steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

4 Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan, Lewat NIK KTP

Halo, Sobat Blogger!

Mengecek Nomer BPJS Ketenagakerjaan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja.

Bagi peserta, nomor BPJS Ketenagakerjaan atau nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) merupakan urutan nomor BPJS kamu, yang salah satunya berguna saat kamu ingin mengajukan pencarian uang JHT atau Jaminan Hari Tua.

Muncul pertanyaan selanjutnya, apa yang harus dilakukan jika kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut hilang? Apakah nanti masih bisa mencairkan dana?

Baca juga Masih Bingung Memilih Laptop yang Bagus? Cek 4 Tips Ini!

Jangan panik, kamu masih bisa mengecek nomor BPJS melalui berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) di KTP. Lantas, bagaimana cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP?

Berikut dibawah ini 4 cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP yang kamu miliki :

1. Call Center BPJS

Mengecek Nomer BPJS Ketenagakerjaan

Caranya adalah dengan melakukan panggilan telepon ke nomor 175. Kemudian, kamu akan terhubung dengan call center dari BPJS. Panggilan tersebut akan dikenakan tarif telepon, karena itu saat melakukan panggilan ke call center BPJS pun memerlukan pulsa.

2. Media Sosial BPJS

Mengecek Nomer BPJS Ketenagakerjaan

Alternatif kedua, caranya adalah dengan menghubungi kontak layanan BPJS melalui media sosia resminya dengan mengunjungi laman www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html

Baca juga 5 Kiat Untuk Mempersiapkan Diri Sebelum Tes CPNS, Kamu Perlu Tahu!

Kontak layanan BPJS pun tersedia melalui WhatsApp di nomor +62 811-9115910 dan +62 855-1500910. Namun, layanan BPJS Ketenagakerjaan melalui WhatsApp tersebut hanya terbatas bagi Pekerja Migran Indonesia (TKI) diluar negeri saja.

3. SMS Gateway

Mengecek Nomer BPJS Ketenagakerjaan

SMS Gateway merupakan layanan informasi dua arah yang disampaikan melalui pesan singkat dengan menggunakan sistem informasi. Layanan SMS Gateway tersebut dapat diakses melalui nomor jaringan seluler nomor 08777-5500-400.

SMS Gateway menyediakan layanan informasi bagi peserta melalui kanal komunikasi yang mudah dan juga ramah bagi penggunanya. Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK melalui SMS Gateway, yaitu dengan mengetik NIK spasi Nomor Induk Kependudukan. Contohnya, “NIK 357202020987” kemudian kirim sebagai SMS ke nomor 087775500400.

4. Kantor Cabang BPJS

Mengecek Nomer BPJS Ketenagakerjaan

Kamu bisa melalukan cara ini jika memiliki cukup waktu untuk mendatangi langsung kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Terdaftar di daerah sekitar tempat tinggal dengan membawa e-KTP, Kartu Keluarga, dan surat paklaring (bukti bahwa kamu sedang atau pernah bekerja di sebuah perusahaan) jika diperlukan. Selanjutnya, sampaikan maksud dan tujuan kamu ke petugas setempat.

Baca juga 4 Tips Merawat Kaos dengan Desain Menarik dan Kualitas Tinggi

Itulah 4 cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan NIK KTP. Salah satu layanan tersebut merupakan jaminan hari tua (JHT) bagi para pekerja dalam mempersiapkan masa depan mereka. Saldo JHT tersebut bisa diklaim atau dicairkan dengan beberapa syarat serta ketentuan yang perlu dipatuhi terlebih dahulu.

Karena itu dalam hal tersebut, kebijakan – kebijakan terkait pencairan JHT tersebut baru muncul dan tentunya harus diketahui oleh para peserta BPJS TK. Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No 60 tahun 2015 yang mulai berlaku sejak 1 September 2015 lalu bahwa saldo JHT dapat diambil mulai dari 10%, 30%, hingga 100% tanpa perlu menunggu usia kepesertaan 10 tahun atau peserta minimal berumur 56 tahun seperti yang tercantum di peraturan sebelumnya Peraturan Pemerintah (PP) No 46 tahun 2015.

Dengan adanya perubahan tersebut tentu menjadi kabar baik bagi para peserta BPJS TK. Terdapat beberapa informasi terkait hal-hal untuk melakukan klaim JHT tersebut yang perlu diketahui dan dipahami agar peserta tidak bingung dalam proses pengurusan BPJS TK.

Semoga informasi ini membantu kamu, ya. Siapa tahu kamu salah satu yang sedang ingin mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Salam,

steffifauziah

Comments