dan suami makin betah di rumah. Ya, namanya juga WFH bisa bikin suami bosan atau pun sebaliknya, ya. Nah, jadi enggak salahnya menyenangkan hati suami dengan menggunakan make up. Asyik, jadi tambah mesra deh.

12. Menulis Jurnal atau Blog atau Buku

Di Rumah Aja

Banyak waktu luang ketika di rumah aja. Membuat kita punya banyak hal yang bisa ditulis dan dijadikan artikel yang bermanfaat. Siapa tahu banyak yang membutuhkan tulisan kita itu. So, bisa dicoba nih untuk mulai menulis di jurnal atau blog atau malah dijadikan buku.

Tak ada yang pernah tahu bahwa tulisan kita itu ada yang bermanfaat untuk orang lain. Jadi pilihan tepat untuk terus menulis selama di rumah aja. Yuk, terus menebar kebaikan melalui tulisan.

13. Bercocok Tanam atau Berkebun

Daripada lebih sering merenung atau bengong, lebih baik mencoba hal yang satu ini nih. Bercocok tanam atau berkebun  menjadi salah satu cara untuk kill the time, hihi. Enggak ada salahnya mencoba loh. Siapa tahu hasil tanaman kita jadi dan berhasil tumbuh dengan baik.

Apalagi jika bercocok tanam sayuran atau buah-buahan. Wah, lumayan banget enggak perlu beli tinggal petik. Kalau bercocok tanamnya bunga, bisa lumayan juga tuh banyak bunga di halaman rumah. Jadi, lebih indah dilihatnya.

14. Menikmati Kopi atau Teh Bersama Keluarga

Di Rumah Aja

Waktu-waktu yang sering banget dilewatkan untuk orang-orang yang sibuk. Salah satu hikmah adanya wabah ini, bisa berkumpul dengan keluarga sambil santai di sore hari dan ditemani kopi atau teh. Wah nikmat mana lagi yang engkau dustakan? Masyaallah.

Sekarang ini waktunya tepat banget. Selama masih di rumah aja, rutinkan deh melakukan hal ini dengan pasangan atau keluarga. Ajak mereka bercengkrama ringan dengan minum kopi atau teh favorit. Pasti bikin suasana semakin damai dan kita jadi lebih happy deh.

15. Merapikan file-file di Komputer atau Laptop

Di Rumah Aja

Alasan tak ada waktu untuk merapikan file-file di desktop untuk sekarang tidak berlaku lagi, ya. Jadi, sudah waktunya mulai merapikan file-file yang berserakan. Sering banget lupa dan pusing cari file yang entah ada di mana. Nah, dengan banyaknya waktu selama di rumah aja nih. Bisa banget loh jadi kegiatan produktif untuk mulai merapikan file-file desktop. Yuk, jangan nunggu nanti, ya.

16. Ikut Training Online Berbayar atau Gratis

Yap, menambah ilmu itu penting banget. Salah satunya ikut training. Enggak usah ikutan yang offline, ikutan aja yang online. Sudah sangat menjamur sekali loh training online ini. Bisa pilih yang gratis dan berbayar sesuai dengan kemampuan kita. Harus tetap menuntut ilmu meski di rumah aja dan jangan tambah malas, ya. Yuk, terus produktif!

17. Membaca Buku

Di Rumah Aja

Siapa yang sering banget beli buku banyak, eh tapi ujung-ujungnya tergeletak aja gitu di rak buku? Iya, saya, haha. Nah, ini salah satu yang sedang saya terapkan juga nih. Sewaktu senggang dan tidak lagi ada target menulis, saya pasti baca buku untuk melahap semua buku yang sudah saya beli dan tak kunjung dibaca ini.

Apalagi kalau ada bazar buku kadang beli bukunya suka enggak karuan, eh tapi sampai rumah boro-boro dibaca. Nah, sekarang waktunya tepat banget nih. Jadi, mulai lagi deh rajin membaca dan enggak hanya jadi penimbun buku, hehe.

18. Aktif Ikut Lomba

Mumpung lagi banyak lomba, sudah saatnya mulai aktif untuk ikutan lomba lagi. Ya, daripada di rumah aja tidak melakukan hal yang produktif. Lebih baik asah kemampuan dengan ikutan lomba. Untuk yang suka banget menulis, ada banyak lomba membuat puisi, cerita anak, novel, atau pun lomba blog. Rajin mencari tahu saja untuk lomba ini dan ikut lombanya jika kira-kira kita mampu.

Kalah menang dalam lomba hal yang biasa, setidaknya kita bisa banyak belajar dari lomba tersebut. Selain itu, bisa belajar dari teman-teman lain yang menang. Jadi, kita bisa ATM (Amati Tiru Modifikasi). Siapa tahu setelah itu, kita yang menang. Ya, enggak?

19. Menambah Jadwal Menulis

Di Rumah Aja

Jika waktu luang kita lebih banyak untuk rebahan, sudah waktunya untuk menambah jadwal menulis. Daripada hanya malas-malasan saja, kan? Lebih baik mulai aktif lagi menulis dan tambah jadwalnya. Jika tadinya menulis sehari hanya satu halaman, ditambah jadi lima lembar. Jika tadinya menulis hanya seminggu sekali di blog, ditambah deh jadi seminggu tiga kali.

Yuk, sudah waktunya kita lebih aktif melakukan kegiatan yang produktif dan kurangi hal-hal yang bikin malas, hihi. Semoga enggak susah menerapkannya, ya!

20. Menyelesaikan Target yang Sempat Terlewat

Ada banyak target yang terlewat karena kita sibuknya minta ampun. Jadi, target yang seharusnya sudah selesai sebulan sebelumnya. Malah belum dikerjakan sama sekali. Wah ini bagaimana nih? Yuk, kita ubah nih mindset kita selama di rumah aja. Target yang banyak terlewat bisa kita selesaikan satu per satu, ya. Bismillah, pasti usai semuanya. Semangat!

Baca juga Ketika Malas Menulis Hinggap, Tebas Saja dengan Cara Jitu Ini!

21. Berbagi Kepada Sesama Secara Online

Di Rumah Aja

Agar kita tetap di rumah aja, berbagi enggak harus ketemu langsung kok. Bisa loh pakai online, aja. Biar kan para relawan yang membagikannya. Kita cukup membantu dengan memberikan sedikit rezeki kita kepada mereka yang memang membutuhkan. Jika ada barang layak pakai, juga bisa disumbangkan.

Berikanlah seikhlasnya dan semampunya kita. Melihat mereka senang, kita pun juga ikutan senang deh. Meski berbaginya hanya lewat online.

22. Membantu Tugas Kantor Suami

Siapa yang setia banget bantu tugas kantor suami? Saya, haha. Iya, berhubung suami WFH dan ternyata kerjaannya lebih banyak dari biasanya. So, ya sudah saya bantu sebisanya. Biasanya hanya input data saja sih. Pokoknya yang gampang-gampang biasanya saya yang mengerjakan.

Lumayan juga ada bayarannya dari suami, haha. Enggak mau rugi banget saya. Tapi, ya daripada kerjaan saya rebahan dan main sosial media aja dari pagi ketemu pagi, wkwk. Lebih baik bantu suami supaya dia juga bisa segera istirahat, kan? Nah, kamu juga sering bantu tugas kantor suami?

23. Bermain yang Mengasah Otak

Di Rumah Aja

Enggak ada salahnya melakukan permainan yang mengasah otak begini. Biar pikiran kita enggak tumpul dan lebih terasah ketika berpikir. Coba deh cari permainan yang banyak melakukan hal-hal dalam berpikir kritis. Pasti ada banyak, bisa secara online atau pun download aplikasinya di handphone.

Atau bisa juga bermain puzzle yang memiliki 1000 jumlah potongan puzzle. Wah, itu bikin kamu berpikir banget sih. Sehari juga enggak selesai, hihi. Bisa juga permainan merakit. Nah, tinggal pilih mana yang kamu sukai.


Untuk kita sebagai seorang muslim, bisa juga nih untuk melakukan hal yang selama ini suka kita abaikan. Lebih tepatnya, kita melakukan ini nanti-nanti nunggu waktu luang. Padahal seharusnya meluangkan waktu. Apalagi untuk ibadah kepada Allah. Jangan pas susahnya aja kita dekat sama Allah. Pas lagi senang kita lupa. Naudzubillah min dzalik.

So, beberapa kegiatan produktif yang panen pahala ini juga bisa kita lakukan selama di rumah aja, loh. Apa saja, ya?

24. Mendengarkan atau Menonton Kajian Online

Biasanya kita suka datang kajian offline. Berhubung banyak masjid yang ditutup dan tidak boleh berkumpul, jadi banyak kajian libur. Sedih, ya rasanya. Tapi, bukan berarti sekarang kita jadi malas kajian karena kajian pada libur. Sudah waktunya kita bangkit dari rasa malas dan mulailah menyetel kajian online.

Ada banyak kajian online yang bisa kamu ikuti, seperti di rodja TV, Yufid TV dan di youtube para ustadz. So, enggak ada alasan lagi malas kajian, ya.

25. Perbanyak Sholat Sunnah dan Dzikir

Sudah saatnya kita mulai rajin untuk sholat sunnah. Tidak hanya sholat wajib saja yang tepat waktu. Sholat sunnah jangan dilupakan, ya. Terutama pada sholat malam, sholat duha, sholat witir dan sholat rawatib. Insyaallah dengan banyak sholat sunnah dan doa, Allah perkenankan wabah ini cepat berlalu. Pastinya kita pun juga istiqomah tetap perbanyak sholat sunnah.

Dzikir juga jangan ditinggalkan, ya. Apalagi dzikir pagi petang adalah salah satu baju besi umat muslim loh. Dengan dzikir pagi dan petang Allah yang jaga kita langsung dari bala dan wabah saat ini. Insyaallah jika kita mengamalkannya selalu, Allah hindari dari hal-hal yang tak baik. Aamiin.

26. Rutin Puasa Sunnah

Puasa senin kamis atau puasa daud, jangan ditinggalkan, ya. Puasa salah satu cara agar kita tetap sehat loh. Sudah banyak referensi medis mengenai hal ini. Jadi, jangan malas puasa. Apalagi sebentar lagi Bulan Ramadan. Sebelum menyambut Bulan Ramadan ada baiknya kita memperbaiki diri, supaya pas Bulan Ramadan kita siap untuk ibadah lebih kepada Allah. Insyaallah.

27. Muroja'ah Catatan Kajian

Setiap kajian pasti dong dicatat, karena ilmu itu harus diikat dengan cara dicatat. Coba jika kita datang kajian terus hanya dengar doang dicatat enggak. Emang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari? Pasti setelah beres kajian juga sudah lupa.

Untuk itulah, sebagai penuntut ilmu, setiap kajian harus dicatat dan dibaca ulang setelahnya untuk diingat-ingat kembali. Supaya apa yang telah disampaikan ustadz, bisa benar-benar kita terapkan di kehidupan nyata. Sudah muroja'ah hari ini belum?

28. Baca Al-Qur'an 

Membaca Al-Qur'an seharusnya jadi hal yang paling sering kita lakukan sekarang. Apalagi dengan waktu luang yang ada ini, kita harus semakin dekat dengan Allah. Membaca Al-Qur'an salah satu cara untuk menambah iman kita kepada Allah. Enggak hanya imun tubuh saja yang harus dijaga, iman kepada Allah juga. Jadi, mulai rajin lagi yuk baca Al-Qur'an-nya.

29. Menambah Hafalan Al-Qur'an

Lanjut sehabis baca Al-Qur'an waktunya menambah hafalan Al-Qur'an. Jangan hafalnya dengan 3 kul saja, ya. Ayo ditambah hafalannya. Supaya semakin semangat beribadah kepada Allah dengan menambah hafalan kalam-Nya. Mulai sekarang ya kita tambah hafalan Al-Qur'an-nya. Minimal hafal Juz 30 meski belum sanggup hafal 30 Juz, hihi.

30. Belajar Bahasa Arab

Di Rumah Aja

Belajar bahasa arab itu wajib loh untuk semua muslim. Kenapa wajib? Karena bahasa arab itu bahasanya Al-Qur'an. Masa setiap hari kita baca Al-Qur'an enggak paham apa yang dibaca? Nah, untuk itu belajar bahasa arab wajib untuk setiap muslim.

Mumpung di rumah aja, kita bisa menambah belajar bahasa arab nih. Kalau saya suka pakai duolingo, aplikasi belajar bahasa di handphone. Enak banget cara belajarnya dan jadi semakin paham deh sama bahasa arab. Masyaallah.

Baca juga 9 Kiat Agar Tetap Produktif Menulis

Itu tadi 30 aktivitas produktif yang bisa kita lakukan selama masa karantina di rumah. Ada yang sudah kamu lakukan kah? Apa saja nih? Share, yuk, pengalaman kamu selama di rumah aja di kolom komentar di bawah ini, ya.

Stay safe everyone, semoga wabah ini segera berlalu dan kita semua bisa sehat wal'afiat. Insyaallah Allah yang selalu jaga kita dan keluarga kita. Aamiin. INGAT, di rumah aja, ya!

Salam,

Comments

  1. Ternyata banyak ya yang bisa dilakukan selama SAH (Stay At Home). Nyesel baca postingan ini, karena sudah nggak punya alesan nggak ada yang bisa dikerjain selama di rumah. Heheheehe.... .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa banyak banget loh, gak ada alasan lagi malas-malasan

      Delete
  2. Tips nomor 29 menohok banget huhu, makasih banyak tipsnya mbak steffi. Salam kenal ya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi sama kok saya jg, masih terus meningkatkan ibadah, salam kenal juga kak

      Delete
  3. Saya nyoba resep baru, baca-baca, nulis blog, sama ngerajut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seru bangeet, saya mau coba ngerajut tapi masih belum mampu haha

      Delete
  4. Nah kan tidak ada alasan mager lagi nih selama di rumah saja, banyak kegiatan yang bisa dikerjakan. Oh yah, yang ingin saya lakukan jauh sebelum datangnya pandemi ini adalah rapikan file-file di laptop, tapi gitu deh tidak sempat. Sibuk terus di dapur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara-gara baca lagi artikel ini, timbul lagi keinginan baru saya.
      Yee...mau mencoba resep-resep baru agar penghuni rumah yang sudah mulai malas makan, bergairah lagi. Terima kasih infonya ya.

      Delete
    2. yap bener sudah waktunya kita merapikan file di laptop, ini juga yang sedang saya kerjakan haha

      Delete
  5. banyak juga ya, tapi tetep saja kalau gak keluar itu rasanay gimana tp tetap di rumah yang paling aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa emang bosan tapi itu yang terbaik sekarang, hihi

      Delete
  6. Mbaaaaa
    Makasiii ide2nya
    MANTAB JIWA nih mbaaa
    Siap praktikkan!!

    ReplyDelete
  7. Wah makasih banyak loh ide-idenya. Sekarang saya jadi punya banyak cara untuk mengisi waktu saat karantina begini.

    ReplyDelete
  8. Nah ini dia referensi kegiatan selama dirumah aja yg bisa diterapkan. Btw sekarang sy jd master chef lho karena bolak balik masak buat orang rumah dan mereka bilangnya enak2 aja mungkin krna kasian sy danudah berjibaku masak dan ga ada lagi yg dimakan hehe..mksh ya kak sudah menambahkan beberapa kegiatan jadi bisa sy terapkan nih di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah asyik banget mba, saya juga bisa 2-3 masak haha, kadang kalo malas ya go food aja deh biar cepet wkwkwk

      Delete
  9. Yeyaya, baca ini jadi punya banyak ide..happy!! ga mati gaya nanti
    Tapi kalau yang terkait blog agak susah euy..secara pagi sampai siang anak-anak SFH, jadi ya mesti dampingi mereka. soalnya ada tugas-tugasnya. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku bukan hanya mencoba resep baru tapi...baru tiap hari karena bikinnya asal cemplung dan padu padan dari bahan yang ada haha
      Yang penting jadi makanannya karena keburu ditunggu yang WFH dan SFH

      Delete
    2. iyaa mba kalo ada anak mah urusan anak dulu, baru me time ibunya haha

      Delete
  10. Dengan mbaca artikel ini, ide liar saya kembali muncul. Maksudnya adalah ide liar untuk merombak kamar menjadi kamar yang keren bagi laki=laki.

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya banyak banget yang bisa kita lakukan selama di rumah ya, Mbak. Tergantung kreativitas masing-masing. Jadi gak ada tuh sebenarnya mati gaya selama anjuran di rumah aja

    ReplyDelete
  12. Kalau saya WFH sampai 3 April mbak, belum ada update info lagi, apakah diperpanjang atau tidak.

    Walau di rumah, banyak yang bisa kita lakukan ya, nggak bakal banyak waktu "nganggur" kalau mau beraktivitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya di rumah pas karantina ini nggak nganggur-nganggur juga sih, malah sibuk hahhah. Tapi kalau ada pilihan aktivitas begini lumayan biar nggak bosen.

      Delete
  13. Wow bnyk bnget ya ternyata yg bs dikerjakan saat masa karantina. Hmmm aku mlh mls untuk perawatan2 mba, hehe...tp yg terakhir2 keren2...mksh ya bisa dicoba semuanya nih...

    ReplyDelete
  14. Pilihannya banyak banget, bisa jadi alternatif kalau harus di rumah selama tiga puluh hari penuh nih. hehehe...

    ReplyDelete
  15. Ide-idenya cukup menarik ya. Untuk saat ini saya baru laksanakam yang no 3,4,9 dan 12.

    ReplyDelete
  16. Saya ada rencana juga untuk dekorasi ulang kamar k. Untuk Olahraga yang belum saya bisa. berat banget nih olahraga ya k, duh hahahah padahal cita-cita kurus. Tipsnya harus banget dicatet nih buat panduan

    ReplyDelete
  17. Setelah baca ini, alasan untuk mager sudah tidak lagi nih.. Stay at home yang positif bisa memberikan hal baru kita untuk lebih baik.

    ReplyDelete
  18. wah sampai di list apa ja yang bisa dikerjakan di rumah, keren lah. Memang benar, harus pandai-pandai menyibukan diri.

    ReplyDelete
  19. gak ada kata nganggur dan rebahan... stay at home tapi produktif. bagus ! salam kenal

    ReplyDelete
  20. Kalo aq dari dulu udah Stay at Home... jadi makin seneng kalo nggak boleh keluar rumah. Ngabisin waktu buat nulis novel, menjahit sama Nonton Drama China.. 🤣🤣🤣 nge-bucin mulu tiap hari...

    ReplyDelete
  21. Mba Steffi.. tipsnya beragam dan oke.
    Ini semacam tips yang paling banyak yang dicari loh selama kita diam di rumah. Sayang, kadang buat saya ini cuma jadi wacana mba.. hiks karena anak-anak jadi banyak yang harus saya awasi saat sekolah daring ini ..

    Kadang ngeblog harus mengorbankan jadwal tidur . Hiksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Kadang sudah ingin melakukan rencana A, B, C sampai Z, ehhh mau nggak mau mendahulukan bermain sama anak-anak dulu.

      Delete
  22. MasyaAllah Dewi suka banget ulasannya, dari 1-20 Dewi setuju, melihat poin 21 hingga 30 makin cinta deh. terimakasih mbak Steffi semakin menginspirasi:)

    ReplyDelete
  23. Lengkap 30 kegiatan untuk mengusir bosan ketika berkegiatan dirumah... setidaknya kalau dilakukan 1 kegiatan perhari.. sudah aman utk 30 hari...lepas itu..ulangi lagi dari awal...

    ReplyDelete
  24. Ada banyak alternatif kegiatan yang sebetulnya bisa dilakukan meski cuma di rumah ya kak. Nah, lawan terberatnya menurut saya, ya kasur ehehe.. hawanya tuh rebahan terus.

    ReplyDelete
  25. Mencoba memasak dengan resep baru, ya... Hal itu lah yang sekarang aku lakukan mba, berhubung suka masak.

    Apalagi swkarang,suami juga ada dirumah. Keseruan didapur pun terjadi. Karena suami bantuin aku membersihkan bahan-bahan yang akan diolah nanti.
    Memang semenjak pandemi virus covid-19 masuk di Indonesia, aktifitas kita dibatasi. Tapi meski begitu, kita ambil positifnya aja

    ReplyDelete
  26. banyaaak banget ya yang bisa dilakukan selain REBAHAN hahah. pengen ini itu tapi masih terkendala diglayutan bocah bocah. terima kasih inspirasinya Mbak, nanti saya tiru dan modifikasi ya Mbak

    ReplyDelete
  27. tuh kan ternyata masih banyak hal-hal yg bisa dilakukan selama d rumah, jadi ga ada alasan mati gaya ya selama self quarantine ini, yg belum aku coba itu buat jurnal nih, pengen bulleting jurnal hehe

    ReplyDelete
  28. Wah ini aktivitasnya lebih untuk ibu-ibu ya Mbak. Btw yang nomor 11 dan 12 sudah dilakukan istri saya, sampai muka saya dikasih masker, hehe

    ReplyDelete
  29. Belajar bahasa Arab lagi jadi resolusi saya dan suami di tahun 2020 ini. Tp itulah kalah sm rutinitas kerjaan. Mungkin ini waktunya kami membenahi rencana yg terbengkalai ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2 saya pingin belajar bikin dimsum yg lembut sebelum masuk bulan Ramadhan ini Mbak

      Delete
  30. Banyak ini 30 aktivitas. No 15 baru mau nih, terutama foto-foto, belum difolder dengan rapi. Wah iya menambah hafalan juga nih. Jadi engga cuma baca aja. Makasih remindernya...

    ReplyDelete
  31. saya paling suka coba make up. sekalian bikin video buat youtube. hehe... tapi harus dibagi sama kegiatan lain yang seabrek. terwakili sama 30 kegiatan dalam artikel ini. lengkap wes.

    ReplyDelete
  32. Iya mbak, di rumah aja bukan berarti kita nggak ada kegiatan, kan yak? Banyak aktifitas yg bs kita kerjakan. Salah satunya seperti yg Mb Stefi bilang di atas, seperti: beberes rumah, uprek resep, dan banyak lagi. ��

    ReplyDelete
  33. Aplikasi buat belajar bahasa arab yang mudah selain duolingo ada lagi ga, kak?

    Ipeh selama di rumah juga sering banget nih ikut training online.apalagi banyak yang nyediain gratisan. Alhamdulillah banget. Tinggal dipelajari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada aplikasi belajar bahasa Arab juga ya, Mbak? Baru tahu saya, jadi pengen coba aplikasinya

      Delete
  34. Saat2 seperti ini memang adalah waktu yg tepat untuk melakukan hal2 bermanfaat ya kak. Saya jg mulai melakukan hal2 spt di atas, diantaranya adalah menyortir barang2, bersih2, dan olahraga ringan. Oh iya, ini jg waktu yg bagus utk merealisasikan ide2 lama yg terpendam

    ReplyDelete
  35. weehhehehe edyannn 30list ditulis semua loh,, ini bagus bgt buat yang buntu ide mau ngapain dirumah

    kalau aku kayaknya bakalan menyelesaikan semua draft tulisan sambil olahraga kecil2 deh kaka

    ohiya galupa bersihin kamar kos. wwkkw

    ReplyDelete
  36. Kalau saya jujur nggak banyak aktifitas yang berubah karena hari biasa pun juga kantor-rumah-kantor-rumah, yang beda mungkin pas weekend nggak bisa jalan-jalan. Nah weekend itu yang diisi dengan beres-beres atau nonton series.

    ReplyDelete
  37. Sebelum ada himbauan kerja dari rumah sudah melakukan kerja dari rumah sebenernya enggak terlalu kaget sih
    Tapi jadi membatasi diri buat kegiatan di luar rumah
    Enaknya, banyak kelas online yang membuat kita tetap bisa belajar meski di rumah aja

    ReplyDelete
  38. Kak ini kenapa tipsnya banyak banget. Mana caranya agar aku bisa pura-pura malas gitu, hahaha habis ini nggak ada lagi alasan Malas karena jadi tahu apa aja sih yang harus kita lakuin sebenernya gitu, kalau selama ini kan makan tidur makan tidur online nonton drakor berasa gabut aja

    ReplyDelete
  39. Memamng setiap orang mempunyai aktifitas yang produktif yang berbeda-beda, seperti halnya aku. aku lebih produktif saat malam hari saat yang lain tidur.

    ReplyDelete
  40. Aku heran banget kak, harusnya libur banyak banget yang bisa dikerjakan. Tapi dari sekian banyak list yang dibuat, ternyata libur di rumah itu gak seperti dalam bayangan.. hiksss gak sempat dekor ulang rumah, ngerapiin lemari baju, malah habis waktu jadi tutor 3 anak belajar daring.. hikssss

    ReplyDelete
  41. Waaaah, banyak banget ya ternyata aktifitas yang bisa dilakukan di rumah. Gak ada kata bosen nih

    ReplyDelete
  42. Banyak sekali ya yang bisa kita lakukan di kala WFH ini. Memang kadang pas awal-awal senang karena gak kerja eh terus lama-kelamaan bingung mau ngapain, 30 aktivitas ini mungkin beberapa bisa jadi pilihan untuk dikerjakan. Aku sendiri akhirnya sejak beli laptop ini awal kuliah dulu, baru sekarang sempat merapikan file-filenya

    ReplyDelete
  43. Bersih-bersih rumah, menyortir barang, olah raga ringan, bikin camilan sehat, itu sederet aktivitas rutin yang saya lakukan selama karantina mandiri COVID-19 ini. Udah gatel sebetulnya ini kaki pengen keluar rumah buat jalan-jalan dan kuliner, tapi demi keluarga harus ditahan-tahan. Ya Allah, udah sebulan lebih di rumah teruuuus mba.

    ReplyDelete
  44. Semua kegiatannya keren semuanya ya, semoga bisa dilakukan deh. Aku malah ga sempat nyuci eh nulis buku

    ReplyDelete
  45. Wah inspiratif banget... bisa dijadwalin tuh selama 30 hari penuh, jadi setiap hari ada pasti ada kegiatan... kalau bisa bisa di-switch jadwalnya...

    ReplyDelete
  46. Semenjak stay at home memang bisa melakukan hobi. Biasanya sepulang kerja sudah lelah lalu jadi kaum rebahan, ketika stay at home setelah kerjaan selesai jadi bisa melakukan hobi. Ada hikmanya juga, hehehe

    ReplyDelete
  47. Asal kreatif banyak banget hal bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah ya Mbak. Nanti tau-tau ujian ini berlalu aja, dan kelak akan dirindui kembali masa-masa stay at home.

    Makasih Mbak ide kreatifnya.

    ReplyDelete
  48. Hihi, komplit banget ... finally nggak ada alasan buat malas di rumah, ya mbak. Karena banyak yg bd kt lakukan di rmh.��

    ReplyDelete
  49. masyaAllah sebagai latihan untuk ramadhan juga ya mbak hehe alhamdulillah sudah banyak yg dikerjakan diantara 30 itu hihi

    ReplyDelete
  50. dari 30 aktivitas ini 80% saya sudah lakukan selama pandemi

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top