steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Begini Cara Mudah Membuat Mockup Buku 3D

Hai, Sobat Blogger!

Mockup Buku 3D

Ada yang sering bingung untuk membuat mockup buku 3D? Biasanya penulis buku suka dibuat galau nih untuk urusan ini. Terus biasanya nunggu aja dari penerbit mockup-nya. Padahal kalau mau buat sendiri bisa loh, ada banyak banget loh sofware online yang bisa dicoba untuk buat mockup buku 3D ini. Gratis lagi. Wah, pasti penulis buku pada senang dengarnya nih.

Selain itu, sampul buku yang menarik juga jadi salah satu yang dilihat ketika penulis mau menjual bukunya. Coba deh baca tulisannya Blogger Buku ini, semoga bisa memberikan pencerahan penerbit mana saja yang suka menerbitkan buku dengan sampul yang kece punya.

Jadi, selain sampul bukunya kece, mockup buku 3D-nya juga harus kece dong. Biar semakin menjual dan semakin laris nih bukunya pas nanti dijual. Wah, siapa sih penulis yang enggak senang jika bukunya banyak terjual dan bisa best seller. Saya aja mau, hihi.

Baca juga Belajar Kombinasi Warna Menggunakan Color Tool!

Membuat Sendiri Mockup Buku 3D

Sudah penasaran? Yuk, langsung aja kita praktek membuat mockup buku 3D ini menggunakan sofware online gratis. Simak tutorialnya di bawah ini, ya :

1. Langkah Pertama 

Mockup Buku 3D
Tampilan home di diybookcovers

2. Langkah Kedua 

  • Pilih template yang diinginkan

  • Pertama kita coba untuk menggunakan template "Single" dulu, ya
Mockup Buku 3D
Tampilan template single, banyak pilihan yang bisa dicoba
  • Setelah sudah memilih template yang diinginkan, klik "Next"

3. Langkah Ketiga

  • Klik "Browse
Mockup Buku 3D

Pilih cover buku di laptop atau di galery handphone yang akan dibuat mockup-nya. Di sini ada 2 cover yang dibutuhkan, yaitu cover depan dan cover samping. Jadi persiapkan dulu covernya sebelum membuat mockup 3D ini. 

Mockup Buku 3D

  • Jika sudah klik "Upload" dan gambar akan muncul di bawahnya
Mockup Buku 3D

  • Lalu klik "Next" untuk langkah selanjutnya

4. Langkah Keempat

  • Download mockup dengan pilihan "PNG" atau "JPG" untuk mockup 3D yang diinginkan 
Mockup Buku 3D

Untuk PNG, background mockup akan transparan. Untuk JPG, background mockup tidak transparan biasanya berwarna putih. Jika mockup 3D ini masih ingin di-edit dan ingin menambahkan background yang lebih menarik, sebaiknya download dengan pilihan PNG.

Mockup Buku 3D
Hasil mockup menggunakan template single di diybookcovers


Baca juga Pengaturan Blog yang Sering Terlewat dan Harus Tahu!

Untuk template "Composite" caranya juga sama dan tak ada bedanya. Tinggal ikuti langkah-langkah seperti diatas. Jika masih bingung, cek langkah di bawah ini untuk tutorial mockup buku 3D dengan template "Composite"

1. Langkah Pertama

  • Pilih template "Composite" akan keluar seperti gambar di bawah ini
Mockup Buku 3D

  • Klik "Next" jika sudah memilih template yang diinginkan

2. Langkah Kedua

  • Klik "Browse" untuk memilih cover buku
Mockup Buku 3D

Cover buku yang di-upload disesuaikan dengan template yang dipilih. Jika yang dipilih hanya cover depan berarti cover yang di samping tidak perlu di-upload.

  • Klik "Upload" jika sudah memilih covernya
Mockup Buku 3D
  • Klik "Next" untuk langkah selanjutnya

3. Langkah Ketiga

  • Download mockup buku yang telah selesai dengan pilihan "PNG" atau "JPG"

Mockup Buku 3D
Tampilan menggunakan template composite lebih menarik dibandingkan template single

Baca juga Cara Mudah Mengubah File Microsoft Word ke PDF!

Mengapa Membuat Mockup Buku 3D?

Masih ada beberapa penulis yang belum paham mengapa harus membuat mockup buku 3D ini. Padahal ini penting untuk mempromosikan sebuah buku. Berikut ini alasannya :

1. Buku Terlihat Menarik

Pasti ingin dong buku yang kita tulis semakin menarik ketika dilihat oleh orang lain atau calon pembeli. Nah, dengan mockup buku 3D ini buku yang kita tulis akan semakin kece loh. Percuma kan jika cover atau sampul bukunya sudah keren, eh tapi tak ada mockup-nya. Pasti terlihat biasa aja.

Dengan menggunakan mockup ini, buku dengan sampul keren akan terlihat semakin kece. Menarik perhatian para calon pembeli. Bisa jadi yang awalnya tak berniat membeli jadi membeli karena mockup-nya yang keren. Wah , ayo dicoba sofware mockup ini, ya!

2. Membuat Calon Pembeli Kepo

Selain bukunya terlihat menarik, calon pembeli bakalan kepo banget sama isi bukunya. Biasanya kan yang pertama kali mencuri perhatian adalah si sampul buku tersebut, ya. Apalagi ditambah dengan mockup buku 3D ini, jadi semakin keliatan berkelas dan bagus banget deh.

3. Menambah Skill dan Pengetahuan

Untuk kita sendiri, hal ini akan menambah skill kita loh. Kita yang awalnya enggak paham cara membuat mockup dan dianggap sulit karena harus jago photoshop. Eh, ternyata ada software online yang sangat magic ini. Kita pun juga bisa mengasah skill desain nih, tinggal download aja di PNG terus masukin di Canva untuk diotak atik biar makin cantik.

Mockup Buku 3D
Koloborasi antara mockup dan desain pakai Canva

Pengetahuan kita mengenai software online juga semakin bertambah jadinya. Enggak gaptek-gaptek amatlah, ya. Nanti kalau ada yang tanya kenapa mockup yang kita share keren. Kita bisa jawab dan berbagi sama yang lain. Wah, seru, ya!

Baca juga Musti Coba, Bikin CV Kece dari Canva Premium Rasa Gratis!

Mengapa Memilih Sofware Online?

Dari dulu saya lebih suka menggunakan software online dibandingkan aplikasi. Karena buat saya software online itu ajaib banget. Hanya lewat browser semua pekerjaan yang tadinya begitu sulit kalau enggak ada aplikasinya jadi sangat mudah banget. Nah, ini ada beberapa alasan kenapa memilih software online :

1. Tidak Perlu Download Aplikasi

Untuk saya ini alasan pertama yaitu tidak repot untuk download aplikasi. Belum lagi menghabiskan storage di laptop atau handphone. Buat saya terkadang download aplikasi itu ribet dan enggak efisien. Makanya bersyukur banget sama orang-orang yang jago bikin software online. Sudah begitu gratis lagi. Alhamdulillah.

2. Cara Menggunakannya Sangat Mudah

Selain itu, kebanyakan software online penggunaannya sangat mudah. Sangat user friendly, jadi untuk yang agak gaptek nih, pakai sofware online tuh enak banget. Enggak perlu ribet baca tutorial yang kadang bikin sakit kepala. Pakai software online ini langsung coba-coba aja bisa loh. Seru banget emang pakai software online.

3. Gratis

Yap, gratis ini salah satu hal yang membuat saya juga betah untuk cari-cari software online terus ketika dibutuhkan. Memang sih ada beberapa yang juga berbayar. Tapi kalau ada yang gratis kenapa memilih yang berbayar kan? Hihi. Tapi, jika ingin yang hasil yang lebih baik lagi ya pastinya yang berbayar lebih banyak fiturnya. Buat saya sih yang gratis selama ini cukup mengesankan kok.

4. Tidak Banyak Menghabiskan Storage

Nah, bener nih terkadang kita lelah ya untuk menghapus beberapa foto atau gambar di galery atau juga menghapus beberapa aplikasi agar storage-nya lenggang. Tapi kalau pakai software online, tinggal tulis aja url-nya di browser langsung deh bisa digunakan. Praktis banget sih. Favorit memang software online, hehe.

5. Hasilnya Cukup Memuaskan

Yap, hasilnya enggak kalah dengan aplikasi loh. Coba aja bandingkan diybookcovers dengan photoshop, enggak beda jauhkan? Walaupun photoshop bisa lebih keren dari diybookcovers, tapi buat saya pribadi diybookcovers sudah keren banget. Bikin buku saya yang tadinya biasa aja jadi luar biasa, hihi.

Baca juga Khusus Pemula, Modal Jari Telunjuk Bisa Bikin Ilustrasi Kece!

Nah itu tadi tutorial dan alasan mengapa membuat mockup buku 3D. Semoga bisa membantu kamu yang sering bingung nih untuk membuat mockup. Sebenarnya ada banyak software online lainnya untuk membuat mockup. Lain kali akan saya bahas. Semoga bermanfaat, ya.

Salam,


Comments

  1. Ya ampun, aku baru tau loh, kak. Ada software online gini. Aku pikir, tampilan cover temen-temen penulis yang belum diterbitin tuh emang versi dummy gitu. Terus difoto. Eh ternyata bisa ya, langsung desain gini tanpa repot. Malah, kalau mau ngajuin ke penerbit, terus udah ada sampul desain gini, kayanya bakalan bikin editor seneng ya

    ReplyDelete
  2. keren tambah lagi deh pengetahuan software buat mockup buku. eh berarti bisa buat mock up websiter jg ga sih mbak steffi?

    ReplyDelete
  3. Keren informasinya. Baru tau kalo ada mockup buku dari software online. Jadi promosi buku semakin mudah. Thanks ya

    ReplyDelete
  4. Baru tau kalo ada mockup gratis dari software online. Semakin mudah bikinnya. Semakin cepat juga promosi bukunya. Makasih infonya

    ReplyDelete
  5. Keren ya buat sendiri, biar sesuai dengan keinginan kita sendiri ya sehingga hasilnyapun lebih memuaskan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top