steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Ragu Sewa Villa? Cek Dulu Tips di Bawah Ini, Gaes!

Hai, Sobat Blogger!

sewa villa

Liburan kali ini kemana nih, gaes? Kalau sekitaran Jabodetabek, puncak emang salah satu tempat wisata yang paling diminati, yes. Makanya enggak salah kalau weekend atau liburan sekolah pasti bakal macet banget kearah sana. Tapi, enggak ada yang kapok loh, tetap aja puncak jadi favorit kek keluarga saya pun juga begitu, wkwkwk.

Nah, paling enak sih ya kalau lagi liburan bersama keluarga itu enggak hanya sehari, minimal dua hari. Biar apa? biar puas mainnya. Apalagi untuk yang anak kecil. Wah sehari enggak akan cukup deh main-main di puncak ya, enggak? Nah, biasanya penginapan di puncak itu emang terkenal banget sama villa, dibandingkan hotel. Saya dan keluarga pun beberapa kali menginap juga lebih memilih sewa villa puncak di bandingkan penginapan lain seperti hotel.

Menurut saya ya sewa villa tuh banyak kelebihannya terutama soal harga yang terjangkau dan luasnya. Untuk yang bawa keluarga besar emang lebih enak sewa villa dibanding hotel. Kalau hotel paling banyak hanya 4 orang, nah kalau villa kan bisa satu kampung, yes *sumpah sih ini lebay, wkwkwk. Tapi setidaknya kalau villa kaya rumah gitu, satu bangunan ada banyak kamarnya. Jadi, tetap bisa bareng-bareng dan enggak terpisah-pisah.

Baca juga Ini Loh 6 Keuntungan Tinggal di Apartemen, Sudah Tahu?

Seru sih kalau buat saya mah. Apalagi kalau lagi liburan pasti semua diajak, wkwkwk. Nah, perlu banget kan penginapan yang luas dan cakupannya besar supaya semua bisa masoook, hehe. Tapi, ternyata masih ada sih yang meragukan sewa villa. Kenapa atuh? Padahal kalau menurut saya sewa villa enggak sulit kok, bisa lewat aplikasi atau langsung on the spot. Apalagi daerah puncak, wah banyak banget mamang-mamang villa.

Namun, emang sih kudu hati-hati juga supaya tak salah sewa villa. Baiklah beberapa tips di bawah ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang masih ragu-ragu sewa villa. Simak ulasannya berikut ini, ya gaes :

1. Pesan Lewat Website/Aplikasi

sewa villa

Salah satu cara ini emang lebih aman sih. Mungkin ada yang pernah mengalami ketika sewa villa langsung sama mamang-mamang di puncak, eh ternyata di tipu. Itu bukan villa yang disewakan tapi rumah orang. Nah, pakai aplikasi tentu akan lebih aman.

Selain itu, carilah aplikasi yang memang sudah terkenal dan banyak yang merekomendasikan. Dengan begitu kamu enggak lagi kena tipu-tipu deh. Terus liburan kamu akan semakin menyenangkan dengan keluarga. Wah, jadi enggak sabar dong ingin segera liburan, hihi.

Baca juga Mau Cari Tempat Wisata yang Tenang? Yuk, Liburan ke Garut

2. Cek Rating & Ulasan Sebelum Pesan

sewa villa

Rating sama ulasan ini sangat penting loh, gaes. Ketika kamu pesan villa di aplikasi pasti banyak ulasan dari tamu-tamu sebelumnya. Nah, ini bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk kamu, apakah jadi menginap disana atau tidak. Yap, tapi ini hanya bisa di cek ketika kita menyewa villa melalui aplikasi ya, jika langsung ke mamang-mamang villa ya pastinya enggak ada rating dan ulasan, hehe.

3. Survey Lokasi

sewa villa

Nah ini penting banget, gaes! Mau menggunakan aplikasi atau langsung pesan ke mamang-mamang villa yang demen nongkrong di trotoar jalan, tetap harus survey lokasi. Supaya apa? supaya lebih meyakinkan gitu. Nah, dulu saya ada pengalaman sewaktu liburan ke puncak. Terus ada mamang-mamang villa yang menawarkan villanya. Survey lah dulu kita ke lokasi, ternyata tempatnya kurang nyaman dan lampunya remang-remang terus lingkungannya mohon maaf agak kumuh.

Berhubung kita kurang sreg akhirnya enggak jadi. Setelah cari-cari lagi ternyata ada persewaan villa yang lebih nyaman dan lingkungannya lebih baik. Hanya sekitar 300 ribu kalau enggak salah untuk satu rumah dengan 2 kamar dan 1 kamar mandi. Lokasinya seperti perumahan gitu terus pemandangannya gunung. Duh pokoknya enggak bikin menyesal lah, bagus banget.

Jadi, survey lokasi villa tuh penting banget. Jangan sampai kita malas untuk survey dulu lokasi villa. Daripada nanti enggak nyaman untuk tidur 'kan lebih baik luangkan waktu sebentar untuk survey dan meyakinkan diri bahwa penginapan tersebut memang nyaman, gitu.

Baca juga 5 Destinasi Wajib yang Perlu Kamu Singgahi Saat Berlibur ke Kalimantan Timur

4. Cek Semua Kondisi Villa

sewa villa

Setelah survey lokasi, ada baiknya kamu juga cek kondisi villa. Bisa kondisi bangunannya, perabotan rumah seperti kasur, seprei, sofa, meja, kran, pintu, dll. Intinya mah di cek semua kondisi bagus enggak. Jangan lupa untuk cek kondisi air nyala apa enggak, jangan sampai nanti ketika menginap airnya enggak nyala. Wah kamu bisa kelimpungan sendiri, hehe.

Selain itu, jika memang bisa masak. Cek juga kompor gas dan gasnya apakah sudah terpasang dan bisa dipakai. Intinya apa yang kita butuhkan di villa tersebut harus di cek dengan seksama. Jangan sampai enggak nanti yang rugi kamu sendiri loh.

5. Minta Kontak Pemilik atau Penjaga Villa

sewa villa

Jangan lupa minta kontak pemilik atau penjaganya. Bisa keduanya atau salah satunya, untuk apa? untuk jaga-jaga jika ada apa-apa di villa tersebut. Namanya juga sewa villa, ya. Kita enggak tahu kondisi sebenarnya si villa bagaimana. Jadi, jika ada hal-hal yang tidak diinginkan bisa langsung telepon pemilik atau penjaganya.

Selain itu, jika villanya recomended nih. Sewaktu-waktu kamu perlu penginapan di sekitar lokasi tersebut, enggak perlu repot lagi. Tinggal kontak saja penjaga atau pemilik villa tersebut untuk booking. Kamu enggak perlu repot cari sewa villa di tempat lain deh, hihi.

Nah, itu tadi beberapa tips dari saya ketika sewa villa. Semoga tidak ada keraguan lagi ketika akan menyewa villa, ya. Insyaallah semua aman, nyaman dan tentunya semua happy, yeiy! Kira-kira selain puncak liburan kemana lagi yang seru, ya?

Baca juga 5 Tips Traveling Ala Backpacker, Lebih Irit dan Murah Loh!

Kalau keluarga saya sih rencananya akan ke Bali. Wah, ini mah wisata yang paling seru, ya. Bosan kan liburan ke Jabodetabek terus, sesekali main jauh sampai ujung Pulau Jawa terus menyebrangi lautan untuk sampai Bali, hihi. Yes, pastinya bakalan bawa segambreng pasukan juga kalau lagi liburan, hehe.

Terus penginapan enggak pakai hotel tapi sewa villa bali aja. Yap, selain muat banyak sewa villa di Bali tentu lebih terjangkau *emak-emak ogah mau rugi, wkwk. Malah ada loh yang menyediakan private pool juga. Wah, keren sih ini mah. Jadi, kepingin segera liburan ke Bali dan enggak wacana lagi kaya tahun-tahun sebelumnya, hehe.

Kalau kamu dan keluarga akan liburan kemana nih? Selain itu, kamu tim hotel apa tim villa? hihi. Kasih tahu jawaban kamu di kolom komentar, ya. Happy Holiday, Everyone ~

Salam,
steffifauziah

Comments

  1. Beneran baru tahu bisa sewa villa lewat online, tapi gimana ya cara meminimalisir kekurangan. Pengalaman di Jogja lewat EO google search pelayanan hotel juga kurang maksimal mbak ada pencerahan?

    ReplyDelete
  2. Whaa terima kasih mba tipsnya. Pas banget insya Allah agustus nanti mau nginep di Puncak nemenin anak ujian kenaikan tingkat Taekwondo.

    ReplyDelete
  3. Wah, pasti asyik sekali kalau piknik dengan keluarga besar trus sewa villa. Lebih nyatu gitu lho, jadi nggak pisah2 pintu. Tapi memang kudu selektif milihnya, apalagi di daerah wisata. Jangan sampai ya dapat villa yang gak bener. Nauzubillah deh. Baca review penting banget.

    ReplyDelete
  4. Mantap ni mba, liburan nginepnya di villaa.. ulala!! berasa penganten baru hahaha. Tipsnya juga oke banget. Laff deh!

    ReplyDelete
  5. Kalau sama keluarga intiku belom pernah sewa vila akuuu..tapi sama keluarga besar sudah , pas ke Malang..terus sama teman kerja dulu kalau ada gathering sewa vila di Bali. Memang lebih praktis dan ekonomos apalagi kalau berbanyak

    ReplyDelete
  6. Setuju, kalau mau nyewa villa harus hati-hati, banyak yang harus diperhatikan ya..
    BTW, soal puncak, saya tuh selalu heran dengan wisawatan yang main ke sana. Udah tau macet, kok gak kapok-kapok. Eh ternyata memang gak ((ngapokin)) ya hihihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top