steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

5 Kiat Untuk Mempersiapkan Diri Sebelum Tes CPNS, Kamu Perlu Tahu!

Halo, Sobat Blogger!

Soal CPNS 2021

Siapa yang ingin menjadi PNS? Wah, pasti banyak sekali nih yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil. Apalagi katanya jadi PNS itu idaman para calon mertua. Wah, kalau kamu bisa keterima jadi PNS, calon mertua bakalan langsung merestui kamu dengan anaknya, hihi.

Eits, tapi perlu kamu ketahui dulu beberapa kiat sebelum akhirnya jadi PNS, yaitu harus melalui tes seleksi CPNS. Susah enggak ya, tesnya? Itu semua tergantung dari seberapa besar usaha dan doa yang telah kamu lakukan.

Selain itu, prasangka baik kepada setiap takdir yang telah Allah berikan. Itu penting banget, loh. Karena prasangka Allah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Jadi, yakin dulu aja kamu bisa melewati tes seleksi CPNS dan bisa lolos. Aamiin. 

Baca juga Ingin Menulis Tanpa Rewrite? Ikuti 21 Tips Ini!

Pokoknya jangan lagi berpikiran untuk menyerah atau takut tidak keterima, ya. Harus yakin kamu bisa dan kamu akan melakukan yang terbaik di tes seleksi CPNS ini. Nah, berikut ini 5 kiat yang perlu kamu tahu sebelum tes CPNS, simak ulasannya berikut ini:

1. Mempersiapkan Fisik dan Mental

Soal CPNS 2021

Siapkan fisik kamu untuk menghadapi tes seleksi yang akan dihadapi. Ini perlu karena jangan sampai ketika di waktu tes seleksi kamu malah sakit. Wah, bisa-bisa kamu tidak lolos seleksi lagi. Padahal kamu sudah berjuang belajar dan mengorbankan waktumu. Maka, siapkan diri untuk mengkonsumi makanan sehat, olahraga dan istirahat yang cukup.

Selain itu, siapkan mental kamu sejak awal. Kamu tak pernah tahu takdir Allah akan seperti apa. Jika kamu akhirnya tidak lolos CPNS padahal kamu sudah berjuang penuh, maka jangan sedih berlarut. Allah pasti memiliki rencana yang lebih indah dari lolos CPNS.

Baca juga 13 Manfaat Berprasangka Baik, Yuk Terapkan!

Siapkan diri kamu, baik fisik dan mental, ya. Tetap semangat dan berikan yang terbaik! Bismillah, lolos seleksi tes CPNS.

2. Cari Informasi Tentang Instasi yang Diminati

Soal CPNS 2021

Cari tahu informasi dengan seksama dan detail tentang instasi yang kamu inginkan. Jangan sampai salah kirim berkas atau salah alamat karena tidak mencari tahu dengan teliti. Pastikan ketentuan yang diminta oleh instasi kamu penuhi semua tanpa ada yang terlewat, ya.

3. Mempelajari Soal-Soal Tes CPNS

Kamu perlu banyak belajar mengenai soal-soal tes CPNS di tahun-tahun sebelumnya. Ini penting untuk melatih pengetahuan kamu agar semakin bertambah ilmunya. Siapa tahu 2 atau 3 soal yang kamu pelajari ternyata ada di soal tes CPNS yang kamu ikuti. Wah, kamu jadi semakin semangat nanti mengerjakan soal-soalnya.

Pelajari juga contoh dan pembahasan soal CPNS 2021, agar kamu semakin paham bagaimana menyelesaikan soal-soal tes CPNS. Apalagi soal-soal yang kamu anggap sulit, perlu kamu ulang-ulang pembahasan soalnya. Agar kamu semakin mengerti cara penyelesaiannya dan ketika ada soal yang sama kamu tahu deh cara menyelesaikannya.

Selain itu, kamu pun juga perlu tahu kisi-kisi soal CPNS 2021. Dengan begitu, kamu jadi tahu kira-kira soal seperti apa yang akan keluar di tes CPNS nanti. Nah, dengan banyak belajar soal-soal, diharapkan kamu jadi semakin menguasai tesnya dan insyaallah bisa lolos CPNS deh. Aamiin.

4. Memperluas Wawasan

Soal CPNS 2021

Selain mempelajari contoh soal-soal tes CPNS, kamu juga perlu memperluas wawasan pengetahuan kamu. Siapa tahu, ada beberapa soal di tes CPNS yang bisa kamu jawab karena kamu rajin membaca buku, koran, atau dari mendengarkan berita terkini. Nah, ini bisa menjadi salah satu cara agar wawasan kamu semakin luas dan ilmu pengetahuan kamu semakin bertambah.

5. Berdoa

Soal CPNS 2021

Jangan lupa untuk selalu berdoa di setiap saat. Semua yang terjadi di kehidupan kamu sudah ada takdirnya. Meski kamu tak tahu takdir apa yang akan diterima, tetapi kamu tetap perlu berdoa dan berprasangka baik kepada Allah. Insyaallah dengan doa yang dipanjatkan dan prasangka baik kamu kepada-Nya. Allah berikan takdir baik kepadamu untuk bisa diterima di tes CPNS ini. Insyaallah.

Baca juga Jangan Mau Sukses dengan Cara Instan!

Nah, itu tadi 5 kiat yang bisa kamu lakukan sebelum tes CPNS. Jangan terlalu takut atau kelewat percaya diri. Tetap tenang dan yakin kalau kamu bisa. Sesulit apapun tesnya, yakin saja kamu bisa melewatinya. Yuk, tetap semangat untuk mempersiapkan tes CPNS, ya. Good luck!

Salam,

Comments

  1. Beberapa waktu yang lalu saya kepikiran buat daftar CPNS. sangat random sekali karena selama ini nggak perna berfikir kayak gitu, wkwkwk.
    Thank you tulisannya, jadi bisa dibaca2 kalau minat tes CPNS nanti

    ReplyDelete
  2. Masa-masa saya udah lewat. Tapi saya selalu memberi nasihat sama pada saudara-saudara saya yang mengikutinya. Jangan lagi berpikiran menyerah atau takut gak keterima. Harus yakin bisa. Itu yang pertama.

    Persiapan fisik mental itu yang utama. Kalo sakit, gimana mau ikutan tes ya kan? Mental kalo udah jiper duluan, gimana mau pede jawab soal ujian ya kan? Sisanya tinggal tekun.

    ReplyDelete
  3. Wah bermanfaat sekali nih infonya semoga banyak yang bisa lolos tes cpns setelah membaca tips ini ya

    ReplyDelete
  4. Jangan sampai tips 5 ini bisa di lewatkan, karena potensi lolos besar, saya yakin ke depannya saat mau test CPNS akan mudah lolos. Harus banyak belajar

    ReplyDelete
  5. Meskipun PNS itu dinyinyiri banyak orang karena kerjaan santainya, tapi nyatanya masih banyak orang yang pengen. Kalau nyinyir sih menurutku, karena mereka nggak mampu aja, haha..

    ReplyDelete
  6. Sukses selalu untuk yang mengikuti tes CPNS. dulu saya sempat ikutan tapi gagal di tahap dua, hehe. Kiat-kiat ini benar-benar membantu bagi yang akan menjalani tes CPNS. karena bukan hanya keberuntungan, tetapi usaha dan doa juga penting untuk selalu beriringan.

    ReplyDelete
  7. Good luck semua yang mau ikutan tes ASN. Semoga mendapat hasil terbaik. Nah untuk mendapatkan hasil yang terbaik, kiat-kiat diatas emang wajib banget dipakai.

    ReplyDelete
  8. Saya jadi ingat zaman dulu getol banget ikut CPNS, berbagai buku sudah saya beli, hehehe. Dan mungkin belum diberi rezeki jadi PNS.

    ReplyDelete
  9. Tahun lalu dua orang sepupu goal tes CPNS, dua tahun sebelumnya adik ipar. Tahun ini sepupu yang lain mau mencoba juga. Kurang lebih kiat-kiatnya mirip dengan paparan di atas. Semoga teman-teman yang membaca dan berencana mengikuti tes CPNS juga diberikan kemudahan hingga lolos pada seleksi terakhir.

    ReplyDelete
  10. Kalau pengen lulus ya harus dipersiapkan dengan maksimal ya mbak Salah tuh orang yang coba-coba untuk tes PNS namanya coba-coba kemungkinan besar kalah dengan orang yang persiapan dan Nggak cuman persiapan baca-bacaan tapi juga persiapan fisik karena itu juga sangat penting saat ngadepin tes.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah sudah melewati itu semua. Kalau pengalaman saya sih harus memperkuat di ketrampilan dasar, untuk bisa melewati tes pertama.

    ReplyDelete
  12. yup bener banget kak, umumnya orang tua mikirnya pengen mantu yang beprofesi PNS, idaman banget deh pokoknya. jadi kalo mau tes CPNS persiapannya harus mateng seperti menerapkan tips diatas tadi biar bisa lolos ya.

    ReplyDelete
  13. Bapakku PNS, keempat Mbakku PNS, kini anak-anak mereka yang sudah besar- 3 orang juga PNS...beneran memang jadi profesi dambaan banyak orang ini. Setuju dengan tipsnya memang perlu kiat untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes CPNS

    ReplyDelete
  14. Nah dapat referensi situs belajar buat persiapan tes CPNS deh dari Mba Steffi nih... di Kitalulus ya Mba, noted. Ponakan pingin ikutan tes dan mau persiapan dulu...pingin ngikutin jejak tantenya nih hehe

    ReplyDelete
  15. Saya dan suami PNS. Lucunya sebagian anak-anak saya yang sudah selesai kuliahnya justru kurang berminat jadi PNS. Padahal ia tumbuh dan berkembang dari gaji PNS hahaha.
    Saya suka artikel ini, bisa banget direkomendasikan ke mereka yang punya cita-cita jadi PNS.

    ReplyDelete
  16. Bismillah ya Allah..
    Terimakasih kak, tulisannya membuat saya semangat dan yakin, semoga tahun ini saya lulus jadi PNS.
    Minta do'anya teman-teman semua :)

    ReplyDelete
  17. ini membantu banget buat yang akan ikut CPNS, rekomendasi buat mereka...
    yang paling panting kencengin doanya, karena tanpa doa, usaha mungkin tak kan maksimal...

    ReplyDelete
  18. Mau ikutan tes juga masih maju mundur nih mbak haha..
    Emang bener sih cpns ini jadi kayak keberuntungan. Karena saingannya buanyaaak banget dan mereka semua juga belajar dan punya kapasitas sendiri

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.