steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Segera Cek Broken Link Sebelum DA Merosot Tajam!

Hi, Sobat Blogger!


Pada April 2019 Google+ sudah resmi loh di hapus. Wah, bye bye deh sama sosial media satu ini. Memang sih sosial media Google+ ini salah satu sosial media yang jarang banget digunakan. Kalah banget sama Facebook, Instagram dan Twitter. Saya sendiri menggunakan Google+ sewaktu kuliah aja, itu pun juarang banget ditengok. Sesekali doang, karena ya itu perasaan kurang menarik aja, hehe.

Nah, karena ada masalah mengenai bocornya data pengguna. Jadinya Google+ dengan berat hati akan hilang dari peredaran jagat internet nih alias hilang untuk selamanya. Makanya komentar-komentar yang masih menggunakan Google+ akan terdeteksi broken link. Wah kalau ini sampai terjadi, DA-mu bisa anjlok. Meski ini bukan salah satu syarat DA anjlok sih, tapi broken link juga salah satu yang mempengaruhi loh. Terus kualitas blog kita pun juga buruk jika banyak broken link, ngerih!

Ini juga salah satu yang membuat ribut-ribut lucu di grup blogger. Jadi, ada salah satu member grup yang share bahwa setelah ada 200 broken link DA-nya turun 1, kejadian ini juga gara-gara Google+ di hapus pada bulan April ini. Bikin gemas dong ya pastinya. Secara naikin DA itu enggak mudah loh, gaes. Terus pas turun enak banget lagi cepat, heu. Selain itu, DA juga sudah turun drastis gara-gara ada penambahan kodingan atau apalah itu. Duh, bikin para blogger semeriwing pas ngecek DA, saya pun juga, hiks. Tapi sepertinya masalah ini hanya dialami oleh Blogspot ya, untuk Wordpress sepertinya tidak karena Wordpress enggak main sama Google+, mungkin kemusuhan, wkwkwk.

Apa sih broken link itu?

Broken link adalah link atau tautan yang rusak atau sudah tidak ditemukan keberadaan link atau tautannnya. Nah, untuk itu wajib dibersihkan supaya tidak mengganggu jalannya aktivitas kita ketika nge-blog dan DA pun bisa stabil naik dengan baik perlahan. Makanya penting banget kan untuk mengecek broken link minimal setahun sekali.

Untuk itu, saya akan memberitahukan langkah-langkah untuk mengecek broken link. Enggak susah kok kalau mengeceknya aja mah, hihi. Yuk, langsung aja check this out, gaes!

Cara Mengecek Broken Link

1. Masuk ke situs Broken Link 


2. Masukkan nama situs blog kamu di kolom ini

3. Klik "Find Broken Link"


4. Masukkan "Security Code"


5. Pilih "Report distinct broken links only"


6. Klik "Find Broken Links Now"


7. Tunggu hingga loading mencari broken link selesai


Jika sudah selesai akan keluar seperti ini :

Sedihnya ada 81 broken link, huhu

Setelah kita sudah tau cara mengecek broken link. Lalu, bagaimana cara menghapus broken link? Mudah saja sebenarnya. Tapi kalau untuk blogspot sendiri harus di hapus satu per satu, heu. Iya, kalau kamu punya broken link 200 ya harus 200 link itu kamu hapus satu per satu sampai ubanan, wkwkwk. Bagaimana kalau seribu? Ya, sama! Selamat ya, gaes! Semoga enggak sebanyak itu, hehe.

Enggak usah nangis sesegukkan, hehe. Saya pun juga buanyak kok broken link-nya nih, sedih, euy kudu satu per satu di hapus. Semangat untuk saya. Baiklah, langsung aja kita simak cara menghapus broken link.

Menghapus Broken Link, Satu Per Satu?!

1. Klik "URL" untuk tahu posisi link yang rusak di postingan blog

Klik bagian yang dilingkari, URL dan SRC
Ini URL yang broken link

2. Klik "SRC" untuk tahu posisi link yang rusak di kodingan 

Ini kodingan yang broken link

3. Dibagian SRC akan ketahuan broken link ada dimana, kalau di punya saya ada di bagian komentar

4. Lalu cek ke website broken link, jika yang tampak adalah seperti ini "https://www.blogger.com/profile/01874581171043379953" cari 01874581171043379953 di bagian SRC untuk tahu itu komentar punya siapa

Broken link yang kudu di hapus

5. Gunakan CTRL+F untuk mencari di SRC

Ketahuan deh ini punya komentarnya siapa

6. Setelah diketahui tinggal balik lagi ke URL untuk menghapus komentarnya



7. Akhirnya komentarnya saya hapus karena broken link, sedih



Sedih memang jika komentar yang dihapus, huhu. Tapi bagaimana lagi itu harus dibumihanguskan supaya blog jadi bersih dari broken link. Mana banyak lagi masalah broken link ini dari komentar, heu.

Untuk itu kawan-kawanku semua, ayo dong kalau lagi Blog Walking jangan lagi pakai Google+ tapi rubah ke Profil Blogger. Sudah ada tulisan ini di blog saya, dengan judul Mengganti User Profil Dari Akun Google+ Ke Akun Blogger. Silahkan di baca dan diresapi gaes, supaya tak ada lagi broken link ya!

Selain itu, jika mau pakai komentar di URL baiknya nih ya tulis URL blog dengan benar, jangan buru-buru, huhu. Itu bisa jadi broken link juga. Ujung-ujungnya saya hapus. Kan sayang banget. Sudah capek-capek nulis komentar dan ikutan blog walking, tapi di hapus sama yang empunya blog. Kusedih loh ngapusnya, hiks. Bingung cara bikin komentar URL? Nih sudah ada juga tulisannya di blog saya, Gunakan Komentar URL Pada Blog-Mu. Silahkan dipahami dengan seksama, yes.

Kalau pun ada yang mengatakan bahwa bisa hapus broken link secara sekaligus, itu harus lewat kodingan atau HTML. Nah, saya agak seram juga untuk hapus langsung di HTML, takut-takut nanti yang dihapus yang bukan seharusnya, heu. Makanya cara paling aman adalah satu per satu deh di hapusnya. Semangat untuk kita, yes.

Mengapa Ada Broken Link?

1. Domain Sudah Expired

Bisa jadi nih, domain sudah expired terus lupa untuk memperpanjang domain. Maka otomatis dengan mudah domain ini jadi broken link karena sudah tidak ditemukan lagi URL-nya. Heu. Jadi, jangan lupa untuk memperpanjang domain kamu ya, biar enggak jadi broken link di komentar blog temanmu ketika kamu blog walking.

2. Link Telah di Delete atau di Hapus

Bisa jadi link yang telah teman kita posting di blognya tidak sengaja atau sengaja di hapus dan postingannya pernah bertengger di blog kita. Tentu, ini menjadi broken link untuk blog kita. Kudu di hapus, gaes! Yak, maka dari itu harus pasti apa yang di posting dan jangan di hapus jika bukan hal yang urgent banget. Biar enggak jadi broken link.

3. Kesalahan Penulisan URL di Kolom Komentar

Ini nih yang menjadi salah satu kesalahan terbesar peserta blog walking, hehe. Masih banyak di blog saya yang salah nulis URL, jadinya broken link deh. Kalau enggak dibenerin sama pemilik komentar jadinya akan broken link selamanya dan kudu saya hapus. So, perhatikan baik-baik ketika komentar menggunakan URL, ya.

Nah, itu tadi mengenai broken link. Ribet? Iya karena baru pertama kali mengalami hal ini, sama kaya saya. Saya pun dari 81 broken link baru satu doang yang dikerjakan untuk contoh di tulisan ini, wkwk. Nanti aja kalau luang baru satu persatu di hapus. Semoga enggak keder yes kitah, wkwkwk. Baiklah semoga tulisan saya kali ini pun bermanfaat, ya. Meski capek ngeliat broken link, wkwkwk. Jangan menyerah, yes!

Salam,

Comments

  1. Yuhuuu pejuang Blogger ((pejuang)).
    E tapi apa betul komentar G+ akan menjadi brokenlink, mbak? Saya cek kok jadi redirect ke profil Blogger ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti si komentar sudah merubahnya mba, katanya sih kalau sudah berubah enggak bakal jadi broken link. Untuk itu perlu di woro-woro nih sama blogger yang masih pakai google+ biar rubah pake profil blogger aja, hehe

      Delete
    2. Si komentar merubahya? Hmmm. Membingungkan mbak. Di brokenlinkchecker si komentar itu terdeteksi sbg brokenlink. Ketika diklik, tidak 404, malah nyambung ke akun profil Blogger. Mbak Steffi sudah cek komentar G+ nya belum? Apakah terarah ke hlm 404 not found, atau autodirect ke akun Blogger.

      Delete
    3. yaudah berarti enggak usah dipermasalahin mba kalo bukan broken link. Coba aja cek lagi ke brokenlinkchekcer masih broken enggak? atau cari situs broken link lain untuk pembanding, hehe. Saya sudah cek mba, enggak mungkin saya asal hapus kalo enggak 404 not found. Saya atuh komentar di hapus, hehe.

      Delete
  2. Duh. Belum cek euy. Makasih mbak ilmunya. Semoga ini bikin kurus *ngimpi kwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw, bisa kok kurus, ngerjainnya sambil enggak makan sebulan bun, dijamin kurus, wkwkwk.

      Delete
  3. Saya sudah cek untung tidak banyak..­čśä­čśä dan sedikit aneh saja ngeblog tanpa google+ seperti ada yang janggal..­čśä­čśä

    Tetapi mau bagaimana lagi hanya bisa pasrah..­čśé­čśé

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, wkwkwk. tapi ya sudah resiko kudu dihilangkan, kasian ya, heu, hehe.

      Delete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya.

back to top