Monday, August 6, 2018

# agama # anak

Ingin Anak Pintar Mengaji? Ikuti Tips Ini Supaya Bunda Tak Pusing Memaksa Anak Mengaji Al-Qur'an Saat di Rumah

Assalamu'alaikum, Bunda!


Kali ini yang akan dibahas adalah tentang parenting. Banyak yang mengeluhkan bagaimana caranya mengajak anak supaya pintar mengaji tanpa adanya paksaan. Memang sekarang ini agama begitu penting untuk kehidupan kita terutama anak-anak. Jika melihat di TV begitu banyak anak-anak yang telah menyalahi aturan karena salah satunya tak punya ilmu agama yang baik.

Untuk itu Bunda tak perlu khawatir sekarang. Ada tips yang bisa bunda lakukan loh untuk anak-anak dirumah supaya bisa pintar mengaji tanpa adanya paksaan. Mereka pun dengan senang hati akan lebih senang mengaji dibandingkan hanya main-main biasa saja. Penasaran dengan tipsnya? Simak ulasannya berikut ini :

1. Dengarkan anak murotal Al-Qur'an setiap hari

Sebelum tidur maupun setelah bangun tidur, cobalah Bunda untuk selalu stel murotal Al-Qur'an di rumah. Tujuannya agar anak mengenali Al-Qur'an melalui pendengaran dan anak pun tak asing dengan bahasa Al-Qur'an. Dengan begitu mereka akan mudah mengenali saat kita minta mengaji.

2. Ajak anak bermain dengan huruf-huruf hijaiyah

Saat anak bermain, cobalah dengan menggunakan huruf-huruf hijaiyah. Misal saat menyebut nama hewan kita bisa mencari tau nama hewan tersebut dengan kata depan huruf hijaiyah. Supaya anak pun tau dan hafal huruf-huruf hijaiyah. Insya Allah anak akan lebih mudah belajar mengaji dan semangat saat diajari mengaji.

Bunda wajib tau juga : 5 Tips Supaya Anak Tak Seperti Cerita Malin Kundang, Bunda Harus Tau Supaya Tak Salah Ketika Mendidik Anak

3. Perlihatkan kartun dengan suara murotal Al-Qur'an

Anak-anak suka sekali dengan kartun. Nah, disini Bunda harus lebih pintar untuk membuat anak-anak mengenali murotal Al-Qur'an. Coba edit kartun dengan disisipi murotal Al-Qur'an. Sekarang di youtube sudah banyak, tinggal kita search murotal Al-Qur'an anak akan keluar berbagai macam kartun yang isinya murotal Al-Qur'an. Diharapkan anak akan semakin dekat dengan Al-Qur'an dan tak sulit untuk diajak mengaji.

4. Ajak anak perlahan untuk murojaah surah-surah pendek di Al-Qur'an

Bunda, tidak boleh bosan mengajak anak untuk murojaah surah-surah pendek di Al-Qur'an ya. Meski mungkin Bunda kadang kala kesal karena mereka sulit diajarkan, Bunda tidak boleh menyerah. Insya Allah anak lama-lama akan menyerap apa yang kita ajarkan dan perlahan bisa untuk murojaah surah-surah pendek di Al-Qur'an. Terus semangat ya Bunda!

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Bunda lakukan pada anak-anak Bunda di rumah. Ajak anak dari sedini mungkin untuk mengenali mengaji supaya saat sudah besar nanti anak tidak kesulitan untuk belajar mengaji. Pastinya anak pun akan memiliki emosi yang lebih tenang saat sudah dikenali Al-Qur'an sedini mungkin.

Bunda juga wajib baca : Anak Sehat Bunda Bahagia, 6 Tips Ini Wajib Bunda Ketahui Supaya Anak Tak Gampang Sakit, Yuk Bunda Jalani Tips-nya!

Bunda, apa biasanya permasalahan Bunda saat anak tidak mau mengaji? Sharing yuk di kolom komentar di bawah ini, supaya kita sama-sama mencari cara untuk membuat anak Bunda mudah diajak mengaji Al-Qur'an. Yuk, ditunggu ya Bunda.

Salam,
steffifauziah

6 comments:

  1. Whuaa tipsnya menarik sekali. Tips no. 2 boleh juga tuh, belum pernah dicoba.Anak saya kalau di rumah agak susah tp alhamdulillah karena di sekolahnya tiap hari diperdengarkan ayat2 dan asmaul husna jadi bisa sendiri. Tapi ttp ya bagaimanapun pengajaran dr orangtuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, makasih mba sudah berkenan membaca. Insya Allah seiring berjalannya waktu akan mudah untuk si anak mengaji di rumah ya mba. Aamiin :).

      Delete
  2. Setujuh banget, dengan kata jangan pernah bosan mengajarkan anak.. karena bagaimanapun kita sebagai madrasah utama buat anak - anak ya bunda😍 alhamdulillah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba dewi. gak boleh lelah dan males sebagai orang tua untuk mengingatkan anak-anak supaya mau mengaji dirumah. Insya Allah. Aamiin.

      Delete
  3. Makasih sharingnya mbk. Sejauh ini adk adkku semangat membaca dan menghapal Al-Qur'an. Cara2 yg diterapkan orang tua kmi, sma dgn apa yg mbk tulis. Btw salam kenal, muthihauradotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sama-sama mba, semoga Allah mudahkan selalu dalam menghafal ya. Aamiin 🤲🏻

      Delete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed