steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Setiap Jasa Percantik Blog Harus Punya Etika ~

Halo, Sobat Blogger!


Jasa percantik blog memang salah satu jasa yang sangat membantu blogger. Enggak semua blogger jago otak atik blog dan mempercantik blognya sendiri. Untuk itu jasa percantik blog hadir sebagai angin segar untuk para blogger, hehe. Salah satunya saya, *ciye promosi ciye, wkwkwk, mumpung lapak sendiri, hehehe.

Awalnya saya juga enggak bisa kok otak atik blog. Terus ada orang bilang "Kan lulusan IT, masa ganti tema blog aja enggak bisa?" Jujur sewaktu saya kuliah memang ada mata kuliah Internet. Tapi itu juga buat blog menggunakan Dreamwaver terus di online-kan pakai Wordpress. Jadi, itu blog bikinnya kurang lebih pakai kodingan gitu tampilannya. Pusing? Banget lah.

Kagak diajarin sama sekali pakai blogspot terus tiba-tiba langsung punya blog tinggal isi postingan doang. Enggak diajarin juga cari template di gooyabi terus cara pasang dan otak atik selanjutnya, enggak! Saya malah ikut training biar makin paham tentang blog, wkwkwk. Lucu emang.

Jadi, belum tentu kuliah di IT paham blog. Setiap orang punya bakat masing-masing loh. Kalau lulusan IT ternyata bakatnya di bagian jaringan komputer. Apakah ngerti blog? Bisa jadi dia kaya saya ikut training dulu baru paham, wkwkwk. Heu.

Nah, setelah itu lah akhirnya saya makin tahu cara otak-atik blog. Enggak galau lagi. Bahkan jika ada yang minta tolong sama saya untuk membenahi blognya, monggo feel free kita diskusi. Kalau diskusi juga enggak mudeng dan susah pahamnya. Silahkan pakai jasa saya aja, hehehe. Intinya, sekarang sudah tahu celah untuk mempercantik blog. Meski harus buka kodingan lagi yang menjelimet, wkwkwk.

Namun, ada satu hal yang mengganjal saya. Gegara postingan teman saya mengenai Tentang Blogger, Template Blog dan Jasa Percantik Blog, saya merasa iba sama dia. Kenapa? Jadi, ceritanya seperti ini (silahkan siapkan cAmilan dan es coklat, gaes, wkwkwk). Eh, langsung aja deh klik di postingan teman saya, wkwkwk *abis ini saya di lempar batako, heu.

Karena tulisan dia itu, maka saya pikir etika jasa percantik blog harus ada deh. Emang enggak secara mutlak. Setidaknya saya sebagai jasa percantik blog, akan legowo kok jika ada kejadian seperti yang teman saya tuliskan. Iya, kita memang sama-sama cari duit. Tapi emang kudu segitunya, yes? Come on, ini sudah 2019, gaes. Era millenial. Apalagi jika kita masih muda dan semangat membara, gampang kok cari penghasilan, insyaallah. Enggak harus mention blog yang memang sudah enggak pakai jasa kita kan? Duh, saya mah enggak berani deh begini. Ada cara lain yang lebih oke untuk promosi, hehe.

Baiklah, sudahi dulu curhat-nya nanti makin panas, wkwk. Jadi, bagaimana sih etika jasa percantik blog? Ini versi saya, ya dan menurut saya. Setuju monggo, enggak juga enggak apa-apa saya enggak maksa, hehe. Silahkan dipahami, gaes.

Pengertian Jasa Percantik Blog

Jasa adalah suatu keahlian yang seseorang punya dan dijadikannya sebagai sarana untuk mencari pendapatan. Berupa jasa karena tidak ada barang dengan wujud nyata tetapi berupa keahlian yang dimiliki seseorang.

Begitu pun dengan jasa percantik blog. Seseorang memiliki kemampuan untuk membuat suatu blog jadi lebih eye catching dan memikat pengunjung ke blog. Blog yang bagus, rapi dan cantik akan lebih disukai oleh pengunjung. Blogger yang kesulitan untuk membuat blognya lebih cantik, tentu akan mencari seseorang yang memiliki keahlian tersebut.

Maka, jasa percantik blog hadir di tengah para blogger. Sebagai penyelamat agar blognya tetap keren dilihat. Tentu harga yang ditawarkan pun beraneka ragam. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan, tergantung tingkat kesulitannya ketika renovasi blog tersebut.

Etika Jasa Percantik Blog

Seberapa penting seorang jasa percantik blog memiliki etika? Bagi saya ini sangat penting. Dengan memiliki etika berarti kita juga menjaga sopan santun kepada si pemilik blog. Jadi, bagaimana sih seharusnya etika jasa percantik blog?

1. Pahami Costumer

Membuat blog sesuai dengan keinginan costumer itu perlu banget loh. Supaya costumer pun puas dengan hasil kerja kita. Namanya juga kerja di jasa jadi ya, yang terlihat adalah keahlian kita ketika merenovasi sebuah blog. Oleh karena itu, ada baiknya tanya kepada costumer ingin blog yang seperti apa. Berikan pendapat dan beberapa tema yang di pilih sendiri oleh costumer.

Kerjakan dengan jujur dan semaksimal mungkin. Ada kalanya kita tak dapat menyelesaikan task yang diberikan oleh costumer. Beritahukan baik-baik dan berikan opsi solusi yang tidak merugikan costumer. Jadi, paham costumer dengan baik ketika mengambil kerjaan renovasi blog.

2. Tidak Mengakui yang Bukan Punya Kita

Mengakui apa yang bukan punya kita itu enggak baik. Jujur saya bagian mana saja yang kita kerjaan di blog costumer. Misal hanya ganti header, ya bilang saja bahwa hanya header blog saja yang mampu kita kerjakan bukan mengaku keseluruhan blog. Tentu, jasa percantik blog seperti ini tidak akan bertahan lama. Bisa-bisa costumernya kabur semua.

3. Tidak Menyalahkan Costumer Tanpa Bukti

Terjadi kesalahan ketika menyelesaikan task yang diberikan costumer, terkadang ada. Namun, pastikan bahwa kita tak serta merta menyalahkan costumer karena task yang susah kita kerjakan. Jujur saja bahwa kita hanya bisa ini dan ini. Bukan malah balik menyalahkan costumer dengan seenaknya tanpa bukti.

Setiap costumer itu beda-beda keinginannya untuk merenovasi blog. Jadi, kalau keinginannya agak aneh, beritahukan dengan baik bukan malah menyalahkan. Menurut saya, ini sangat penting untuk keberlangsungan jasa percantik blog. Jika ingin awet, ya harus bersabar dengan berbagai macam costumer.

4. Informasi yang Jelas Mengenai Rentang Kerja

Beritahukan kepada costumer tentang rentang kerja yang jelas. Costumer harus setuju terlebih dahulu dengan S&K kita dulu, jika sudah setuju baru lanjut mengerjakan renovasi blog. Kenapa itu harus? Supaya sama-sama enak. Pemilik jasa enggak deg-deg-an terus di tagih dan costumer tahu kapan harus menagih blognya yang sedang di renovasi. Jelas rentang kerjanya.

Kalau ada perbaikan lifetime (seumur hidup), costumer akan lebih menyukai. Jika ada permasalahan pada blognya akan dengan mudah menghubungi jasa tersebut. Jadi, costumer enggak mudah kabur. Terus, costumer pun dengan royal akan bercerita kepada teman-temannya. Insyaallah kita pun jadi kebanjiran order. Aamiin

5. Tidak Mempromosikan Lagi Blog Costumer yang Sudah Ganti Jasa

Ikhlaskan! Jika ada costumer ganti jasa, yaudah berarti dia emang kurang cocok sama jasa kita makanya dia ganti jasa. Terus, bagaimana dengan tema yang sudah pernah kita kerjakan untuk costumer tersebut? Yaudah dia sudah ganti jasa, ganti template, ganti header dan ganti semua yang pernah kita renovasi. Lalu, apakah pantas kita tetap promosi padahal tahu itu bukan lagi kita yang merenovasi?

Move on, gaes. Kalau pun terpaksa harus promosi pakai blog costumer tersebut yang elegan dong. Jangan asal promosi tapi tanpa ada pemberitahuannya. Minimal kamu kasih taulah bahwa dulu costumer tersebut pernah pakai jasa kamu, pakai tema ini dan begini. Namun, sekarang sudah enggak. Nah, kalau begini kan enak, enggak ada adu jotos, hehe.

Paham ya bagaimana seharusnya etika jasa percantik blog. Jangan merugikan orang lain, itu sih. Jangan juga mudah membenarkan sesuatu yang padahal itu salah. Jangan! Kalau kamu mau langgeng, ya harus jujur. Jangan pakai lagi costumer yang sudah tak pakai jasamu. Move on dan cari costumer lain!

Ketika Jasa Percantik Blog Tidak Punya Etika

Yah, kalau begini adanya. Kita hanya bisa menasehati si pemilik jasa, kalau kenal, hehe. Kalau enggak kenal? Doakan supaya dapat hidayah, hehehe. Sebenarnya tanpa ada etika tertulis, seorang yang bekerja pada jasa sudah paham sih. Mengenai etika yang saya sebutkan diatas. Saya bukan jasa percantik blog profesional kok, bukan. Saya masih amatir banget, jauh dari senior yang memiliki penghasilan jutaan dari jasa percantik blog. Sedangkan saya masih recehan banget, hehe.

Tapi, insyaallah, saya sadar apa yang saya kerjakan. Saya enggak mau menyakiti hati orang lain, karena saya enggak mau disakiti. Saya pun juga enggak mau memanfaatkan orang lain, karena saya pun enggak mau dimanfaatkan. Jangan senggol orang jika kita pun enggak mau disenggol. Pahami ini. Dengan begitu kita pun akan memiliki etika. Meski tanpa tertulis, kita pun sudah paham. Paham banget malah.

Tips Memilih Jasa Percantik Blog

Ini saya enggak promosi, karena jasa percantik blog yang saya punya juga enggak keren-keren banget. Masih standar, hehe. Saya pun hanya menerima jasa percantik blog yang menggunakan blogspot saja, untuk wordpress saya belum mampu. Belum sempat otak atik wordpress juga, hehe. Jadi, ini hanya tips yang menurut saya penting untuk kamu yang ingin cari jasa percantik blog.

1. Cari yang Amanah

Amanah. Ya, amanah ini penting. Jangan bilang ingin kasih ini, ingin kasih itu, lalu tiba-tiba enggak ada kabar, hahaha. Cerita teman saya banget ini sewaktu bikin website-nya. Padahal dia sendiri yang menawari tapi dianggap si teman saya ini yang minta-minta. Heleh. Terus dibilang enggak amanah karena masih ada sesuatu yang seharusnya dia kerjaan belum dikerjakan juga, eh dia marah. Lah, salah emang? wkwkwk, kocak. Kalau emang enggak sanggup bilang, jangan sok sanggup. Jadinya kan di cap enggak amanah.

Nah, kamu perlu hati-hati nih sama jasa percantik blog yang seperti ini. Minta S&K yang jelas, supaya kamu pun enak dan tau apa saja yang di dapat. Kalau ada yang kurang paham ya tanya sama si jasanya. Intinya hati-hati, ya. Semoga kamu enggak ketemu sama jasa yang seperti ini.

2. Cari Tau Costumer-nya

Iya kepo itu perlu. Coba deh cari tau siapa aja sih costumer sih jasa ini. Cari aja dari blog-blog yang telah di mention. Biasanya ada kontaknya di blognya. Hubungi dan cari tau si jasa tersebut. Jangan satu costumer aja, minimal 3. Kalau bisa semuanya, hehe. Supaya apa? Supaya kamu enggak kena zonk ketika sudah bayar. Wah kalau sudah gitu, nanti kamu yang dirugikan. Sudah bayar tetapi renovasi blog enggak jadi. Semoga enggak, ya. Aman-aman aja dapat jasanya.

3. Minta Pendapat ke Costumer Sebelumnya

Minta saran costumer sebelumnya, kesan dan pesannya juga sekalian. Bisa menjadi bahan pertimbangan kita juga tuh. Misal ada yang enggak sreg costumernya, tanya aja bagian mana yang enggak sreg dan seterusnya. Ya, namanya juga hati-hati harus kepo maksimal dong, hehe. Biar enggak kena kaya orang-orang lain yang sudah pernah kena ruginya.

4. Lihat Hasil Keahliannya

Coba cek setiap blog yang dia mention apakah semua tema blognya sama aja? Kalau iya berarti jasanya enggak kreatif, wkwkwk. Iya lah. Saya aja costumer baru sedikit. Enggak pernah template blog sama semua, pasti beda, hehe. KasiHan kalau sama semua, kaya anak kembar. Setidaknya kita kasih costumer yang terbaik, gitu. Kecuali si costumer enggak keberatan, ya enggak apa-apa tema-nya sama dengan yang lain.

Jadi, coba cek aja bagaimana hasil akhir si blog. Bagus kah? Apa saja yang kurang? Kamu sreg atau enggak. Kalau enggak sreg ,ya cari jasa percantik blog yang lain.

5. Lebih Baik Memilih Jasa Percantik Blog Kepada Seseorang yang Sudah Dikenal

Yap, lebih aman. Kenapa? Enggak mungkin teman sendiri mau berbuat jahat, meski itu bisa terjadi sih. Tapi setidaknya kita kenal dia sifatnya seperti apa. Jujur kah? Amanah kah? Baik kah? Dan sebagainya. Intinya kalau yang sudah kenal kita bisa lebih hati-hati. Kalau pun ternyata dia bukan orang yang amanah, kita pun pasti paham dengan kelakuan dia.

Apalagi teman-teman yang lain pasti dengan sigap langsung bisik-bisik manja memberitahu deh, hehe. Setidaknya kamu lebih mudah mengenali jika ada hal-hal yang di rasa kurang pantas. Semoga beruntung dapat jasa percantik blog yang bagus, ya.

Cara Promosi Jasa Percantik Blog dengan Elegan

Ada beberapa cara untuk promosi jasa percantik blog. Pastinya bukan dengan cara mention blog yang sudah cari jasa lain, hehe. Bagaimana sih emang?

1. Minta Review Kepada Costumer di Blognya

Setelah blog costumer sudah selesai di renovasi. Coba deh minta costumer untuk posting wajah blognya yang baru di blog dan berikan review jujurnya. Minta beberapa foto sreen shootnya juga. Nah, nanti postingan blog ini sebagai media promosi kita loh. Misal pun dia sudah ganti jasa, tapi kan review dia di blog enggak hilang, bilang sama costumer enggak boleh di hapus dan seumur hidup gitu, hehe. Jadi, itu review akan tetap ada, hehe. Promosinya keren kan?

2. Screen Shoot Hasil Jasa Renovasi Blog

Yap, kamu harus rajin screen shoot hasil renovasi blog kamu ketika kamu sudah selesai mengerjakan renovasinya. Simpan dengan nama costumer atau nama domain blognya. Setidaknya kamu punya bukti kalau si costumer ini dulu pernah menggunakan jasa renovasi blog kamu. Begitu, loh.

3. Minta Costumer Review Juga di Sosial Media

Iya jangan di blog aja, tetapi di sosial media juga. Jadi lebih banyak yang lihat tuh. Minta tulis review mengenai jasa kita di Facebook-nya, Instagramnya dan Twitternya atau di sosial media mana pun. Intinya di review sama costumer hehe. Nah, ini juga bisa jadi ajang promosi kita loh. Seru!

4. List Costumer yang Pernah Pakai Jasa Kita

List aja siapa-siapa yang pernah pakai jasa kita. Nanti kalau ada costumer baru kita tinggal kasih lihat review dari costumer kita. Jika si costumer belum ganti jasa percantik blog, bisa berikan domainnya. Jika sudah ganti, kasih saja link review-nya. Aman toh? Enggak bakalan adu jotos kalau kaya gini, hehe.

Bagaimana sudah mulai paham kan dengan apa yang saya tuliskan mengenai etika jasa percantik blog. Semoga tulisan saya yang sangat panjang ini, bisa bermanfaat, ya. Semoga juga semua jasa percantik blog paham akan etika yang saya tuliskan ini. Saya tidak menjelekkan jasa siapa pun. Saya pun juga banyak kekurangan dalam jasa percantik blog. Saya hanya mengingatkan dan kita saling mengingatkan, itu saja. Semoga tidak ada yang sakit hati mengenai tulisan saya, ya.

Salam,

Comments

  1. betul sekali mba, memang etika itu penting dalam segala hal.

    ReplyDelete
  2. aku baru tau kalau ada jasa percantik blog dan sepertinya ku tertarik hehehe

    ReplyDelete
  3. Euh jadi malu. Blog saya sederhana banget. Padahal kalau blog dipercantik kayak punya mbak Steffie keren banget ya. Jasa percantik blog ini salah satu pintu rezeki bagi pekerja freelance, kayaknya anak saya bakalan senang belajar coding dan disain grafis.

    ReplyDelete
  4. mbak baguss sekali artikelnya, sy jd kerasan muter2 di blog mbak. hehe,,semoga lancar berkah sll usahanya y mb ^^ salam knal

    ReplyDelete
  5. Lah, jadi kepo sama siapa yang adu jotos ­čśé

    Sukses dengan usaha jasanya ya, Mbak Steffi

    ReplyDelete
  6. Setuju, sama dengan para pedagang olshop yang harus memegang kaidah jual beli sesuai aturan yang berlaku. Adab berdagang sesuai sunnah. Percantik blog adalah jual beli jasa yang termasuk dalam salah satu akad yang diatur disini, jadi adab atau etika menjadi modal utama sebelum ketrampilan yang dimiliki.

    ReplyDelete
  7. bener mbak, jasa percantik blog itu masih tergolong jual beli, jadi tetap harus ada etika. karena etika itu juga bisa jadi nilai tambah di mata customer.

    ReplyDelete
  8. Memang etika itu diaplikasikan ke smua bidang ya

    ReplyDelete
  9. Waduh bisa dong yah mempercantik blog ke mbak stef nih. InsyaAllah udah terpercayalah dengan tampilan blognya yang cantik hehe

    ReplyDelete
  10. Baru tahu mba Steffi buka jasa percantik blog. Memang yang harus punya etika itu bukan hanya pengguna jasanya tapi yang memberikan jasanya juga ya mba. Biar sama2 enak. Sehingga tidak ada hal yang akan memberatkan kedua belah pihak.

    ReplyDelete
  11. Ini jasa percantik blog yang sangat elegan bahkan tulus dan ikhlas tanpa pamrih beda sama nganu *kabooor...kwkwk

    ReplyDelete
  12. Wah sudah maduk ke jasa memepercatik blog nih, Mb Steffi.
    Selamat ya mbak.
    Moga makin berkah barokah.
    Sukses tefus Mb Steffi. ����

    ReplyDelete
  13. mbak stef buka jasa percantik blog?

    ReplyDelete
  14. Wah semangat mbak sudah buka jasa percantik blog. Memang bener sih etika itu nomor satu dalam kerjasama apa pun

    ReplyDelete
  15. Lengkap amat mbak Steffi, saya tiap kali mau memakai jasa percantik blog juga selalu liat liat hasil kerjaan dia di masa lalu, bagaimana review orang lain atas kerjaan dia dll. Soalnya emang harus ada etikanya dalam setiap hal dan biar nggak salah pilih pelayan jasa. Ya gitu mbak

    ReplyDelete
  16. Mantul b steffi sdh jd jasa percantik blog.
    Etika itu sangat diperlukan dlm kehidupan, terlebih lagi seorang muslim, akhlak yang baik hrs dikedepankan dimanapun dan kapanpun.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya.

back to top