steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Inilah Penyebab Hingga Makanan yang Baik untuk Mencegah Kanker Prostat

Hai, Sobat Blogger!


penyebab kanker prostat
Sumber : pexels.com

Kanker prostat adalah terjadinya keganasan yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel abnormal yang berada di bagian kelenjar prostat pria. Letak kelenjar prostat pria yang berfungsi sebagai sistem reproduksi berada di bawah kantung kemih.

Terdapat kemungkinan sel abnormal dapat berkembang dengan cepat dan tidak bisa dikontrol, sehingga akan menjadi penyebab tumor ganas dan bersifat kanker. Jika kamu ingin mengetahui tentang penyebab dan makanan yang baik untuk penderita kanker prostat, simak ulasan ini.

1. Penyebab Kanker Prostat


penyebab kanker prostat
Sumber : pexels.com

Terjadinya kanker prostat tidak memiliki penyebab secara spesifik dan secara pasti, tetapi terdapat penelitian yang menghubungkan antara diet tinggi lemak dan terjadinya peningkatan kadar hormon testosteron.

Baca juga Wah, Ternyata Manfaat Habbatusauda itu Sangat Hebat Loh!

Kamu perlu perhatikan penyebab kanker prostat yang menjadi faktor-faktor pemicu dari risiko terkena tersebut, antara lain:

  • Faktor genetik yang berasal dari gen keturunan keluarga yang memiliki riwayat penderita kanker.
  • Riwayat keluarga dapat menjadi faktor pemicu kanker ini, seperti seorang pria yang memiliki ayah atau saudara kandung yang mengalami kanker prostat sebelumnya.
  • Usia seseorang bisa menjadi pengaruh terjadinya kanker prostat, seperti pria berusia 75 tahun bisa memiliki peluang kanker sekitar 1:7 pria.
  • Pola makan yang buruk dapat menjadi peningkat risiko seseorang terkena kanker prostat, seperti sering memakan daging olahan atau makanan yang mengandung tinggi lemak.
  • Gaya hidup yang buruk dapat memici kemunculan kanker prostat, seperti merokok, minum alkohol, dan jarang olahraga.

2. Gejala Kanker Prostat


penyebab kanker prostat
Sumber : pexels.com

Untuk mengetahui seseorang terkena kanker prostat, kamu bisa kenali gejala yang terjadi pada penderita kanker prostat. Namun, gejala awal yang paling sering terjadi yaitu mengalami kesulitan dalam buang air kecil dan sering buang air kecil.

Baca juga Lakukan Hal Simpel Ini Agar Hidup Semakin Sehat!

Selain itu, gejala lainnya akan muncul terutama bagi mereka yang memasuki tahap kanker stadium lanjut. Berikut ini gejala-gejala selanjutnya, antara lain:

  • Sering merasakan ingin buang air kecil secara tiba-tiba
  • Merasa tidak nyaman saat sedang buang air kecil
  • Terlihat darah dalam urine
  • Merasa nyeri saat sedang buang air kecil atau ejakulasi
  • Kamu juga akan merasa nyeri saat buang air besar dan dibagian punggung bawah
  • Nyeri perut
  • Mengalami penurunan berat badan
  • Sering buang air kecil

3. Pengobatan Kanker Prostat


penyebab kanker prostat
Sumber : pexels.com

Jika kamu merasa terkena kanker prostat, maka segera periksa ke dokter. Bagi penderita yang masih di stadium awal, dokter akan membantu kamu dalam memantau kanker prostat secara intensif, karena pengobatan akan memiliki banyak efek samping dibantingkan manfaatnya.

Bila dokter melihat adanya perkembang pada sel kanker, maka dokter akan menawarkan beberapa pengobatan kanker prostat, antara lain:

Baca juga Tips Ketika Keluarga Terindikasi Covid-19

  • Operasi prostat yang akan dilakukan guna mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar prostat, terkadang beberapa jaringan dan kelenjar getah bening juga ikut terkena sel kanker, maka kemungkinan akan diangkat juga.
  • Terapi radiasi yang dilakukan setelah melakukan operasi agar bisa membunuh sisa sel kanker.
  • Terapi hormon yang menjadi pengobatan sebelum atau setelah melakukan terapi radiasi.
  • Kemoterapi yang digunakan untuk pengobatan agar menghilangkan sel kanker yang agresif.
  • Krioterapi merupakan metode yang dilakukan agar bisa membekukan jaringan dengan menggunakan gas bersuhu tinggi dan dingin sehingga sel kanker akan terbunuh.

4. Pencegahan Kanker Prostat


penyebab kanker prostat
Sumber : pexels.com

Jika kanker prostat sudah terjadi, maka tidak dapat dilakukan pencegahan tertentu. Namun, kamu bisa merubah gaya hidup sehat agar dapat membantu kamu dalam mengurangi risiko terjadinya kanker, terutama kanker prostat, antara lain:

  • Konsumsi buah dan sayur setiap hari
  • Rajin olahraga secara rutin
  • Mempertahankan berat badan yang ideal
  • Berhentik merokok dan tidak konsumsi minuman beralkohol
  • Kelola stres dengan baik

5. Makanan Sehat yang Baik untuk Mencegah Kanker Prostat


penyebab kanker prostat
Sumber : pexels.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, risiko terjadinya kanker prostat dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat. Hal ini termasuk pada makanan yang akan kamu konsumsi sehari-harinya.

Seiring bertambahnya usia, penyakit prostat akan rentan terjadi pada pria yang tidak memperhatikan pola hidupnya. Berikut ini terdapat daftar makanan sehat yang baik bagi kesehatan prostat agar bisa mencegah terjadinya kanker prostat, antara lain:

  • Ikan Salmon

Terdapat kandungan yang terdapat dalam ikan salmon yang penting bagi kesehatan tubuh, seperti asam lemak omega-3. Terdapat ahli yang memaparkan bahwa asam lemak omega-3 yang ada pada ikan salmon memiliki efek anti-inflamasi. Sehingga efek tersebut dapat mencegah dan menekan perkembangan kanker prostat dalam tubuh.

Baca juga Mengalami Penyakit Keputihan? Begini Loh Pengobatan Medisnya!

  • Tomat

Selanjutnya terdapat tomat yang menjadi makanan untuk kesehatan prostat, karena terdapat kandungan antioksidan kuat yang disebut sebagai likopen. Senyawa antioksidan tersebut dapat menurunkan kerusakan dan memperlambat produksi sel kanker.

  • Brokoli

Terdapat brokoli yang menjadi golong sayuran cruciferous. Menurut National Cancer Institute, bagi kamu yang ingin menurunkan risiko kanker prostat, maka dianjurkan memakan sayuran cruciferous yang kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan zat fitokimia.

Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan fitokimia, seperti sulforaphane dan flucoraphanin. Sehingga senyawa-senyawa ini sangat penting dalam membunuh sel kanker dan menjadi sel prostat agar tetap sehat.

  • Buah Delima

Untuk mencegah risiko terkena kanker prostat, kamu bisa konsumsi buah delima yang kaya akan antioksidan, sehingga bisa mengambat produksi sel kanker prostat.

Baca juga Ada 3 Klinik yang Tersedia di RS Waluyo, Cek Informasinya!

Demikian ulasan mengenai kanker prostat yang memiliki berbagai gejala dan makanan yang baik untuk mencegah risiko terkena kanker tersebut, sehingga kamu bisa tetap hidup sehat. Bagi kamu yang merasa mengalami gejala kanker prostat, kamu bisa konsultasi dengan dokter di sini atau menggunakan aplikasi klikdokter yang bisa diunduh di Google Play Store.

Salam,

steffifauziah

Comments