Wednesday, September 12, 2018

# anak # anak sehat

Anak Sehat Bunda Bahagia, 6 Tips Ini Wajib Bunda Ketahui Supaya Anak Tak Gampang Sakit, Yuk Bunda Jalani Tips-nya!

Hi, Mak Blogger!


Setiap orangtua pasti ingin tumbuh kembang anaknya semakin hari semakin baik. Namun, tak jarang saat anak-anak terkena sakit ringan seperti batuk atau pun flu yang membuat Bunda khawatir. Terkadang hal ini terjadi mungkin saja karena makanan yang diberi sembarang atau tidur kurang cukup atau si anak tak menjaga kebersihan pada dirinya. Sehingga banyak bakteri-bakteri yang bersemayam di tubuh si anak. Wah ini perlu di waspadai loh, Bunda.

Oleh karena itu, ada 6 tips yang wajib Bunda ketahui agar anak tak cepat sakit dan lebih banyak sehatnya. Terkadang ada hal-hal yang sering orangtua terlewat karena mungkin saja orangtua sibuk bekerja atau ada hal lain yang dikerjakan. Untuk itu, 6 tips ini pengingat untuk Bunda agar anak sehat, Bundanya pun bahagia. Simak ulasannya berikut ini :

1. Menjaga pola makan sehat



Menjaga pola makan sehat itu sangat perlu untuk anak-anak. Apalagi untuk anak yang masih balita karena balita masih sering enggak sadar untuk memasukkan tangan ke dalam mulut tanpa cuci tangan dulu. Nah dengan pola makan sehat, tentu hal ini bisa di minimalisir karena daya tahan anak lebih kuat dari makanan-makanan yang bergizi yang dibuat oleh Bundanya. Bunda semangat ya bikin makanan sehat dan bergizi untuk anak-anak dirumah!

2. Waktu tidur cukup



Anak biasanya susah tidur saat sudah aktif bermain, apalagi jika bermain dengan teman-temannya. Seperti tidur siang, banyak anak-anak yang lebih memilih bermain dibandingkan tidur. Padahal tidur cukup perlu untuk mengistirahatkan tubuh dari segala aktivitas. Terutama untuk anak-anak yang masih aktif bermain sambil belajar. Bunda, harus bisa mengatur waktu tidur ini agar anak tak menyepelekannya. Selain itu, anak dapat lebih bersemangat setiap harinya jika tidurnya cukup.

Bunda wajib tau juga : 5 Tips Supaya Anak Tak Seperti Cerita Malin Kundang, Bunda Harus Tau Supaya Tak Salah Ketika Mendidik Anak

3. Aktif bergerak



Anak yang tak aktif bergerak tentu harus di waspadai karena ditakutkan ada masalah pada dirinya. Jadi, usahakan sebisa mungkin saat anak sudah besar diajarkan untuk olahraga setiap hari minimal 10-15 menit agar anak tetap bugar. Untuk anak balita usahakan saat bermain dan belajar aktif bergerak untuk mengenal berbagai macam hal disekitarnya. Namun, yang terpenting tidak kebablasan dalam mengatur waktu dalam bermain dan belajar anak. Semangat Bunda, Bunda bisa!

4. Rutin Imunisasi



Rutin imunisasi ini juga salah satu usaha Bunda agar anak tak mudah terkena penyakit berbahaya. Entah kenapa penyakit jaman sekarang ini begitu mengkhawatirkan dan bikin hati Bunda tak tenang. Maka, solusinya Bunda bisa rutin lakukan imunisasi ke puskesmas atau ke rumah sakit agar anak tetap sehat. Rutin untuk check up kondisi anak juga perlu, jika dirasa Bunda ada memiliki kekhawatiran pada tubuh anak. Lakukan saja sesuai dengan kebutuhan karena yang tau kondisi anak adalah Bunda sendiri ya.

5. Menjaga kebersihan diri



Ini sangat penting karena banyak anak-anak yang masih belum paham mengenai kebersihan diri. Mungkin saat anak masih balita memang belum paham, tentu peran aktif orangtua disini saat disarankan agar anak yang masih balita tetap terjaga kesehatannya. Untuk anak yang telah besar dan remaja, edukasi kesehatan dini itu penting. Jadi, Bunda jangan bosan-bosan mengingatkan anak untuk selalu jaga kebersihan diri. Bukan berarti mereka enggak boleh bermain di tempat kotor ya, boleh saja tetapi setelah itu wajib membersihkan badan ketika hendak makan atau melakukan aktivitas lainnya.

Bunda wajib tau juga : Ingin Anak Pintar Mengaji? Ikuti Tips Ini Supaya Bunda Tak Pusing Memaksa Anak Mengaji Al-Qur'an Saat di Rumah

6. Orangtua memberikan panutan



Anak itu mudah sekali meniru, entah kebiasaan orangtuanya atau pun hal lainnya yang saat itu anak sedang melihat orangtuanya. Untuk itu orangtua harus bisa menunjukkan panutan yang baik kepada anak-anaknya. Misal, Ayah dirumah tak lagi merokok karena ini bisa membuat anak meniru saat besar nanti. Seperti membuang sampah pada tempatnya agar rumah dalam keadaan bersih dan sehat. Anak pasti butuh panutan untuk dirinya, maka Bunda dan Ayah harus siap ya menjadi panutan yang baik untuk anak.

Nah itu tadi keenam tips yang wajib orangtua tau supaya anak tak gampang sakit. Bunda, kira-kira dari keenam tips diatas ada lagi yang kurang enggak ya? Lebih baik langsung diskusi saja yuk di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Salam,
 steffifauziah

28 comments:

  1. Benar sekali mba Steffi, tipsnya ok. Sering kali saking sibuknya ortu lupa sama hal-hal sepele. Makasih sharingnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba kebiasaan ya hehe, sama-sama mba semoga bermanfaat 😊.

      Delete
  2. Orang tua jadi panutan ini yang kadang dilupakan. Karena children see children do..PAa yang dilihat anak akan ditiru.
    Kalau ortu makan asal-asalan, smeua dimakan..jangan heran kalau anak berpola yang sama. Juga untuk kebiasaan. Ortu nonton TV atau bergadget ria seharian, anak menjadikan teladan. Jadi musti hati-hati..
    Thanks sudah diingatkan lewat tips ini, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba, itu yang kadang terlupa. Sip sama-sama mba. Semoga bermanfaat.

      Delete
  3. Mudah ternyata menjaga kesehatan anak ya Mba, makasih ya sharingnya 😍

    ReplyDelete
  4. Orangtua itu role model bagi anaknya, sebaiknya sejak.kecil memang orangtua mengatur makanan anak dg gizi seimbang. Saya bela2in setiap.hari masak untuk anak2 sesuai menu permintaannya. Alhamdulillah...sejak kecil krn terjaga makanannya, ada wabah penyaakit mata dirumah misalnya. Hanya anak2 saya yg tidak tertular penyakit mata.
    Flu pun jarang, sampai dokter anaknya bingung krn anak2 saya jarang sakit. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah keren banget ini bun pola hidup sehat untuk anaknya. Sip bun, makasih banyak sharingnya 😊

      Delete
  5. Betul sekali, Mbak. Anak-anak pada dasarnya akan terbiasa melakukan kebiasaan baik kalau dibiasakan sejak dini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap betul banget mba 😆. Kebiasaan baik sejak dini itu perlu banget

      Delete
  6. Dibantu bunda, anak belajar mengatur waktu dalam bermain dan belajar anak. Setuju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, bener nih. Makasih tambahannya bun 😊

      Delete
  7. 6 tipsnya udah oke nih, Mbak. Jadi ortu emang berat tapi menyenangkan banget, sih. Semoga anak2 kita lebih banyak sehatnya ya. Kalo misal sakit ya jangan lama2 & jadi kesempatan tuk introspeksi diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip betul banget ini mba setujuuu. Insya Allah Aamiin, semoga anak-anak selalu sehat 😊

      Delete
  8. Tips nya betul banget mba, terima kasih sudah mengingatkan.

    ReplyDelete
  9. Setuju bun dengan tipsnya. Saya juga suka mengajak anak untuk rutin minum air mineral setiap hari untuk daya tahan tubuhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget ini bun, rutin minum air putih juga sangat dibutuhkan anak-anak. Terima kasih bun sudah ditambahkan tipsnya 😊

      Delete
  10. Steffi.... thanks ya diingetin lewat artikel ini. 😘😘

    ReplyDelete
  11. Kogh kebetulan baca artikel ini disaat anakku diare mbak, huhu. Sebenarnya sudah berusaha kasih makan sehat, tapi mgkn ada yang lolos. Cuci tangan. Baca artikel ini jadi diingatkan lagi :) makasih mba Steffi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. syafahullah untuk si kecil mba, laa ba'sa thohuruun insya Allah. Semoga bisa segera aktif lagi ya. Aamiin. Sama-sama mba, semoga bermanfaat :).

      Delete
  12. setuju mbak, tipsnya oke banget. tapi kadang aku kecolongan di pola makan sehatnya, di rumah sih kita udah kasih yang maksimal, ya. tapi pas jajan di sekolah atau di luar rumah anak-anak kadang suka lupa tuh. makanya aira ga aku kasih uang jajan mbak, aku bawain bekal aja kalo beraktifitas di luar rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget itu mba, bekal dari rumah lebih sehat pasti, solusinya keren nih hihi. Sip mba makasih ya udah sharing

      Delete
  13. Jadi inget zaman anak-anak masih kecil. Waktu dikelonin buat tidur siang, emaknya yang ketiduran eh anaknya kabur mainan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk itu mah saya dulu bun, saya disuruh tidur sama ibu tapi ibu ketiduran saya keluar rumah main sama temen2 hehehe

      Delete
  14. Setuju mbak. Orang tua memang jadi panutan dan teladan utama.tak hanya sekedar memerintah tapi memberi contoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba, semoga bermanfaat 😊

      Delete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed