steffifauziah's blog

Sharing Everything In A Good Way, Insyaallah!

Merubah Video Menjadi GIF, Mudah Kok!

Hai, Sobat Blogger!


Dulu sewaktu saya masih aktif menerbitkan artikel di suatu media online, saya sering kali dibuat pusing dengan upload video! Jadi, video yang media online ini mau adalah berupa link yang berada di youtube. Nah, sedangkan yang saya punya adalah video yang berada di instagram atau telah ter-upload di file desktop.

Duh, kudu putar otak, gaes! Puyeng, asli, wkwk.

Nah, karena saya tipe orang yang jika ingin memberikan informasi kudu lengkap, jelas dan disertai gambar atau video. Jadilah saya uprek-uprek itu media online. Saya cari tau ada cara lain enggak masukin video tanpa melalui link youtube. Hasilnya? Nihil. Heu.

Sedih, gaes! Kurasanya ingin menyerah, heu *jangan ditiru, wkwk.

Sampai akhirnya saya enggak hanya kepo di video aja, cari tau juga di upload gambar. Eh ternyata, jeng jeng jeng jeng *apa sih, wkwk, di format gambar bisa GIF selain PNG atau JPG. Wah, kebetulan kan video emang bisa dijadikan GIF gitu *sok tau gitu saya, padahal belum pernah coba, wkwk.

Saya pun kembali kepo, kali ini kepo-nya dengan mbah google. Saya cari tau deh tuh bagaimana caranya ubah video jadi GIF. Supaya video ini bisa saya lampirkan bersama artikel saya di media online tersebut. Emang bener saya niat banget, gaes. Karena, ya, agak kurang jika video ini enggak saya lampirkan bersama artikel yang akan saya submit ini. Saya ingin para pembaca yang sering berkunjung di akun saya ini, semakin betah untuk terus membaca artikel-artikel saya. Gitu, sih, wkwk.

Nah, setelah saya kepo ke mbah google. Eh beneran dong ada aplikasi online yang bisa merubah video menjadi GIF. Duh ini beneran kece pisan, gaes! Kuterharu dan senang banget. Berkembangnya teknologi memudahkan segalanya, hehe. Selain itu, enggak perlu repot download. Ini aplikasi online seperti tim SAR, sang penyelamat saya, gaes. Gampang banget lagi caranya. Tinggal upload video, klik sana klik ini. Jeng, jeng, jadi deh video berubah ke GIF. Mantap, gaes! Apa sih nama aplikasinya?


Bagi yang penasaran bagaimana cara menggunakan Ezgif.com ini. Tenang. Jangan panik. Enggak perlu khawatir. Akan saya bikin tutorial-nya disini. Cara mudah kok gaes! Enggak bikin kamu senewen terus kesel gitu, wkwk. Langsung aja yuk kamu simak ulasannya berikut ini :

1. Buka https://ezgif.com/video-to-gif
2. Pastikan lagi bahwa menu di Ezgif adalah Video to GIF


3. Klik "Pilih File"


4. Klik "Upload"


5. Tunggu sebentar hingga upload selesai
6. Lalu, akan muncul menu seperti ini


7. Jika ada yang mau di edit panjang GIF-nya bisa ke "End Time", tinggal rubah aja angkanya lebih besar. Misal awalnya 6, diubah menjadi 10 karena ketika GIF jadi dan videonya lumayan panjang ada beberapa yang ke hapus. Jadi, bisa di ubah pada bagian End Time ini ya.


8. Klik "Convert to GIF!"


9. Ini hasil setelah di convert (Output GIF ini berada di bawahnya Convert to GIF, tinggal scroll aja), jika hasilnya kurang panjang bisa kembali ke nomer 7 ya


10. Klik "SAVE"


11. Selesai! Selamat, video kamu telah berubah menjadi GIF

Awalnya ini video terus saya ubah jadi GIF

Semudah itu kan merubah sebuah video menjadi format GIF. Enggak hanya merubah GIF. Ezgif.com ini juga bisa crop video, resize, cut atau yang lainnya. Kamu bisa coba sendiri semuanya. Aplikasi online begini emang asyik banget. Selain serbaguna karena menu yang bisa di coba banyak, juga bisa dilakukan secara online saja tanpa harus download, hihi. Seru banget ini.

Silahkan semua menu di uprek gaes, biar gak penasaran hehe ~

Nah, karena itulah sekarang setiap ingin memasukkan video ke artikel di media online tersebut, sudah enggak pusing tujuh keliling lagi, gaes. Ezgif.com ini membantu saya banget untuk merubah semua video jadi GIF, hihi. Asyik!

Bagaimana sekarang kamu bisa mencoba mempratekkan-nya nih. Meski mungkin aja belum butuh-butuh banget, tetapi bisa jadi suatu saat kamu butuh hehe. Nah, pas butuh sudah tau kan mau merubah-nya kemana? Ezgif.com ya gaes, wkwk. Oke deh, selamat mencoba, ya!

Salam,

Comments

  1. Mbaaaak, kok pinter banget sih buat masalah yang beginian. Untung saya ngikuti...Alhamdulillah ada pencerahan nih. Matur nuwun yes atas penjelasannya

    ReplyDelete
  2. Mbak steffi... dirimu luarrr biasaaa. Tutorial dan info infonya itu lho passss banget. Yang kompress foto aja belum aku lakukan, skrg ada lagi tutorial ini. Blog favorit akuuuuh ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah Masyaallah, makasih bun, semoga bermanfaat ~

      Delete
  3. Seneng banget dapet ilmu baru, blognya emang dagiing semua. Banyak ilmu yg belum saya tau, makasih ya mba. Kapan-kapan mau coba ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah, silahkan coba mbaa, semoga bermanfaat ~

      Delete
  4. Yipiiiee gampang yaa merubah video jadi gif dengan cara ini. Thanks sharingnya mbak

    ReplyDelete
  5. waduuuh...dirimuh pinter banget, rajin kepo. Makasih yaa...saya dpt ilmu. Jd engga perlu upload youtube dulu deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah, hihi, betul bun tinggal di gif-in aja beres, wkwk ~

      Delete
  6. Mbak satu ini keren pisan ih. Hatur teng kyu mbak, jadi tambah ilmu baru.

    ReplyDelete
  7. Klo buat masukin video di blog selain dari youtube bisa lewat cara ini juga mbak? Aku kok seringnya gagal yah kalo upload video. Bisanya kalo lewat video youtube.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di blog bisa lgs kok mba, mungkin sizenya kebesaran makanya gagal, tapi kalo mau aman sih mending pake gif gini hehe ~

      Delete
  8. Wah, makasih banget infonya mbak ini nih yang saya butuhin

    ReplyDelete
  9. As always...selalu lengkap kap kap kalau kasih info dan tutorial app. Makasih, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Dirimu ini dosen TIK ya mbak Steffi..kok semua tahu ya perkara beginian
    Aku mesti pepetin terus nih blogmu
    Kalau masalah begono gaptek akutuuu
    Makasih yesss bagi-bagi ilmunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukaan bun, wkkw. Sarjana IT iya, tapi dulu IT gak ngurusin begini, ngoding bae sampe mual wkwkwk. Enggak tau kenapa aku suka uprek2 software kek gini bun, bikin2 tutorial gini, aku demen heheh ~

      Delete
  11. Selalu saja artikelnya bagus. Kebutuhan pula. Terimakasih Mbak. Sukaaaa

    ReplyDelete
  12. Mba Steffi itu andalanku pake banget. Maksih selalu bagi2 ilmu saya syuka syalala.. .Emak mcm aq kudu pelan bljrx mklum memori sdh full.. .Thx yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, iyes bun, pelan-pelan aja belajarnya biar enggak kesandung *lari kali ah wkwk ~

      Delete
  13. Kalau sudah berbentuk gif gitu, blognya gak jadi berat ya?
    Mbak Steffi rajin nih, kepo terus, malah jadi pinter

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba karena byte-nya lebih kecil dibandingkan video hehe ~

      Delete
  14. Pas ini. Kemarin2 saya juga selipin GIF di blog, hasil dari video juga. Lebih praktis sih. Secara saya blm aktif di yutub :)
    Biar ga berat loadingnya, saya pilih hasil yg 'low resolution' sih. Nice info, Mbak :) as always...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bun Tatiek udah tau? Masyaallah kereeen. sama-sama bun semoga bermanfaat

      Delete
  15. kece banget sih ini mbak. tapi berarti ini yg bisa diubah ke gif hanya video yg berdurasi amat pendek ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok yang panjang, tapi semakin panjang gif-nya semakin gede juga byte-nya, hehe ~

      Delete
  16. infonya mantap. langsung deh praktik. biar nggak penasaran. Terima kasih ilmunya.

    ReplyDelete

Post a Comment

back to top