steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Belajar Kombinasi Warna Menggunakan Color Tool

Hai, Sobat Blogger!


Pernah merasakan pusing tujuh keliling ketika mengombinasikan warna pada logo, poster, banner, header atau desain lainnya? Nah kamu enggak sendiri, banyak yang senasib sama kamu termasuk saya, wkwkwk. Iya lah secara bukan anak desain mana paham yes yang seperti ini? Iya enggak? Tapi, enggak perlu khawatir kita belajar bareng aja sini, hihi.

Kebetulan saya tuh orangnya visual banget dan suka melihat yang cantik-cantik. Makanya saya suka banget ngaca *abis ini auto di lempar sendal, wkwkwk. Jika melihat sesuatu kurang menarik hati, salah satunya pada warna, enggak akan membuat saya berpaling tuh. Tapi, ketika melihat desain seseorang yang emang menarik. Mau berjam-jam juga bakalan di kepoin deh. Ada yang kaya saya juga? Tos kamu enggak sendiri, kita temenan yuk, wkwkwk.

Mengapa kombinasi warna itu sulit?

Mungkin karena kita emang belum terbiasa kali, ya. Jadi, ketika membuat desain sering banget pakai warna ngelantur. Malah kadang enggak nyambung blas, wkwkwk. Kesel banget tuh pasti, heu. Nah, untuk itu lah saya mau bagi-bagi ilmu mengenai material desain nih. Minimal kita tahu lah bagaimana mengombinasikan warna.

Pakai apa untuk belajar kombinasi warna?

Pakai aplikasi online aja. Enggak usah download aplikasi yang menghabiskan memory. Cukup lewat browser laptop atau handphone kamu bisa langsung belajar kombinasi warna ini. Asyik abis kan? Saya pas tahu juga takjub, hihi. Mau belajar juga? Yuk, belajar bareng kita, gaes.

Apa nama aplikasi online-nya?

Namanya Color Tool. Aplikasi ini yang paling lengkap warnanya menurut saya yes. Ada beberapa sih aplikasi online kombinasi warna ini. Tapi, ya begitu deh warna-warnanya enggak banyak dan kurang oke menurut saya. Nah, di Color Tool ini lumayan lengkap selain itu kita bisa custom warna. Wah, semakin banyak warna cantik yang bisa dipadupadankan nih.

Sudah enggak sabar mau tahu bagaimana cara pakai Color Tool ini? Enggak sabar juga apa saja kekurangan dan kelebihan dari Color Tool ini? Yuk, dah langsung aja kita bahas di bawah ini, gaes.

Tutorial Mengombinasikan Warna di Color Tool

Siapa yang sudah tak sabar? Sayaaaaaa. Kok saya? wkwkwk. Iya, saya pun enggak sabar mau bagi-bagi ilmu baru nih, hehe. Semoga selalu betah dengan tutorial yang saya buat, yes. Baiklah langsung aja cek tutorialnya di bawah ini.

1. Masuk ke web Color Tool

2. Klik dimana saja untuk memulai


3. Klik "Got It"


4. Pilih warna "Primary" yang disukai di "Material Palette/Custom"


5. Akan terlihat hasilnya di tampilan sebelah kiri "User Interface"

6. Pilih warna "Secondary" yang disukai di "Material Palette/Custom"

Warna secondary yang belum dipilih

Saya pilih warna teal yang soft

7. Akan ada 6 tampilan dari hasil kombinasi warna yang kita pilih







8. Jika kurang suka, bisa "Reset All" di bawah menu Material Palette

9. Pilih "Accessibility" untuk melihat baiknya menggunakan text berwarna apa (putih atau hitam)

Ada warning "Not LEGIBLE" berarti tidak cocok



10. Klik "Export" jika ingin mendownload UI yang sudah di buat


Export

11. Atau klik tanda "link" untuk copy link


12. Klik "Material Guidance" untuk memahami kombinasi warna lebih jauh lagi


Nah, kira-kira itu tutorial mengombinasikan warna dengan Color Tool. Oke punya enggak? Kalau menurut saya not bad lah. Kita jadi paham untuk mengkreasikan warna sebelum mendesain. Meski Color Tool ini lebih condong kepada pembuat UI (User Interface) Development. Tapi, Color Tool ini juga bisa kita pelajari membuat mencoba-coba padu padan warna. Terus, paham juga mengenai warna pada text. Iya enggak?

Kelebihan Color Tool

Ada beberapa kelebihan Color Tool dengan beberapa kombinasi warna yang pernah saya gunakan (nanti akan saya share juga pembanding aplikasi online Color Tool ini). Apa saja ya kelebihannya? Simak ulasannya berikut ini :

1. Kombinasi Warna Beraneka Ragam

Buanyak pilihan warna, suka yang mana?

Warna yang diberikan pada Color Tool ini bikin saya jatuh hati, hihi. Coba lihat banyak banget kan warnanya. Belum lagi warna-warna pastelnya. Duh bikin enggak mau berpaling dari Color Tool. Emang suka banget sama warna soft. Bikin adem di mata. Makanya pas pertama kali nyoba pakai warna soft aja, karena sudah jatuh hati duluan. Duh!

2. Ada Accessibility untuk Text

Ini penting banget sih kalau menurut saya. Karena apa? Kita jadi tahu sebaiknya text pada warna dasar yang telah kita pilih itu baiknya berwarna ini. Nah, jadinya pas dilihat oleh orang lain enggak kebelinger sama text, ya. Banyak loh desain yang warna dasarnya apa dan text-nya apa bikin mata menyipit sampai maksimal karena enggak ke baca. Jadi, hal ini bisa kita hindari kalau pakai Color Tool. Iya, enggak?

3. Bisa Custom Warna

Enggak ribet untuk custom warna

Color Tool ini emang software yang mengerti kita banget. Paham aja gitu kalau kita mah enggak mau yang bayar-bayar. Maunya yang serba gratis. Kalau di aplikasi online lainnya untuk custom warna atau tambahan warna lain harus bayar. Tapi di Color Tool, enggak dong! Asyik banget bisa betah cek kombinasi warna disini deh.

4. Mudah Mengkombinasi Warna

Yes, mudah banget kombinasi warna di Color Tool. Jelas banget sama warna Primary dan Secondary. Selain itu, di Current Text juga jelas apa saja warna yang senada dengan warna yang kita pilih. Tuh, keren banget enggak sih Color Tool? Jadi, mau lanjut kombinasi warna lain, hihi.

6. Bisa di Export pada aplikasi Android, IOS dan Code Pen

Untuk yang suka dan paham mengenai User Interface ini cocok banget emang untuk mereka. Saya sih "sedikit" paham. Bukannya sok, tapi dulu sewaktu kuliah sudah sahabatan banget saya sama UI ini, wkwkwk. Tapi, dulu mah enggak paham kalau ada Color Tool. Bikin UI plus warnanya pakai codingan yang bikin mual selama kuliah, wkwkwk. Jadi, untuk para developer/programming emang Color Tool membantu banget yes!

7. Mudah Dipahami

Yap, aplikasi online dari Color Tool ini gampang banget dipahami. Enggak bikin ngamuk dan senewen, hehe. Terus enggak banyak iklan juga di website-nya. Jadi, enggak bikin bingung sama sekali. Saya awal buka langsung tahu gitu harus ngapain, hihi. Nah, menurut kamu juga mudah enggak?

Setuju dengan kelebihan dari Color Tool ini setelah mencobanya? Kira-kira menurut kamu apa saja sih kelebihan lainnya? Nah, boleh banget nanti kamu tambahkan di kolom komentar, ya.

Kekurangan Color Tool

Yap, ada kelebihan pasti ada dong kekurangannya, hehe. Kaya kita manusia yang sudah diciptakan sempurna aja punya kekurangan dan kelebihan. Apalagi aplikasi online Color Tool ini yang buat juga manusia, hehe. So, kira-kira apa saja sih kekurangan Color Tool ini? Yuk, cek ulasan saya di bawah ini :

1. Tampilan Hanya Untuk User Interface

Tampilan pada Color Tool memang hanya untuk User Interface. Color Tool ini hanya bisa sebagai UI, bukan yang lain. Namun, meski begitu, kita tetap bisa belajar kombinasi warna dari Color Tool ini. Tapi, jika kamu enggak puas dan masih penasaran bisa googling dan cari aplikasi online yang lebih bagus dari Color Tool ini. Kalau dapat kabari saya juga ya, hehe.

2. Kombinasi Warna yang Bisa di Pilih Hanya 2

Pada P-dark dan S-dark, warna yang dipilihkan sistem

Yap, pada kombinasi warna yang seabrek itu, kita hanya bisa memilih 2 warna. Pada warna primary dan secondary, sedangkan warna lainnya dipilihkan langsung oleh sistem. Sebenarnya ada bagusnya sih, jadi kita paham kombinasi warna yang pas. Tapi, kalau saya kurang puas karena ingin coba juga warna lain, hoho. Ada yang setuju dengan pernyataan saya ini? Hehe.

3. Tidak Ada Penilaian Akurasi Kecocokan Warna

Nah, dulu tuh sewaktu saya kerja ada aplikasi online yang memberikan penilaian akurasi pada kombinasi warna. Jadi ketika kita pilih warna merah dan biru pada suatu desain, aplikasi tersebut akan memberikan penilaian. Apakah cocok atau tidak. Sayangnya di Color Tool tidak terdapat ini, ya. Jadi, kita kurang tahu penilaian orang lain terhadap desain kita ini, tapi ke bantu banget sama warna lain yang dipilihkan sistem sih (selain 2 warna yang kita pilih).

So, menurut saya masih worth it untuk belajar kombinasi warna pakai aplikasi Color Tool ini. Eh ada yang mau tau aplikasi penilaian akurasi kecocokan warna ini? Jangan tanya aplikasinya apa karena saya juga lupa, wkwk. Nanti ya saya cari tahu dulu.

Itu tadi ketiga kekurangan yang saya rasakan pada Color Tool. Memang aplikasinya mudah dipahami dan sederhana. Tetapi, untuk yang suka desain pasti kurang greget, ya. Kalau menurut kamu yang sudah coba, apakah ada kekurangan lain?

Alasan Kamu Harus Menggunakan Color Tool Ini

Setelah membaca penjelasan kelebihan dan kekurangan dari Color Tool. Apakah kamu akan tetap mencoba aplikasi ini? Nah, kalau masih belum tertarik coba baca alasan yang saya buat nih. Supaya kamu mencoba aplikasi online satu ini. Sini-sini merapat baca ulasan saya, ya.

1. Belajar Kombinasi Warna

Untuk kamu yang masih awam banget sama padu padan warna dan sering salah warna alias tabrak warna. Nah, coba deh aplikasi color tool ini. Mudah banget cara pakainya, enggak bikin bingung. Penampilan aplikasinya juga sederhana dan langsung to do point. Paling penting, enggak ada iklan yang mengganggu *padahal blog sendiri banyak iklannya, wkwk.

2. Mengetahui Warna Text yang Tepat

Warna text yang tepat juga perlu kita pelajari loh. Jangan sampai ketika kita akan mendesain banner untuk blog kita salah warna text. Jadinya enggak ke baca kan sayang, sudah capek-capek buat tapi orang lain pas baca enggak paham, huhu. Nah, jadi silahkan coba-coba ya di Color Tool ini kalau mau lebih paham mengenai warna text yang tepat.

3. Bisa Diaplikasikan pada Desain Kamu

Meski aplikasi online ini hanya untuk User Interface tapi warnanya bisa diaplikasikan di desain kamu loh. Kok bisa? Iya lah jelas bisa, kan sudah tahu warna apa saja pada desain yang kita pilih. Terus sudah ada saran warna text juga di Accessibility. Nah, tinggal diaplikasikan saja di desain yang akan kita buat. Pasti lebih kece deh desainnya. Yuhu~

4. Menambah Kepekaan Ketika Padu Padan Warna

Banyak belajar kombinasi warna di Color Tool pasti akan menambah juga kepekaan kita terhadap padu padan warna. Awalnya mungkin masih bingung untuk kombinasi warna. Tapi lama kelamaan juga akan lebih peka jika sudah mulai menguasai. So, jangan menyerah untuk belajar kombinasi warna ya. Biar semakin yahud desain kita.

Bagaimana dengan penjelasan mengenai Color Tool yang saya sampaikan diatas? Semoga mudah dipahami, ya. Enggak ada salahnya juga untuk saling sharing aplikasi online mengenai kombinasi warna ini, hehe. Komentar aja di bawah ini, ya. Semoga tulisan saya ini menambah ilmu untuk kalian yang membaca.

Salam,

Comments

  1. Ah mbak Stefiku cetar banget sih ilmunya duh duh butuh waktu pelan-pelan buat belajar

    ReplyDelete
  2. Mbak, aku masih bingung..harus baca pelan-pelan, aku simpen dulu deh, kalau perlu dan luang waktu aku pelajari ini...(kek sibuk aja aku iniiih)
    Makasih sharing ilmunya yaaa;)

    ReplyDelete
  3. Duuh, tabrak warna? Kayanya aku banget nih, karena gak pandai padu padan jadi serahin pada ahlinya aja termasuk desain kopermini, hehe ...

    ReplyDelete
  4. Mbak steff ini memang jagonya tutorial. Lengkap dengan gambar tampilan realnya. Penjelasan juga selalu runtut danwjelas.
    Sudah beberapa kali lho saya mengikuti beberapa tutorial yang mbaketulis. Tapi memang untuk yang tutorial ini, sepertinya saya akan lemot ehehee puanjaang prosesnya bikin keder

    ReplyDelete
  5. Wow, keren ilmu baru nih padu padan warna pakai color tool

    ReplyDelete
  6. Mba Steffi selalu penuh dengan ilmu baru nih blognya. Saya juga ijin save ya Mba. Perlu belajar pelan-pelan nih.

    ReplyDelete
  7. Wih, kalau nyoba-nyoba kayak gini bakalan wasting time banget nih. Secara sangat menarik. Selama ini aku ngandalin feeling aja, wkwkwk, ternyata ada to tool-nya. Nah, kalau masalahku tuh tampilan di Lappy sama HP agak beda. Lebih soft yang di- HP. Mbuh itu kenapa mungkin resolusi layar gadget-nya ya.

    ReplyDelete
  8. Hidup di zaman canggih. Apa2 harus canggih. Termasuk otak nih...apa saja bisa tinggal mau belajar atau tidak

    ReplyDelete
  9. Selalu suka tutorial mb steffi, habis aneh-aneh dan tutorial nya lengkap kap, he. Terima kasih ilmunya mb. Baru tahu ada aplikasi beginian.

    ReplyDelete
  10. Ibu ilmu yg sangat bermanfaat yesss.. Sya lagi keranjingan banget bikin flyer dan banner dan info ini sangat membantu. Thanks yah mbaa

    ReplyDelete
  11. Masalah desain tergantung selera ya mbak. Saya suka warna pastel tapi suka warna soft juga. Makasih imfonyaAmbak. Nice

    ReplyDelete
  12. Suka deh sama Mbak Steffi yang hobi ngoprek2, terus ilmunya dishare deh...

    ReplyDelete
  13. Mbk Steffi telaten benar ya, hebat deh... Suka baca tips dan rekomendasi aplikasi bisa langsung praktek deh...

    ReplyDelete
  14. Usiaku wus setengah abad...pngen bljar tapi kudu pelan-pelan. Keren deh ilmu mb stefi, kpn2 aq meguru ya mb? Mksh

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top