steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Pengaturan Blog yang Sering Terlewat dan Harus Tahu!

Halo, Sobat Blogger!


Belajar blogging itu emang enggak ada habis-habisnya, yes. Ada aja, ada lagi, belajar terus, hihi. Nikmati aja, gaes. Namanya juga teknologi akan selalu berkembang, jadinya belajar ilmu lagi lagi dan lagi. Tapi, tetap jangan lupa menulis di blog ketika sibuk memperkaya ilmu blogging, ya, hihi.

Kebanyakan sih begitu, saking sibuknya coding atau otak atik blog. Nah, ujung-ujungnya blog enggak ke isi sama tulisan. Duh, kasihan dong si blog dianggurin. Nah, menambah ilmu blog seharusnya juga menambah semangat untuk menulis dong. Iya enggak? Secara ketika dapat ilmu baru sebaiknya di bagi-bagi kepada yang lain. Biar apa? Biar ilmu yang kita berikan terus mengalir dan bisa bermanfaat untuk orang lain. Wah, berbagi tanpa kehilangan ilmu ini namanya, hehe.

Nah, terus sebenarnya yang mau saya bahas sekarang apa, ya? Wkwkwk. Maafkan yes kalau kadang suka banyak melenceng kesana kemari. Keasyikan menulis di blog tuh kaya begini, ya. Bebas mau menulis apa aja, ujung-ujungnya juga curhatan, wkwkwk.

Oke, back to topic sebelum pengunjung kabur dengan cerita saya yang enggak jelas, wkwk. Sekarang tuh saya mau kasih tahu ke blogging pemula nih. Masih banyak settingan blog yang sering terlupa atau terlewat. Kadang kalau saya sedang blogwalking, ketemu tuh ada blog-blog yang ternyata belum setting ini dan setting itu.

Sebenarnya saya bisa aja sih japri (jaringan pribadi, buat yang belum tau itu kepanjangannya, yes, wkwkw) beliau-beliau via WA dan memberitahukannya. Tapi, karena saya anaknya super duper mager jadi saya buat aja tulisan di blog. Nanti tinggal saya share aja ke yang bersangkutan. Iya enggak? Hoho. Sekalian juga menambah tulisan di blog *enggak mau rugi, hehe.

Kira-kira apa saja sih pengaturan atau setting di blog yang sering terlewat sama pemula? Nah, kita langsung mulai saja yuk pembahasannya. Check this out, gaes!

Pengaturan HTTPS

Ketika saya blogwalking masih banyak blog yang belum melakukan pengaturan https ini. Padahal ini penting loh untuk keamanan alamat url blog kita. Jika blog kita belum https masih belum secure (aman). Nah, pernah enggak kira-kira ketika kita sedang blogwalking terus ketika si blog tersebut kita buka ada warning enggak aman? Nah, itu biasanya alamat urlnya belum https tapi baru http.

Bagaimana sih cara setting https? Guampang banget loh. Nih, saya kasih berikan tutorialnya, ya.

1. Masuk ke dashboard blogspot

2. Klik "Setting/Setelan"


3. Pilih "Basic/Dasar"


4. Pilih "HTTPS"

5. Klik "Yes" pada HTTPS Availability dan HTTPS Redirect


Nah semudah itu loh. Tapi, ya namanya belum tahu tetap aja bingung, yes! Semoga enggak bingung lagi, ya. Langsung praktek, ya. Biar ilmunya, enggak hilang, hihi. Oh, iya mau tahu juga apa manfaat HTTPS di blog? Cek disini.

Bisa cek juga di learn more pada https

Pengaturan Permission

Di pengaturan ini terdapat 2 yaitu, Blog Authors dan Blog Readers. Terus kegunaan masing-masing itu apa? Kalau untuk Blog Authors, berguna menambahkan admin di blog tersebut. Jika, kita tak mampu mengurus blog sendiri, kita bisa meminta orang lain membantunya dengan invite email ke dashboard blog kita. 

Bagaimana dengan Blog Readers? Di pengaturan ini ada 3 kondisi blog, yaitu Public, Private  - Only blog authors dan  Private - Only these readers. Kalau saran saya kondisikan blog Public jika blog memang untuk konsumsi umum. Jika tidak public ada beberapa widget yang tidak bisa digunakan di blog kita. Salah satunya widget Follow by Email Gadget. Widget ini penting banget di blog, seperti subscriber gitu. Jika ada pengunjung yang memasukkan emailnya ke Follow by Email Gadget ini, setiap kita update tulisan di blog akan ada notifikasinya. Jadi, sayang kan kalau widget keren satu ini enggak terpasang di blog kamu.

Terus bagaimana cara mengatur permission di blog? Berikut ini saya share ya cara-caranya.

Blog Authors

1. Masuk ke dashboard blogspot

2. Klik "Setting/Setelan"

3. Pilih "Basic/Dasar"

4. Pilih "Permission"


5. Pilih Blog Authors

6. Add Authors


7. Masukkan nama email

8. Klik "Invite Authors"

9. Nanti akan ada email masuk ke email yang telah kita invite

10. Setelah di accept, pemilik blog bisa memilih si email undangan sebagai Author (hanya sebatas menjadi guest post) atau Admin (yang dapat melakukan apa saja seperti).


Blog Readers

1. Pilih "Permission"

2. Pilih Blog Readers

3. Klik "Edit"


4. Pilih "Public" atau yang lainnya sesuai dengan yang kamu mau


5. Jika pilih "Private" jangan lupa masukkan email readers yang kamu emang hanya mereka saja yang bisa baca blog kamu

Mudah banget ya untuk setting Permission ini. Sudah mulai tahu kan kegunaan Permision di Setting Basic? Alhamdulillah jika sudah paham. Yuk, kita capcus ke pengaturan blog yang lainnya, yes!


Pengaturan Comment Form Message

Apalagi maksudnya ya? Ini pengaturan yang berada di post, comments and sharing. Di bagian ini ada Comment Form Message. Nah, kegunaannya adalah untuk memberitahukan info kepada pengunjung yang akan berkomentar. Biar apa? Biar pengunjung merasa nyaman di blog kita karena pemilik blog sangat hangat ketika ada pengunjung yang datang.

Coba deh bayangkan ketika kita lagi jadi tamu di rumah orang. Nah, kita mau ngobrol nih sama pemilik. Tapi, pemiliknya diam aja enggak menyambut kita. Menurut kamu nih ya si tamu bakalan betah atau kabur? Pasti kabur enggak akan balik lagi, hehe. Katanya kan orang Indonesia itu ramah. Nah, tunjukkan keramahan kita lewat Comment Form Message Ini, ya.

Oh iya satu lagi kegunaan Comment Form Message ini. Blog saya memang saya setting moderation, supaya bisa di cek jika ada spamming komentar di blog. Nah, ketika kita memberitahukan info kepada pengunjung bahwa komentar kita di moderation, melalui Comment Form Message ini bisa banget loh. Jadi, pengunjung enggak bingung ketika nanti kirim komentar. Takutnya enggak sampai kan karena belum ke publish. Bisa spamming komentar terus menerus di blog kita. Oleh karena itu, manfaatkan Comment Form Message ini bagi yang komentar di blognya pakai moderation.

Lalu, bagaimana caranya? Guampang banget kok, hehe. Berikut ini caranya, yes.

1. Masuk ke dashboard blogger

2. Pilih "Setting/Setelan"

3. Pilih "Post, Comments, and Sharing"



4. Pilih "Comment Form Message"


5. Tulis info sesuai dengan keinginan kamu


6. Klik "Save Setting/Simpan Setelan" pada dashboard blogger di kanan atas

Wah, sudah jago nih pasti mengatur blognya ya? Insyaallah. Jangan menyerah dulu jika belum bisa, yes. Jika terus belajar dan upgrade ilmu akan bisa kok. Pelan-pelan aja belajarnya biar enggak bingung. Jadi, masih semangat dong untuk belajar pengaturan blog selanjutnya? Harus semangat, hihi.

Pengaturan Theme pada Mobile

Masih banyak yang kurang aware sama masalah satu ini. Ketika blogwalking dan pada link URL-nya terdapat m=1. Berarti itu link di copas pada browser handphone. Nah, apa yang terjadi jika kita lupa menonaktifkan theme pada mobile? Pasti tampilannya berbeda dengan yang tampil di desktop. Terus temanya juga berubah. Blog sudah cantik dan rapi, ketika di buka di handphone balik ke tema awal (bawaan blogger). Ada yang pernah mengalami? Hal ini wajib kamu ketahui loh, supaya enggak kejadian lagi dan membuat pengunjung nyaman ketika buka blog kamu menggunakan handphone.

Lalu bagaimana caranya? Caranya mudah kok. Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Masuk ke dashboard blogger

2. Klik "Theme"


4. Pilih tanda "Setting di bawah Mobile"


5. Jika kita pilih "Yes" maka theme ketika di handphone tidak akan seperti theme ketika di desktop


6. Maka pilih "No" agar theme tetap sama seperti yang di desktop


Selesai! Mudah sekali kan? Nah dengan begitu sekarang blog kamu ketika dilihat di handphone enggak akan salah tema lagi deh. Enggak akan balik ke tema klasik lagi. Wah, Alhamdulillah, yah sesuatuh, hihi.

Baiklah itu tadi beberapa pengaturan di blog yang terkadang luput oleh seorang blogger. Tak apa sih sebenarnya bukan perkara besar, tapi ada baiknya kita tahu dan melakukan pengaturan diatas bukan? Supaya pengunjung pun semakin betah ketika datang ke blog kita ini. Wah semakin semangat deh nanti nge-blognya.

Nah, dari pengaturan diatas mana yang belum kamu lakukan? Jika sudah semua, wah kamu keren banget loh. Sudah naik kelas *emang sekolah? wkwkwk. Semoga tulisan saya bermanfaat dan kamu bisa semakin semangat menulis di blog. Jangan lupa sharing juga pengalaman ngeblog kamu, ya, di komentar di bawah ini.

Salam,

Comments

  1. ntr malam coba utak atik lagi ahh hehe. tp ini untuk blogspot saja y mb? T_T

    ReplyDelete
  2. kayaknya yang belum di utak atik blog aauthors mbak. Yang https udah. Kayaknya pake blogspot lebih mudah, ya, daripada wp.

    ReplyDelete
  3. emang bener ya, sukanya otak atik blog, tapi lupa nulis di blog....hahahahah
    Btw ini untuk blogspot ya, mbak. Bagaimana untuk wordpress, mbak?

    ReplyDelete
  4. Baru tahu mba cara browsing di hape agar linknya tidak ada 'm' nya itu dengan cara tersebut toh. Sip, meluncur ke blogspotku untuk diperbaiki.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, sudah langsung dicoba, hehe. Makasih sharingnya mbak. Berfaedah banget. Btw kalo mengubah blog author yang muncul di akhir tiap postingan gimana mbak? Bisa dibikinin tulisannya sekalian? Hwkwkwkkk... *MaapNgelunjak Kabur ah sebelum digetok sama Mbak Steffi, hihihi...

    ReplyDelete
  6. Sangat berguna mbak Stef, kayak remeh tapi sangat penting buat blog kita khususnya blogspot. Kayaknya semua udah saya lakuin, InsyaAllah.

    ReplyDelete
  7. Info penting banget ini! Makasih mb steff

    ReplyDelete
  8. wah, baru paham juga ada bedanya ya antara blogwalking via HP ama laptop..makasih mbak sharingnya

    ReplyDelete
  9. Wa.. makasih mbak, bener ini sederhana tapi kadang terlupa. Padahal mudah juga ya mengaturnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Steffy ini bermanfaat banget. Tapi ini harus pakai lalaptop ya mba kalau mau otak-atik. Sebagai pemula, saya masih suka bingung kalau otak-atik blog. Hihi

      Delete
  10. Pengaturan tema biar enak dibaca via ponsel itu jangan sampai lupa. Soalnya saya pernah lupa atur ini. Kalau via web di PC sih bagus, tapi begitu dibuka via ponsep kok polos sekali. Jadi malas bacanya karena berasa baca jurnal kuliah. Ahahaha

    ReplyDelete
  11. ulasan yang sangat lengkap dan bisa jadi inspirasi untuk mengelolah blog dengan benar

    ReplyDelete
  12. Ulasannya lengkap dan jelas. Saya sudah coba edit blog saya, makasih ya Mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top