steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Begini Loh Cara Membuat Burger Yang Enak!

Halo, Sobat Blogger!

Resep Burger Enak

Burger adalah makanan yang sudah mendunia yang berasa dari Negeri Paman Sam, yaitu Amerika. Burger memiliki rasa yang enak dan menjadi favorit di kalangan masyarakat, khususnya di Indonesia. Kali ini, kita mencoba membuat burger yang enak, yuk. 

Dalam membuat burger yang paling penting adalah isiannya. Meskipun burger sendiri bisa terdapat bermacam-macam variasi. Ada burger dengan isian ikan, isian ayam atau juga isian daging. 

Baca juga Resep Martabak Manis yang Cocok Untuk Dijual!

Burger dengan variasi isian tersebut mempunyai kesamaan yaitu isi pendampingnya. Isi pendampingnya terdapat tomat, selada, acar maupun timun. Nah untuk sausnya biasanya terdapat saus sambal, saus tomat dan mayonnaise. Untuk kamu pecinta keju, juga bisa loh ditambahkan keju. 

Penasaran dengan cara membuat burger yang enak? Ada tiga varian burger yang bisa kita bikin loh. Apa saja, ya? Simak ulasannya berikut ini :

Cara Membuat Isian Burger dari Ikan

Resep Burger Enak

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah ikan dory yang segar satu kg. Selanjutnya kita siapkan telur ayam, ambil putihnya saja dua buah dan tepung roti. Kemudian kita siapkan juga minyak goreng untuk menumis.

Hal pertama yang kita lakukan adalan mencuci bersih ikan dory dan kemudian sisihkan. Berikan sedikit perasan jeruk lemon supaya tidak amis. Selanjutnya keringkan dengan tisu makan sebentar saja dengan cara disentuh-sentuh. 

Baca juga Belajar Aneka Resep Masakan Internasional, Yuk!

Kemudian kita celupkan pada telur ayam, yang tadi sudah dipisahkan putihnya saja, satu persatu. Setelah itu kita balurkan dengan tepung roti. Goreng hingga kecoklatan.

Cara Membuat Isian Burger dari Daging Sapi

Resep Burger Enak

Siapkan daging sapi satu kg, bawang putih, telur ayam, tepung terigu sedikit saja dan minyak goreng. Setelah itu siapkan cetakan bulat untuk mencetak dagingnya. Lalu, kita siapkan blender daging. Jangan lupa, siapkan juga teflon anti lengket untuk memanggang.

Hal pertama untuk isian membuat burger dari daging sapi adalah dengan memasukkan daging sapi yang sudah dipotong-potong ke dalam blender daging dan haluskan. Kemudian masukkan telur ayam, bawang putih, merica dan juga tepung terigu sedikit saja. 

Selanjutnya cetak di dalam cetakan bulat tadi. Siapkan panggangan atau teflon anti lengket. Beri mentega dan bawang putih pada teflon. Panggang daging sapi yang sudah dicetak tadi. Lalu, bolak balik hingga matang.

Cara Membuat Isian Burger dari Ayam

Resep Burger Enak

Untuk isian ayam ini mudah saja, caranya tidak jauh berbeda dengan cara diatas. Kita siapkan dada ayam fillet, merica, dan garam. Kemudian siapkan minyak goreng, telur ayam ambil putihnya saja satu butir dan tepung roti.

Cara membuat burger untuk isian ayam adalah dengan menyiapkan dada ayam dengan ditaburi merica dan garam. Merinasi sebentar saja dam setelah itu kocok telur, yang tadi telah dipisahkan putihnya saja. Lalu, masukkan ayamnya ke dalam telur yang telah dikocok tadi. Kemudian masukkan pada tepung rotinya dan goreng hingga krispi. Sebaiknya menggorengnya di minyak panas dan terendam sekali ketika menggorengnya.

Siapkan Roti Burger

Setelah membuat isian burgernya sekarang kita menyiapkan roti burgernya. Panggang roti burger di teflon yang sudah diberikan mentega. Bolak-balik roti burgernya agar lebih enak dan terasa gurih. Setelah kecoklatan sisihkan dahulu. 

Isi Pendamping Burger

Selanjutnya kita siapkan selada dicuci bersih, tomat dipotong dan juga timun. Jangan lupa untuk siapkan saus sambal, tomat dan mayonnaise. Siapkan juga keju slice sesuai selera. 

Baca juga Ketagihan Snack dari Have a Snack, Kudu Cobain!

Menyiapkan Burger

Sekarang kita susun burgernya. Siapkan roti burger bagian bawah, masukkan isian burger sesuai yang kita buat tadi, misal isian daging. Kemudian tambahkan selada, timun dan tomat yang telah disiapkan. Berikan saus sambal, saus tomat dan juga mayonaisenya. Terakhir tambahkan keju slice, agar burger lebih nikmat ketika disantap.

Resep Burger Enak


Bisa juga ditambahkan keju mozzarella jika menyukainya. Kita siapkan keju mozzarella dan lelehkan dahulu. Sebelum burger ditutup tambahkan keju mozzarella di dalamnya dan tutup dengan roti burger. Burger siap disajikan.

Bagaimana, mudah sekali bukan membuat burger yang enak. Apalagi ada tiga resep yang bisa kita ikuti. Wah, weekend ini bersama keluarga bisa membuat burger ini bersama-sama. Pasti seru sekali. Apa favorit burger kamu nih?

Salam,

Comments