Wednesday, September 5, 2018

# backpacker # derawan

5 Destinasi yang Wajib Kamu Singgahi Saat Berlibur ke Kalimantan Timur, Pasti Bikin Kamu Terpesona!

Hi, Sobat Blogger!

destinasi wisata indonesia

Kalimantan Timur memang terkenal dengan surganya pantai karena tempatnya yang tropis membuat suasana saat di Kalimantan Timur begitu lekat dengan laut. Banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat ke Kalimantan Timur loh, asal kamu memang menyukai pantai, tentu pulau-pulau disana akan memanjakan kamu supaya kamu betah saat berwisata disana. Memang sih tak hanya terkenal dengan pulaunya, hutan di Kalimantan Timur juga bisa kamu datangi untuk menambah wawasan kamu mengenai hewan langka loh.

Untuk kamu para traveler yang suka banget traveling keliling Indonesia. Coba deh lima destinasi yang ada di Kalimantan Timur ini, pasti bikin kamu terpesona. Simak yuk ulasannya berikut ini :

1. Pulau Derawan



Pulau Derawan adalah pulau yang paling terkenal di Kalimantan Timur, banyak wisatawan yang selalu berkunjung ke pulau ini karena memang pulau ini memiliki keindahannya sendiri. Pulau Derawan tidak hanya menjadi destinasi wisata tetapi juga tempat menginap para wisatawan. Seperti penginapan apung yang berada di pulau ini yang selalu menjadi tempat menginap yang paling populer di kalangan wisatawan. Tentu, penginapan yang ada di Pulau Derawan ini selalu ramai saat akhir pekan atau masa liburan tiba. Wah kamu tertarik untuk mencobanya?

2. Pulau Sangalaki



Jangan lupa untuk singgahi Pulau Sangalaki saat ke Kalimantan Timur karena pulau ini enggak kalah keren loh. Pasir putih dan lautnya yang bening membuat kamu enggak sabar ingin segera nyemplung. Yap, di pulau ini kamu bisa snorkeling sepuasnya karena ikan-ikan disini sangat banyak dan berwarna warni belum lagi jika kamu beruntung akan bertemu dengan Manta. Pulau Sangalaki ini juga disebut sebagai Manta Point karena banyaknya hewan Manta yang sering mondar-mandir di sekitar laut Pulau Sangalaki ini. Manta ini juga biasa disebut sebagai Ikan Pari karena bentuknya yang sama seperti Ikan Pari. Saat bertemu harus hati-hati dengan ekornya karena racunnya ada di ujung ekornya. Cukup abadikan lewat kamera dan video saja saat Mantanya muncul ketika kamu sedang snorkeling ya. Jangan terlalu dekat!

3. Pulau Maratua



Selain Pulau Derawan, Pulau Maratua juga sebagai tempat menginap para wisatawan dan memiliki banyak resort. Bisanya jika di Pulau Derawan ramai, wisatawan memilih untuk ke Pulau Maratua. Di Pulau Maratua banyak tempat destinasi wisata juga loh. Namun, jika kamu hanya ingin menikmati pantainya dan snorkeling juga bisa karena pantai di pulau ini tak kalah indahnya dengan pulau-pulau lainnya. Memang sudah khasnya pantai-pantai di Kalimantan Timur ini selalu memiliki pasir putih dan laut yang bening, begitu juga dengan Pulau Maratua. Makanya untuk kamu yang senang traveling ke pantai, destinasi ke sini tak boleh kamu lewatkan ya. Supaya tak menyesal!

4. Pulau Kakaban


pulau kakaban

Ini yang paling menakjubkan yang ada di Kalimantan Timur karena banyak sekali ubur-ubur yang hidup di danau ini dan mereka tidak menyengat. Kalau biasanya kamu sering mendengar bahwa ubur-ubur menyengat saat disentuh. Nah, di Pulau Kakaban ini ada ribuan bahkan lebih ubur-ubur yang tak menyengat saat disentuh. Sebenarnya ubur-ubur ini ada di sebuah danau yang berada di Pulau Kakaban. Keunikan lain inilah yang membuat wisatawan betah untuk menikmati indahnya Pulau Kakaban. Bagaimana tidak unik, jika ada danau yang ditengah-tengah laut. Tentu, banyak orang yang mempertanyakan pastinya kan? Tapi itulah uniknya Pulau Kakaban. Coba deh kamu kesana biar enggak penasaran dan buktikan sendiri bahwa ubur-ubur disana tidak menyengat.

5. Hutan Mangrove



Setelah puas snorkeling dan main di pantai sekarang saatnya kamu mencoba main-main ke Hutan Mangrove. Disini kamu bisa melihat hewan yang hampir punah yaitu Bekantan. Memang tak mudah menemukannya, hanya orang-orang yang beruntung yang bisa melihat Bekantan disini. Makanya hewan ini sangat dilindungi agar tak cepat punah. Kalau kamu masih bingung hewan Bekantan itu apa, ingat maskot Dunia Fantasi (Dufan) enggak? Nah, Dufan menggunakan hewan Bekantan sebagai maskotnya. Jadi, kamu mau enggak kenalan sama Bekantan? Yuk, langsung aja ke Hutan Mangrove di Kalimantan Timur.

Nah itu tadi kelima destinasi yang berada di Kalimantan Timur, bagaimana semakin tertarik untuk traveling kesana enggak? Tentunya suatu saat nanti kamu pun bisa kesana bersama dengan orang terkasih atau keluarga atau sahabat ya. Pasti semakin seru dan menyenangkan traveling-nya.. Dari lima destinasi diatas mana yang paling ingin kamu datangi? Kasih tau dong di kolom komentar di bawah ini ya.

Salam,
 steffifauziah

12 comments:

  1. Suka banget dengan suasana pantai. Sayang, gak jago berenang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapaaaa? Ayok kita traveling bareng nanti aku ajarin berenang hehe.

      Delete
  2. Foto koleksi pribadi ya? Diving uy mantep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake drone punya tour saya dulu bun wkwk, itu gak diving kok, snorkeling hehe. Saya gak sanggup kalo diving wkwk.

      Delete
  3. Ish ish ish hehehehe.. Bikin mupeng nih. Jadi pengen jalan-jalan nih

    ReplyDelete
  4. Cantiknyaaaa...coba ulas budgetnya yaak...sayah bawa rombongan sirkus kalo liburan...ahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Budget per orang lumayan kalo ke derawan bun hehe. Nanti nginep tempat bundew aja biar aman hehe.

      Delete
  5. Suamiku berkali2 ngajakin ke derawan dan maratua mba. Tp aku blm mau mulu, bukannya ga tertarik ama keindahan tempatnya, tp aku ga kuat panasnya hahahaha. Trakhir ke Pulau kalimantan, itu cuma Brunei, dan sepulang dr sana aku sakit ga kuat panas :(. Tp kalo suami masih ngajakin trus, yo wis lah, aku bakal nemenin. Tp udh pasti ga bakal ikut berenang wkwkwkwk.. Aku mau kuliner seafood nya aja :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake topi bawa payung dan pastinya sunblock mba hihi. Itu paling aman untuk yg gak kuat panas hehe

      Delete
  6. Semuanya keren. Sampai sekarang saya belum kesampaian ke Derawan. Padahal dulu ada kakak ipar tinggal di dekat sana. Tapi, sampai kakak ipar udah pindah pulau, belum kesampaian juga saya ke sana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok mba cobain kesana gak bakalan nyesel hihi. Atur jadwal mudah2an masih sempat mampir kesana ya mba 😊

      Delete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed