steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Keseruan Acara Wisuda STT Bandung Dihadiri Oleh Anak Sulung BJ. Habibie Rahimullah

Halo, Sobat Blogger!


Masyaallah pagi hari ini, sabtu tanggal 11 Januari 2020, ikutan senang melihat acara wisuda di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung melalui live streaming di instagram STT Bandung membuat saya teringat beberapa tahun lalu ketika lulus kuliah. Haru, bahagia sekaligus sedih meninggalkan bangku kuliah. Betapa banyak kenangan ketika kuliah dulu begitu lekat antara ingin tetap di sana tetapi waktu seperti tak bersahabat.
"Sudah waktunya kamu lulus dan biarkan adik-adik yang melanjutkan untuk menuntut ilmu di sini." 
Hal itu yang juga saya rasakan ketika melihat proses wisuda mereka. Terlihat sekali rasa bangga dalam diri mereka karena akhirnya lulus dari bangku kuliah dan bersiap untuk proses yang lebih hebat lagi di masyarakat. Semoga Allah mudahkan semua wisudawan dan wisudawati untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Aamiin Allahumma Aamiin.


Baca juga Menghadapi Era Industri 4.0, Begini Serunya Acara Selisik 2018 di STT Bandung

Acara wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung berlangsung lancar, Alhamdulillah. Terlihat dari awal pembukaan hingga penutupan acara wisuda tidak ada hal yang mengganggu dan suasana sangat hikmat terasa. Acara wisuda XIV STT Bandung yang dilaksanakan di Harris Hotel & Conventions Hall ini dihadiri oleh anak sulung dari BJ. Habibie rahimullah yaitu DR. Ing Ilham Akbar Habibie, M.B.A. Beliau menjadi keynote speaker ketika di acara wisuda XIV STT Bandung. Hal ini membuat acara wisuda semakin bermanfaat karena hadirnya beliau sebagai pembicara.


Sebelumnya acara wisuda XIV STT Bandung dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh paduan suara. Setelah itu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta oleh seluruh hadirin dan dilanjutkan menyanyikan lagu mars STT Bandung.

Acara lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua STT Bandung, yaitu Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. Beliau memaparkan mengenai prestasi dosen-dosen STT Bandung selama tahun 2019. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Yayasan, yaitu Dr. Dadang Hermawan dan terakhir sambutan dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi.


Total wisudawan dan wisudawati yang hadir mencapai 209 wisuda. Sebanyak 113 wisuda dari Prodi Teknik Industri, sebanyak 70 wisuda dari Prodi Teknik Informatika dan sebanyak 26 wisuda dari Prodi Desain Komunikasi Visual.

Baca juga Ratangga, Menjadi Pusat Perhatian di Jakarta

Acara pun dilanjutkan dengan orasi ilmiah dari keynote speaker DR. Ing Ilham Akbar Habibie, M.B.A. Beliau memaparkan mengenai Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0. Beliau berkata bahwa ekonomi mendatang harus mengandalkan inovasi. Ada empat hal yang perlu negara maupun dunia perhatikan untuk mencapai potensi maksimal di masa depan, yaitu :
1. Berinvestasi di Human Capital
2. Berinvestasi di Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
3. Membina dan mendukung Inovasi dan Kewirausahaan
4. Meminimalkan Kemiskinan


Beliau melanjutkan bahwa hal tersebut menjadi kesinambungan satu sama lain. Untuk mencapai Inovasi dan Kewirausahaan maka harus adanya investasi Human Capital dan investasi IPTEK. Ketika ketiga hal tersebut digabungkan maka akan memudahkan untuk meminimalkan kemiskinan. Maka, keempat hal tersebut harus berkesinambungan supaya mudah mencapai masa depan yang maju.


Pembicaraan DR. Ing Ilham Akbar Habibie memang penuh ilmu ilmiah yang membuat siapapun takjub dengan pemaparannya. Beliau pun melanjutkan orasi ilmiah tersebut dengan gaya yang khas, yang mirip dengan Bapaknya yaitu BJ. Habibie rahimullah. Tentu, hal ini membuat siapapun yang melihatnya akan mengenang mendiang.

Baca juga Sharing Mengenai Peluang Berpenghasilan dari Blog

Di akhir pembicaraannya DR. Ing Ilham Akbar Habibie membuat kesimpulan, sebagai berikut :
1. Untuk memiliki daya saing yang tinggi di masa mendatang ekonomi harus mengandalkan inovasi
2. Dalam pencapaian hal tersebut, masyarakat yang terutama berusia muda perlu aktif di UKM rintisan (start up) dan diberdayakan oleh teknologi (informasi dan komunikasi)
3. Proses inkubasi pada perusahaan rintisan tersebut, akan dihadapkan dengan berbagai rintangan seperti SDM unggul (terutama di bidang teknologi) dan kurang adanya mentor serta pendanaan (di fase awal)
4. Kunci untuk pengembangan negara dan bangsa di masa mendatang adalah mengerti dan menguasai rincian serta proses Teknologi - Inovasi - Kewirausahaan
''If not you, who else will develop this nation?" - BJ. Habibie
Orasi ilmiah yang dipaparkan oleh DR. Ing Ilham Akbar Habibie diharapkan bisa membuat para wisudawan dan wisudawati mempersiapkan diri untuk membangun negeri ini dengan lebih baik lagi. Generasi penerus selanjutnya harus bisa berjuang dalam menghadapi berbagai macam konflik pada negara ini. Untuk itu, peranan wisudawan dan wisudawati dalam bidang teknologi sangat berperan penting.

Setelah orasi ilmiah yang dibawakan oleh DR. Ing Ilham Akbar Habibie acara dilanjutkan dengan pelantikan wisuda dan pemberian penghargaan kepada wisuda terbaik serta penghargaan kepada skripsi terbaik.


Skripsi Terbaik TI
Mahasiswa :  Virgiawan Candra Bhakti, S.T
Judul : Perancangan Dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri

Mahasiswa : Indra Rukmana, S.T
Judul : Optimasi Produksi Dyeing Finishing Dengan Metode Integer Linear Programming

Mahasiswa : Zaenal Uyun, S.T
Judul : Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering

Wisudawan Terbaik TI
Mahasiswa : Dheyu Laksmi Wulandari, S.T

Skripsi Terbaik TIF
Mahasiswa :  Deri Hermawan, S.Kom
Judul : Aplikasi 3d Virtual Reality Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android

Mahasiswa : Regina Sukma Citra, S.Kom
Judul : Klasifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naive Bayes Classification Di Sosial Media Facebook Berbasis Web

Mahasiswa : Yasti Aisyah Primianjani, S.Kom
Judul : Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik Kwh Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler


Wisudawan Terbaik TIF
Mahasiswa : Muhammad Rizal Mutaqin, S.Kom

Skripsi Terbaik DKV
Mahasiswa : Andri Setiawan, S.Ds
Judul : Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah

Mahasiswa : Bagus Arya Suseno, S.Ds
Judul : Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung

Mahasiswa : Luthfi Alfaritzi, S.Ds
Judul : Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (Usia 8-12 Tahun) di Kota Bandung

Wisudawan Terbaik DKV
Mahasiswa : Tiffani Zeta D, S.Ds


Baca juga Belajar Bahasa Inggris Mudah dengan Aplikasi Neo Study

Di acara wisuda tersebut pun juga sebagai ajang penandatanganan MoU dengan Mitra STT Bandung, yaitu PT. Dirgantara Indonesia, Jasa marga dan Biofarma. Lalu dilanjutkan dengan kesan dari perwakilan wisudawan dan pengucapan janji wisudawan. Acara berlangsung hingga jam 12 siang setelah membacakan apresiasi dan puisi untuk orang tua, menyanyikan lagu Bagimu Negeri, lagu Syukur, pembacaan doa, penutupan rapat senat terbuka dan hiburan.


Alhamdulillah, acara wisuda XIV berlangsung sangat hikmat hingga tak terasa waktu pun berlalu. Semoga apa-apa urusan para wisudawan dan wisudawati STT Bandung Allah mudahkan selalu serta dalam lindungan-Nya. Allahumma Aamiin.

Salam,
https://steffifauziah.com

*Liputan online: Wisuda XIV STT Bandung, Campus of Innovation, Campus of Technology, Campus of Design, Campus of Creativity, Campus of Future Leader.

Comments

  1. Semoga para wisudawan dan wisudawati STTB Bandung menerapkan ilmunya di masyarakat.

    ReplyDelete
  2. Para wisudawan STTB semoga memberikan semangat kepada generasi muda yang lainnya.

    ReplyDelete
  3. Lulus dari universitas ini, semoga para wisudawan bisa menerapkan ilmunya di masyarakat juga segera mendapatkan pekerjaan seperti yang mereka inginkan

    ReplyDelete
  4. Semoga para fresh graduate bukan hanya memilki ijazah saja, melainkan skill untuk bersaing di dunia kerja

    ReplyDelete
  5. Berharap sttb melahirkan banyak so sok seperti Ilham Habibi ya?
    Sehingga Indonesia bisa berkiprah lebih banyak di dunia internasional

    ReplyDelete
  6. semoga lulusan dari universitas inu bisa bermanfaat bagi masyarakat, sukses terus ya ka

    ReplyDelete
  7. Wah keren bgt nih acara wisudanya bisa di hadiri anak bpk habibi. Dan selamat atas kelulusanya ya

    ReplyDelete
  8. Keren banget bisa menghadirkan anak dari tokok nasional favoritku mba. Jadi inget moment dulu pas aku wisuda juga.

    ReplyDelete
  9. Seru acaranya ya, ada Ilham Akbar lagi. Dan uniknya lagi untuk acara wisuda pun sekarang mengundang blogger ya, keren.. keren.. salut buat STTB.

    ReplyDelete
  10. Ikut terharu ya mb, menyaksikan momen wisuda gini..jadi ingat bagaimana rasanya dulu bahagia dan tegangnya menghadapi wisuda.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top