steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Ketika Kamu Belum Sukses Seperti Mereka, Just be Happy, Gaes!

Hai, Sobat Blogger!

sukses

Enggak perlu sedih karena hal ini, sih. Ketika kamu di atas juga pasti kena nyinyir atau ejekan dari orang yang membuat kamu bisa sedih kok, hehe. Jika pun sedih yang sewajarnya aja jangan sampai mengganggu aktivitas atau lebay sampai enggak mau ngapa-ngapain. Lah? Rugi yang ada.

Ketertinggalan dengan seorang teman yang lebih sukses duluan itu hal yang wajar sih kalau menurut saya mah. Namanya juga hidup, pasti ada aja yang tidak sesuai dengan rencana. Ya enggak?

Contohnya aja nih kamu sudah buat rencana hingga 5 tahun ke depan. Rencana sudah sangat matang dan sudah yakin bahwa kamu akan mendapatkan A, B, C sampai Z selama 5 tahun tersebut. Lalu, nyatanya? Hanya sampai L saja sudah tak mampu alias bangkrut bisnisnya atau cita-citanya gagal tercapai. Nah, ingatlah bahwa manusia hanya bisa berencana tetapi tetap saja Allah yang memegang peranan hidupmu.

So, jika kamu masih belum sukses juga seperti mereka itu. Tak perlu sedih. Tak perlu merana. Tak perlu galau. Apalagi sampai bunuh diri. Naudzubillah min dzalik. Yakinlah bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya. Mungkin saja Allah sedang menolongmu, makanya kamu masih belum mencapai apa yang kamu inginkan. Ya, kan? Percayalah Allah lebih tahu apa yang kamu butuhkan.


Jika kesuksesan kamu itu belum datang sekarang. Ya enggak usah stres bin galau. Santai aja. Tarik nafas panjang. Keluarkan dan BE HAPPY! Nah, tinggal tetap usaha terus berdoa nanti juga sama Allah diberikan kok waktunya kamu SUKSES.

Sesimpel itu loh, gaes!

Memang terkadang ada rasa di hati, jika kamu pun ingin memiliki apa yang dia atau mereka miliki. Nah, sejatinya seorang manusia itu seharusnya tidak melihat ke atas apa yang berkaitan dengan dunia. Cobalah untuk melihat ke bawah. Lihatlah orang-orang yang lebih tidak beruntungnya dari kamu. See? Apakah mereka lebih beruntung dari kamu? Enggak sama sekali, malah kalau boleh tukeran nih. Mereka yang keadaannya lebih enggak beruntung dari kamu, pasti mau banget loh tukeran peran.

Nah, maka dari itu. Jangan sedih ya jika kamu belum sukses. Yuk, coba terapkan beberapa tips ini di kehidupanmu. Insyaallah bisa bermanfaat dan membuat kamu tidak lagi bersedih melihat orang lain duluan sukses. Simak ulasannya berikut ini :

1. Berdamai pada Diri Sendiri

sukses

Cobalah untuk berdamai pada diri kamu sendiri ketika melihat orang lain lebih sukses. Tak dipungkiri jika ada rasa iri, namanya manusia pasti hal tersebut ada. Meski begitu, kamu harus bisa menghilangkan rasa iri dan keep on your track.

Intinya fokus dengan diri kamu sendiri. Tenangkan diri. Jika pun perlu liburan. Just go and be happy with your holiday. Perlu kok untuk membahagiakan diri sendiri ketika apa yang ingin kamu capai masih belum terwujud dan orang lain sudah mendapatkannya.

Keep calm and be happy, always! 


2. Fokus Kepada Tujuan yang Ingin di Capai

sukses

Mungkin selama ini kamu belum fokus dengan tujuanmu dan mudah banget tergiur dengan hal yang lainnya. Hayo, siapa yang seperti ini? Nah, kali ini jika ingin benar-benar tercapai kamu harus fokus dengan tujuan yang ingin kamu capai.

Setiap apa yang kamu inginkan, enggak akan bisa tercapai jika tak serius. Kamu harus serius dengan mimpimu itu. Jika orang lain saja bisa menggapai apa yang dia inginkan dengan cepat, maka kamu pun harus bisa.

So, back to your track and focus with your goal. Yes, you can success in the end!

3. Perbanyak Berbagi Kepada yang Kurang Mampu

Cobalah untuk perbanyak sedekah. Bisa jadi kamu kurang berbagi dengan sesama, makanya Allah belum mampu kan kamu menggapai apa yang kamu inginkan. Mungkin juga terlalu sering melihat ke atas jadi kamu lupa untuk bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan.

Nah, untuk itulah coba untuk mulai melihat ke bawah. Mulai berbagi dengan sesama. Perbanyak kenalan dengan mereka yang hidupnya tidak seberuntung dirimu. Insyaallah, dengan begitu kamu tidak akan terlalu memusingkan mereka yang duluan lebih sukses. Because you have done.

You are success with your kind heart, kok!

4. Cari Komunitas yang Support dengan Mimpimu

Yap, mencari komunitas yang satu visi dan satu misi atau sekufu ini perlu banget loh, gaes. Banyak sekarang komunitas yang cuma jadi ajang pamer aja. Kalau si A sudah berhasil dan kaya raya. Si B kerjaannya sekarang keliling eropa setiap harinya. Si C yang sudah bisa beli jet pribadi, dll.

Nah, mual banget kan kalau komunitas isinya begini mah. Mending kan tinggalkeun aja. Jadi, mulai pilih-pilih komunitas yang enggak pelit sama ilmu. Saling memberikan saran dan kritik dengan baik tidak dengan menjatuhkan. Paling penting nih, dia pun support dengan mimpimu.

So, you must choose the right one!

5. Cari Teman atau Pasangan Hidup yang Selalu Mengajak Kamu Menuju Kesuksesan

sukses

Support orang terdekat itu penting banget untuk menggapai apa yang kamu capai. Untuk itu jangan sampai salah cari teman atau pasangan hidup. Sebisa mungkin selektif untuk hal ini, ya. Kenapa? karena dengan adanya support ketika kamu jatuh, ada orang-orangnya membuat kamu bangkit lagi.

Bayangkan saja jika tak ada teman atau pasangan hidup yang support mimpi kamu. Boro-boro menggapai sukses. Baru mau mulai bangkit dari keterpurukkan saja kamu sudah diledek abis-abisan. Duh, seram banget kan? Semoga kita selalu berada dengan teman-teman dan pasangan hidup yang baik, ya. Selalu support dengan mimpi kita. Aamiin.

Please, make sure what friend or close friend do you want to!


6. Belajar Bangkit dari Kegagalan

Ketika melihat orang lain sudah sukses dan kamu masih saja gagal. Tak perlu cemas atau khawatir, ya. Tetap bangkit dan belajar dari kegagalan tersebut. Setiap pengalaman kegagalan ada pelajaran yang bisa menjadikan kamu kuat untuk tak mudah menyerah. Selain itu, hal tersebut bisa membuat kamu terlihat lebih percaya diri dengan kemampuan kamu.

Dari kegagalan tersebut kamu bisa menguatkan orang lain juga. Ketika kamu lihat temanmu sedang terpuruk, kamu ingatkan bahwa dulu sebelum kamu sukses kamu pun juga seperti dia. Dengan begitu temanmu akan bangkit lagi.

Yap, don't be afraid if you fall because that's the reason you can reach the top!

7. Menemukan Cara Kembali Bahagia Ketika Terpuruk

Kegagalan, keterpurukkan, kesedihan dan hal-hal buruk lainnya pasti akan hinggap ketika menuju kesuksesan. Hal wajar itu. So, karena hal ini wajar kamu harus bisa menyiasatinya loh. Bagaimana caranya? Mudah aja sih. Kamu tinggal cari cara untuk kembali bahagia.

Misal nih, kamu akan gampang kembali happy lagi ketika baca buku, nonton film genre komedi, jalan-jalan sama teman, pergi belanja atau hal-hal lainnya. Nah, ketika kamu lagi bad mood dengan keadaan yang tak mendukungmu. Kamu bisa menangis sepuasnya kok, enggak dosa. Abis itu bahagia, ya. Jangan lupa.

Just make it simple when you have a lot of trouble. You can do it!

8. Tak Melupakan Allah Sang Pemberi Kehidupan

sukses

Ketika kamu tak memiliki seseorang yang bisa dipercaya untuk bercerita dan mengeluh dengan segala hal-hal buruk yang menimpamu. Cobalah untuk bersimpuh di hadapan Allah. Minta sama Allah yang Memberi Kehidupan. Minta sama Allah dengan khusyuk agar kamu tetap kuat dan kembali percaya diri untuk menggapai kesuksesan.

Percayalah kepada Allah. Jika Allah tidak langsung mengabulkan permintaanmu bukan berarti IA tak mau. Tetapi, kamu harus sabar hingga waktu yang tepat. Jangan lupakan ibadah kepada Allah. Ketika kamu sukses atau pun ketika kamu gagal. Hanya Allah yang akan selalu membersamai hingga kapan pun.

Only with Allah you can trust with your all heart!


Nah itu tadi beberapa tips yang bisa membuat kamu tak lagi bersedih lagi hanya karena ditinggal sukses teman-teman kamu. Enggak apa lagi, toh kesuksesan bukan dilihat dari dimana dia kerja, apa jabatannya, berapa hartanya atau pun seberapa sering keluar negerinya. Bukan hal itu.

Kesuksesan yang sebenarnya itu dilihat ketika kamu selalu bersyukur kepada Allah dengan apa yang kamu punya. Bisa berbagi kepada yang membutuhkan setiap hari meski sedikit. Tak mengeluh padahal kamu sedang kesulitan dan tetap berbuat baik meski kamu sering dijahati.

Remember, all the people in the world are the success person. You are the one. So, please be greatful everyday! Say it Alhamdulillah.

Salam,
steffifauziah

Comments

  1. Masya Allah, aku terharu mbak bacanya. TERIMA KASIH sudah memberi kekuatan. Meskipun sekarang gak lagi down sih, tapi kuakui terkadang aku merasakan itu. Merasa tertinggal. Tapi ya balik lagi. Fokus ama yang ada di depan mata dan terus bersyukur. Trims ya mbak

    ReplyDelete
  2. Aku seneng bangets baca ini. Sungguh memotivasi. Ku sering merasa..duh si A keren banget sih dah ini dah itu pencapaiannya. Si B ketje badai..baper akutuu
    Tapi harusnya enggak begitu ya huhuhu
    Maka, tipsnya beneran ini
    Dan aku mesti lebih banyak bersyukur lagi

    ReplyDelete
  3. Artikel ini memberi pembelajaran bagi yang belum sukses. Seperti yuni misalnya. Terima kasih kakak.

    ReplyDelete
  4. Tipsnya gue banget,
    Fokus itu emang sulit ya, mbak. Tapi pasti bisa, kalo mereka bisa fokus kenapa saya tidak. He...
    Yang penting berusaha dan berdoa. Tanks ya mbak

    ReplyDelete
  5. Setuju mbak Steffi, berusaha,berdo,'a, soal hasil, Allah yang tentukan

    ReplyDelete
  6. Setuju banget mb dgn 8 point yang mb ulas. Terutama point 8 mb tak lupa sama Allah. Apapun dinikmati insha allah semua bs terwujud keinginan dgn niat, aksi dan doa. Mksh y ulasannya keren...

    ReplyDelete
  7. Mba Steffi...jleb banget ini tulisannya. Haha pas buatku. Kalau dipikir-pikir emang yang paling penting adalah selalu bersyukur dan tidak lupa berbagi sekalipun rumput tetangga selalu lebih hijau. Terima kasih remindernya ☺️

    ReplyDelete
  8. Iya bener banget. Sepakat aku, mbak. Yang paling penting itu mau dan mampu berdamai dengan diri sendiri. Soalnya kadang2 tanpa sadar kita nyalahin diri sendiri kalo melakukan hal yang salah atau blm berhasil gitu...

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top