Friday, August 3, 2018

# backpacker # holiday

Cintai Bawah Laut Dengan Snorkling di Menjangan Bali, Yuk!

Hai, Sobat Blogger!

Bali memang selalu menjadi salah satu tempat parawisata yang menjadi favorit para wisatawan di dalam maupun di luar negeri ya. Pesonanya yang begitu memukau hingga membuat para wisatawan yang suka traveling selalu ingin mampir ke Bali. Bali memang terkenal dengan pantainya yang begitu menawan dan memiliki pesona tersendiri, apalagi bawah lautnya. Wah, ini nih yang membuat saya mupeng (muka pengin) ke Bali lagi.

Nah, salah satunya hal inilah yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk traveling ke Menjangan Bali. Saya juga mendapatkan beberapa referensi teman-teman backpacker saya yang telah duluan kesana. Mereka semua bilang bahwa wajib hukumnya untuk para traveler yang menyukai bawah laut untuk snorkling disana. Maka dari itulah saya pun yang terhasut oleh teman-teman backpacker saya untuk mencoba snorkling kesana dan ingin lihat sebagus apakah snorkling di Menjangan Bali?

Waktu itu saya berangkat dengan teman perempuan saya dari Pare, Kediri. Waktu itu saya ikut tour travel punya teman saya. Bermodal hanya sekitar 500ribu dan meeting point di terminal Surabaya tentu membuat saya dan teman saya mengambil kesempatan emas ini. Kami berangkat waktu itu dari kamis siang menggunakan bis dan sampai di terminal Surabaya sekitar jam 7 malam.

Sekitar 16 orang backpacker siap untuk berangkat ke Menjangan Bali dari terminal Surabaya dengan menggunakan mobil elf. Perjalanan kurang lebih memakan waktu sekitar 6-7 jam sampai Pelabuhan Gilimanuk. Kami sampai di Pelabuhan Gilimanuk sekitar jam 5 pagi dan dari sana sampai ke tempat Menjangan Bali hanya sekitar 30 menit, sangat dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk.

Saat sampai, udara pagi di Menjangan Bali begitu segar dan sangat bersahabat sehingga membuat saya dan teman-teman backpacker lainnya begitu tak sabar untuk segera snorkling di Menjangan Bali. Sebelum kami snorkling, tentu ada ketentuan-ketentuan yang perlu kami perhatikan. Hal tersebut di briefing lebih dulu oleh guide lokal dari Menjangan Bali.

Setelah briefing selesai kami menuju kapal untuk mengambil peralatan snokling seperti snorkle (kacamata renang dan alat untuk nafas dari mulut), pelampung dan fin (kaki katak). Pagi di Menjangan Bali begitu cerah dan sangat indah, membuat kami yang kekurangan tidur ini begitu bersemangat untuk bisa segera bertemu dengan ikan-ikan lucu nan menggemaskan di bawah laut. Membuat saya semakin penasaran dengan bawah laut Menjangan Bali ini.

Hanya sekitar 20-30 menit kami sudah sampai ditempat spot snorkling di Menjangan Bali. Warna biru yang begitu bening membuat saya sudah yakin pasti dibawah laut ini begitu indah dan mempesona. Saya pun sudah tak sabar ingin segera nyebur di laut lepas Menjangan Bali ini.

Sebelum kami akhirnya masuk ke dalam laut, kami di briefing lagi cara penggunaan snorkle, fin dan pelampung. Jika yang sudah mahir berenang di laut tak masalah tidak menggunakan pelampung ya, tetapi untuk yang belum bisa berenang wajib menggunakan alat pelampung agar aman saat snorkling.

Setelah briefing selesai kami pun turun ke bawah laut dengan dipandu oleh guide dari Menjangan Bali, satu persatu turun dan saya pun saat nyemplung sudah sangat merinding melihatnya, bawah lautnya sangat mempesona. Ikannya begitu banyak dan berwarna - warni, seperti lukisan bawah laut, membuat saya terperangah karena ciptaan Allah begitu sempurna di Menjangan Bali ini.

Benar saja seperti yang dikatakan oleh teman saya yang telah kesini sebelumnya. Dia cerita bahwa yang ke Menjangan Bali pasti betah dan tak mau pulang, begitu pun saya. Hanyut saat melihat berbagai macam makhluk hidup yang ada di bawah laut Menjangan Bali. Benar-benar indah dan tak ada yang menandingi dari selama saya beberapa kali snorkling di Indonesia.

Pertama kali saya snorkling di Karimun Jawa, disana bawah lautnya juga cantik tetapi ketahuilah bahwa Menjangan Bali lebih cantik dari itu. Makanya, saya begitu terpesona hingga melongo melihat keindahan bawah laut Menjangan Bali yang begitu mengagumkan. Saya pun tak akan sungkan kembali lagi jika ada kesempatan kesini lagi, karena tak akan bosan. Satu kata untuk Menjangan Bali, INDAH!

Sayangnya spot untuk snorkling di Menjangan Bali ini tak banyak hanya terdapat 2 spot, jadi kami pun merasa kurang puas untuk menikmati indahnya alam bawah laut disini. Makanya, untuk yang bisa diving (menyelam) supaya puas, dianjurkan untuk tak akan hanya snorkling tetapi diving juga loh. Untuk kalian yang suka menyelam di bawah laut jadikan Menjangan Bali sebagai destinasi kalian ya, dijamin enggak akan menyesal karena benar-benar bagus banget bawah lautnya.

Berikut ini beberapa dokumentasi foto-foto selama saya berada di Menjangan Bali :
traveling
traveling
Nah itu tadi beberapa foto bawah laut di Menjangan Bali, perlu diingat ya setiap makhluk hidup di bawah laut itu tak boleh sembarangan dipegang terutama terumbu karangnya. Cukup nikmati saja dengan mata kita dan potret seperlunya tanpa mengganggu kehidupan mereka dibawah laut. Sayangi dan cintai bawah laut kita supaya mereka bisa terus bertahan hingga selamanya dan tak punah. Supaya generasi penerus kita nanti pun bisa menikmati indahnya bawah laut ini. Oke, Sobat Blogger?

Mudah-mudahan kita semua bisa menikmati snorkling lagi di tempat se-kece seperti Menjangan Bali ini ya. Aamiin.


Salam,
steffifauziah

24 comments:

  1. Wah kuereeen pemandangannya ya Mba... sayang saya nggak bisa renang huhuhu... bikin mupeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pake pelampung mba, asik kok snorkling hehe. Buat yang gak bisa berenang pun pasti bisaa hehe. Ayo mba cobaaaa.

      Delete
  2. Pingiiin juga ke sana. Indah sekali pemandangannya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba Masya Allah, saya juga terhura sama pemandangan bawah laut disana. Kereeen.

      Delete
  3. Keren banget mbak harus belajar renang nih biar bisa snorkeling. Indahnya kehidupan di dalam laut. Trims mbak ceritanya seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mba, gak bisa renang gpp kok ada pelampung. Asal pas berenang tenang aja gak panik hehe. Insya Allah aman 😊

      Delete
  4. Wah, ntap banget Mbak. Eh btw salam kenal ya. Kapan hay aku bisa maen kayak gini, mupengggg, heheheh. Tapi katanya kalau snorkeling nggak harus bisa renang ya? katanya sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mba bener banget, snorkling gak harus bisa berenang kok. Karena ada pelampung dan guide-nya juga yg standby. Jadi pasti aman. Coba mba pasti bikin ketagihan kaya saya wkwkwk.

      Delete
  5. Keren sekali. Snorkling disana bagus banget. Jadi pengen ke sana.
    Terima kasih sharingnya, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba, semoga suatu saat bisa menikmat snorkling jg di sana 😊

      Delete
  6. Sudah sampai Lovina Juli lalu, dan sempat ditawari ke Menjangan waktu di hotel. Tapi karena dah punya itinerary padat ya enggak dulu, jadi cuma boat sightseiing di seputaran Lovina.
    Nah, enggak lama, ke Tanjung Lesung dan snorkelling di sana, tapi karena saya baru pertama ya...masih takut-takut begitu, kkwkw. Padahal anak-anak sama bapaknya dah kerasan banget enggak mau-mau mentas hihihi.
    Thanks sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh kalo ke Bali lagi kudu banget ke Menjangan mba dian, biar gak menyesal hihi πŸ˜„.

      Delete
  7. Mupengggg....
    Pemandangan di bawah laut. Tapi,aku ga bisa renang mba steffi 🀣🀣 gimana mai snorkling ya 'kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake pelampung mba tenang aja, atau pakai lemak lemak di tubuh? Wkwk becanda mba πŸ€­πŸ˜‚

      Delete
  8. Wow... Keren mbak pemandangan bawah lautnya 😍 gak pengen pegang? Masak pegang sj gak boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gak boleh bun, peraturan dari guide balinya begitu, kecuali terumbu karang yang keras kaya batu baru boleh dipegang. Kalo terumbu karang yang soft gitu emang gakb boleh. Bisa mati katanya kalo dipegang πŸ™πŸ».

      Delete
  9. Wuaaah mupeng to the max.. Maasyaa Allah ciptaan Allah indah sekali. Semoga tetap terjaga keindahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, gak sabar snorkling ditempat lain hehe.

      Delete
  10. Waah..ada nemo. Ikan badut aja juga di sana ya..
    Subhanallah indah banget pemandangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget ikan badut disana. Banyak juga kuda laut tapi kecil2 bentuknya. Bintang laut jg ada tapi susah di foto hehe. Cobain mba seru banget snorkling di bawah laut.

      Delete
  11. Subhsnallah indahnya...kapan ya bisa kesana?... mupeng Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba dijadwalkan hehe. Seru banget snorkling disana. Bikin betah dan gak mau pulang hehe.

      Delete
  12. Subhanallah.. cantik sekali, ada ikan Nemo juga difotonya😍 jadi pingin nyobain snorkeling. Hasil fotonya juga bagus-bagus.. kalau boleh tahu pakai kamera apa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake go pro mba, biasanya jernih kalau untuk foto under water. Yuk, mba kita snorkeling hihi.

      Delete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed