steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

15+ Hal yang Bisa Kita Lakukan Ketika Hati Sedang Resah!

Hai, Sobat Blogger!

Hati Sedang Resah

Alhamdulillah, diakhir bulan Ramadan dan diawal bulan Syawal ini masih ada aja cobaan yang menghampiri. Loh kok malah bersyukur? Iyalah, itu tanda Allah masih sayang kita. Makanya diberikan cobaan di bulan yang mulia ini. Masyaallah, semoga kita semua kuat, ya, dalam menghadapi semua cobaannya. Insyaallah, Bismillah.

Nah, namanya cobaan emang kadang suka datang sesukanya, tanpa diundang, yes. Ya, kalau diundang namanya tamu dong, yak. Bukan cobaan, wkwkwk. Hal inilah yang membuat hati kita menjadi resah dan rasanya enggak percaya bahwa kita dapat cobaan tersebut.

Apalagi jika cobaan tersebut, hal yang tak pernah kita sangka. Sesuatu hal yang bisa membuat gemetar hebat, hingga menangis pun tak lagi bersuara saking nyeseknya. Ada yang pernah mengalaminya?

Baca juga Berbesar Hatilah, Ketika Punya Teman dengan Sifat Seperti Ini!

Lalu, jika sudah seperti itu apa saja sih yang perlu kita lakukan? Insyaallah, 15 hal di bawah ini bisa membuat kita semakin semangat lagi, ya. Anggaplah setiap cobaan yang hadir itu, sebagai bentuk untuk membuat kita semakin kuat dan semakin tegar. Ya, seperti masakan gitulah, ada bumbunya biar semakin sedap masakannya, hihi.

Apa saja sih 15 hal yang bisa kita lakukan ketika hati sedang resah? Check this out :

1. Perbanyak Saja Ibadah

Mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala adalah salah satu cara agar hati ini tak melulu resah. Menangis diatas sajadah dan memohon ampunannya. Kita tak pernah tahu, bisa jadi memang cobaan ini untuk menghilangkan dosa-dosa kita sebelumnya.

Allah berikan kita cobaan, pasti selalu ada hikmahnya dan insyaallah itu yang terbaik untuk kita. Semoga dengan semakin seringnya kita beribadah. Kita diberikan kesabaran yang sangat luas dan bisa menerima semua cobaan tersebut dengan ikhlas. Insyaallah.

Yuk, kita perbanyak ibadah!

2. Tak Apa Menangis Sepuasnya

Hati Sedang Resah

Menangis adalah hal yang paling sering dilakukan ketika cobaan hadir. Dengan menangis hati akan semakin lega. Tak mengapa menangis, enggak ada yang larang juga kok. Daripada dipendam nanti ujung-ujungnya malah memuncak menjadi amarah. Lebih baik menangislah hingga puas.

Asal tidak berlarut dan mulai bangkit lagi setelahnya. Mulai menerima semua cobaan tersebut dengan lapang dada. Bismillah kita pasti bisa melewatinya meski sangat berat!

3. Sibukkan Diri dengan Hal yang Disukai

Menyibukkan diri dengan hal-hal yang baik dan kita sukai, bisa membuat kita lebih rileks dan enggak melulu memikirkan cobaan tersebut. Bisa juga me time dengan hal-hal yang disukai.

Baca juga Tak Ada Batasan Ide Ketika Menulis, Benarkah?

Jika suka masak, bisa mencoba resep baru. Jika suka olahraga, bisa menghabiskan waktu dengan berolahraga. Jika suka menulis, bisa meluapkan semua isi hati pada tulisan. Jika suka merajut, bisa mencoba bikin syal atau tas dari rajutan.

Intinya kita bisa melawan diri ini untuk tidak meratapi masalah yang sedang hadir. Bisa tetap produktif setelah seharian kemarin menangis dengan hebat. Jadi, sekarang kita bisa fokus untuk meyibukkan diri dengan hal yang disukai!

4. Menonton Drama atau Film Favorit

Hiburan juga sesekali perlu. Coba saja menonton drama atau film favorit. Sebisa mungkin sih, drama atau film yang juga memotivasi atau komedi. Jangan drama atau film yang bikin sedih, ya. Nanti yang ada kita ingat lagi masalah tersebut dan enggak beres-beres deh galaunya, haha.

Jadi, sebelum menonton drama atau film favorit. Pilih dulu yang bisa membangkitkan semangatmu. Oke? Jangan salah pilih drama atau film yang ditonton, ya!

5. Bercanda dengan Pasangan atau Keluarga

Hati Sedang Resah

Lakukan hal yang menyenangkan bersama pasangan atau keluarga. Minta mereka menghibur kita agar tak lagi resah karena cobaan yang sedang menghampiri. Agar kita tak merasa selalu sendiri, tak ada salahnya juga menceritakan masalah kita kepada pasangan dan keluarga.

Siapa tahu mereka bisa membantu memberikan solusi atau minimal tidak membuat kita sedih lagi dan terus merasa bahagia. Biasanya sih mereka enggak akan segan untuk mengajak kita bercanda hingga kita melupakan sejenak cobaan yang hadir. Support system yang paling ampuh emang keluarga, sih!

6. Padatkan Jadwal Bekerja

Daripada ada waktu luang yang membuat kita resah terus, lebih baik padatkan jadwal bekerja agar diri ini sibuk oleh hal-hal yang bermanfaat. Biasanya sih ya, kalau kita sibuk bekerja. Suka lupa dengan masalah apa yang sedang terjadi.

Baca juga Ketika Kamu Belum Sukses Seperti Mereka, Just be Happy, Gaes!

Ini salah satu cara untuk kita agar tetap waras dan enggak melulu resah, hati ini juga perlu happy loh. Mending kita fokus bekerja saja, yuk!

7. Menceritakan Semua Masalah pada Orang yang Tepat Hingga Puas

Ketika kita masih enggan bercerita masalah kita kepada keluarga atau pasangan. Bisa juga bercerita kepada sahabat yang memang dirinya amanah. Yakin bahwa ketika kita cerita, tidak sampai keluar dan berhenti hanya pada dirinya.

Biasanya setelah selesai cerita kita akan lebih lega dan puas. Jadi lebih semangat untuk menjalani hidup ini dan yakin bahwa setiap cobaan adalah bentuk kasih sayang-Nya.

Jangan sampai salah pilih teman cerita tapi, ya!

8. Introspeksi Diri Agar Hal Ini Tak Terulang

Hati Sedang Resah

Enggak perlu mencari siapa yang salah dan siapa yang benar. Perbaiki diri agar tidak lagi kejadian hal yang sama. Bisa jadi cobaan yang hadir karena perbuatan diri kita sendiri, hingga akhirnya jadi seperti ini.

Introspeksi diri itu harus. Supaya kita juga semakin baik lagi kedepannya. Tidak melulu sok atau sombong karena merasa selalu benar. Kita hanya manusia biasa tempatnya khilaf.

Yuk, kita lebih sering introspeksi diri!

9. Memaafkan Mereka yang Sudah Menyakiti Hati

Ketika cobaan ini hadir karena seseorang yang telah menyakiti hati ini, sudah saatnya memaafkan mereka. Berat? Pasti sangat berat karena bisa jadi yang melukai hati ini adalah sahabat atau pasangan atau saudara atau siapapun itu yang tak pernah kita sangka.

Memaafkan itu bukan hanya untuk mereka yang telah menyakiti, tapi untuk diri kita sendiri juga. Agar bisa menjalani kehidupan ini lagi dengan normal dan tanpa adanya penyakit hati.

Baca juga Ketika Bapak Berbagi Hanya Ikhlas yang Ia Tanamkan!

Insyaallah, pasti rasanya lega banget setelah memaafkan!

10. Tidak Lagi Mengungkit Hal yang Menyakitkan

Tak perlu lagi mengungkit lagi hal-hal yang menyakiti hati, sudah waktunya move on dan berdamai dengan keadaan. Meski memang tak mudah. Pasti ada saja yang membuat diri ini mengingat hal tersebut dan kembali sedih.

Tapi kita harus bisa melawannya dan lebih sering mengingat hal-hal yang membahagiakan hati. Agar kita tak terlarut dalam kesedihan dan bisa bersegera mungkin berdamai dengan segala kesedihan di hati. 

Yuk, kita pasti bisa melewatinya!

11. Fokus pada Impian!

Hati Sedang Resah

Yap, salah satu cara agar hati tidak melulu resah dengan segala cobaan yang hadir adalah kembali fokus pada impian. Sudah waktunya kita kembali meraih apa yang ingin kita raih. Jika beberapa waktu lalu sempat tertunda karena suasana hati sedang resah. Sekarang waktunya fokus kembali dan menyibukkan diri dari hal-hal yang positif.

Kita wajib banget bahagia dan sudah seharusnya tidak mempersalahkan cobaan yang hadir. Pokoknya fokus, fokus dan fokus pada impian ya di depan mata. 


Bismillah!

12. Beberes Rumah

Melihat rumah lebih bersih akan membuat kita lebih lega dan happy pastinya. Siapa sih yang enggak senang melihat rumah rapi, bersih dan wangi? Nah, salah satu mood booster juga loh beberes rumah itu. Selain kita banyak gerak karena sibuk beberes rumah. Hasil akhirnya juga menyenangkan hati dan bikin kita bisa melupakan sejenak cobaan yang hadir.

Jadi, sudah beberes rumah belum hari ini? Hihi.

13. Makan Makanan Kesukaan

Siapa yang setiap punya masalah larinya ke makan? Saya, haha. Emang paling ampuh loh. Jadi, tak salahnya ketika hati sedang resah dan ingin membahagiakan diri, bersegeralah makan makanan kesukaan dan sebanyak apapun.

Sudahlah, tak perlu mikirin diet dulu. Hati ini yang sedang rapuh perlu segera disembuhkan dahulu sebelum semakin parah, hihi. Setuju enggak? 

Asyik, mari makan enak!

14. Berbagi Kepada Sesama

Hati Sedang Resah

Saling tolong menolong kepada sesama dan saling memberikan perhatian kepada orang lain, bisa juga membahagiakan hati yang sedang resah. Melihat orang lain senang, akan membuat kita juga ikutan senang dan bahagia. Siapa sih orang di dunia ini yang enggak ikutan senang berbagi kepada sesama? Pasti ikutan senang dong!

Nah, enggak ada salahnya, kita langsung eksekusi dan berbagi kepada sesama. Bisa kepada keluarga, tetangga, teman, atau pun orang lain yang sedang kesulitan. Lihatlah senyum mereka yang sedang kita bantu. Pasti bikin kita ikutan senyum juga deh.

Masyaallah, bikin hati jadi adem melihat mereka yang kita bantu, tersenyum merekah!

15. Bersyukur Atas Semua Nikmat

Masalah apapun yang kita hadapi, bersyukur adalah salah satu caranya. Iya, semakin kita bersyukur akan semakin lega hati ini dalam menerima semua cobaan yang hadir. Ya, namanya hidup pasti ada cobaan dan ujian. Enggak mungkin hidup mah lempeng-lempeng aja. Pasti ada naik turunnya yang membuat kita semakin baik lagi kedepannya.


Jadi, bersyukur aja yuk. Alhamdulillah, masih Allah berikan cobaan, ya. Tanda cinta Allah kepada kita itu memang enggak selalu menyenangkan kok. Dengan hal yang seperti ini juga bisa membuat kita introspeksi diri dan mengurangi maksiat yang pernah kita lakukan.

Semoga kita selalu dipenuhi rasa bersyukur selalu, ya!

16. Membaca dan Mendengar Hal-hal yang Positif

Dengan banyaknya hal-hal positif yang masuk ke dalam pikiran, tentu akan membuat kita merasa lebih berharga. Jika tadinya kita merasa insecure, tak dicintai, hati selalu resah dan bikin down berkepanjangan. Lebih baik membaca atau mendengar hal-hal yang positif.

Ketahuilah kita semua itu berhak untuk bahagia, berhak untuk dicintai dan sangat berharga. Jangan mau dibuat down sama orang-orang yang memang tak menyukai kita. Jadi, lebih baik perbanyak saja membaca dan mendengar hal-hal yang positif.

17. Menyadari Tak Hanya Kita yang Memiliki Masalah

Hati Sedang Resah

Setiap orang pasti memiliki masalah, jadi sudah seharusnya kita tak merasa bahwa hanya kita yang diberi cobaan. Bisa jadi cobaan kita tak seberat orang lain. Maka, sudah seharusnya kita menyadari bahwa ada banyak orang diluar sana yang memiliki cobaan luar biasa tetapi mereka bisa tetap bahagia. Masyaallah.

Jadi, tak ada salahnya kita mengikuti jejak mereka. Untuk tetap bahagia dan bersabar dengan segala cobaan yang meresahkan hati ini. Sudah siap kan kita tetap bahagia dengan segala cobaan yang hadir?

Baca juga Ketika Ide Kita Telah Diambil Oleh Orang Lain!

Dari 15 hal diatas mana yang paling sering dilakukan? Semoga kita bisa lebih legowo dengan segala cobaan yang telah Allah Ta'ala berikan, ya. Bismillah, kita pasti bisa untuk melewati semua ini.

Memang sih ketika kita pikirkan kembali, seperti mimpi buruk. Berharap bangun tidur besok pagi hal ini tidak terjadi. Tapi ini semua nyata dan memang harus kita lewati. Awalnya pasti sulit. Tapi seiring waktu, insyaallah, kita kuat dan tegar menghadapi setiap cobaannya.

Yuk, tetap semangat! Semua orang juga memiliki masalah kok, enggak kita aja. Kalau mereka saja bisa melewatinya. Ya, kita juga kudu harus musti BISA! Bismillah, ya!

Salam,

Comments

  1. mbaak ini jadinya 17 tips nyaa,

    banyak hal memang yg mujarab hilangin hati resah. biasanya saya resah gegara kantor, solusinya matiin hp, terus cari distraksi, kayak nonton film komedi atau animasi, masak atau olahraga,

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya Mbak steffi, memang betul ya kalau lagi galau kita harus menyibukkan diri dengan banyak hal-hal dan kegiatan positif biar galaunya teralihkan. Apalagi sekarang cuma bisa dirumah aja nggak bisa keluar buat jalan-jalan, jadinya sebisa mungkin cari kesibukan positif dan bermanfaat meski di rumah aja. Mangats mba steffi :)

    ReplyDelete
  3. Sepakat dengan 17 hal yang di tulis di atas. Bersyukur adalah kunci dari setiap masalah yang hadir. Ikhlas menerima dan senantiasa merasa cukup, insya Allah hidup kita akan lebih ringan dan bahagia. Makasih ulasannya Mbak.

    ReplyDelete
  4. Kalau lagi resah, saya paling suka beberes rumah. Rasanya lebih plong, menyalurkan keresahan dengan memindahkan barang dan menaruh barang-barang tersebut ke posisi yang berbeda. Mungkin, cara ini membuat emosi keluar seiring dengan besarnya tenaga yang dikeluarkan beserta derasnya kucuran keringat.

    ReplyDelete
  5. Yuni biasanya kalau udah galau kebangetan baru dah tu syurhat sama teman. Kalau yah bisa lega dengan nangis, ya paling nangis. Kadang habis sholat tetiba nangis aja gitu.

    Oke deh, beberapa hal itu ternyata pernah yuni lakoni tanpa sadar. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Kalau aku,selain bercuap cuap,curhat sana sini, olahraga.dengan catatan nggak males. Biasanya ini pelarian kalao kebanyakan nangis hahaha malu sama anak,ngumpet lama2 dikamar buat nangis hehehe

    ReplyDelete
  7. Setuju, dengan semua...tiap orang punya masalah, kita bisa melaluinya!
    Aku kalau lagi galau padatkan kegiatan..terutama beberes rumah...jadi seger pikiran lihat rumah rapi meski nanti berantakan lagi hihi

    ReplyDelete
  8. dari kelima belas poin yang disebutkan mbak steffi, saya paling sering nangis dan curhat, baca qur'an juga bikin pikiran lebih tenang saat saat sedang resah. Makasih tipsnya mbak ^_^

    ReplyDelete
  9. Thanks tips nya mbak. Saya juga melakukan beberapa hal dari 17 yang mbak tulis. Diantaranya beberes dan bersih bersih rumah. Setelah bersih dan tentu saja capek, terus tidur. Alhamdulillah... kesedihan sudah bergeser menjadi keikhlasan. Thanks ya sudah diingatkan

    ReplyDelete
  10. sy orgnya introvert jd klo ada mslh diam seribu bhsa tp ya tiap orang beda2 ya kak..semoga kita semua dpt mengambil hikmah dari mslh apapun yg menimpa kita ..namanya jg masalah bagaikan tamu tak diundang jd hempaskan saja wkwk

    ReplyDelete
  11. Makasih tipsnya, mbak. Kalo saya lagi hati resah, kalo gak sholat, baca al quran, ya saya milih buat tidur

    ReplyDelete
  12. Ustaz saya dulu di pesantren pernah bilang, kl kita sakit hati krn omongan orang, rugi. Kenapa rugi? krn hati kita cuma semata wayang kok ya mau2nya jadi sakit krn lisan org lain hihi... mgkin maksud beliau dibawa santuy aja kali ya

    ReplyDelete
  13. 15 tips yang semuanya kece banget... Aku menerapkan dua saja ibadah dan makan hahaha... Kalau galau pasti bawaannya pengen ngemil aja sista.. next 13 poin lainnya boleh dicoba

    ReplyDelete
  14. Waaah banyak banget yang bisa dilakukan ya untuk meminimalisir rasa sakit jika lagi ada masalah. Etapi, aku kalo.lagi banyak masalah, paling sulit melakukan hal 12 dan 13.

    ReplyDelete
  15. Jika anda tertarik atau ingin menjadi software developer, anda dapat mengunjungi blog yang saya buat :)
    Software Developer

    ReplyDelete
  16. Tipsnya sangat berguna Mbak, ternyata tak hanya 15, ada bonus 2 tips yang bisa dilakukan. Kalau saya pribadi mungkin lebih suka makan makanan kesukaan kalau lagi resah, hehe

    ReplyDelete
  17. Tips tips nya ngena banget dihati kak steffi, gomawoyo aku senyum-senyum nih jadinya berasa pas. Iya kan harusnya begini nggak boleh negatif mulu biar aura positif kita memancar ya kak dan jadi terus semangat

    ReplyDelete
  18. bener banget semuanya ini!
    kalo lagi resah suka tiba2 beberes rumah
    apakah aku harus resah berkepanjangan agar rumah tetap rapi hahaha

    ReplyDelete
  19. Nah iya, kak. Ipeh kalau lagi merasa galau, sedih sama marah. Seringnya milih ngosreki jeding alias ngebersihin kamar mandi. Engga tau kenapa, nyikatin kamar mandi lebih sukses bikin Ipeh terdistraksi sama kegalauan yang ada

    ReplyDelete
  20. Sabar dan syukur ya kak. Melihat ke bawah masih banyak yang punya masalah yang lebih berat dari kita.. ❤️

    ReplyDelete
  21. Kalau saya biasanya ngemil, curhat, nonton drakor, atau dibawa tidur aja. Kalau nggak kuat sih bisa doa sambil nangis. Tapi lega aja gitu kalau udah abis nangis.

    ReplyDelete
  22. ternyata banyak sekali hal-hal positif yang bisa kita kerjakan saat hati sedang resah ya kak. cobaan memang datangnya tidak di undang di bulan sawal ini pun aku mengalaminya yang sudah berniat untuk puasa sawal eh baru beberapa jam sudah di serang sakit al hasil gagal melaksanakan puasa sawal

    ReplyDelete
  23. Setuju dengan 17 tips ini. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Laa Tahzan..Sesungguhnya Allah selalu bersama kita :)

    ReplyDelete
  24. Benar semua tips ini, intinya kita harus sering-sering mengonsumsi "vitamin" demi menjaga imun jiwa tetap stabil

    ReplyDelete
  25. Wah cucok bnget nih baca artikel ini mb. Kebetulan aku lagi resah n galau. Wkwk..
    Menangis dan curhat biar enteng hati...mksh ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top