steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Yuk, Gunakan Komentar URL Pada Blog-Mu!

Hai Sobat Blogger!


Kenapa harus menggunakan komentar URL pada blog? Sebenarnya membuat blog di blogspot ini sudah enak sih karena related sama google. Namun, ternyata google plus sudah mau ditutup loh. Dari pemberitaan beredar dan dari postingan google plus sendiri mengenai hal ini, kemungkinan besar google plus akan tutup usia di tahun ini. Yah!

Kenapa kok tutup usia?

Usut punya usut setelah saya kepo. Ternyata google plus mengalami kebocoran data penggunanya, gaes! Enggak tanggung-tanggung sebanyak 500.000 data pengguna bocor. Wah, ngerih pisan. Data saya ikut bocor enggak, ya. hiks, hiks. Nah, karena itulah, google plus akan tutup usia di tahun ini dan ternyata masih belum ada yang berani untuk membenarkan bug pada API google plus ini. Yah, singkat cerita begitu sih pas saya baca beritanya. Jika ada yang salah mohon jangan ditimpuk, kasih tau dengan bawain bingkisan yes, nanti saya review bingkisan-nya di blog *lah, wkwk.

Terus apa hubungannya dengan komentar di blog?

Ya, ada dong gaes! Jadi, nih rumor yang saya dapat dari grup blogger sebelah. Ketika google plus ini resmi ditutup maka komentar kita di blog akan hilang. Nah, kan! Jadi, di grup sebelah bilang ada baiknya kita para blogger yang menggunakan blogspot tidak lagi menggunakan komentar yang related dengan google plus, gitu.

Ya, kan sayang aja sudah capek-capek blog walking, eh komentarnya hilang, hiks hiks. Ya, kalau saya pribadi cari aman-nya aja sih ya. Misalkan memang google plus ke depannya enggak jadi di tutup, ya bersyukur berarti komentarnya aman. Tapi kalau pun jadi di tutup dan dipastikan komentar yang sudah menggunakan google plus ini hilang. Nah, lebih baik segera ganti ke komentar URL ini.

Bagi yang sudah terlanjur menggunakan google plus pada kolom komentarnya, enggak perlu panik!

Saya akan memberikan tutorial yang mudah banget sebenarnya. Tutorial mengganti kolom komentar dari google plus ke komentar URL. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini ya, gaes :

Langkah-Langkah Setting Komentar URL Pada Blog

1. Login ke dashboard blogger

2. Pilih "Setting"


3. Pilih "Posts, Comments, and Sharing"


4. Pilih Who can comment ke "Anyone"


5. Pilih Comment Moderation ke "Always/Sometimes/Never" tapi kalau saya pilih "Never" karena biar komentar bisa langsung muncul, jika pilih "Always/Sometimes" berarti komentar tidak ada ter-publish jika tidak di accept oleh si penulis/blogger tersebut

6. Pilih "No" untuk Google+ Comments


7. Klik "Save Setting"


8. Berhasil! Komentar kamu akan menggunakan URL sekarang, enggak lagi menggunakan google plus deh.

Nanti akan seperti ini kolom komentarnya

Nah isi ini sebelum komentar di blog ya

Meski menggunakan URL, tetapi tetap bisa menggunakan akun google ya. Akun google yang biasa kita pakai di email. Kalau mau lebih aman memang menggunakan komentar URL saja, ya. Tetap saja sih ada keunggulan dan kekurangan menggunakan komentar URL ini. Apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini :

Keunggulan Menggunakan Komentar URL

1. Pengunjung Tidak Perlu Menggunakan Akun Google

Iyap, bagi yang enggak punya akun google jadi terbantu banget dengan menggunakan komentar URL ini. Ya, kali aja dia emang enggak bikin email di gmail kan, pakai-nya mungkin email lain yang enggak related sama google. Jadi, komentar di blog akan lebih mudah bagi yang enggak punya akun google. Bisa menggunakan URL.

2. Komentar Lebih Aman

Aman disini maksudnya enggak mudah hilang gitu. Kecuali di rubah ke komentar google plus yang dimana sebelumnya menggunakan komentar bawaan blog. Nah, ini bakalan hilang semua komentar yang bawaan dari blogger. Tapi karena kita ingin menghindari supaya komentar tetap ada di blog, makanya menggunakan komentar URL ini. Jangan di ganti-ganti lagi ya.

Enggak pernah tau juga apakah benar google plus nantinya akan tutup. Kalau pun tutup dan semua komentar kita enggak ada karena menggunakan google plus kan sayang banget untuk blog kita. Jadi, cari aman aja menggunakan komentar URL ini.

3. Bisa Menggunakan Emoticon dari Bawaan Template

Biasanya memang ada setting tersendiri atau mungkin tambahan kodingan untuk menambahkan emoticon di kolom komentar URL ini. Buat yang penasaran nanti saya luncurkan tutorial-nya, ya. Karena saya pun masih coba-coba, hehe.

Kekurangan Menggunakan Komentar URL

1. Mudah Terkena SPAM


Enggak bisa dipungkiri masalah ini. Memang jika menggunakan komentar URL yang komentar bisa tanpa nama. Biasanya sering spam yang seperti ini. Tapi enggak perlu khawatir ada kok security untuk ini. Nanti saya bahas di lain waktu, ya. Insyaallah.

2. Adanya Captcha Google

Iya, terkadang captcha google ini mengganggu banget. Banyak yang merasa menggunakan komentar pada URL ini membuat blog walking menjadi lebih lama karena captcha dari google. Komentar pada URL memang bisa siapa saja, makanya google lebih aware dengan adanya captcha ini. Jadi, sabar-sabar jika menggunakan komentar URL ini, ya.

3. Kolom Komentar Semakin ke Bawah

Ketika komentar semakin banyak, maka semakin ke bawah kolom komentarnya. Nah, ini yang terkadang membuat pengunjung yang berkunjung ke blog kita merasa kesulitan komentar. Karena komentarnya terlalu jauh di gapai.

Semoga penjelasan saya diatas mengenai penggunaan komentar URL dapat dipahami, ya. Apakah para sobat blogger di sini sudah mengganti dengan komentar URL? Wah, bagus kalau begitu. Semoga aman-aman saya komentar kita ya ketika blog walking dan pastinya yang terbaik untuk google plus. Mudah-mudahan bisa masih terus berkembang seperti sosial media lainnya. Aamiin.

Oh, iya apakah ada yang mau menambahkan apalagi kelebihan dan kekurangan dari menggunakan komentar URL ini? Jika ada silahkan beritahu saya lewat komentar di bawah ini, ya. Semoga tutorial kali ini bermanfaat.

Salam,

Comments

  1. Berdaging infonya mba Steffi... Jadi lebih jelas kenapa harus berkomentar pake URL serta kelebihan dan kekurangannya. Thx infonya mb sungguh bermanfaat ulasannya

    ReplyDelete
  2. Tes komen pake url, hehe thanks infonya mbak Steffi��

    ReplyDelete
  3. Hi kak, keren banget info nya. Aku suka bolak balik mampir ke blog kakak, Suka sama warna2 templates nya. Mampir ke blog aku juga ya ­čśŐ https://mbakdystory.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah, Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya mba ~

      Delete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya.

back to top