steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

5 Tips Mengelola Bisnis dengan Mudah, Coba Deh Terapkan!

Hi, Sobat Blogger!

Aplikasi Mesin Kasir Online

Di masa pandemi begini, beberapa perusahaan maupun pabrik mulai memberhentikan para pekerjanya. Dikarenakan penjualan yang turun drastis dan membuat perusahaan atau pabrik, mau tak mau harus menekan biaya. Mengakhiri kontrak dengan para karyawannya adalah salah satu cara. Lalu, bagaimana nasib para karyawan itu?

Tak banyak dari mereka yang akhirnya membuka usaha kecil-kecilan. Meski tak mudah juga dilewati di masa pandemi begini karena hampir semua sektor industri terkena dampaknya. Lalu, apa yang harus dilakukan agar tetap bisa bertahan hidup?

Membangun bisnis memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Kita harus punya modal, menguasai apa yang akan kita jual, tahu siapa saja target pasarnya dan masih banyak lagi yang perlu dipelajari.

Baca juga Agar Keuangan Rumah Tangga Aman dan Tak Mudah Habis!

Nah, untuk itu coba kita belajar dari 5 tips mengelola bisnis ini. Siapa tahu bisa membantu untuk mengembangkan bisnis yang sedang kita bangun. Apa saja tipsnya? Simak ulasannya berikut ini :

1. Mengenal Produk yang Akan Dijual

Aplikasi Mesin Kasir Online

Ketika kita akan berbisnis atau usaha, pasti ada produk yang akan dijual. Nah, kita perlu mengenal produk yang akan kita jual ini. Mulai dari kelebihan produk, kekurangannya apa, sampai kapan bisa digunakan atau dikonsumsi, dan lain sebagainya.

Jika kita tak memahami produk yang akan kita jual. Bagaimana pembeli dapat yakin untuk membeli produk kita. Dengan kita mengenal luar dalam dari produk yang kita jual. Kita akan dengan mudah untuk mempromosikannya ke pembeli. Sehingga pembeli pun tak enggan untuk membeli produk yang kita tawarkan.

2. Mengetahui Target Pasar

Setiap produk yang akan kita jual, kita pasti memiliki target pasar. Misal ingin menjual buku-buku anak, maka target pasarnya adalah orangtua yang sudah memiliki anak. Atau ingin menjual sepatu sport, maka target pasarnya adalah orang-orang yang suka berolahraga.

Dengan mengetahui target pasar, kita akan mudah menjual produk yang akan dijual. Kemungkinan peningkatan pembeli juga akan terjadi, karena target pasarnya tepat. Jadi, jangan sampai salah untuk poin target pasar ini, ya.

3. Harga Produk yang Dijual

Aplikasi Mesin Kasir Online

Harga juga menjadi salah satu kompenen yang penting dalam mengelola bisnis. Harga yang tak masuk akal, akan membuat pembeli mencari ditempat lain yang harganya lebih bersahabat. Cobalah untuk mencari tahu bahan baku produk yang lebih murah dan berkualitas sehingga harga bisa lebih disesuaikan.

Hitung benar-benar harga baku produk dan untung yang diinginkan. Jangan lupa untuk melakukan promo diawal launching produk. Agar produk semakin banyak yang melirik dan beli. Jika produk bagus dan harga juga masuk akal. Pembeli pun tak segan untuk jadi pelanggan setia.

4. Dimana Produk Akan Dijual

Zaman sekarang ini usaha online sudah menjamur. Produk bisa dijual secara online dan dikirim ke berbagai daerah bahkan ke luar negeri. Kira harus tahu produk yang akan kita jual ini, akan dijual secara online atau dijual di toko atau keduanya.

Baca juga Tips Buka Usaha Laundry Laris Manis!

Jika dijual online tentu packing juga harus masuk ke dalam kompenen penting. Jangan sampai pembeli kecewa dengan packing yang seadanya dan kurang melindungi produk yang dibeli. Jika kita menjual langsung di toko, pastikan juga tempat toko tersebut berada di tempat strategis dan mudah untuk dicari pembeli.

5. Menggunakan Aplikasi Mesin Kasir Online

Aplikasi Mesin Kasir Online

Poin terakhir ini yang paling penting, yaitu aplikasi mesin kasir. Setiap pebisnis pasti ingin jualannya laris manis dan mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Jangan sampai malah merugi dan tidak mendapatkan untung sama sekali serta akhirnya gulung tikar. Nah, sudah saatnya kita coba aplikasi mesin kasir online ini. Agar pengelolaan keuangan lebih tertata dengan jelas dan data keuangan lebih terperinci.

POST adalah aplikasi kasir online yang bisa di download di google play. Bagi yang memiliki usaha kedai kopi, toko retail, salon, laundry dan sebagainya, bisa loh pakai aplikasi kasir ini. Aplikasi POST ini sudah membantu lebih dari 20.000 bisnis loh. Apa saja keunggulan dari aplikasi POST ini? Berikut ini penjelasannya :

  • Sebagai Aplikasi Kasir Online dan Solusi Bisnis

Fitur pada aplikasi POST ini lumayan banyak loh, sebagai mesin kasir online, POST memiliki beberapa fitur menarik, yaitu :

  1. Bisa mencatat penjualan produk dan penjualan dari satu aplikasi.
  2. Atur stok barang secara realtime.
  3. Dapat meningkatkan bisnis dengan memantau laporan penjualan, pengeluaran, produk terlaris dan sebagainya.
  4. Dapat memantau penjualan seluruh cabang dan mengelola akses karyawan.
  5. Dapat menyimpan data pelanggan dengan aman.
  6. Pelanggan dapat memesan dimana dan kapan saja secara gratis.

  • Bisa Menggunakan Berbagai Metode Pembayaran

Aplikasi Mesin Kasir Online

Selain itu, aplikasi POST ini juga bisa melakukan pembayaran dengan berbagai metode, seperti OVO, Shopeepay, Gopay, ATM, dan lain sebagainya. Pastinya memudahkan kita banget, ya. Apalagi payment secara digital sudah semakin banyak dilakukan di zaman ini. Mengurangi juga menggunakan uang cash di masa pandemi pastinya. Aplikasi POST ini memang memahami banget deh, apa yang para pebisnis inginkan.

  • Dapat Mengelola Seluruh Cabang dengan Satu Aplikasi Kasir

Aplikasi Mesin Kasir Online

Jangan khawatir jika kita memiliki banyak cabang, karena pakai aplikasi POST ini, kita tetap bisa memantau kok. Apalagi enggak perlu repot untuk download aplikasi lagi di setiap cabang. Cukup satu aplikasi POST ini saja, sudah bisa mengelola seluruh cabang yang kita punya. Tentunya untuk kita para pebisnis ini sangat menguntungkan. Nah, masih ragu untuk download aplikasi POST ini?

Dari sekian banyak fitur dan kelebihan dari aplikasi POST ini, tentunya kita ingin bisnis yang kita jalankan bisa menggaet para pelanggan lebih banyak. Dengan aplikasi POST ini, kita tak perlu khawatir lagi, ketika pelanggan semakin banyak. Keuangan yang keluar dan masuk bisa dipantau dengan mudah. Jadi, sudah saatnya nih para pebisnis punya aplikasi mesin kasir yang satu ini.

Baca juga 5 Alasan Berpaling ke Aplikasi Absensi Android

Itu tadi 5 tips untuk mengelola bisnis dengan mudah. Sekarang sudah paham kan bahwa setiap bisnis atau usaha yang akan dijalankan memang harus dipikirkan sungguh-sungguh. Jika sudah sungguh-sungguh, insyaallah akan lebih mudah dijalankannya.

Menurut kamu masih ada tips lainnya? Jika masih ada yang perlu ditambahkan tipsnya, silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah ini, ya. Semoga bermanfaat.

Salam,

Comments

  1. Aplikasi hebat dan wajib dimiliki oleh para pelaku bisnis online nih. Banyak fitur dan sangat membantu dikondisi sekarang ini.

    ReplyDelete
  2. Berbaai metode pembayaran akan menarik lebih banyak pelanggan..bener bangets ini. Aku senang jika beli produk terus ada pilihan pembayarannya. Apalagi aplikasi POST begini yang bisa diterapkan juga di banyak cabang pasti akan membantu operasional perusahaan

    ReplyDelete
  3. Wah keren banget aplikasi Post ini sangat membantu bagi pelaku usaha untuk memantau perkembangannya usahanya dengan sangat mudah melalui aplikasi ini

    ReplyDelete
  4. Mengenal target pasar tuh menurutku tidak mudah yah. Perlu waktu juga. Tapi dengan adanya aplikasi kasir, cukup membantu mempercepat pekerjaan kita. Secara tak langsung memberi rasa puas pada pelanggan deh...

    ReplyDelete
  5. Aplikasi POTS ini memang sangat membantu untuk para pebisnis ya, keuangan dan pencatatan usaha jadi bisa tertata dengan baik. Metode pembayaran yang disediakan pun bisa memudahkan para pelanggan.

    ReplyDelete
  6. Aplikasi kasir memang membantu banget buat para owner bisnis memantau pemasukannya tiap hari walau tidak bisa stay tiap hari di tempat usahanya. Meminimalisir pegawainya yang berniat tidak jujur.

    ReplyDelete
  7. Target pasar itu memang penting. Kita jadi mengetahui siapa saja yang cocok dengan produk yang kita jual. Apalagi dibarengi dengan aplikasi kasir yang keren. Kita nggak perlu repot lagi deh....

    ReplyDelete
  8. Aplikasinya online kah mba? Apakah data kita aman?

    ReplyDelete
  9. Makasih tipsnya kak sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.