steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Sakit Mata? Begini Cara Cepat Menyembuhkannya!

Hai, Sobat Blogger!


Siapa yang pernah sakit mata? Sayaaaa, wkwkwk. Lagi nulis ini aja mata belum sembuh bener. Doain dong biar cepat sembuh, wkwkwk. Ngapa minta doanya disini? Heu. Rasanya apa? Perih mata kalau lagi sakit tuh, mau kedip aja butuh perjuangan apalagi kalau banyak belek. Duh, rasa rasanya ingin sekali ini mata di copot dulu terus dibersihin *lego kali bisa bongkar pasang, wkwkwk.

Kalian juga ada yang pernah sakit mata? Wah, yang sudah pernah merasakan pasti tahu banget kek mana rasanya, yes, hehehe. Tapi tak perlu khawatir lah sakit mata ini obatnya simpel banget. Enggak perlu beli obat cem macem kok. Hanya begini, begitu, lalu begono, sembuh deh *ngomong opo toh, wkwkwk.

Oh iya jangan percaya sama obat-obat diluar sana, ya. Emang pakai obat tetes mata juga bisa menyembuhkan, tapi enggak semua orang cocok loh. Ada juga yang sudah ikhtiar menyembuhkan sakit mata dengan obat tetes, eh malah enggak sembuh-sembuh. Kan serem banget, yes. Soalnya mata tuh organ yang paling penting di tubuh. Kalau sampai kenapa-kenapa bisa repot kita, hiks.

Nah, dari dulu saya tuh paling anti sama obat-obatan. Lebih suka pakai cara alami atau herbal aja gitu, lebih aman kalau menurut saya. Kecuali sakitnya sudah parah dan sudah ikhtiar pakai cara alami tak kunjung sembuh juga. Baru, opsi paling terakhir ya ke dokter. Jadi, enggak sembarangan deh beli obat. Bisa jadi itu tadi, enggak cocok kalau asal beli obat. Iya, kan?

Kalau untuk urusan sakit, jangan dianggap sepele. Konsultasikan sama ahlinya lebih baik. Karena dengan begitu insyaallah dapat penanganan tepat. Mudah-mudahan yang sedang sakit cepat sembuh, ya. Saya juga, sakit matanya cepat reda, hehe.

Sudah panjang banget basa-basi saya diatas, wkwkwk. Baiklah yang sudah penasaran bagaimana cara menyembuhkan sakit mata, tenang dulu. Kira-kira penyebab sakit mata tuh apa, ya? Nah, kamu juga perlu tahu loh, hehe. Kuy, simak nih ulasannya.

Penyebab Sakit Mata

Setelah beberapa kali saya sakit mata, sepertinya ada beberapa macam penyebab. Emang saya sering? Enggak terlalu tapi dari kecil saya sudah pernah merasakan sakit mata, wkwkwk. Heu. Iya, tapi Alhamdulillah enggak parah sih, masih normal-normal aja sakitnya. Nah, kira-kira apa saja, ya?

1. Terkena Debu

Terkena debu ini hal yang umum sih ya. Saya dulu waktu kecil sering naik motor bareng ayah saya. Terus duduknya di depan, enggak pakai helm buat anak-anak *jangan ditiru ini, wkwkwk. Nah, karena enggak ada pelindung dari kaca helm, jadilah debu-debu yang beterbangan dengan lemah gemulai mulai iseng hinggap di mata saya. Hingga akhirnya betah di dalam dan mata jadi merah plus sakit, hiks. Jadi, kesimpulannya apa? Jangan lupa pakai helm kalau lagi naik motor banyak debu.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur juga bisa jadi penyebab loh. Teman saya waktu di kampus pernah sakit mata karena enggak tidur semaleman. Iyalah salah sendiri, wkwkwk. Mungkin saja mata sudah lelah tapi dipaksa untuk terus terjaga. Akhirnya mata mengalami iritasi ringan. Mata merah dan sakit ketika kedip. Tuh, begadang jangan begadang kalau tiada artinya, *please jangan nyanyi, wkwk.

3. Terpapar Layar

Ini penyebab sakitnya mata saya, wkwkwk. Kenapa jadi penyebab sakit? Karena mata terlalu sering dan fokus menatap layar. Kadang kita perlu istirahat ketika mata mulai lelah dan sakit ketika berkedip. Saya sudah merasakan itu tapi tetap kekeuh nulis dong. Jadinya, pas bangun tidur mata saya banyak beleknya. Fix, mata saya sakit, gaes. Kasihan, wkwkwk.

4. Mata Minus atau Plus Tanpa Kacamata

Ini penyebabnya juga, bandel banget ya sayah, wkwkwk. Jadi, mata saya sudah minus dari zaman kuliah. Nah, kacamata yang ada pun enggak pernah ganti dari zaman kuliah itu, heu. Terus saya jarang pakai juga, karena enggak nyaman pakai kacamata. Abis itu sering menatap layar. Jadi, double-double kerja si mata. Kasihan ya? Punya majikan enggak sayang sama si mata. Puk puk kamu, mata. Sabar ya sama aku, wkwkwk.

5. Terkena Sabun

Ini enggak enak bangeeeeet, wkwkwk. Siapa yang pernah merasakan juga? Apalagi kalau lagi bersihin muka. Enggak sengaja itu sabun tiba-tiba nyolok masuk mata, sudah di basuh pakai air bersih tetap masih sakit. Pas di cek mata merah dan nyut-nyutan. Fix, sakit mata, wkwkwk. Sebel. Lain kali kalau pakai sabun muka hati-hati, ya, *ngomong sama diri sendiri, wkwkwk.

6. Sering Kucek Mata

Kucek mata ketika lagi gatal, emang nikmat, gaes, wkwkwk. Tapi jangan keseringan apalagi ngucek-nya pakai otot, wkwkwk. Jangan! Pakai hati aja nguceknya. Pelan-pelan supaya si gatal hilang. Di elus-elus aja gitu, kaya elus kucing, lembut. Nanti juga sembuh. Kalau nguceknya pakai otot ya jelas kamu akan sakit mata. Yeiy, welcome to the club! Saya ada temannya, wkwkwk.

Cara Menyembuhkan Sakit Mata dengan Cepat

Beberapa cara menyembuhkan sakit mata dengan bahan alami masih sering dianggap kurang ampuh. Padahal ampuh sih. Daripada pakai obat kan? Saya lebih suka pakai cara alami, *ini maksudnya biar irit, gitu, wkwkwk. Nah, kalau sudah sakit mata biasanya hal ini yang saya lakukan.

1. Kompres Mata Dengan Air Hangat
  • Rebus air
  • Ambil handuk kecil yang bersih
  • Celupkan handuk ke air hangat
  • Tempelkan handuk ke mata yang sakit
  • Lakukan berulang hingga air sudah tak hangat lagi
  • Jika mata masih sakit lakukan setiap 2 jam supaya mata lebih cepat sembuh
2. Celupkan Wajah di Air Hangat
  • Rebus air
  • Sediakan baskom besar
  • Masukkan air panas ke dalam baskom dan tambahkan air dingin, hingga air menjadi hangat
  • Masukkan wajah ke dalam baskom
  • Kedip-kedip mata di dalam air hangat
  • Lakukan berulang hingga air tak hangat lagi
  • Jika mata masih sakit lakukan setiap 4 jam supaya mata cepat sembuh
Nah, kedua langkah diatas sering saya praktekkan kalau lagi sakit mata. Alhamdulillah, biasanya cepat reda kok. Terus biasanya esok hari sudah sembuh loh. Wah, sakit mata hanya sehari aja, hehe. Tapi selama sakit mata saya menulis pakai kacamata dan mulai mengurangi intensitas menatap layar, hehe. Silahkan di coba, ya. Semoga saya cepat sembuh sakit matanya!

Merawat Mata Agar Tak Sering Sakit

Merawat mata itu perlu supaya mata enggak mudah sakit dan merah. Tapi, kadang malas, iya kan? Saya begitu kok, makanya pas mata sudah sembuh beberapa bulan kemudian kambuh lagi, wkwk. Bandel emang, jangan ditiru, heu. Nah, untuk itu kamu jangan kaya saya. Karena saya baik hati, jadi saya kasih tahu cara merawat mata supaya enggak sakit lagi, nih. 

1. Jangan Membuat Mata Lelah

Mata jika sudah lelah biasanya akan muncul warna merah di sudut mata. Jika sudah seperti itu, hentikan aktivitas dan coba relax dengan menutup mata sebentar. Supaya mata istirahat dan enggak dipaksa kerja terus. Kasihan.

2. Tidur Sesuai Jadwal

Kalau biasanya tidur jam 10 malam, maka usahakan tidur di jam tersebut. Mata kita butuh istirahat juga. Dengan menutup mata dan tidur, maka mata akan relax. Jangan main handphone lagi ketika akan tidur, itu membuat matamu dipaksa kerja padahal harusnya istirahat.

3. Gunakan Kacamata Jika Ada Minus atau Plus

Nah ini, jika kamu telah di diagnosa mengalami mata minus atau plus. Sebaiknya pakai kacamata, jika tidak mata akan bekerja lebih keras lagi karena kamu tak bisa melihat jelas. Kasihan gaes, cukup saya aja yang tega sama mata *loh, wkwkwk. Iya jangan juga lah. Ayo tobat bareng, heu

4. Ganti Kacamata Jika Sudah Tak Nyaman

Jika kacamata minus atau plus kamu sudah enggak nyaman. Lebih baik ganti, supaya mata enggak bekerja lebih keras karena kacamata kamu sudah enggak nyaman. Jadi, periksa lagi matamu dan cari kacamata yang cocok serta nyaman untuk si mata, ya.

5. Jangan Main Handphone atau Laptop Ketika Gelap

Enggak boleh! Nyalakan lampu jika masih ingin main handphone atau laptop. Ruangan yang gelap akan membuat si layar jadi sangat terang. Ini sangat mengganggu mata, mata akan sakit ketika melihat layar yang sangat terang. Yuk, jangan dilakukan lagi, ya.

6. Gunakan Pelindung Mata Ketika Bepergian Menggunakan Motor

Pakai helm itu bergunanya enggak hanya melindungi kepala tapi juga mata. Ada kaca helm yang tugasnya melindungi mata. Ya, mungkin enggak 100%, tapi setidaknya ada 90%-an yang membuat si mata terlindungi. Daripada enggak sama sekali, ya kan?

7. Perbanyak Minum Air Putih

Ini juga harus banget. Minum air putih akan membuat tubuh kita tidak kekurangan cairan. Maka, cairan di mata enggak akan kering. Kalau kering nanti mata mudah lelah terus jadinya sakit mata. Jangan lupa perbanyak minum air putih bukan minuman berasa, ya. Air putih aja, meski warnanya transparan, wkwkwk.

8. Tidak Membaca Sambil Tidur

Anak-anak biasanya suka banget baca sambil tiduran. Ini enggak boleh loh. Selain bikin mata sakit juga bisa bikin mata minus. Nah, bagi yang enggak suka pakai kacamata, lebih baik enggak baca sambil tidur,ya. Duduk aja sambil senderan terus duduk sambil menikmati sore hari dan ditemani secangkir milkshake coklat juga sudah nikmat kok. Enggak bikin sakit mata lagi, hihi.

Perlukah Periksa Mata?

Jika memang mata sudah sangat tidak wajar sakitnya. Lebih baik diperiksakan. Apalagi untuk yang memiliki mata minus. Ada baiknya periksa karena siapa tahu sakit mata yang diderita karena kacamata yang selama ini digunakan sudah tidak cocok. Menyebabkan mata terlalu lelah karena di paksa bekerja. 

Jika sakit mata tak kunjung sembuh dengan cara diatas. Lebih baik juga periksakan. Siapa tahu ada penyakit lain yang membuat mata selalu merah. Intinya jangan coba dengan obat tetas atau obat lainya dulu. Pakai saya yang alami dulu, jika belum sembuh, baru deh ke dokter untuk diperiksa.

Itu tadi sekilas mengenai sakit mata. Gara-gara pagi tadi bangun dengan mata belekan. Akhirnya saya tulis juga di blog mengenai sakit mata ini. Alhamdulillah sakit mata saya sudah berkurang semenjak tadi pagi di kompres pakai air hangat. Nanti abis nulis itu mau di lanjut biar besok sudah sembuh, hihi. Apakah kamu juga ada tips cara cepat menyembuhkan sakit mata? Boleh dong saling sharing di komentar, ya. Semoga bermanfaat.

Salam,

Comments

  1. Hai... aku tuh paling anti kurang tidur karena setiap kali begadang, pasti besoknya tetap bangun pagi sekali, dan alhasil jadi sakit mata. Itu sering sekali dan enggak enak rasanya. Tapi, orang-orang suka salah terka karena aku kebanyakan baca buku atau di depan komputer. Setiap aku jelasin, mereka bilang aneh. -___-" Padahal emang kenyataan. Makanya aku nggak suka begadang.

    Tapi, btw, bener banget sih, banyak kok sebab kenapa mata sakit dan menurutku kita wajib periksakan mata kita ke dokter mata juga.

    Terima kasih dan salam kenal ya kak.

    ReplyDelete
  2. Iya bener tuh aku juga nyaranin pasienku kalo anaknua belekan yang pertama dilap pakai kapas yg dicelup air hangat, klo gak sembuh2 juga batu pakai salep antibiotik.

    ReplyDelete
  3. Aku memang rutin ke dokter mata sih. Karena pakai kacamata, dan dobel fokus, minus & plus. Ada lagi nih, perlu juga lho pakai sunglasses kalo panas terik, apalagi di pantai. Bukan untuk gaya²an, tapi menjaga mata supaya engga rusak retinanya. Lindungilah mata kita...

    ReplyDelete
  4. ow ow..aku pun termasuk yang nakal. udah minus dari jaman SMA tapi jaraang banget pake kaca mata. Selain itu, karena sering begadang.Tapi memang pas bangun tidur kompres pake air anget itu ampuh banget bikin kondisi mata lelah jadi lebih rileks

    ReplyDelete
  5. Nah kebiasaan aku nih nongkrongin laptop dan HP saat gelap. Plus aku pernah sakit mata ampe mata merah selama 2minggu mbak ga bisa ngapa-ngapain.. ditengok pun engga huhu itu aku ampe 3x k dokter mata mbak karna virus waktu itu. Gak mau2 lagi deh sakit mata

    ReplyDelete
  6. Biasanya sih mata enggak enak bangets karena terpapar layar..atau kurang tidur hiks
    Tapi belum pernah pakai tips kompres atau rendam air hangat. Biasa langsung pakai obat tetes mata kalau sudah parah rasanya.
    Mesti dicoba nih tipsnya...taratengkyu ya mba Steffi

    ReplyDelete
  7. Saya duluuu dapet mata minus karena sering baca dengan pencahayaan kurang. Hadeeh, kena sakit mata 'selamanya' deh. Tapi alhamdulillah saya termasuk yg suka pake kacamata termasuk di rumah. Pas waktunya ganti kacamata ya saya jabanin. Yg terakhir saya pilih kacamata yg lensanya dilapisi anti radiasi. Fungsi pastinya menangkal radiasi dari perangkat gawai, menangkal silau, dan mempertahankan penglihatan.

    Nah, kalau misal kena iritasi mata ringan karena debu, saya biasanya pake obat mata tetes yg baru. Karena obat mata tetes ini biasanya kan boleh dipakai hanya 1 bulan setelah dibuka walaupun expired date-nya masih lama. Kalau merendam mata di air hangat belum pernah, sih.

    Nice sharing :)

    ReplyDelete
  8. Aku pernah sakit mata yang banget-banget dan saat itu disebut mata kering. Nyerinya itu seperti ditusuk-tusuk, pelipis, bawah mata, dan tengah tulang hidung nyeri semua. Ya nggak sampai ke hati, sih ... Oups. Intinya ya memang itu. Beri hak mata untuk beristirahat. Daaan, cara mengompres dengan air hangat itu memang manjur. Sepakat!

    ReplyDelete
  9. Mata saya sejak SD sudah pakai kacamata minus 5��...dan sekarang malah tambah dengan plus dan silinder..paket komplit deh��..Memang sekarang penyebab terbesar mata sakit akibat layar gadget..makasih tips alaminya ya mbak..wajib coba

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya.

back to top