steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Masih Menggunakan Alat Deteksi Plagiarisme? Hati-hati Bahaya!

Hai, Sobat Blogger!

Berhenti Menggunakan Alat Deteksi Plagiarisme

Memeriksa pekerjaan seperti naskah atau tulisan untuk menemukan plagiarisme di dalam tulisan tersebut memang sangat penting. Namun, kamu harus tahu bahwa sangat penting juga untuk memeriksa naskah tersebut dengan alat pemeriksa plagiarisme yang andal. Daripada nanti menyesal karena menggunakan alat pendeteksi plagiarisme online secara acak dan belum tentu aman digunakan. 

Ketahuilah bahwa dari ratusan situs web pemindai plagiarisme di web, hanya beberapa di antaranya yang dapat diandalkan dan aman digunakan. Dalam tulisan singkat ini, kamu harus tahu tentang beberapa alat pendeteksi plagiarisme terburuk yang dapat memengaruhi privasi dan keamanan tulisan kamu. 

Disarankan kamu harus segera berhenti menggunakan pemeriksa hak cipta ini. Namun jangan khawatir, ada beberapa alat deteksi plagiarisme online yang memiliki reputasi baik dan dapat diandalkan, loh. Nah, kira-kira apa saja, ya? Simak ulasannya berikut ini :

Pemeriksa Plagiarisme Vs Keamanan & Privasi Konten

Berhenti Menggunakan Alat Deteksi Plagiarisme

Sudah dilakukan penelitian dengan rinci tentang sebagian besar alat plagiarisme yang ada di internet. Telah diuji alat-alat tersebut agar mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut ini yang sering ditanyakan :

  • Apakah pemeriksa plagiarisme ini aman digunakan dalam hal keamanan? Apakah data akan aman di antarmuka alat ini dan apakah web tersebut memiliki lisensi untuk menerima konten di antarmukanya ?
  • Apakah pemeriksa plagiarisme  ini benar gratis atau adakah string yang tidak diketahui dan tidak terduga?
  • Apakah pekerjaan dan hasil penguji plagiarisme dapat diandalkan dan akurat?
  • Bagaimana memilih situs web untuk deteksi plagiarisme?

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memulai memeriksa semua alat plagiarisme gratis ini di internet. Nah, dari hal itu akhirnya mengambil bantuan dari teknik pencarian kata kunci. 

Dengan menggunakan mesin pencari yang berbeda, termasuk Google, Bing, Yahoo. Dapat menambahkan berbagai kombinasi kata kunci di bilah pencarian mereka satu per satu. Seperti di bawah ini :

  • Pemeriksa
  • Deteksi plagiarisme online
  • Plagiarisme situs web analisis
  • Plagiarisme pemindai plagiarisme
  • Pemeriksa teks duplikat

Kemudian dengan mengunjungi banyak situs web yang berada di bawah indeks kata kunci ini. Di situs web tersebut, banyak ditemukan ulasan tentang pemeriksa teks plagiarisme. Dengan mengumpulkan daftar alat paling umum yang diberi peringkat di bawah kata kunci ini. 

Akhirnya mendapatkan daftar pendeteksi plagiarisme yang gratis dan yang berbayar baik yang aman maupun tidak aman. Akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Apa yang Diperiksa Oleh Situs Web Tersebut?

Ketika mulai memeriksa situs web satu per satu dengan menambahkan input konten yang berbeda ke dalamnya. Kemudian menambahkan konten yang dijiplak dan menambahkan konten dengan duplikasi mosaik. 

Lalu menambahkan konten unik dan juga menambahkan konten yang diparafrasekan untuk menguji kecerdasan alat tersebut. Hasil pencarian keluar sangat menarik dan ditemukan detail berbeda tentang semua alat pemeriksa plagiarisme dalam daftar.

Mengetahui tentang alat pemeriksa plagiarisme yang menyalahgunakan konten tulisan dan menjualnya ke penulis lain. Perlu kamu ketahui tentang situs web yang menyimpan konten tulisanmu tanpa izin dan membuat tulisanmu dianggap oleh orang lain. 

Selain itu, mencari tahu tentang situs-situs yang diberi peringkat di bawah alat pemeriksa plagiarisme gratis tetapi tidak gratis sama sekali. Dan tentu saja, ditemukan juga bahwa alat pemeriksa plagiarisme yang aman dan bisa digunakan oleh seluruh pengguna.

Alat Pemeriksa Plagiarisme yang Tidak Boleh Digunakan!

Berhenti Menggunakan Alat Deteksi Plagiarisme

Berikut ini adalah alat yang terbukti tidak aman digunakan. Semoga daftar di bawah ini, membuat kamu semakin waspada terhadap situs pendeteksi plagiarisme :

1. Scan My Essay

Penguji plagiarisme ini adalah yang tersedia untuk siswa dan guru. Tetapi yang tidak kamu ketahui adalah bahwa alat ini mencuri tulisan atau naskah yang kamu masukkan di websitenya dan dengan mudah menjualnya.

2. Plagiarisma.net

Situs web pemeriksa plagiarisme ini adalah layanan gratis yang menyediakan layanan pemeriksaan tanpa batas. Tetapi kamu harus tahu bahwa itu memiliki layanan yang paling menyedihkan. Sangat menyebalkan ketika dicoba untuk memeriksa plagiarisme bahkan tidak lengkap.

3. Bola Debu

Yang disebut situs web pengecekan plagiarisme ini juga memiliki kapasitas penyaringan yang sangat lemah. Web tersebut tidak dapat memeriksa pekerjaan kamu sepenuhnya untuk plagiarisme.

4. Turnitin

Alat ini dinilai terlalu tinggi dan mahal. Ini tidak dapat digunakan oleh penulis dan siswa yang memiliki anggaran rendah karena berbayar.

Pemeriksa Plagiarisme Online yang Andal & Aman

Berhenti Menggunakan Alat Deteksi Plagiarisme

Setelah mengetahui web mana saja yang pemeriksaan plagiarismenya tidak aman. Berikut adalah beberapa web alat deteksi plagiarisme yang ditemukan aman dan andal dalam kerjanya :

1. Duplichecker

Berhenti Menggunakan Alat Deteksi Plagiarisme

Detektor plagiarisme oleh Duplichecker adalah alat terbaik untuk cek plagiat. Kamu bisa mengecek hingga 1000 kata sekaligus dan kamu bisa menggunakan detektor plagiarisme ini sebanyak yang kamu mau dalam satu hari dan hasilnya cukup menjanjikan. Desain pemeriksa plagiarisme online gratis ini sangat sederhana dan mudah digunakan.

2. SmallSEOTools

Detektor plagiarisme oleh smallseotools adalah pemeriksa plagiarisme gratis yang tidak memiliki batasan. Alat ini memiliki tingkat penyaringan yang baik dibandingkan dengan alat online lainnya. Ia juga memiliki layanan berbayar premium yang tersedia di bawah PlagiarismSoftware.net.

3. Plagiarismdetector.net

Ini adalah salah satu alat paling pro yang kami temukan online. Pemeriksa plagiarisme ini tidak menyimpan konten kamu dan memberikan hasil yang sangat rinci terkait plagiarisme. Seorang pengguna terdaftar dapat memeriksa hingga 25 pertanyaan dalam sehari dengan alat ini, loh.

4. Grammarly

Grammarly juga memiliki fitur pemeriksaan plagiarisme yang hanya berfungsi dengan koneksi web yang kuat. Penguji plagiarisme ini tidak diragukan lagi. Meski berbayar tetapi sangat akurat dalam menemukan plagiarisme yang tidak disengaja.

Jadi, sekarang terserah kamu untuk memutuskan web deteksi plagiarisme yang ingin digunakan dan mana yang seharusnya kamu hentikan. Kamu juga dapat memeriksa dan menguji alat pemeriksa plagiarisme ini sendiri agar lebih yakin. Semoga bermanfaat, ya.

Salam,

Comments

  1. Syukurlah saya tidak gunakan keempat alat cek plagiarisme diatas secara online untuk mengecek tulisan blog saya sebelum di posting. Saya lebih sering gunakan duplichecker dan smallseotools untuk ceknya

    ReplyDelete
  2. Wow, jadi malah serem ya mengecek plagiarisme. Kudu hati-hati bener. Saya belum pernah melakukannya sih. Makasih banyak infonya Kak. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. aku dulu pernah ya ngecek2 gitu
    dan konten ku di duplicate sama orang di webnya
    tapi kita jadi kenalan dan ternyata mereka mahasiswa yang lagi bikin project PRint copy gratis akhirnya jadi joinan deh bantu mereka,, tapi seneng banget membawa berkah buat banyak orang terutama mahasiswa

    ReplyDelete
  4. Ohh, baru tahu ternyata ada efek negatifnya juga ya. Saya biasa pakai Plagiarismchecker, next kayaknya butuh yang lebih kredibel deh, seperti Duplichecker atau Grammarly. Thanks infonya, Mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top