steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Ini Loh Manfaat Luar Biasa dari Puasa Senin Kamis!

Assalamu'alaikum, Sobat Blogger!

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat puasa Senin Kamis tidak hanya mendapatkan pahala untuk bekal di akhirat kelak, tetapi juga ada banyak manfaat yang bersifat duniawi loh. Akan kita bahas lebih rinci apa saja manfaatnya. Keutamaan dari puasa Senin dan Kamis, yaitu ketika Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam dilahirkan dan mendapat wahyu-wahyu dari Allah Ta'ala. Adapun hadist mengenai perintah untuk melaksanakan puasa Senin Kamis seperti berikut.

Dari Abu Hurairah rahimahullahu ta'ala, Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, 

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah Ta'ala) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa” (HR. Tirmidzi). 

Lantas, seperti apa sajakah manfaat dari puasa Senin Kamis? Nah, biar kalian tak penasaran, lebih baik kita simak saja langsung ulasan dibawah ini, ya:

1. Menjadikan Diri Lebih Disiplin

Kita akan dilatih untuk selalu bersikap disiplin dalam berbagai hal. Karena puasa Senin Kamis ini akan membuat kita merasa bahwa Allah Ta'ala selalu menguasai setiap tindakan yang kita dilakukan, sehingga selalu mawas diri dan menghindari semua hal yang bisa membatalkan puasa.

2. Dapat Membuang Racun di dalam Tubuh

Manfaat Puasa Senin Kamis

Selain para ulama, ada juga beberapa penelitian medis mengatakan bahwa puasa Senin Kamis sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh kita yang tengah berpuasa akan dibersihkan dari semua jenis racun yang mengendap. 

Dengan kata lain, berpuasa merupakan salah satu metode penyembuhan dari berbagai macam penyakit. Ketika berpuasa, maka sistem pencernaan bisa beristirahat. Hal ini dapat memaksimalkan kinerja sistem tubuh.

3. Menjadi Pelindung Batin

Sejatinya menjalankan ibadah puasa, baik itu puasa fardhu maupun sunnah bisa memberikan pengaruh besar terhadap kondisi kejiwaan seseorang. Hal tersebut dikarenakan berpuasa akan melatih kesabaran, melatih penguasaan diri, dan melatih diri dalam meredam hawa nafsu.

4. Melembutkan Hati dan Meningkatkan Rasa Syukur

Manfaat selanjutnya dari puasa Senin Kamis, yaitu dapat melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur. Ya, dengan rutin menjalankan puasa Senin Kamis, kehidupan kita pun akan terhindar dari rasa keluh kesah. Justru, kita akan memahamai cara mensyukuri nikmat dan karunia yang telah Allah Ta'ala berikan.

5. Mengistirahatkan Organ Tubuh

Manfaat Puasa Senin Kamis

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa berpuasa bisa menjadi salah satu metode yang paling efektif untuk mengistirahatkan organ tubuh. Apalagi jika diimbangi dengan istirahat yang cukup. Nah, sehingga tubuh kita akan selalu tetap fit dan bugar setiap saat. Bahkan, istirahat juga merupakan fitrahnya bagi umat manusia.


6. Amalan-amalan Manusia Diangkat dan Diperiksa Oleh Allah Ta'ala

Amalan setiap manusia akan diperiksa di hadapan Allah pada setiap pekan sebanyak dua kali, yakni di hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman akan terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.

7. Mendatangkan Banyak Kebaikan

Kendati puasa Senin Kamis merupakan ibadah yang hukumnya Sunnah. Namun puasa Senin Kamis adalah salah satu cara terbaik untuk memperbanyak pahala.Tak hanya itu, membatasi jumlah kalori yang masuk dapat membawa manfaat bagi kesehatan dan dapat mengistirahatkan tubuh. Pada intinya, secara tidak langsung akan membawa dampak yang baik bagi kesehatan tubuh.

8. Meningkatkan Kinerja Otak dalam Mengingat

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat luar biasa dari puasa Senin Kamis yang harus kamu ketahui, yakni dapat meningkatkan kinerja otak dalam mengingat. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ternyata puasa Senin Kamis juga bermanfaat untuk meremajakan sel-sel kulit lho.


Nah itu tadi beberapa manfaat puasa senin kamis. Semoga beberapa manfaat diatas membuat kita senantiasa semakin rajin untuk berpuasa sunnah ini, ya. Aamiin. Semoga bermanfaat.

Salam,

Comments

  1. Wah, luar biasa Mba sharingnya. Alhamdulillah udah setahun ini juga rutin puasa senin kamis, awalnya sih ikut temen yang ngajak coba puasa senin kamis tapi lama2 jadi merasa bersalah kalo ga puasa hehehe. Baru tau sih kalo dari segi medis ternyata puasa senin kamis bagus untuk tubuh juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top