steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

5 Alasan Berpaling ke Aplikasi Absensi Android

Halo, Sobat Blogger!

Aplikasi Absensi Android

Kehadiran karyawan adalah salah salah satu indikator produktivitas karyawan. Untuk itulah perusahaan selalu mencatat kehadiran dan jam pulang karyawan. Pencatatan secara manual di secarik kertas dikenal menyusahkan dan memakan waktu lama. 

Pencatatan menggunakan kertas pun rawan rusak sehingga data absensi tidak dapat terbaca. Penggunaan absensi fingerprint pun tidak menjawab kesulitan absensi manual. Karena mesin fingerprint masih membutuhkan biaya pemeliharaan. Namun, pencatatan kehadiran dapat dipermudah berkat aplikasi absensi android.

Alasan Berpaling ke Aplikasi Absensi Android 

Perkembangan teknologi membuat banyak perusahaan menerapkan produk digital di perusahaan. Aplikasi absensi android adalah salah satunya. Penggunaan ponsel pintar berbasis android yang cukup populer menjadi dasar perancangan aplikasi tersebut. 

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan perlu berpaling menggunakan aplikasi absensi android. Apa saja alasan tersebut? 

1. Fleksibel

Aplikasi Absensi Android

Ada kalanya seorang karyawan harus melakukan perjalanan dinas ke luar kota. Absensi manual tidak bisa memfasilitasi absensi karyawan saat perjalanan dinas. Tidak mungkin jika karyawan tersebut harus ke kantor dulu untuk absensi, bukan? 

Akan tetapi, penggunaan aplikasi absensi android yang fleksibel mampu mengubah itu semua. Karyawan saat perjalanan dinas yang semula sulit untuk melakukan absensi, berkat aplikasi absensi android ini menjadi lebih mudah. Karyawan cukup membuka aplikasi absensi yang sudah di-install di ponsel android mereka kemudian mencatatkan kehadiran. 

2. Hemat

Aplikasi absensi di-install di masing-masing karyawan dan karyawan tinggal membuka aplikasi ketika ingin mencatatkan jam kehadiran dan pulang mereka. Penggunaan aplikasi absensi tidak membutuhkan pemeliharaan mesin karena tidak membutuhkan mesin tertentu. 

Ini sangat berbeda dengan mesin fingerprint yang memerlukan pemeliharaan berkala. Tanpa pemeliharaan berkala, perusahaan pun akan semakin berhemat. 


3. Real Time

Aplikasi Absensi Android

Data karyawan yang mencatatkan jam kehadiran dan jam pulang akan langsung masuk ke dalam sistem. Pihak Human Resource Department (HRD) selaku pihak yang mengelola kinerja karyawan dapat langsung melihat data kehadiran yang masuk secara real time

Akan terlihat jelas perbedaan karyawan mana yang selalu datang terlambat dan karyawan mana yang datang tepat waktu. Berdasarkan data tersebut, perusahaan dan HRD dapat menentukan perencanaan strategis berdasarkan tingkat ketepatan waktu karyawan. 

4. Aman

Penyimpanan aplikasi absensi android didukung oleh cloud based server. Pengggunaan cloud bases server memungkinkan perusahaan menyimpan banyak data karyawan dengan aman tanpa memakan banyak ruang. 

Pihak yang berhak mengakses data kehadiran hanyalah orang yang memiliki akun dan diverifikasi ketika masuk. Data yang masuk jauh lebih aman dan terhindar dari manipulasi data. 

5. Integrasi Sistem

Aplikasi Absensi Android

Selain indikator produktivitas, kehadiran karyawan digunakan sebagai komponen perhitungan gaji bulanan. Absensi manual tidak dapat mengintegrasikan data kehadiran kedalam sistem penggajian atau payroll. 

HRD pun perlu meng-input data kehadiran terlebih dahulu sebelum melakukan proses payroll. Akan tetapi, aplikasi absensi android tidak demikian. Data kehadiran yang masuk kedalam sistem dapat langsung diintegrasikan ke dalam sistem payroll. Tidak ada lagi input data manual yang memakan waktu lama dan beresiko human error

Berdasarkan alasan diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi absensi akan memudahkan karyawan dan perusahaan. Beberapa kemudahan diatas juga dapat membuat proses bisnis perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien tanpa memerlukan banyak waktu untuk menangani masalah administrasi absensi. 

Demikianlah penjelasan mengenai alasan perusahaan untuk berpaling menggunakan aplikasi absensi android. Ingin mendapatkan aplikasi absensi android yang berkualitas? Hubungi LinovHR dan konsultasikan kebutuhan perusahaanmu!

Salam,

Comments

  1. Menarik juga. Tapi kalau pegawai WFH, absensi jadi nggak terlalu berguna ya. Lebih baik mencari cara agar produktivitas bisa dihitung secara kuantitatif untuk semua pekerjaan.

    ReplyDelete
  2. Yaa, Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, benar membuat kerja2 kita menjadi lebih simpel dan menjadikan kita lebih produktif

    ReplyDelete
  3. makin canggih sekarang, bisa lewat aplikasi. karena sekarang kadang aku wfh jadi juga ga ada absen sesekali

    ReplyDelete
  4. Bagus sih, bikin nggak capek lari-larian buat ngejer fingerprint, hihi..

    ReplyDelete
  5. Ini kira-kira masih bisa diakal-akalin nggak ya mbak, iya sih namanya mesin manusia ...

    ReplyDelete
  6. Di tempat kerja saya juga sekarang pakai aplikasi presensi online meskipun WFH, Mbak. Lebih fleksibel, tapi kita sering kelupaan ngisi karena belum terbiasa.

    ReplyDelete
  7. Ini keren...aplikasi absensi Android langsung terintegrasi ke sistem payroll sehingga meminimalkan human error. Pati perusahaan akan terbantu dengan sistem ini mengingat banyak manfaatnya. Pun bagi karyawan akan makin memudahkan cara absennya

    ReplyDelete
  8. Di awal membaca tadi, aku sempat berpikir begini, "Wah, kalau via Android, orangnya di mana, tapi sudah mencatatkan kehadiran di kantor, dong. Bisa curang jadinya."

    Tapi ternyata real time, ya. Mungkin diset hanya bisa dicatatkan saat karyawan sudah berada di kantor gitu ya, Mbak.

    Aduh, jadi ingat jaman duluuu banget waktu masih pakai sistem absensi kertas ceklok. Selalu banyak yang titip-titipan, hihihi ...

    ReplyDelete
  9. Berarti di masa-masa WFH aplikasi absensi android ini menjawab kebutuhan perusahaan dong ya.
    Apalagi terintegrasi sistem, tidak perlu input manual. Efisiensi.

    ReplyDelete
  10. Wih keren juga ya aplikasi absensi ini. Kalo disini masih pake fingerprint sih... Yang memang ada biaya pemeliharaan yang cukup lumayan. Bisa kali yaa upgrade pake ini karena toh semua karyawan sudah pake Android kan

    ReplyDelete
  11. Sepertinya perlu nih disampaikan ke management kantor. Biar lebih mudah cepat dan tentunya lebih terpercaya

    ReplyDelete
  12. Zaman saya awal kerja dulu malah absensinya masih pake punch card dan gesek bar code, hehe. Setelah itu baru ke finger print emang.

    Wah, semakin mudah, praktis, dan akurat y kalo pake absensi absen android. Semua pasti punya ponsel deh. Jadi pengen tanya misua apakah di perusahaannya sudah beralih ke sistem ini.

    ReplyDelete
  13. Beberapa waktu lalu, ketika yuni masih bekerja, perusahaan tempat kami bekerja masih menggunakan finger print.

    Kalau sudah memakai absensi berbasis android sih lebih simple. Nggak perlu repot. Apalagi kalau sedang melakukan perjalanan dinas.

    Mantap.

    ReplyDelete
  14. Bagus sih, kalo biasanya pakai finger print memang lari2. Hehehe. Apalagi ini sudah sesuai dengan keberadaan yang bersangkutan ya mbak. Benar2 sedang di tempat itu. Jadi seperti GPS nggak ya. Jadi nggak bisa habis absen kabur.

    ReplyDelete
  15. Bagus juga ya sistemnya, lebih canggih n real time juga. Ditempat saya masih fingerprint biasa itupun pada sering lupa absen

    ReplyDelete
  16. saya pikir karena pandemi aja absen lewat android ternyata memang lebih canggih ya, maklum pensiunan hehehe

    ReplyDelete
  17. Nanti aku sampaikan ke kawanku yang oranv kantoran ttg ini, supaya lebih ringkas waktunya.

    ReplyDelete
  18. Pekerjaan HR jadi lebih memudahkan nih, karena sistem absen bisa conect ke payroll, sehingga efisiensi kerja ya

    ReplyDelete
  19. Baru tau ternyata Ada yah absensi lewat HP berarti buat efesien karyawan yah

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top