steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Mengapa Harus Mengasah Kecerdasan Anak?

Hai, Sobat Blogger!

Kecerdasan Anak

Mengasah kecerdasan anak salah satu cara agar anak-anak semakin bertumbuh secara baik. Tak hanya tahapan tumbuh kembangnya saja yang perlu diperhatikan tetapi potensi kecerdasan anak juga perlu loh. Dikarenakan setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda. Nah, tentunya kita tak mau salah dalam mengembangkan kecerdasan anak kan?

Pastilah setiap orang tua akan memberikan anak-anaknya yang terbaik. Entah dari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan potensi kecerdasan si anak. Untuk itu kita perlu tahu mengenai hal ini lebih dalam lagi. Agar orang tua tidak lagi khawatir terhadap potensi yang dimiliki anak.

Mengasah Kecerdasan Anak

Mengapa perlu mengasah kecerdasan anak? Karena setiap orang tua perlu mengetahui kecerdasan setiap anak. Meski anak tersebut kembar sekali pun, pasti memiliki kecerdasan yang berbeda. Untuk itu setiap orang tua harus tahu kecerdasan si anak.

Potensi yang dihasilkan oleh anak-anak akan berkembang dengan sangat baik. Jika ditangani dengan benar sedari kecil. Tentu, akan sangat disayangkan ketika anak-anak memiliki potensi yang besar di masa depannya, tetapi orang tuanya tidak cukup tahu untuk menanganinya.

Kira-kira apa yang akan terjadi? Tentu, anak-anak tidak akan berkembang sesuai dengan apa yang diminatinya. Dirinya merasa sangat berbeda dengan orang lain. Merasa selalu dibandingkan dan merasa tak percaya diri. Padahal setiap anak memiliki potensi berbeda.

Bisa jadi anak tersebut tak pandai di matematika tetapi sangat ahli ketika olahraga. Begitu pun sebaliknya. Lalu, apakah kita harus memaksa si anak yang jago olahraga itu untuk ahli matematika? Tentu tidak bukan? 

Kecerdasan anak di awal ketika lahir adalah fitrahnya. Orang tua hanya perlu mengarahkannya dengan baik dan cara benar. Agar anak bisa menggapai apa yang diinginkannya tanpa salah arah.

Menurut dari buku Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences karya Howard Gardner bahwa kecerdasan anak dibagi menjadi 8, yaitu :

  1. Kecerdasan Verbal atau Linguistik, yaitu anak yang gemar menulis dan mudah menjelaskan hal-hal
  2. Kecerdasan Logis atau Matematis, yaitu anak yang unggul dalam memecahkan masalah
  3. Kecerdasan Musikal, yaitu anak yang mudah membuat melodi dan cepat mengingat lagu
  4. Kecerdasan Visual atau Spasial, yaitu anak yang memiliki kemampuan merancang dan menciptakan
  5. Kecerdasan Tubuh atau Kinestik, yaitu anak yang memiliki koordinasi fisik yang baik
  6. Kecerdasan Interpersonal, yaitu anak yang mudah bekerja sama dalam tim
  7. Kecerdasan Intrapersonal, yaitu anak yang fasih dalam membuat target
  8. Kecerdasan Naturalistik, yaitu anak yang mudah memahami fauna dan flora dengan baik

Baca juga Bingung Memilih Sekolah Anak yang Tepat? Coba Renungkan Ini Bunda!

Itu tadi 8 kecerdasan anak yang bisa kita pelajari. Kira-kira dari 8 kecerdasan anak diatas? Anak bunda masuk ke kecerdasan yang mana saja?


Keuntungan Mengasah Kecerdasan Anak

Ada banyak keuntungan ketika orang tua mau mengasah kecerdasan anak. Pastinya tidak lagi membandingkan anak-anak dengan orang lain atau saudaranya sendiri. Setiap anak unik dengan bakatnya. Jadi, tak perlu lagi membandingkan anak-anak. Berikut ini keuntungan mengasah kecerdasan anak :

1. Anak Jadi Percaya Diri

Kecerdasan Anak

Jika kita sebagai orang tua sudah tahu kecerdasan anak kita seperti apa. Tentu kita harus mendukung penuh hal itu. Nah, hal inilah yang akan membuat anak menjadi percaya diri. Merasa orangtuanya mendukung selalu apa yang dia lakukan.

Selain itu, anak tak minder karena tak perlu lagi untuk bersaing dengan yang lain. Kenapa? Karena orangtua sudah paham bahwa setiap anak memiliki kecerdasan berbeda. Biarlah anak yang lain lebih jago ketika berhitung. Tetapi, anak sendiri juga punya bakatnya kok. Mereka tetap menjadi anak yang sukses dengan bakat masing-masing.

2. Anak Terlihat Lebih Bahagia

Anak tidak akan merasa tertekan, karena tidak lagi dipaksa melakukan apa yang tidak dia sukai. Anak akan merasa sangat bahagia, senang dan selalu tersenyum. Apalagi terkadang kita juga harus tahu mood seorang anak. Agar tak mudah tantrum.

Nah, jika anak didukung 100% oleh orangtuanya. Anak-anak pun akan selalu bahagia, malah akan jarang ngambek kepada orangtuanya. Untuk itu, sudah sepatutnya kita sebagai orang tua harus memahami kecerdasan anak mulai dari sekarang.

3. Anak Jadi Mampu Mengendalikan Emosinya

Anak yang bahagia dan didukung penuh bakatnya oleh orangtuanya, akan mampu mengendalikan emosinya. Karena itu tadi, tekanan yang dia dapatkan tidak begitu banyak. Anak-anak tak akan stress berlebih. Mungkin terkadang anak-anak juga mengeluarkan emosinya. Tetapi tidak selalu seperti dulu, sebelum orangtuanya mengerti akan kecerdasannya.

4. Anak Tak Mudah Membantah

Kecerdasan Anak

Anak akan menjadi lebih penurut. Orangtua yang berhasil memahami anak-anaknya, maka anak-anaknya cenderung menjadi anak yang penurut. Anak-anak akan merasa bahwa orangtua adalah orang yang harus dipatuhi.

Coba bayangkan jika kita sebagai orangtua masih belum tahu kecerdasan anak kita. Anaknya maunya olahraga tetapi orangtuanya ingin anaknya ahli matematika. Pasti anak akan terus membantah, karena itu bukan hal yang disukainya. Dan merasa orangtuanya tak sayang dirinya.

5. Anak Memiliki Cita-Cita yang Besar Untuk Dicapainya

Setiap anak-anak pasti memiliki cita-cita. Tinggal bagaimana orangtuanya mendukung dan mengarahkan cita-cita tersebut. Agar si anak nantinya bisa menggapai citanya dengan cara yang terbaik. Oleh karena itu jika orang tua paham kecerdasan anak sejak dini, maka anak-anak akan semangat untuk menggapai cita-citanya.

Anak-anak akan merasa bahwa cita-citanya akan bisa diraih dengan dukungan keluarga. Cita-cita yang dimiliki anak-anak akan semakin besar dan berusaha kuat untuk menggapainya. Itu kan yang diinginkan orangtua agar anak-anak bisa menggapai apa yang diinginkannya.

Baca juga Mendidik Anak Agar Mandiri Dari Segi Onty!

Lima keuntungan diatas baru sebagian besar saja, belum semuanya. Tetapi kita bisa melihatnya bahwa kecerdasan anak itu penting untuk diketahui sejak diri. Agar kita sebagai orangtua juga sadar untuk tak melulu memaksa anak-anak. Semoga kita sebagai orang tua bisa lebih memahami kecerdasan anak-anak dengan baik.

Cara Mudah Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak

Kecerdasan Anak

Lalu bagaimana cara mengembangkan potensi kecerdasan anak? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan anak-anak, agar bisa mengembangkan potensi kecerdasannya dengan baik. Simak ulasannya berikut ini :

1. Menulis Cerita Pendek

Bagi anak dengan kecerdasan verbal atau linguistik, hal ini pasti sangat menyenangkan untuknya. Sebelum dirinya menjadi penulis terkenal, ada baiknya asah bakatnya ini dengan menulis cerita pendek. Bisa tentang kesehariannya atau cerita ketika liburan. Agar anak dengan kecerdasan ini bisa lebih terlatih dalam menulis.

2. Bermain Puzzle

Untuk anak dengan kecerdasan sistematis suka sekali memecahkan masalah. Bermain puzzle bisa menjadi salah satu cara. Agar anak-anak yang memiliki kecerdasan ini, selalu bersemangat menyelesaikan puzzle. Mulai dari bermain puzzle yang mudah hingga yang sulit. Anak-anak pasti menikmatinya.

3. Ajak Mengambar dan Mewarnai

Untuk anak-anak yang memiliki kecerdasan visual, menggambar adalah kesukaannya. Bisa juga bermain lego dan membangun sesuatu seperti perahu, pesawat, kereta, rumah dan sebagainya. Kedua hal ini bisa membuat anak-anak dengan kecerdasan visual, bisa lebih semangat bermain dan pastinya selalu bahagia.

4. Berolahraga Sekeluarga

Bagi anak-anak dengan kecerdasan kinestik, olahraga adalah salah satu caranya. Coba seminggu sekali untuk berolahraga sekeluarga, seperti naik sepeda, senam, renang dan lain sebagainya. Anak dengan kecerdasan ini akan sangat bahagia sekali main sambil berolahraga.

5. Berinteraksi dengan Teman-teman

Untuk anak-anak yang memiliki kecerdasan interpersonal, bermain dengan teman-teman adalah hal yang disukai. Anak-anak suka sekali berinteraksi dan belajar bersama. Dengan begitu, anak-anak akan semakin terlatih kecerdasan interpersonalnya.

6. Berkunjung ke Taman

Untuk kecerdasan naturalistik, bermain ke taman atau ke kebun binatang adalah hal yang menyenangkan. Sambil menghafalkan pelan-pelan nama hewan dan tumbuhan, anak-anak akan merasa dekat dengan alam. Selain itu, akan tumbuh rasa cinta untuk menjaga alam ini.

Baca juga Ibu Rumah Tangga atau Ibu Bekerja?

Itu tadi penjelasan singkat mengenai kecerdasan anak. Kita sebagai orangtua memang harus membimbing anak dengan baik. Kita harus tahu apa kecerdasan anak dan apa yang terbaik untuk mengembangkan potensi tersebut. Agar tumbuh kembang anak dapat tumbuh sesuai dengan kecerdasannya.

Bagaiman dengan bunda-bunda? Apakah sudah mulai mengembangkan potensi kecerdasan anak? Apa saja yang biasanya bunda lakukan? Yuk, saling berbagi di kolom komentar di bawah ini, ya.

Salam,

Comments

back to top