steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Pentingnya Mengenal Asmaul Husna Lebih Dekat!

Assalamu'alaikum warohmatullah, Sobat Blogger!

Penting Mengenal Asmaul Husna

Seberapa dekat kita dengan Allah Ta'ala? Apakah kita sudah benar-benar dekat dengan Allah? Atau hanya sekedar beribadah tanpa pernah mengenal-Nya? Padahal kita harus tahu siapa Sang Maha Kuasa ini, Allah yang Maha Pencipta.

Dengan cara apa mengenal Allah Ta'ala lebih dekat? Dengan mengenal asmaul husna berserta artinya. Ya, tak hanya mengenal asmaul husna saja, tetapi kita juga harus tahu semua arti asmaul husna tersebut. Untuk apa? Agar kita semakin mengenal Allah dan tidak ada paksaan ketika beribadah kepada-Nya.

Apa Asmaul Husna Itu?

Asmaul Husna adalah nama-nama indah dan agung yang dengannya Rabb kita disifati dan digelari. Mengenal Allah melalui Asmaul Husna adalah yang terbaik. Karena setiap Asmaul Husna mengandung arti yang penuh keagungan.

Baca juga 15+ Hal yang Bisa Kita Lakukan Agar Hati Tak Resah!

Seperti yang kita ketahui, biasanya Asmaul Husna yang kita kenal ada 99 nama. Tapi sebenarnya nama Allah itu tak terbatas, tidak hanya 99 nama saja. Seperti perkataan Ibnu Katsiir rahimahullah :

“Kemudian hendaklah diketahui bahwa al-asmaa’ul-husnaa tidak terbatas pada 99 nama berdasarkan dalil hadits yang diriwayatkan Ahmad dalam Musnad-nya” [Tafsiir Ibni Katsiir, 3/515].

Selain itu, perlu kita ketahui juga bahwa mengenal Asmaul Husna tidak hanya dihafal tetapi juga perlu diketahui artinya. Untuk apa? Agar kita semakin mengenal Rabb kita lebih dekat. Jika hanya lips service saja dan hati tidak bergantung pada Allah. Itu semua akan percuma.

Maka, sudah sepatutnya kita sebagai seorang muslim untuk mengenal Allah melalui Asmaul Husna ini beserta artinya. Berikut ini kita akan bahas dua nama Allah yang agung :

1. Al - Aziz (Yang Maha Mulia, Yang Maha Perkasa)

Penting Mengenal Asmaul Husna

Salah satu nama Allah yang indah dan agung adalah Al-Aziz, artinya adalah Yang memiliki seluruh makna kemuliaan. Berikut ini salah satu dalil mengenai Asmaul Husna Al-Aziz :

“Orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, mempunyai sifat yang buruk; dan Allah mempunyai sifat yang Maha Tinggi; dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” [QS. An-Nahl : 60].

Baca juga 5 Tips Agar Anak Menjadi Penurut

Jelas sekali dari dalil diatas bahwa kita perlu mengenal Allah lebih dekat melalui Asmaul Husna. Agar kita semakin beriman kepada Allah dan hari akhir-Nya. Serta kita termasuk orang-orang yang memiliki sifat baik dan dijauhkan dari sifat buruk.

2. Ar - Rahiim (Yang Maha Penyayang)

Penting Mengenal Asmaul Husna

Selain Al-Aziz, salah satu nama Allah yang indah dan agung adalah Ar-Rahim, artinya Dzat yang Maha Penyayang kepada hamba-hamba-Nya. Berikut ini salah satu dalil mengenai Ar-Rahiim :

“Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” [QS. Al-Baqarah : 168].

Memang tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Allah Ta'ala. Hanya Allah-lah satu-satunya makhluk yang kita sembah, tak ada makhluk selainnya. Dalil dari surah Al-Baqarah diatas membuat kita semakin sadar bahwa hanya Allah Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, kedua asmaul husna al-Aziz dan ar-Rahiim terdapat juga di dalam surat Yasin ayat 5 :

تَنزِيلَ ٱلْعَزِيزِ ٱلرَّحِيمِ

"(sebagai wahyu) yang diturunkan oleh Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang" [QS. Yasin : 5].

Masyaallah, sungguh indah, ya mengenal nama-nama Allah. Ini baru saja dua nama dan belum nama-nama lainnya. Mudah-mudahan dari kedua nama ini, bisa membuat kita semakin taat kepada Allah. Aamiin.

Baca juga 4 Wanita Mulia Penghuni Surga!

Mengapa Penting Mengenal Asmaul Husna?

Mengenal Allah Ta'ala adalah suatu kewajiban untuk kita sebagai seorang muslim. Jika kita ingin mengenal seseorang bukankah kita biasanya mencari tahu orang tersebut dengan seksama? Seperti stalking sosial medianya, mencari nomer telponnya atau bahkan sampai mencari alamat rumahnya.

Nah, begitu juga ketika kita mengenal Allah Ta'ala. Kita harus mencari tahu dengan seksama. Dari nama-nama Allah inilah salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan. Dengan cara begitu kita akan semakin mengenal Allah dan pastinya semakin bertambah rasa cinta kepada Allah. Penjelasan lebih lanjut di bawah ini :

1. Ilmu Mengenai Asma dan Sifat Allah adalah yang Paling Mulia

Kemuliaan mengenal Asmaul Husna tidak lain karena kemuliaan pengetahuan di dalamnya. Karena tidak ada yang mulia dan utama daripada pengetahuan tentang Allah, asma dan sifat-Nya yang berada di Al-Qur'an dan sunnah Rasul-Nya. 

Maka dari itu, kita sebagai seorang muslim sangat perlu untuk menyibukkan diri mengenal Allah melalui Asmaul Husna ini. Agar kita berhasil mencapai tujuan akhir yang mulia, yaitu Surga-Nya.

2. Mengajak Manusia untuk Mengenal Allah Lebih Dekat

Penting Mengenal Asmaul Husna

Ilmu tentang Asmaul Husna ini memiliki tujuan, yaitu mengajak manusia untuk mau mencintai, mengagungkan, memuliakan, dan menumbuhkan rasa takut, cemas, serta harap. Selain itu, kita bisa ikhlas berbuat kebaikan semata-mata hanya mengharap ridha dari Allah.

Baca juga Tips Daftar Haji di Masa Pandemi

Ketika semua itu telah terpatri dalam diri kita, tentu untuk melakukan segala apa yang diperintahkan-Nya akan membuat kita tak lagi menolaknya. Malah semakin rajin untuk melakukan ibadah. Selain itu, kita pun semakin menjauhi apa yang dilarang-Nya. Insyaallah, dengan mengenal Asmaul Husna kita akan semakin istiqomah dan konsisten.

3. Agar Manusia Menyembah Allah

Sebagaimana dalam dalil di bawah ini. Allah Ta’ala berfirman,

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)

Sungguh Allah menciptakan manusia dan menjadikan manusia itu ada dari yang sebelumnya tidak ada. Lalu, Allah menyediakan semua apa yang manusia itu butuhkan, baik di langit maupun di bumi. Supaya manusia itu mengenal Allah dan hanya menyembah-Nya.

4. Mengenal Allah adalah Salah Satu Rukun Islam

Penting Mengenal Asmaul Husna

Rukun yang paling utama dan dasar dari semua rukun adalah iman kepada Allah. Iman tersebut bukan hanya sekedar ucapan tetapi harus mengetahui dan mengenal Rabb yang diyakini. Lalu, mencurahkan segenap tenaga dan akalnya untuk mengetahui asma dan sifat-Nya. 

Sehingga tercapai derajat keyakinan yang tak bisa digoyahkan. Maka, pengetahuan tersebutlah yang kelak menjadi iman yang sesungguhnya. Begitulah seharusnya kita dalam beriman kepada Allah.

Baca juga 5 Cara Mengenal Asmaul Husna, Benarkah Bisa Masuk Surga?

Nah itu tadi penjelasan betapa pentingnya mengenal Asmaul Husna lebih dekat. Semoga dengan penjelasan yang singkat ini, kita bisa semakin baik dalam mengenal Allah Ta'ala. Selain itu, kita pun juga semakin istiqomah untuk beribadah kepada Allah hingga akhir hayat. Allahumma Aamiin.

Salam,

Comments

back to top