steffifauziah's blog

Sharing Everything In A Good Way, Insyaallah!

Gaes, Sudah Kenal DA & PA Belum?

Hai, Sobat Blogger!


Singkatan apa lagi tuh DA & PA? Hahaha. Plis jangan puyeng dulu, yes. Mengenal DA & PA ini penting banget, gaes, untuk keberlangsungan blog kita. Wah segitu-nya kah? Iyes segitu-nya, hehe. Biasanya kita mah menulis di blog nulis aja, tanpa berpikir kaya gimana ke depannya untuk si blog sendiri. Nah, kali ini sudah harus dipikirkan, ya.

Blog itu kan memiliki se-gudang manfaat untuk kita dan orang lain. Sampai-sampai sudah ada loh yang dapat rezeki nomplok dari blog. Nah, kan! Makanya merawat blog itu penting bingits. Ibarat rumah yang biasa kita tinggali mosok enggak dirawat, hehe. Yah, meski hanya rumah maya tapi tetap saja toh perlu adanya perawatan untuk si blog sendiri. 

Coba cek tulisan saya dengan judul Punya Blog, Yuk! Ini 15 Alasannya ~. Di sana sudah saya jabarkan apa saja alasan memiliki blog. Intinya punya blog itu penting dan punya banyak manfaat. Blog pun harus di rawat biar rapi, enak dilihat, pengunjung yang datang pun betah dan pastinya bisa bermanfaat. Aamiin.

Terus apa hubungannya dengan DA dan PA?

Ada dong, hehe. Tapi sebelum sampai kesana, ada baiknya kita kenalan dulu, yes, sama si DA dan PA ini, hehe. Biar kamu enggak bengong pas saya jelaskan tentang si DA dan PA kalau ujug-ujug sampai kesana. Pelan-pelan aja. Baiklah, kita akan kenalan dulu sama DA, ya. 

DA adalah Domain Authority

Apa sih Domain Authority itu?

Dari DA ini kita bisa lihat ukuran kekuatan dari sebuah domain. Tahu ukuran kekuatannya dari mana? Ada nilainya. Jadi DA ini bernilai dari 1 hingga 100. Semakin besar nilainya semakin bagus. Semakin besar nilainya berarti situs kita pun semakin berkualitas. 

Nah, untuk itu kita perlu meningkatkan nilai domain ini. Enggak hanya berkualitas aja, tetapi juga bisa jadi situs yang paling disukai google dan bertahan di mesin pencari google. Wah, pasti senang dong jika blog kita bisa mejeng terus di mesin pencari google. Syukur-syukur bisa di page one di mesin pencari google, ya enggak? Duh, ibu-ibu bisa langsung bikin tumpengan di rumah nih, wkwkwk.

Selanjutnya kita bahas saudaranya DA ya, yaitu PA. Tahu darimana mereka saudara? Kalau menurut saya malah kayanya mereka kembar, wkwk. Keduanya itu tak bisa terpisahkan, ada DA pasti ada PA. Kok bisa? Nah, makanya kenalan dulu, yuk, sama PA ini.

PA adalah Page Authority

Apa sih Page Authority itu?

PA ini yang memungkinkan tulisan kita, pada halaman tertentu, sering ditemukan di mesin pencari. PA ini juga sama seperti DA memiliki nilai, nilainya dari 0 hingga 100. Semakin besar PA yang blog kita punya, maka semakin sering tulisan kita, pada halaman tertentu, ditemukan di mesin pencari. Pastinya semakin sering tulisan tersebut nongol di mesin pencari, berarti tulisan pada halaman tersebut sangatlah berkualitas! Wah, keren, ya?

Sama seperti DA, PA ini juga kudu ditingkatkan nilainya. Supaya sering berada di mesin pencari. Kenapa si DA dan PA ini selalu bersama? Karena mereka saling mempengaruhi satu sama lainnya. Ketika nilai PA kita besar, ada kemungkinan nilai DA kita juga bisa ikut meningkat. Adanya orang-orang yang sering mencari tulisan di mesin pencari dan kemungkinan yang keluar adalah halaman pada tulisan di blog kita. Kemungkinan besar juga nama domain kita akan berada di mesin pencari.

Nah maka dari itu, keduanya ini sangat penting untuk sebuah blog atau pun website. Dari DA dan PA inilah kita bisa mengetahui apakah tulisan kita itu sebenarnya sudah berkualitas apa belum? Sudah bermanfaat apa belum? Sudah layak di baca apa belum? Semakin tinggi nilai DA dan PA-nya berarti sudah diketahui kualitas tulisan pada blog kita.

Terus bagaimana cara DA dan PA bisa meningkat?

Ada beberapa faktor yang harus kita lakukan, supaya DA dan PA ini bisa terus meningkat dan enggak mudah turun nilainya. Selain itu, harus bisa dipertahankan di mesin pencari, supaya semakin sering muncul dan semakin naik pula nilai DA serta PA-nya. Nah, bagi yang sudah enggak sabar, begini loh cara meningkatkan DA & PA.

Faktor-Faktor yang Meningkatkan DA

1. Usia Domain

Jangan gonta ganti domain, ya, biar usianya panjang ~

Usia domain itu mempengaruhi nilai DA. Semakin panjang umur domain tersebut, semakin mudah pula meningkatkan nilainya. Selain itu, domain pun juga harus sering update konten baru di blognya. Dengan begitu domain pada blog kita enggak akan mudah hilang dari mesin pencari. Akan selalu ada dan dapat meningkatkan nilai DA secara perlahan.

2. Popularitas Domain

Mulai rajin blog walking, supaya semakin terkenal, ihir ~

Menjaga eksistensi pada domain itu perlu. Maka dari itu, jangan malu untuk menyebarkan nama domain blog kita di bio sosial media, seperti instagram, twitter, facebook, pinterest, youtube, google plus dan sosial media lainnya. Dengan begitu, semakin banyak yang tahu mengenai blog kita, maka akan semakin banyak pula yang berkunjung. Tak hanya itu saja, melakukan blog walking juga salah satu cara kita untuk meningkatkan nilai DA. Saling memberikan komentar satu sama lain akan membuat domain kita meningkat popularitas-nya.

Faktor-Faktor yang Meningkatkan PA

1. Konten Tulisan

Jangan plagiat, ya! Konten di blog wajib asli loh ~

Jangan plagiat! Hal ini terlarang untuk sebuah blog yang ingin meningkatkan nilai PA. Konten orisinal akan lebih disukai dan membuat nilai PA lebih cepat naik. Apalagi jika tulisan di blog bermanfaat untuk orang banyak. Wah, akan semakin mudah untuk meningkatkan nilai PA karena akan semakin banyak yang membaca tulisan kita. Jadi, buatlah tulisan yang bermanfaat, unik, belum banyak yang membahas di blog dan pastinya karya asli bukan jiplakan.

2. Link

Minta teman review blog kita, biar PA cepat naik, wush ~

Jangan lupa untuk sering menyebarkan link tulisan kita yang baru saja update di sosial media. Jika perlu saling lah bertukar review mengenai blog kita kepada sahabat atau teman-teman kita yang memiliki blog. Minta dia untuk me-review salah satu tulisan kita dan di pasang kan link kita di blognya. Hal itu akan meningkatkan nilai PA kita juga loh. Nah, yuk saling review blog temannya!

3. Gambar
Gambar itu penting dalam sebuah tulisan di blog ~

Tulisan tanpa gambar itu enggak akan menarik. Maka, perlu adanya gambar pada setiap tulisan di blog, ya. Enggak perlu banyak-banyak, satu saja cukup asalkan sudah mewakili dari apa yang kita bahas di tulisan tersebut. Ingat! Carilah gambar yang jelas dan berikan sumber jika itu gambar tersebut memiliki hak cipta.

Jadi, sudah paham dong ya cara merawat blog yang baik seperti apa? Dengan meningkatkan nilai DA dan PA berarti kita sudah merawat si blog supaya semakin bermanfaat untuk orang banyak serta memanjakan pengunjung dengan tulisan-tulisan yang berkualitas. Pastinya  juga membuat siapa pun yang berkunjung betah dengan tulisan-tulisan yang kita buat tanpa plagiat dan orisinal khas tulisan kita sendiri. Tulisan menarik dan banyak yang suka dengan isi konten blog kita karena sarat makna dan menambah ilmu.

Bagaimana sudah enggak bingung lagi mengenai DA dan PA 'kan? Lalu bagaimana cara mengecek nilai DA dan PA? Buanyak banget kok situsnya. Nah, sekarang untuk kamu yang penasaran bisa coba ke tulisan saya yang di sini, ya. Sudah saya bahas mengenai cara mengecek DA & PA, ya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Salam,

Comments

  1. wageslah ... Infonya keren Mbak Steff ... Terima kasiih, aku juga lagi cari domain ­čśś­čśś

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah umur blog udah 1 tahun 3 bulan nilai DA 29, PA 34. Semoga tahun ini naik 1 atau 2 poin amiiin...

    menulis konten yang berkualitas memang salah satu yang mempengaruhi nilai PA

    ReplyDelete
  3. Saya udah kenal DA PA sejak lama, sayangnya mereka yang gak kenal saya. Makanya, DA PA ku naiknya merambat bak larinya kura-kuraku, Si Rafael. Huhuhu.

    ReplyDelete
  4. Malu kalo ngebahas DA/PA blog saiah baru seuprit :)

    ReplyDelete
  5. DA DAN PA saya masih balita... Malu ih kalau bicarain ini, tapi memang diperlukan juga ilmu tentang ini, apalagi untuk keberlangsungan blog. Nah, yang nomor 2, saya sih masih malu-malu yebar link tulisan. Khawatir ada yang sakit mata setelah baca tulisan saya *eh.

    ReplyDelete
  6. Udah kenal, Mbak. Hihi baru beberapa bulan dari migrasi domain, sekarang DA masih 12. Gpp, yang penting nulis aja terus.

    ReplyDelete
  7. asik nih. diajarin DA PA. sebetulnya saya nggak ngeh bedanya apaan. tapi kalau naik seneng. wkwkwk..

    ReplyDelete
  8. Suiiipp...mb Steffi sll nulis yang aq butuhkan. Syuka syalala deh ...mnfaat bnget, thx yaa

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah rajin BW kayaknya juga bisa ningkatin DA ya mb, cmiiw. Terimakasih sharingnya, mb. Jangan bosan berbagi ya, tipsnya selalu kutunggu.

    ReplyDelete
  10. Heuuuu DA PA dari awal lagi akibat melakukan perbuatan TLD qiqiqiii...
    Semangattt

    ReplyDelete
  11. Setiap berkunjung ke blog mbk steffi, selalu dapat ilmu ngeblog yang baru. membantu banget buat saya yg newbie di blog. kenal blog aja baru kemaren. wkwk. mkasih mbk, sharingnya. ditunggu tips, sharing dan tutorialnya yg lain.

    ReplyDelete
  12. Mba step aku curcol nih, aku merasa nyesel kenapa ganti domain nya d entar-entaran aja wkwk. Sekarang harus manjat demi DA/PA nya naik hihi. Makasi banyak mba step, tulisanmu selalu aku tunggu!

    ReplyDelete
  13. Sampai sekarang aku blum jadi ganti domain. Aduh, berpengaruh ga ya makanya ditolak Google Adsense?

    ReplyDelete
  14. jaman awal ngeblog dulu
    belum ada tuh istilah DA/PA
    adanya page rank

    blogger yang tujuannya pada nyari duit
    berlomb-lomba naikin page rank
    termasuk akuhhh
    hahhahaa

    sekarang jaman berganti
    page rank uda gak laku
    ganti sama DA/PA

    terus berjuang menuju DA minimal 30
    biar makin punya bargaining kuat ke para pemasang iklan

    Cayooooo semangatt! :D

    ReplyDelete
  15. Kemarin2 cuma kenal nama aja, tapi setelah baca postingan ini jadi makin ngeh. Trima kasih sudah berbagi infonya mbak. Tp sy ada pertanyaan nih mbak, kenapa setelah cek DA/PA saya di beberapa situs yang tersedia untuk cek keduanya, hasilnya beda2 ya?

    ReplyDelete
  16. Lengkap sekali dan bermanfaat banget buat yang pemula seperti saya. Semoga bisa tetap konsisten ngisi blog. Minimal sehari naik satulah DA-nya *nah lho minta digetok kwkwk

    ReplyDelete
  17. Makasih ilmunya Mbak... Semoga DA /PA bisa ditingkatkan lagi

    ReplyDelete
  18. Senang banget membaca tulisan2 Mbak Steffi. Bikin nambah ilmu dan wawasan deh. Heheh. Tks sharingnya..ditunggu ilmu berikutnya­čĄŚ

    ReplyDelete
  19. Wah makasih sharingnya mbak steffi, duh aku baru aja tld, kudu lebih semangat nih, coz mulai lagi dari 0 kaya ngisi bensin di SPBU ya hehe.. smangat mbak..kutunggu tutorial2 n info2 kece seputar blogging darimu mbak

    ReplyDelete
  20. Saya blm kenal lho ba steffi..jadi tahu nih sekarang­čśÇ­čśÇ
    Mkah y infonya

    ReplyDelete
  21. blog sy masih seumur jagung, nilai DA/PA nya masih seiprit, makasih mbak sharingnya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

back to top