Tuesday, July 31, 2018

# lifestyle # review

Review Training Blogging For Beginner (Joeragan Artikel)

Hai, Sobat Blogger!

Today is my first time to posting in this blog!
Jadi, ceritanya saya lagi ikutan training bikin blog untuk pemula. Sebenarnya saya bikin blog udah sering tetapi malas ngurusnya. Sudah pernah punya jaman kuliah untuk tugas internet menggunakan wordpress tapi enggak keurus dan sudah hilang emailnya. Begitu juga blogspot, pernah juga untuk buat bisnis tour and travel. Namun, itu semua tak berjalan seperti yang diinginkan.

Mengurus blog buat saya agak sulit waktu dulu, karena saya tidak begitu suka nulis. Namun, saat sekarang sudah kepicut bahwa menulis itu dapat menghasilkan. Akhirnya saya mulai semangat menulis artikel di berbagai media online dan merembet sekarang menjadi penulis buku antologi. Sejak saat itulah saya kepingin mengaktifkan lagi blog saya dengan membuat blog baru.

Training blogging for beginner ini terdapat 2 mentor yaitu mba Dira Indira dan mba Rahayu Asda. Kedua mentor ini bertugas untuk membimbing kami supaya semakin paham mengenai dunia blog. Selain itu, kami pun dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok dengan PJ mba Dira Indira dan kelompok dengan PJ mba Rahayu Asda. Saya kebagian di kelompok mba Rahayu Asda. Untuk lebih jelasnya ini profil mereka :


Nah setelah berkenalan dengan kedua mentor, kami diberi modul untuk dipelajari. Apa itu blogspot, bedanya sama website apa, apa saja jenis blog selain blogspot, dll. Namun, training yang diberikan begitu mudah dipahami. Jadi, saya pun bisa dengan mudah membuat blog lagi setelah sekian lama.

Setelah modul dibagikan kami diberikan tugas pertama. Jadi, tugas pertama saya di training blogging for beginner ini adalah me-review kelas yang sudah dimulai dari tanggal 30 Juli 2018. Kelas akan berlangsung selama 7 hari kedepan. Untuk itu dari kelas yang kemarin sudah berjalan saya akan memberikan beberapa review-nya, sebagai berikut :

1. Ada 2 tempat blog gratis yang bisa digunakan jika ingin mencoba membuat blog yaitu wordpress dan blogspot. Untuk di training ini kami menggunakan blogspot karena lebih mudah penggunaannya dan bisa langsung sinkron dengan google+.

2. Manfaat dari membuat blog adalah melatih kami untuk menulis lebih rajin lagi, meningkatkan keahlian dalam tulis menulis, mengasah kemampuan untuk selalu mencari ide dalam menulis dan bisa juga sebagai melampiaskan rasa kesal, senang, marah pada tulisan di blog.

3. Fungsi blog terdapat berbagai macam tinggal niatnya saja untuk apa. Blog bisa difungsikan sebagai mata pencaharian atau sekedar menulis harian (seperti catatan harian) atau bisa juga mereview berbagai macam produk yang biasa di pakai.




Nah, itu tadi review saya untuk training blogging for beginner. Meski ada beberapa hal yang belum saya bahas nanti akan saya bahas di postingan selanjutnya ya. Untuk mentor-mentor yang mengajar sudah sangat berpengalaman loh dan baik-baik banget. Selain training-nya melalui facebook kami juga ada grup di whatsapp supaya lebih mudah berkomunikasi. Mentornya pun akan dengan sigap mengajarkan kami yang masih gaptek ini.

Pokoknya training blogging for beginner ini sangat rekomen banget loh untuk kamu yang pemula dan belum punya blog kaya saya. Sangat membantu. Sekian review saya mengenai training blogging for beginner. Sampai bertemu lagi dipostingan selanjutnya ya.


Salam,
 steffifauziah

8 comments:

  1. salam kenal dari teman sekelas, semoga bisa sama2 belajar konsisten menulis di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mba ryan, maaf ya saya telah respon nih. Iya semoga kita bisa terus saling mendukung untuk konsisten menulis blog. Nanti saya gantian ke blog mba ya :).

      Delete
  2. Wisss, lepas training ini kita gabung di grub pas blogger u blajar konsisten menulis, semangat teruss yaa mbakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mba, jangan bosen-bosen kalau saya banyak tanya ya hehe. Meski udah pernah beberapa kali bikin blog tetep aja saya harus di bimbing. Mohon bantuannya ya mba.

      Delete
  3. Udah penulis-penulis handal semua rupanya di kelas 😊🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum mba, saya juga masih belum ada apa-apanya, karena kebetulan suka nulis aja hehe. itu juga baru-baru ini suka nulisnya :).

      Delete
  4. Keren mbak saya belum buat nih review nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, Alhamdulillah hehe. Iya saya masih bingung mau nulis apa mba, jadi akhirnya ngerjain tugas aja hehe.

      Delete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed