Saturday, October 20, 2018

# aneka hotel murah # garut

Mau Cari Tempat Wisata yang Tenang? Yuk, Liburan ke Garut!

Hi, Sobat Blogger!


Popularitas Garut sebagai tempat wisata memang tidak setenar Bandung yang berbatasan langsung dengan kota ini. Namun siapa sangka, Garut menyimpan berbagai tempat wisata menarik yang sangat cocok buat kamu yang sudah bosan dengan kepadatan dan kebisingan kota.  Di daerah yang masih terletak pada Provinsi Jawa Barat ini, kamu bisa menjumpai tempat-tempat wisata alam dengan pemandangan dan suasana yang menakjubkan.

Dari zaman kolonial Belanda dulu, Garut sudah dikenal sebagai salah satu kota untuk tempat istirahat. Bagaimana tidak? Kota Garut memang terkenal dengan tempatnya yang tenang dan sejuk karena kota ini dikelilingi oleh beberapa gunung. Makanya itu untuk kamu yang ingin wisata di tempat yang tenang dengan udara segar serta sejuk sudah pasti kota Garut adalah salah satu tempat wisata yang perlu untuk kamu kunjungi.

Bagi kamu yang mencari ketenangan, sudah pasti Garut akan memberikan tipe liburan yang kamu idam-idamkan. Tempat wisata alam yang beragam, akses yang tidak sulit, bahkan hotel-hotel di Garut pun akan memanjakan kamu dengan ketenangan, keindahan, dan segala fasilitas yang menarik. Bisa dipastikan, kamu akan betah berlama-lama berlibur di daerah ini.

Karena ketenaran Garut memang masih kalah dengan kota-kota yang mengelilinginya, kamu mungkin mengalami sedikit kendala dalam mencari rekomendasi tempat wisata di daerah ini. Namun, jangan khawatir, berikut ini adalah tiga tempat tempat wisata alam Garut yang bisa langsung kamu datangi pada akhir pekan atau ketika musim libur tiba. Pemandangan yang indah dengan suasana yang hening dijamin akan membuat semangat kamu kembali terisi untuk menjalani rutinitas harian Kamu berikutnya.

1. Kampung Sampireun

Kampung Sampireun di Garut

Sebenarnya lokasi ini bukan tempat wisata alam murni, melainkan hotel di Garut yang dibalut dalam suasana alam yang begitu romantis. Apalagi di sekitaran kampung ini, juga terdapat kebun mawar yang begitu indah. Tidak heran jika pada akhirnya, Kampung Sampireun kerap menjadi destinasi wisata unggulan di daerah ini. Tidak hanya orang-orang yang hendak menginap, hotel di Garut ini juga kerap didatangi oleh para pelancong yang sekadar ingin makan malam.

Ya, restoran di Kampung Sampireun memang unik karena dikelilingi oleh danau dan baru bisa dijangkau dengan menggunakan perahu kecil. Ditambah lagi, sinar lampu-lampu dari kamar hotel di Garut ini semakin membuat pemandangan alam di sekitarnya semakin cantik. Dengan semua keindahan tersebut, Kampung Sampireun bahkan pantas menjadi tujuan bulan madu bagi para pasangan. Untuk memesan unit kamar di hotel ini pun tidak sulit sebab  hotel penginapan ini sudah ada berbagai agen travel online, contohnya Traveloka. Jadi, kamu tinggal booking dan siap berlibur dengan suasana alam di Kampung Sampireun.

2. Gunung Papandayan

 Gunung Papandayan
Hutan Mati di Gunung Papandayan
Sumber : joss.today

Tentu sangat mengasyikkan melihat keindahan alam dari atas gunung. Di Garut pun, banyak gunung yang bisa kamu naiki untuk melihat cantiknya daerah ini dari atas awan. Namun jika kamu masih pendaki pemula, Gunung Papandayan merupakan tempat tertepat untuk memulai petualangan kamu di daerah Garut. Gunung yang berketinggian 2.665 meter dari permukaan laut ini tidak hanya menawarkan pemandangan indah begitu Kamu sampai di puncak, melainkan juga menyediakan beragam lokasi menarik selama perjalanan pendakian kamu, mulai dari hamparan bungan edelweiss yang cantik, kawasan hutan mati yang eksotis, sampai kawah-kawahnya yang mengandung banyak manfaat.

Selain ramah untuk didaki, Gunung Papandayan menjadi destinasi wisata yang begitu populer karena memiliki banyak kawah. Bahkan di beberapa kawahnya, masih terdapat air belerang yang dipercaya dapat menghaluskan dan menyembuhkan beragam penyakit kulit. Karena tergoda akan manfaat belerang dari kawah Papandayan inilah, tidak jarang dijumpai pelancong yang khusus datang ke kawah-kawah sekitar gunung ini saja. Di sekitar Gunung Papandayan, juga terdapat permandian air panas yang juga dipercaya sangat bagus untuk kesehatan.

3. Pantai Puncak Guha


 Pantai Puncak Guha
Pemandangan di Pantai Puncak Guha
Sumber : www.telusurindonesia.com

Kamu memang tidak bisa berenang di pantai ini, namun tempat ini sangat cocok buat kamu yang sudah penat dengan kebisingan dan keributan. Terletak tidak jauh dari Pantai Rancabuaya—yang juga merupakan destinasi wisata populer di Garut—yang ditawarkan oleh pantai di atas tebing ini adalah pemandangan dan ketenangan. Lokasinya yang masih belum terlalu terekspos membuat Pantai Puncak Guha  tidak terlalu dipenuhi pedagang. Alhasil, kamu bisa nyaman menikmati pemandangan, tanpa harus mendengar keributan transaksi jual-beli yang kerap terjadi di pantai-pantai lainnya. Kondisi pantai ini tidak jauh berbeda dengan Uluwatu Bali.

Terletak di pinggir tebing, Pantai Puncak Guha menjadi lokasi yang sangat cocok untuk menikmati matahari terbenam. Kamu pun bisa sampai malam bersantai di pantai yang satu ini sebab pada malam hari, kamu juga bisa melihat sekumpulan kelelewar yang keluar dari dari gua-gua tebing Pantai Puncak Guha. Tentunya ini menjadi pemandangan yang sangat keren dan sulit dilupakan. Jika ingin menikmati suasana pantai ini hingga pagi, kamu bisa mendirikan kemah di kawasan ini. Namun jika ingin menginap, sebaiknya kamu mencari hotel di Garut yang berlokasi dekat dengan Pantai Rancabuaya, yang letaknya hanya sekitar 2 kilometer dari Pantai Puncak Guha.

4. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo


Rakit penyebrangan ke Candi Cangkuang
Sumber : www.hiacebandung.com

Kedua tempat wisata ini terletak di Kecamatan Leles, letaknya sebelum memasuki kota Garut. Candi ini terkenal dengan tempatnya yang unik karena berada di tengah danau (situ). Untuk mencapai candi tersebut kamu harus menyeberang menggunakan rakit yang telah disediakan di sana. Tak hanya bisa menikmati Candi yang berada di tengah-tengah danau tetapi kamu bisa juga menikmati Kampung Pulo yang berada di sekitar Candi Cangkuang ini. Letaknya persis berada di pinggir candi. Sejuknya udara yang berada di sini serta tenangnya alam membuat kamu akan betah berada di wisata Candi Cangkuang ini.

Candi Cangkuang diperkirakan dibangun pada abad 8 M dan salah satu peninggalan budaya hindu yang berada di Jawa Barat. Tak hanya wisata tetapi kamu bisa menemukan catatan sejarah mengenai candi ini dan benda-benda peninggalan zaman hindu maupun islam di museum cangkuang. Unik memang Candi Cangkuang ini, meski candi ini berasal dari peninggalan hindu tetapi ternyata disekitar candi banyak peninggalan masa islam saat awal datang ke Jawa Barat. Maka dari itu saat kamu kesini jangan heran jika banyak peninggalan islam di museum Cangkuang. Wah, asyik ya wisata ke Candi Cangkuang dan Kampung Pulo karena kamu juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Yuk, langsung berkemas dan liburan dadakan di akhir pekan ini.

Itu tadi destinasi-destinasi wisata alam yang menarik, dijamin kamu akan ketagihan untuk pergi ke Garut. Lepas dari hiruk-pikuk kota dan menemukan spot yang menarik, siapa yang tidak suka? Jadi, kapan kamu ke Garut?

Sumber : (Malafau)


Salam,
 steffifauziah

52 comments:

  1. Keren, ya! Sayang jauh banget dari tempat saya.

    ReplyDelete
  2. Keren banget. Tulisannya ringan enak dibaca.foto-fotonya apalagi. Bagus-bagus banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, terima kasih bun sudah membaca.

      Delete
  3. Sampireun.... duh pengen deh ke tempat itu,
    Nice artikel mba

    ReplyDelete
  4. aih kirain yang hits di garut cuma dodol ajah , ternyata pemandangannya semanis dodolnya

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. ayoo mampir ke garut biar bisa naik rakit hehe

      Delete
  6. Garut, tempat yang sering saya kunjungi adalah kolam air panasnya. Trims infonya, Mbak

    ReplyDelete
  7. Kapan ke Garut? Segeraaaaa
    Dari kapan-kapan enggak jadi melulu hiks!
    Ini bisa jadi referensiku Mbak..Tengkyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyeeesss, ayoo segera hehe. Semoga diberikan kesempatan yes bun hehe ~

      Delete
  8. Sudah lama saya ga ke garut. Gunung papandayan itu keren, dulu kesana jd relawan saat air bah menyapu kaki gunung tersebut. Keren2 wisatanya & ada pemandian air hangat juga kan Mba, tp saya lupa namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih bun pernah sampe naik gunung juga? hebat bangeet. pemandian air panasnya saya malah gatau wkwkwk. duh ~

      Delete
  9. Nice share Mbak Steffie, memang lagi butuh info ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat ya mba :).

      Delete
  10. wah, bagus bagus ya ternyata tempat wisata di garut, selama ini nggak pernah terpikir wisata ke garut, tanks infonya ya mbak.

    ReplyDelete
  11. bagus banget destinasi-destinasi wisatanya. Semoga suatu hari nanti bisa mampir ke Garut dan Mampir ke tempat-tempat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga bisa segera ke Garut ya mba.

      Delete
  12. Pernah sekali ke garut tapi ke masjid Agung Garut dan tempat resepsi pernikahan adik, emang sih Garut itu udaranya dingin banget cocok untuk liburan keluarga tapi lebih cocok lagi untuk ka Epi tuh buat bulan Madu, next time semoga ada rizki bisa lebih jauh explore travelling di kota dodol... Hmm.. meski direncanakan, sejak now

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk, iyes bulan madu emang enaknya tempat yang dingin2 yes biar dempetan muluk wkwkwk. Aamiin. semoga dimudahkan rezekinya dan bisa ke Garut jalan jalan hehe.

      Delete
  13. Terrnyata, Garut banyak juga destinasi wisatanya, ya. Sy baru tahu. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun sama-sama. semoga bermanfaat :).

      Delete
  14. Papandayan itu cantik yaaa..
    Tapi kebayang deh gimana panas dan silaunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyees, tapi saya mah nyerah kalo suruh naik gunung. mending ke pantai kita snorkeling wkwkw ~

      Delete
  15. Dari dulu pas masi di Bandung, pengen ke sampireun gak kesampean malah sekarang pindah ke Jogja. Makin jauh heheh.. makasih infonya ya mba, kapan-kapan ke Jabar dijadwalin ah ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga dimudahkan waktunya ya mbok buat mampir ke Garut hehe

      Delete
  16. salah satu daerah yang dari dulu masih wacanaaaa terusss, belum jadi dikunjung-kunjungi :(

    ReplyDelete
  17. Pada zamannya dulu, aku sering banget nih ke Sampireun. Beneran tenang memang, enak banget suasananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mba yasinta mah emang senang ngebolang yes, saya malah baru tau tentang tempat ini *duh ~

      Delete
  18. Kalau di Jawa Timur, Garut is like Kota Batu, Mba
    Ademm
    Sejum
    Banyak tempat wisatanya
    Semoga nanti bisa ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya? kota batu itu malang bukan sih? saya ke malang baru pernah ke Jatim Park-nya doang hehe.

      Delete
  19. Waaah,kereen banget. Jadi pingin ke Garut. Kalau bahas tentang piknik, rasanya pingin terbang biar cepat sampai ke daerah wisata yang menarik. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw, betul, menggoda banget emang yes, pengin liburan segera ~

      Delete
  20. Yang terakhir kayaknya pas banget buat akuh hehe

    ReplyDelete
  21. Wah saya belum pernah sama sekali nih

    ReplyDelete
  22. Pingin kesitu someday.. .Liburan ke barat Indonesia paling menthok jakarta-bandung. Itupun blom semua di kunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sama kok mba, begitu banyak wisata di Indonesia. Masya Allah.

      Delete
  23. Duh mupeeng.... Sayang jauuh dari Malang. Makasih infonya tapi ya. Ntar siapa tahu tiba2 saya nyampe Garut. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba semoga saja nanti ada yang ngirim tiket malang-garut yes wkwkw ~

      Delete
  24. Wah Garut, ternyata bagus ya kotanya, semoga kedepan bs mampir ke Garut dan buka tulisan ini lagi :) tulisannya ringan, cakep mbak :) seneng bacanya :)

    Btw aktifin komen buat URL dong mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, ampun ya mba septi saya baru ngeh kalo ini komen hanya untuk google doang, sudah saya aktifin komen URL-nya hehe.

      Delete
  25. Paling suka deh baca tentang traveling ini. Apalagi saya gak pernah sempat traveling, huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo mba emmy dijadwalkan halan-halan hehe

      Delete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed