steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Cara Ampuh Melawan Rasa Malas Bangun di Pagi Hari!

Halo, Sobat Blogger!

Melawan Rasa Malas Bangun Pagi

Untuk sebagian orang bangun pagi itu sulit, rasanya hanya ingin tidur sampai puas dan bangun siang. Padahal bangun pagi itu banyak manfaatnya loh. Sayang banget jika kita hanya bermalas-malasan. Katanya mau sukses dan menggapai cita-cita? Tapi emang bisa hanya dengan tidur aja?

Bisa aja sih ya, jika cita-citanya hanya di dalam mimpi dan enggak mau diwujudkan di dunia nyata, hihi. Coba saja mulai tuliskan apa yang ingin menjadi cita-cita dan mulailah untuk mewujudkannya. Mulai untuk bangun dari tidur panjang dan raih apa yang ingin kita gapai.

Salah satu mewujudkannya ya dengan bangun pagi. Nah, untuk yang masih malas bangun pagi dan sangat sulit melawannya. Coba deh cek beberapa tips di bawah ini. Semoga ampuh dan kita bisa konsisten untuk bangun di pagi setiap hari.

Baca juga Gaes, Ini Tips Agar Tidur Aman Tanpa Handphone!

Lakukan Ini Sebelum Tidur

Melawan Rasa Malas Bangun Pagi

Perlu kita ketahui, untuk bangun di pagi hari itu harus ada hal-hal yang dilakukan sebelum tidur. Hal ini pengaruh banget untuk kita agar mudah ketika bangun pagi. Lalu, apa saja yang perlu kita lakukan? Silahkan cek di bawah ini :

1. Tidak Makan Terlalu Malam

Makanlah 2 jam atau 3 jam sebelum tidur. Mengapa? Karena itu akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Ketika kita makan terlalu malam, kita akan sulit tidur karena perut terasa kenyang. Selain itu, makan terlalu makan akan menyebabkan kelebihan berat badan loh. Nah, lebih baik hindari makan mendekati jam tidur.

2. Tidak Memainkan Handphone

Memainkan handphone membuat kita akan terus terjaga, baiknya jika kita ingin tidur lebih cepat. Sebisa mungkin satu jam sebelum tidur kita tidak lagi memainkan handphone. Cari jangkauan yang pas agar kita tak mudah meraih handphone ketika akan tidur.

3. Pasang Obat Anti Nyamuk

Biasanya kita sulit tidur karena adanya nyamuk yang mengganggu. Jangan lupa untuk pasang obat anti nyamuk, agar tidur lebih berkualitas. Sebaiknya pasang obat nyamuk semprot dengan bau-bauan yang nyaman atau obat nyamuk listrik, supaya tidur lebih nyaman.

Baca juga Ingin Berenang Private? Di Homypool Aja Bikin Betah Loh!

4. Gunakan Penutup Mata

Jika masih sulit juga untuk tidur, coba untuk tidur dengan menggunakan penutup mata. Dengan begitu kita dipaksa untuk merem dan fokus untuk segera tidur. Hal ini akan ampuh untuk kita yang terkadang sulit untuk tidur dan terbiasa tidur dini hari.

5. Pasang Alarm di Jam Weker

Biasanya alarm terpasang di handphone, sekarang biasakan untuk memasang alarm di jam weker. Kenapa? Agar kita tak lagi memainkan handphone ketika akan tidur. Niat awalnya sih mau pasang alarm doang, eh tapi enggak tahu kenapa malah cek sosial media hingga tahu-tahu sudah pagi aja. Nah, loh? Jadi baiknya pasang alarm di jam weker saja.

6. Rutin Tidur di Jam yang Sama

Meski sulit, cobalah untuk rutinkan tidur di jam yang sama. Supaya terbiasa untuk bangun di pagi hari. Tidurlah di jam 9 atau 10 malam dan bangun di jam 4 atau 5 pagi. Rutinkan kebiasaan tersebut. Agar tak lagi malas bangun di pagi hari.

7. Jika Sulit Tidur, Baca Buku

Daripada main handphone yang membuat kita selalu terjaga, lebih baik baca buku. Ini lebih baik dan lebih dianjurkan ketika akan tidur atau ketika sulit tidur. Membaca buku selain membuat kita menambah wawasan, juga membuat kita lebih cepat mengantuk. 

Baca juga Menghadapi Mereka yang Suka Menghina di Sosial Media!

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa kita lakukan sebelum tidur di malam hari. Lalu, apa yang harus kita lakukan di pagi harinya?

Lakukan Ini Setiap Pagi

Melawan Rasa Malas Bangun Pagi

Setiap pagi menjadi momok yang menakutkan untuk orang-orang yang sulit tidur di malam hari. Biasanya akan dihantui rasa malas yang luar biasa untuk bangun pagi. Nah coba untuk lakukan hal-hal ini setiap pagi agar lebih mudah untuk terbiasa bangun pagi :

1. Langsung Bangun Ketika Jam Weker Bunyi

Kebiasaan kita ketika bangun pagi adalah hanya mematikan jam weker lalu tidur lagi. Padahal hal tersebut malah membuat kita semakin malas untuk bangun di pagi hari. Coba untuk jaga kebiasaan, langsung bangun ketika mendengar alarm di jam weker dan usahakan untuk tak tidur lagi.

2. Cuci Muka atau Wudhu

Setelah bangun, biasakan untuk cuci muka atau wudhu. Untuk kita yang muslim bangun di pagi hari adalah suatu kewajiban karena kita harus ibadah sholat subuh. Wudhu jadi salah satu cara ampuh untuk membuat mata jadi melek. Apalagi kena air dingin di waktu subuh, membuat kita semakin terjaga.

3. Mandi

Jika cuci muka dan wudhu tak mempan, coba untuk mandi di pagi hari. Mandi ini membuat tubuh menjadi segar dan membuat kita semakin ogah untuk kembali tidur. Selain itu, membuat kita semangat di pagi hari dan tentunya enggak lagi malas.

Baca juga Malas Menulis Hinggap? Tebas Saja Pakai Cara Jitu Ini!

4. Membuat Minuman Hangat

Minum minuman hangat bisa membantu kita agar tetap terjaga di pagi hari. Cobalah segelas susu, kopi atau teh hangat di pagi hari. Rutinkan untuk minum minuman hangat ini. Agar badan tetap terjaga kesegarannya dan mata enggan untuk merem lagi.

5. Lakukan Olahraga Ringan

Yap, olahraga ringan juga sangat membantu loh. Tak ada salahnya setiap pagi kita coba untuk olahraga ringan. Seperti senam, jalan pagi, bersepeda sekitar komplek, atau melakukan pemanasan di rumah juga sudah cukup kok. Yuk, rutin olahraga.

6. Berdoa Agar Konsisten Setiap Hari

Cobalah untuk minta pertolongan Allah agar kita bisa tetap konsisten bangun di pagi hari dan dijauhkan dari rasa malas. Berikut ini hadits shahih agar kita dijauhkan dari rasa malas, jangan lupa untuk dibaca setiap hari, ya.

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca do’a:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

“Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat. (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian).” (HR. Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706)

Baca juga Ketika Ide Kita Diambil Oleh Orang Lain!

Bagaimana? Sudah semakin bersemangat untuk melawan rasa malas bangun di pagi hari kan? Yuk, terapkan setiap hari supaya menjadi kebiasaan baik. Ini juga untuk diri kita sendiri kok manfaatnya. Jadi, jangan malas lagi, ya.

Manfaat Rutin Bangun Pagi

Melawan Rasa Malas Bangun Pagi

Memang apa saja sih manfaat bangun pagi? Kok rasanya harus banget bangun pagi. Padahal bangun siang pun juga enggak masalah. Eits, jangan dulu ngeluh, ya. Coba baca ini :

1. Banyak Pekerjaan yang Bisa Diselesaikan

Bangun lebih pagi membuat kita bisa lebih banyak mengerjakan pekerjaan. Entah itu pekerjaan rumah atau pekerjaan lainnya. Nah, dengan bangun pagi kita bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjaan. Senang kan jika sebelum malam semua kerjaan sudah selesai? Jadi, jangan malas bangun pagi, ya.

2. Jadwal Pekerjaan Tidak Tertunda

Biasanya nih jika pekerjaan sedang menumpuk dan banyak, kita sering kelabakan untuk menyelesaikannya. Nah, salah siapa kalau sudah seperti ini? Bisa jadi ini karena kita malas bangun pagi, jadinya pekerjaan yang seharusnya bisa selesai hari itu, karena telat bangun jadinya pekerjaan juga menumpuk. Maka dari itu, bangun pagi dan menyelesaikan pekerjaan lebih awal itu lebih baik.

3. Badan Lebih Fresh

Bangun pagi akan membuat badan lebih fresh dan bersemangat dibandingkan bangun siang. Selain itu, kita tidak mudah mager karena biasanya kalau tidur sampai siang, badan sudah terlanjur mager dan malas untuk melakukan aktivitas. Jadi, sering-seringlah bangun pagi agar badan lebih fresh.

4. Waktu Terasa Lebih Luang

Yap, bangun pagi itu membuat waktu terasa lebih panjang dan luang. Merasa enggak sih? Jika kita sudah mulai kerja di pagi hari nih, merasa waktu berjalan lambat. Kerjaan sudah hampir selesai semua, tapi ternyata waktu masih pagi dan belum masuk waktu siang. Nah, jadi lebih enak kan? Kita bisa mengerjakan pekerjaan lebih santai.

Baca juga Ketika Memutuskan Untuk Menulis, 10 Hal Ini Tak Terlupa!

5. Lebih Produktif dan Kreatif

Bangun di pagi hari membuat kita lebih produktif dan kreatif, itu benar sekali. Kita yang sering bangun di pagi hari, biasanya sudah banyak ide-ide yang ingin disalurkan. Sudah enggak sabar ingin merealisasikan ide-ide itu semua. Memang manfaat bangun pagi itu bagus banget.

6. Tidak Ada Rasa Malas

Bangun di pagi hari membuat kita jauh dari kata malas. Kenapa? Karena badan kita sudah fresh dan semangat untuk bekerja lebih giat. Sepertinya tak ada rasa malas kalau sudah bangun di pagi hari, apalagi kalau sudah mandi. Wah, rasanya ingin menyelesaikan semua kerjaan hari itu juga.

7. Selalu Bersemangat Untuk Menggapai Mimpi

Bangun pagi itu memang untuk orang-orang yang selalu bersemangat sama mimpinya. Biasanya orang yang konsisten bangun pagi, juga konsisten untuk terus menggapai mimpi. Nah, maka dari itu, untuk kita yang masih dalam tahap mengejar mimpi. Ada baiknya untuk rutin bangun pagi, ya.

Baca juga 20 Cara Agar Santai Ketika Ada yang Nyinyir!

Itu tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa bangun pagi dan tak malas lagi. Sudah saatnya kita melawan rasa malas itu dan bersiap untuk perubahan yang lebih baik. Jangan jadi orang yang malas bangun pagi terus, ya. 

Jika memang ada keadaan yang mendesak, ya tak apa. Tapi jika tak ada dan hanya menuruti hawa nafsu, ini yang harus kita lawan. Yuk, semangat terus untuk bangun pagi. Semoga bermanfaat.

Salam,

steffifauziah

Comments

  1. Aku akhir-akhir ini susah banget bangun pagi. Sampai mencoba tdur lebih awal, pakai jam Beker krn alarm di hp uda kebal tapi tetep merem lagi... Makasih tipsnya, aku salin doanya... Salam kenal ya, Kak^^

    ReplyDelete
  2. Semangaaattt.

    Wah saya malah kalau baca buku sebelum tidur dan bukunya bagus, bisa lanjut baca terus sampai dini hari. Tapi kalau bukunya agak berat temanya ya ngantuk juga sih.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih kak. Tulisannya sangat berwawasan dan bagus sekali untuk diterapkan dikehidupan. Mudah2 bisa di contoh nih xd

    ReplyDelete
  4. Aaah Kak steffi, post ini sangat mengetuk hatiku karena aku sangat sulit bangun pagi huhuhu. Semoga aku bisa menerapkan ini deh :")

    ReplyDelete
  5. Hal yang perlu dilakuin emang membentuk kebiasaan.Terima kasih banyak untuk sharing nya mbak, worth buat dicoba

    ReplyDelete
  6. kayanya perlu berkala ganti alarm hape nih biar kebangun lagi huhhu..minggu ini aku lagi santai bgt hiks. yang paling sulit kalau lagi halangan ya nih mbak steffi..rasa malas lebih kental

    ReplyDelete
  7. Duh, kak. Poin nomor 7 justru bahaya buatku hehe. Soalnya, tiap baca pas mau tidur. Yang ada tau-tau udah dini hari karena saking serius bacanya. Belakangan justru udah engga begadang lagi karena mindahin waktu baca jadi pas abis bangun tidur. Biar engga bikin melek sampe pagi mulu

    ReplyDelete
  8. Saya itu paling belum bisa ga pegang hape pas mau tidur. Dan kalau ga bisa tidur sebaiknya menulis itu yang saya belum bisa memotivasi diri

    ReplyDelete
  9. Alarm tubuh tuh sesuai yang punya ya kak, waktu 3 bulan pertama WFH, tuh pernah malas bangun pagi karena berfikir ya gak perlu bangun pagi lah toh ga ngejar busway dan bis untuk sampai tempat kerja, eh alarm tubuhnya ngikutin loh. kalau sabtu minggu tuh otomatis kadang-kadang suka bangun siang hahah padahal ga bagus ya kak.

    ReplyDelete
  10. Aku seperti tertampar baca artikel ini dan lengkap banget kalau kayaknya memang bener deh belakangan ini aku jam tidurnya tuh nggak pernah tepat dan selalu berubah berubah dan biasanya sebelum tidur itu aku pegang HP nonton tiktok akhirnya terlewat dari jam 2 dan mau nggak mau bangun siang dan bawaan di siang hari itu lemas dan gak bergairah jadi di bulan ini harus balik lagi memotivasi diri untuk selalu semangat dan bangun pagi

    ReplyDelete
  11. Nah klo cara aku bangun pagi paling ampuh tuh ya cuci muka pake air dingin dijamin ngantuknya perlahan ilang hihi habis itu minum air putih hangat deh..emang sih tiap orang beda2 caranya ,,..

    ReplyDelete
  12. Kalau buat saya kak . . Tidur larut malam menyebabkan bangun telat dan otomatis bikin mood seharian jadi uring2an... sebisa mungkin saya akan menghindari tidur larut malam

    ReplyDelete
  13. Trims tips nya ya kak. Hampit selama beberapa tahun terakhir ini saya bisa bangun subuh, tapi habis itu tidur lagi sampai jam 8 pagi. Jujur di badan rasanya tak sehat banget. Aku mau praktekan tips kak steffi ah agar bisa berubah menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  14. Pola hidup sehat kayak gini juga bagus loh buat yang lagi diet, ulasan yang sangat lengkap kak Steffi

    ReplyDelete
  15. Makasih tipsnya Mbak. Pas buat keadaan saya yang masih sering sulit bangun pagi, karena malam begadang anak rewel.

    ReplyDelete
  16. Rasa malas bangun tidur kadang dipengaruhi badan yg kurang enak. Kurang fit. Sehingga disarankan ketika mau tidur dan bangun tidur minum air putih hangat. Agar tubuh tetap bugar dan sehat

    ReplyDelete
  17. Bangun pagi emang gak mudah banget, apalagi ditambah cuaca dingin makin mau tarik selimut ya mbak.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah sejak kecil dibiasakan orang tua untuk bangun subuh. jadi kan Kak hingga saat ini aku enggak bisa bangun siang-siang meskipun tidurnya telat.

    ReplyDelete
  19. Kalau bangun pagi tiap hari sih kak, karena harus sholat subuh, tapi habis itu naik kasur lagi buat rebahan *jangan ditiru, ya*

    ReplyDelete
  20. kadang aku bangun agak siang kalau besoknya wiken. kalau tiap hari tetep bangunpagi, tapi ukuran untuk aku kayaknya kesiangan hehe
    alarm ini kadang berfungsi kadang nggak, denger pas ada bunyinya, ehh malah bangun cuman buat matiin alarmnya aja

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top