steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Cara Mudah Merubah File Microsoft Word ke PDF dan Sebaliknya

Hi, Sobat Blogger!


Untuk sebagian besar orang mengubah PDF ke Microsoft Word adalah hal yang membingungkan, ya. Bukan hanya itu saja kadang membuat file PDF aja enggak tahu. Bukan sebuah aib kok, wajar aja kalau ada orang yang enggak paham. Enggak harus hal harus kita kuasai. Santai aja yang penting suami tetap cinta *cailah, wkwkwk.

Dulu sewaktu saya masih kerja di sebuah perusahaan swasta. Sering banget si bos meminta saya mengubah file PDF ke Microsoft Word atau Excel atau bahkan ke Microsoft Power Point. Biar apa? Biar mudah di edit atau di rubah katanya. Iya kalau sudah di save ke PDF emang enggak bisa lagi di rubah, gaes. Kecuali punya software PDF Reader. Nah, baru deh bisa di edit.

Berhubung bos saya ini ogah ribet, wkwk. Jadilah dia minta saya rubah si PDF ke Microsoft Word. Maklum Micosoft Word emang lebih nyaman digunakan sih untuk edit dibandingkan tetap di PDF. Apalagi jika ada kesalahan besar dan editing yang cukup banyak. Untuk yang tak biasa menggunakan PDF pasti akan memakan waktu lama. Tetap saja ujung-ujung kembali ke Microsoft Word.

Untung saja zaman kuliah dulu sempat tahu aplikasi yang bisa merubah PDF ke Microsoft Word. Hah? Harus pakai aplikasi? Iya, tapi aplikasinya enggak perlu download kok. Tenang aja, hanya perlu klik link URL aja alias aplikasi online kok.

Tapi mudah enggak cara penggunaannya. Mudah kok dan sudah banyak banget aplikasi online untuk merubah PDF ke Microsoft Word ini. Gratis pula. Wah, semakin memudahkan kita untuk mengedit file dari PDF nih. Kan tinggal rubah apa di aplikasi online, hihi.

PDF itu apa sih?

PDF adalah Portable Document Format. File ber-type PDF ini memang sangat aman untuk bertukar informasi. Karena pada PDF bisa mengunci file ketika dibagikan. Pernah enggak mendapatkan file yang ketika di buka enggak bisa di baca atau isinya amburadul? Nah, kalau pakai PDF insyaallah hal itu enggak terjadi, karena itu tadi, sudah di kunci file-nya. Tulisan di dalam akan tetap sama ketika di kirim. Oleh karena itu, kebanyakan perusahaan menggunakan format PDF ini untuk mengirim data.

Selain itu, menggunakan format PDF juga bisa dirahasiakan dengan menggunakan password. Sebenarnya Microsoft Word juga bisa kok. Tapi, PDF ini memiliki kelebihan lain, yakni ketika dikirim memiliki byte yang kecil dibandingkan Microsoft Word. Nah, makanya PDF lebih disukai untuk bertukar data karena beberapa kelebihan tersebut.

Pada PDF kita enggak bisa langsung nulis ya, tetap menggunakan Microsoft Word dulu baru bisa. Setelah itu di Save as PDF supaya file yang ditulis terkunci. Nah, untuk kamu yang belum tahu caranya. Sini merapat kita belajar bareng.

Merubah File Microsoft Word ke PDF

Sebelum kita merubah PDF ke Microsoft Word, ada baiknya juga belajar merubah File Microsoft Word ke PDF nih. Supaya bisa juga, yes. Jadi, kalau mau bolak balik rubah juga gampang, hihi. Baiklah yuk, langsung cek aja tutorialnya.

1. Buka Microsoft Word


2. Masukkan tulisan yang diinginkan

3. Pilih "File"


4. Pilih "Save as"


5. Masukkan "Nama File" yang diinginkan

6. Klik "Save as Type" dan pilih "PDF"


7. Dalam hitungan detik file sudah berhasil berubah ke PDF. Selamat!

Dalam bentuk PDF

Mudah banget kan? Iya, kalau untuk merubah Microsoft Word ke PDF lebih mudah dan enggak perlu menggunakan aplikasi online. Tetapi untuk PDF ke Microsoft Word karena enggak bisa langsung dari PDF dirubah ke Microsoft Word. Untuk itu diperlukan aplikasi lain untuk merubahnya kembali. Lalu bagaimana caranya? Yuk, kita bahas.

Merubah File PDF ke Microsoft Word

Seperti yang saya jelaskan diatas kalau untuk merubah file PDF ke Microsoft Word harus menggunakan aplikasi online. Sebenarnya ada sih di PDF Readers tapi berbayar, hehe. Nah, kita kan emak-emak sukanya gratis, yes. Jadi pakai aplikasi online aja, hoho. Bagaimana caranya? Begini loh!

1. Buka aplikasi online Pdf2Word

Pastikan dalam PDF to DOC

2. Klik "Unggah File" atau "Letakkan File Anda Disini" dengan cara di tekan


3. Jika pilih "Unggah File" pilih file PDF yang akan dirubah ke Word

Pilih file PDF yang akan dirubah jadi Word

4. Tunggu hingga mengunggah selesai

5. Klik "Unduh" untuk mendownload file yang sudah berubah


6. Atau klik "Unduh Semua" jika file yang dirubah ke Word banyak

Mudah banget kan? Semudah itu merubah file PDF ke Microsoft Word. Jadi, ketika nanti ada file PDF yang kamu terima terus ingin merubahnya ke Microsoft Word. Gampang banget, tinggal pakai aplikasi online Pdf2Word aja selesai deh.

Tips Ketika Merubah PDF ke Microsoft Word

Ada beberapa tips yang perlu kamu tahu nih ketika akan merubah file PDF ke Microsoft Word. Jangan tiba-tiba kesal sendiri ketika "gagal" merubah PDF ke Microsoft Word. Iya, pasti ada aja kejadiannya, hihi.

Kaya saya dulu pas merubah file PDF yang diminta si Bos di kantor. Ternyata pas di cek enggak berubah dong meski formatnya sudah .doc. Bingung? Jelas lah. Padahal itu dokumen perlu banget di edit sama si Bos, wkwk. Untuk itu dari pengalaman ini lah bisa saya berikan beberapa tips ini. Supaya nanti kamu pun tahu kesalahannya apa. Yuk simak ulasannya :

1. Isi PDF Berupa Tulisan Tetapi dalam Bentuk Gambar

Maksudnya apa? Jadi tulisan dalam PDF tersebut bukan tulisan berupa text yang biasanya kita tulis, tetapi dalam screen shoot yang dimana telah ada perubahan type yaitu JPG atau PNG. Nah, tentulah ini enggak bakalan bisa di edit tulisan di dalamnya.

Kalau saya dulu tetap dirubah ke Microsoft Word. Tulisan berupa gambar tersebut saya save lagi di file dan rubah lagi ke JPG to Microsoft Word. Agak ribet emang karena harus rubah satu-satu. Tapi itu lebih baik daripada kita harus menyalin satu persatu kata di Microsoft Word. Heu, mau berapa lama selesai kalau itu ada ratusan ribu kata dalam Microsoft Word? Hihi.

2. PDF Tidak Bisa Berubah ke Word

Jika tak berhasil merubah PDF ke Microsoft Word menggunakan Pdf2Word. Ada baiknya clear cache dulu. Jika tetap enggak bisa, mungkin saja ada perbaikan di aplikasi online ini. Coba pakai aplikasi online lain. Biasanya penggunaan yang terlalu sering untuk merubah PDF ke Word ini mengalami beberapa kesalahan dalam aplikasi online.

Ya, namanya juga gratis say. Jadi, kadang ada saja hal-hal yang tak diinginkan, hihi. Jadi, jangan menyerah dengan satu aplikasi. Bisa coba aplikasi lainnya juga kok. Ada banyak aplikasi online untuk merubah file PDF ke Microsoft Word loh. Insyaallah nanti saya bahas juga aplikasi pembanding yang sering saya pakai juga.

Nah, dari penjelasan saya diatas apakah sudah mulai di pahami? Untuk merubah suatu file dari file lainnya bukan hal yang enggak mungkin loh. Sekarang zaman serba digital, ada aja aplikasi yang bisa kita gunakan. Selain itu, juga caranya sangat mudah. Insyaallah, emak-emak pasti bisa pakainya.

Ada yang pernah punya pengalaman dan tips lain untuk merubah file PDF ke Microsoft Word atau sebaliknya? Share ya di kolom komentar di bawah ini.

Salam,

Comments

  1. Terimakasih mbak stefiku Alhamdulillah aku mah simpen blogmu ajah biar dapat notif ilmu terus dar

    ReplyDelete
  2. web mb Steffi ini khas banget, bnyak tips yang sering dibutuhkan di dunia digital ehehe~ terima kasih bnyk mb ^^

    ReplyDelete
  3. wah, ada cara praktis mengubah ws.word ke pdf ternyata. selama ini hanya pakai aplikasi atau ubah secara online. terima kasih mbak.

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya Mbak Steffi, jadi dapat link yang gretongan niiih

    ReplyDelete
  5. saya belum pernah nih kalau dari pdf dirubah ke ms word, makasih tips nya mba :)

    ReplyDelete
  6. Wow, selalu keren dan adaa aja topik yang dishare. Barakallahu mbak steffi.

    ReplyDelete
  7. Waaah ngilmu banget... Tqu ka epi infonya... Semoga makin berkah tulisannya krn byk yg dpt digali... Met nge- word dan pdf ria...


    ReplyDelete
  8. asiiiik ilmu baru buatku yang selama ini gaptek, thanks for sharing mbak :)

    ReplyDelete
  9. Baru tahu saya Ada aplikasinya. Maklum udah jadi emak kadang Lola soal teknologi. Masih sharingnya, Mbak

    ReplyDelete
  10. saya baru tahu kalau itu Pdf bisa juga dirubah ke words, mbak. Pernah coba tapi nggak berhasil, jadi saya pikir nggak bisa dirubah ke words Terimakasih sharingnya.

    ReplyDelete
  11. Duh klo PDF ke word jarang banget melakukannya. Lagian biasa nulis pakai hp di aplikasi WPS Office qiqiii... Tapi makasih ilmunya dek. Besok klo ada teman yg bingung bisa langsung kontak kamu,deh. Mmuaahhhh...

    ReplyDelete
  12. Aku juga sering pakainya online mba untuk merubah pdf ke word. Selama ini si lancar jaya tak pernah ada kendala.

    ReplyDelete
  13. Dulu pernah punya aplikasinya juga mbak, setelah itu lebih suka pakai yang online biar laptop lebih enteng, tips kalau gagal dikasih ke anak magang aja suruh ngetik hihihihi

    ReplyDelete
  14. Ternyata mudah banget cara mengubahnya ya Mbak. Saya kadang ubah pdf ke word atau sebaliknya lewat situs online saja, lebh praktis ya

    ReplyDelete
  15. Mb Stefi selalu keren mancao ilmunya ni. Pngen bljr tp ya pelan2. Mksh mb nnti kpn2 aq japri ya mksh

    ReplyDelete
  16. Terima kasih Mbak Steffi yang nggak bosen-bosen ngajarin kami masalah yang teknis-teknis begini. Biasanya saya selau ngandelin anak yang lulusan jurusan IT untuk masalah-masalah begini. Mau belajar lagi ah biar bisa kerjain sendiri.

    ReplyDelete
  17. Kalau saya ubah word ke PDF biasanya pakai cara print to PDF, naah klo PDF to Word kadang berhasil pakai online kadang nyerah aja dan langsung ke teman, apalagi kalau ada yang mau diedit. Paling sebel tuh klo mau diedit dan fontnya harus sama, fiuuhh.
    Anyway makasih tipsnya ya Mbak :)

    ReplyDelete
  18. Saya belum pernah coba nih, Mbak..makasih banyak mbak ilmunya..jangan lupa kirimin martabak, ya..kwkwk

    ReplyDelete
  19. oh bisa begitu ya caranya..
    aku biasanya convert secara online.. hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top