steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Deadlinkchecker, Menghapus Broken Link Semudah Senyum

Hoi, Sobat Blogger!


Masih lembur ngapusin broken link? Yo, ayo semangat, hihi. Saya sih di buat santai. Kalau lagi ada waktu luang ya baru buka broken link dan hapus-hapusin satu-satu. Tapi kalau lagi sibuk masih ada kerjaan yang lain, ya nanti-nanti deh, wkwkwk.

Kadang tuh terlintas gitu, buang waktu banget cuma ngurusin broken link. Enggak ada kah widget di blogspot yang ngurusin hal-hal beginian? heu, wkwk. Enggak tau ya, asa males gitu loh. Apalagi harus di hapus satu-satu. Masih mending sih saya broken link hanya ada sekitar 80-an pas cekpakai brokenlinkcheck.

Sebelumnya saya sudah buat tulisan mengenai broken linkSegera Cek Broken Link Sebelum DA Merosok Tajam! Silahkan cek buat yang mau tahu cara menghapus broken link pakai brokenlinkcheck.

Nah, terus ternyata teman-teman blogger saya juga mengalami broken link yang enggak wajar gara-gara masalah Google+ ini. Dari yang ratusan broken link hingga ribuan. Ya ampun, kebayang enggak sih pas hapusin satu-satu kek mana? Mana lagi broken link di blogspot enggak gampang, harus di hapus satu-satu lagi. Gempor juga sih kalau sampai ribuan. Maka dari itu, saya lebih memilih menghapus broken link secara santai ketika ada waktu luang aja, hehe. Enggak mau stress karena ujian hidup sudah bikin stress, wkwk, gaya.

Eh tapi ditengah kegalauan mengenai broken link, muncul angin segar, gaes. Ada teman yang merekomendasikan Deadlinkchecker. Ini blognya beliau, duniaibuibu.com dan kopermini.id. Silahkan mampir, gaes, hehe. Thanks to her. Sekarang, jadi lebih mudah menghapus broken link. Alhamdulillah. Deadlinkchecker ini cara mengeceknya sama seperti brokenlinkchecker. Tapi pakai deadlinkchecker lebih mudah dan lebih cepat untuk menghapus broken link. Kepingin tahu enggak caranya seperti apa? Yuk, cus kita bahas!

Cara Mengecek Broken Link dengan Deadlinkchecker

Mudah banget kok cara mengecek broken link di deadlinkchecker. Caranya hampir sama seperti di brokenlinkchecker. Begini caranya :

1. Masuk ke situs Dead Link Checker

2. Masukkan nama domain yang akan di cek broken linknya


3. Pilih "Whole Website"


4. Klik "Check"


5. Masukkan "Enter Code" sesuai dengan code yang tertera


6. Klik "Enter" pada keyboard

7. Tunggu proses pencarian broken link


8. Ini hasil broken link yang di cari oleh Deadlinkchecker

Terdapat 41 broken link di blog saya

Mudah kan? Memang tak berbeda jauh caranya dari brokenlinkchecker kok. Jadi, coba deh pakai deadlinechecker ini, gaes! Tapi senangnya, di deadlinkchecker ini broken link saya hanya 41 link saja. Beda banget sama brokenlinkchecker yang sampai 81 link. Wah!

Cara Menghapus Broken Link dengan Deadlinkchecker

Cara menghapus broken link dengan deadlinkchecker ini lebih mudah dari pada brokenlinkchecker. Masa sih? Enggak percaya? Langsung aja, yuk kita coba!

1. Fokus pada "Source Link Text" bagian paling kanan


2. Klik nama broken link yang ingin di hapus. Contoh saya menggunakan nama "ratna sari"


3. Akan masuk ke postingan blog kita yang terindikasi broken link

Ini postingan saya yang terindikasi broken link

4. Cari dengan menggunakan keyboard CTRL+F nama "ratna sari"


5. Setelah itu akan menuju ke komentar

6. Klik nama "ratna sari" untuk memastikan apakah link memang benar rusak/not found

Setelah di klik nama komentarnya, benar dong profile not available, makanya broken link

7. Setelah benar broken link, klik delete pada komentarnya


8. Klik "Delete Comment"


9. Komen yang broken link berhasil di hapus

Sedih harus hapus komen lagi ~

Lebih mudah yang ini kan? Meski tetap harus satu-satu menghapusnya setidaknya ini lebih cepat. Karena langsung ketahuan komentar atau link siapa yang rusak pada bagian "Source Link Text". Silahkan coba, ya!

Kelebihan Deadlinkchecker dibandingkan Brokenlinkchecker

Ada beberapa kelebihan menggunakan deadlinkchekcer dibandingkan dengan menggunakan brokenlinkchecker. Kira-kira apa saja, ya?

1. Adanya Source Link Text

Source Link Text ini memang sangat membantu banget sih. Dengan adanya Source Link Text dengan mudah kita langsung tahu itu komentar siapa yang bermasalah. Karena di brokenlinkchecker tidak ada Source Link Text. Kita harus mondar mandir antara source dan URL blog untuk mencari komentar tersebut punya siapa. Deadlinkchecker lebih unggul.

2. Pengerjaan Penghapusan Broken Link Lebih Cepat

Yap, karena kita langsung diberikan clue pada bagian Source Link Text. Otomatis penghapusan broken link lebih cepat. Enggak pakai lama, kita bisa tahu bagian link mana saja yang broken link di postingan blog. Untuk yang malas menghapus broken link seperti saya, pakai deadlinkchecker ini sangat membantu.

3. Lebih Mudah Dipahami

Pakai brokenlinkchecker agak bingung awalnya. Karena harus mengecek antara source dan URL  blog secara bergantian demi mencari link yang memang bermasalah. Untuk broken link di bagian komentar hanya berisi angka bukan nama. Ini tentu membingungkan sebagian pengguna. Oleh karena itu deadlinkchecker lebih mudah dipahami

4. Lebih Akurat

Menurut saya deadlinkchecker lebih akurat. Meski saya pun belum satu per satu mengecek broken link di brokenlinkchecker. Tapi, ada beberapa yang bilang bahwa di brokenlinkchecker katanya broken link tapi ketika di cek ternyata link-nya tidak rusak. Berarti 81 broken link yang di cek di brokenlinkchecker belum tentu broken link semua. Bisa jadi, kan? Coba deh kamu ikutan ngecek, ya.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan dari deadlinkchecker. Kalau menurut saya pakai deadlinkchecker saja karena sudah jelas kelebihannya. Yuk, di coba!

Ganti Akun Google+ Kamu ke Profil Google Sekarang!

Ini woro-woro saya untuk kamu-kamu para blogger yang masih saja belum ganti akun bloggermu. Cobalah sejenak bukan akun blogger dan cek apakah profilmu di blog masih saja pakai Google+? Jika iya, yuk rubah. Caranya sangat gampang, benar-benar gampang. Kamu mau tau? Ini sudah pernah saya tuliskan di blog saya tutorialnya, Mengganti User Profil Dari Akun Google+ Ke Akun Blogger.

Sekarang ya kamu ganti. Please! Karena apa? Ini sangat membantu kita yang kena dampak dari google+. Komentar kamu yang masih saya menggunakan google+ menjadi broken link di blog kita. Jika, kamu ganti sekarang. Enggak bakal jadi broken link lagi. Untung juga kok kamu. Apa untungnya? Komentar kamu akan tetap ada di blog kita. Jika ada orang yang klik nama kamu dari blog kita, tentu blog kamu juga akan dikunjungi oleh pengunjung kita. Selain itu, trafik blog kamu akan semakin baik di mata google.

Ayo, dong! Ganti sekarang juga, ya! Kita tunggu kabar baiknya, hingga nanti kita cek broken link lagi, enggak ada masalah lagi deh karena komentar kamu. Terima Kasih, ya.

Salam,

Comments

  1. Blog sy bkm sy cek bun,hihi msh belm faham juga ttg broken link
    Tp sy sering berkunjung k blognya bun steffi ko, jd klo ada hal yg g bisa ttg blog langsung meluncur, hehe

    ReplyDelete
  2. makasih mbak sharingnya, kemarin aku juga langsung cek dan klik-klik untuk beberes. Alhamdulillah dah selesai hehehehe

    ReplyDelete
  3. waah, perlu dicoba nih. secara gempor juga klo lihat yg brokenlinkchecker itu, bilangnya broken padahal sebenarnya tidak, ada apa toh ya? Huhuhh, kurang akurat kali.
    Perlu waktu khusus emang utk bebersih, heheh.
    Makasih sharingnya ya Mbak :)

    ReplyDelete
  4. Makasi informasinya ya mba, iya saya pake brokenlinkchecker emang ribet ya gak bisa langsung terbaca mana link yg terdeteksi rusak

    ReplyDelete
  5. Sy sdh cb tp keluar spt ini:
    Failed to connect to www.liesdianayudiawati.com If the domain name above is correct and your website is up then possibly your Hosting / Server Administrator has blocked our service. You should ask them to get us unblocked. If you need more technical details please contact us.
    Jd bingung hrs bgmn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba hubungi yang punya hostingnya bun, pakai BS apa WP bun? biasanya kalau WP kan beli domain sekalian hosting tuh, coba hubungi aja CS-nya.

      Delete
  6. Belum sempat cek broken link di blog saya semoga gak banyak heu makasih infonya Mbak Steffi

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat sekali postingannya mbak stef. Rasanya bakalan aku view ulang-ulang deh buat meraktekkinnya. Makasi loh mbak tutorialnya

    ReplyDelete
  8. Baru tahu nih ada cara ngecek brokenlink selain di brokenlinkchecker. Cuss langsung coba deh. Btw di atas cuma disebutkan kelebihan dari deadlinechecker berarti kekurangannya gak ada ya mbak?

    ReplyDelete
  9. Tak cobanya mba.. Kapan itu banyak broken linknya heuheu

    ReplyDelete
  10. Tetap harus satu-satu ya mba. Tapi memang lebih mudah cari broken linknya.

    ReplyDelete
  11. Masya Allah..luar biasa ilmunya. Tks ya Mbak Stef mau berbagi informasi. Semoga lmunya barakah dan membawa limpahan nikmat
    Aamiin

    ReplyDelete
  12. Saya cek kapan itu ada 11 brokenlink. Gak tau sekarang uda nambah belum dek.
    Makasih infonya. Nanti mau coba hapus pakai deadlinkchecker ini deh.

    ReplyDelete
  13. Tak coba cek broken link kupunya.
    Klo profil udh ke google.
    Makasiy mba

    ReplyDelete
  14. Bermanfaat banget mba, langsung eksekusi nih. Pantes aja, DA ku sekarang terjun bebas. Ampun deh, terima kasih banget ya mba Infonya

    ReplyDelete
  15. Sipp mbak steffi terimakasih ini ilmu yg sangat berguna karena aku blm ngurusin broken link. Huhu
    Smga hari ni bisa keurus itu barang barang pecah yaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top