steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

13 Manfaat Berprasangka Baik, Yuk Terapkan!

Hai, Sobat Blogger!

Manfaat Berprasangka Baik

Seringkali kita punya prasangka kepada orang lain. Entah itu prasangka baik atau buruk. Tapi, terkadang yang sering lewat pikiran itu prasangka buruk. Apalagi jika kita lagi kesal sama seseorang, bawannya prasangka buruk terus. Padahal berprasangka baik itu banyak manfaatnya loh.

Selain itu, prasangka baik bisa juga membuat kita menjadi orang-orang yang lebih unggul dibandingkan mereka yang sukanya berprasangka buruk, seperti tulisannya Kak Marlina di blognya. Ya, gimana enggak unggul, kan prasangka baik itu tak membuat kita banyak pikiran. Jadinya, jalani hidup lebih bahagia. Ya kan?

Kalau buat saya sendiri nih, prasangka baik yang ada dipikiran kita membuat kita lebih produktif. Rasa malas hilang, rasa kesal sama orang perlahan luntur dan yang pastinya adanya hanya positive thinking aja. Nah, lebih enak begini kan?

Baca juga 20 Cara Agar Santai Aja Ketika Ada yang Nyinyir!

Lalu, apa saja nih manfaat berprasangka baik? Cek ulasannya di bawah ini, ya :

1. Tidak Mudah Membenci Orang Lain

Dengan berprasangka baik kepada orang lain, tentu kita tak akan mudah untuk membenci orang lain. Manusia itu tempatnya salah, kita juga pernah kok melakukan kesalahan. Kecewa sama orang lain tapi jangan sampai membenci.

Nah, maka dari itu, setiap kita memiliki masalah dengan orang lain. Cobalah untuk berprasangka baik dan buang jauh-jauh prasangka buruk. Bisa jadi masalah tersebut terjadi karena kesalahan kita juga, tapi kita tak sadar. Mulai sekarang sih baiknya kita selalu mencoba prasangka baik selalu ya dengan orang lain.

2. Sabar Menghadapi Berbagai Masalah

Setiap kehidupan pasti ada masalah dan cobaan. Kalau kita enggak pintar-pintar atur pikiran positif akan berdampak buruk pada diri kita sendiri. Contohnya, jadi enggak sabar dengan masalah yang sedang dihadapi dan selalu menyalahkan takdir Allah.

Nah loh? Jika sudah begitu bukankah kita jadi rugi? Karena kita jadi sering berprasangka buruk dengan Sang Pencipta dan mudah depresi. Coba deh kita prasangka baik dengan takdir-Nya. Insyaallah, kita akan sabar dengan segala problematika hidup.

Baca juga Give Yourself Time!

3. Tidak Mudah Baper

Manfaat Berprasangka Baik

Jangan mudah baper dengan seseorang. Jika ada seseorang yang buat status, bawaannya ge-er dikiranya bicarakan dirinya. Padahal belum tentu. Mudah tersinggung dengan perkataan orang lain, padahal itu kritik membangun agar dia bisa lebih baik lagi.

Cobalah untuk selalu berprasangka baik dengan orang lain dan dengan siapapun itu. Jika ada status yang menyindir, coba lebih berpikir terbuka. Bisa jadi aja yang dimaksud bukan kita. Jika ada yang memberi kritik membangun, ucapkan terima kasih sudah diingatkan. Setidaknya masih ada yang sayang dengan kita dan mengingatkan.

4. Selalu Tenang & Hidup Damai

Orang yang selalu memiliki prasangka yang baik, hidupnya akan tenang dan damai. Enggak sibuk memikirkan perkataan orang lain atau ketika ada masalah sepele dibesar-besarkan hanya karena prasangka buruknya.

Memiliki prasangka baik, kita akan lebih legowo menikmati hidup. Sadar bahwa hidup memang sejatinya pasti banyak masalah. Jadi, ya yakin aja bahwa setiap kesulitan ada kemudahan selanjutnya. Lalu, apa yang perlu dipermasalahkan? Rugi malah jika selalu berburuk sangka sama orang lain.

5. Tidak Mudah Goyah Pendiriannya

Prasangka baik membuat kita tetap teguh pada prinsip. Ya, kita tak akan mudah rapuh apapun masalah yang sedang menghadang. Kita akan bisa bangkit lagi ketika jatuh. Kita bisa senyum lagi setelah menangis dan kita bisa memaafkan lagi setelah disakiti berkali-kali.

Prasangka baik itu prinsip hidup yang baik. Bahwa prasangka baik akan membuat hidup kita senantiasa positif terus. Tidak akan membesarkan masalah sepele, meskipun ada masalah besar dapat menyikapi dengan pikiran dingin dan sabar yang luas.

Baca juga Belajar Memaklumi Kelalaian Orang Lain!

6. Lebih Suka Mendengarkan Perkataan yang Baik

Manfaat Berprasangka Baik

Terkadang tak sengaja mendengar perkataan kurang baik oleh orang lain tentang kita. Tapi, kita tak marah. Kita berusaha tenang dan berprasangka baik kepada orang tersebut. Ya, bisa jadi dia belum mengenal kita dengan baik, makanya bicara buruk seperti itu.

Dan kita pun juga lebih suka mendengar perkataan baik daripada perkataan buruk. Biarkan perkataan buruk orang lain tentang kita. Kita tak bisa menutup semua mulut orang lain tentang perkataan buruk itu, tetapi kita bisa menutup kedua telinga kita dari perkataan buruk itu. Yuk, lebih sering dengar perkataan baik saja.

7. Fokus Menggapai Mimpi

Dengan berprasangka baik, kita akan selalu fokus untuk kehidupan kedepannya. Tidak fokus untuk membalas dendam kepada orang yang membenci kita. Tidak fokus juga untuk melayani orang-orang yang suka berkata buruk.

Lebih baik fokus menggapai mimpi. Kita punya segudang mimpi yang harus digapai. Prasangka baik yang selalu kita terapkan, akan membuat kita semakin semangat menggapai mimpi. Jika orang bilang kita tak akan berhasil dan pasti gagal. Prasangka baik yang kita punya, akan bilang kita bisa meski berkali-kali gagal.

8. Selalu Menebarkan Senyum

Prasangka baik membuat kita mudah untuk menebarkan senyum kepada orang lain. Kita tak sibuk memikirkan prasangka buruk orang lain ke kita. Kita hanya fokus dia itu orang baik dan kita berprasangka baik kepadanya.

Jadi, kita tak akan mudah cemberut di depan orang lain. Tetap tersenyum dengan senyum indah. Ingat loh, senyum itu ibadah. Jadi, tak ada salahnya selalu menebar senyum. Itulah indahnya jadi orang yang selalu berprasangka baik. 

Baca juga 15 Hal yang Perlu Diketahui Bahwa Terpaksa Itu Melegakan Hati!

9. Aura Selalu Postitif 

Bayangkan apa yang terjadi jika kita selalu berprasangka baik? Aura kita selalu positif. Kita tak mudah menyalahkan orang lain dengan prasangka buruk. Kita akan berpikir lain dengan prasangka baik kita. Kita akan mencari cara melihat masalah dari sudut pandang berbeda. 

Dari situ akan terlihat bahwa semua masalah itu bukan hal buruk kok. Dengan prasangka baik, semua disekitar kita akan selalu menebarkan hal yang positif.

10. Banyak Teman yang Sayang

Manfaat Berprasangka Baik

Orang yang selalu berprasangka baik, akan banyak teman dan sahabat. Coba bayangkan jika kita punya teman yang selalu berburuk sangka dan cepat mengambil kesimpulan, serta dirinya selalu merasa paling benar. Wah, bisa-bisa kita punya toxic friend kalau begini.

Jadi, ada baiknya kita ubah kebiasaan kita yang selalu berburuk sangka kepada orang lain. Coba untuk berbaik sangka selalu dan intropeksi diri ketika ada masalah. Jangan selalu menyalahkan orang lain, bisa jadi itu semua terjadi karena kita loh.

Yuk, jadi orang yang selalu berprasangka baik dengan orang lain. Agar semakin banyak orang yang sayang kita dan kita juga menebar manfaat yang luar biasa kepada orang lain.

11. Lebih Suka Mengalah

Mengalah itu bukan berarti kalah. Mengalah agar masalah tak semakin besar dan tak semakin melebar kemana-mana. Jika ada teman yang selalu merasa dirinya benar dan tak mau disalahkan padahal dirinya salah. Yaudah, mengalah saja. Biarkan saja.

Kita yang seharusnya berprasangka baik dengan dirinya. Bisa jadi dia sedang ada masalah dengan keluarganya atau dengan pasangannya. Merasa lelah dengan hidupnya, jadinya dia seperti itu. Mengalah saja kita dengan prasangka baik kita. Dan doakan agar dia bisa menyelesaikan masalahnya dengan baik.

Baca juga Yuk, Sikapi Masalah dengan Bijak, Cek 9 Hal Ini!

12. Tidak Suka Perbebatan

Debat itu bukan hal yang baik. Jika ada seseorang yang selalu berdebat dengan pendapatnya. Lebih baik tinggalkan daripada jadinya bertengkar. Kita berprasangka baik saja, mungkin memang sifatnya seperti itu.

Daripada berdebat dan ujung-ujungnya saling menyalahkan. Pastinya tak akan kelar-kelar masalahnya. Yang ada dari masalah sepele menjadi masalah besar. Buat apa kan diladeni? Kita yang memiliki prasangka baik, akan meninggalkan perdebatan itu daripada membuat masalah lebih besar.

13. Semakin Rajin Beribadah

Manfaat Berprasangka Baik

Orang yang selalu berprasangka baik, akan semakin rajin ibadah. Karena apa? Karena prasangka baik itu salah satu ibadah. Bagi seorang muslim, berprasangka baik adalah suatu pahala dan berdosa jika kita berprasangka buruk kepada orang lain.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain” [Al-Hujurat : 12]

Sudah saatnya kita sebagai seorang muslim, untuk terus berprasangka baik, baik kepada Allah Ta'ala maupun kepada manusia. Jangan mudah untuk berprasangka buruk dan menebair aib saudara kita. Semoga kita bisa lebih baik lagi untuk belajar agar selalu berprasangka baik.

Baca juga 15+ Hal yang Bisa Kita Lakukan Agar Hati Tak Lagi Resah!

Nah, itu tadi 13 manfaat berprasangka baik. Memang sih hal ini tak mudah dilakukan. Pasti ada saja pikiran untuk berprasangka buruk. Tapi setidaknya biarkan prasangka buruk itu berada di kepala kita saja, tak perlu diucapkan atau dilakukan dalam perbuatan.

Ada baiknya setelah kita sadar bahwa prasangka buruk itu hal yang tak baik, kita langsung istighfar dan berusaha untuk tak mengulanginya. Minta perlindungan Sang Khalik agar kita senantiasa selalu berprsangka baik kepada siapapun. Semoga bermanfaat, ya.

Salam,

Comments

  1. Nah poin tidak suka perdebatan itu saya banget mbak..jadi suka disangka orang lain klo saya tipikal orang cuek..padahal saya paling males berdebat dengan sesuatu yang menurut saya ga akan ada titik temu selain adu urat dan pamer sok benar hehehe.

    ReplyDelete
  2. Kadang imanku masih suka naik turu nih kak, setannya banyak bangedd , semoga kita semua selalu dalam keadaan selalu dalam ridho dan rahmat Allah SWT ya, memang banyak manfaat berprasangka baik itu ya.

    ReplyDelete
  3. Wah informasi yang sangat banyak bermanfaatnya jika bisa kita terapkan hehe

    ReplyDelete
  4. Hidup memang tidak mulus tetapi bagaimana kita menjalani kehidupan ini bagi teman-teman yang suka berpikir negatif itu perlu dibuang karena kita harus mencintai diri sendiri untuk bisa sukses dan menginspirasi orang lain jadi jangan marah hinaan cacian membuat kita jadi terpuruk

    ReplyDelete
  5. Aura orang yang selalu berprasangka baik itu biasanya bagus ya Kak. Nampak sangat hangat kepada orang lain. Terus juga bisa menghindari stres dan selalu sehat.

    ReplyDelete
  6. Aku paling menghindari perdebatan dan milih utk ngalah aja. Pada sebagian orang mgkin aku dianggap lemah ya tapi tidak apalah demi tercipta suasan pertemanan yang kondusif

    ReplyDelete
  7. kak stefi aku suka font di gambarnya, bakso sapi. hehe. bener bgt kak dari agama juga kita sudah dianjurkan untuk berprasangka baik kepada sesama, bahkan kalau ada saudara yang berbuat kesalahan kita harus memikirkan sampai berapa udzurnya gitu ya biar terus berkhusnudzon.

    ReplyDelete
  8. Husnudzon atau berperasangka baik menjadikan hidup sehat. Psikis sehat. Hati sehat tidak dipenuhi penyakit hati. Akhirnya pikiran sehat, perkataan baik, perbuatannya juga baik

    ReplyDelete
  9. Bener banget. Mbak. Kalau berprasangka baik tuh hidup terasa ringan dan lebih tenang, gk overthinking

    ReplyDelete
  10. Maasya allah... Bener banget, kak. Berprasangka baik tuh bikin kita enggak terbebani dan hidup juga terasa ringan ya. Bahkan bisa bikin rezeki juga ngalir dengan mudah karena engga nyimpen energi negatif

    ReplyDelete
  11. Efek selalu berprasangka baik juga luar biasa ya Kak, pengaruhnya ke kita dan orang di sekitar kita. Duh aku masih harus banyak belajar nih untuk selalu berprasangka baik.

    ReplyDelete
  12. Artikel yang menarik dibaca di akhir tahun supaya tahun depan hidup kita menjadi lebih baik dan tidak mudah baper dan memang sebagai manusia kita harus hidup untuk terus berusaha menjadi lebih baik tanpa harus merasa terganggu dengan perkataan orang lain

    ReplyDelete
  13. Sebisanya memang kita harus senantiasa berperasangka baik ya kak. Karena apa yang kita tuai itu juga yang akan kita petik. Btw, gimana kabarnya skearang kak Steffi? Semoga lekas pulih ya

    ReplyDelete
  14. Aku juga lebih suka mengalah kak, malas berdebat yang bikin lelah itu, kalah ya sudah yang penting bukan karena kita yang salah

    ReplyDelete
  15. Dengan berperasangka baik hati menjadi lebih tenang ya kak, sesuatu yang dianggap baik akan merespon baik juga. Terimakasih sudah mengingatkan kak.

    ReplyDelete
  16. Berprasangka baik perlu banget diterapkan dalam kehidupan sehari2, supaya hidup aman dan tenang, apalagi kepada Tuhan, wajib banget buat kita selalu berprasangka baik thdp apa yg diberikan-Nya untuk kita.

    ReplyDelete
  17. Tidak Mudah Baper terhadap apa ajah pandangan orang terhadap diri saya, intinya saya jalani ajah hehhe

    ReplyDelete
  18. Tfs kak... secara melakukannya ga mudah ini.. tapi dengan berprasangka baik sudah membuat diri sendiri nyaman terlebih dahulu (buat saya)..

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top