steffifauziah's blog

keep shining and enjoy my story ~

Punya Blog, Yuk! Ini 15 Alasannya ~

Hai, Sobat Blogger!


"Penting amat coy punya blog?" kata seorang teman.

"Pentinglah coy," kataku dengan nada tak santai.

Iya, itu percakapan yang terjadi belum lama ini dengan teman saya. Dia bingung kali ya, kerjaan saya nulis aja di blog, enggak beres-beres. Pekerjaan saya salah satunya emang dari blog, jadi pastinya nulis aja di blog kerjaannya. Apalagi sekarang ikut ODOP yang dimana harus setor setiap hari tulisan di blog selama bulan januari ini. Ya, sudah jelas akan banyak postingan blog saya dimana-mana terutama di sosial media, hehe.

Bisa jadi teman saya yang menanyakan ini memang belum merasakan asyiknya punya blog. Belum pernah merasakan penghasilan yang di dapat dari blog dan belum juga pernah merasakan dampak manfaat apa yang ditulis di blog. Jika sudah merasakan semuanya, beuh jangan heran kalau para blogger senior ogah untuk melepas menjadi penulis di blog, hehe. Alhamdulillah saya sudah merasakannya.

Memang sih menulis di blog itu harus ada feel. Kalau enggak ada feel-nya agak sulit yes mau nulis di blog hehe. Kalau dulu saya awal-awal punya blog mah untuk menambah penghasilan, wkwk. Apalagi lomba-lomba blog itu menggiurkan banget jika menang, bikin mupeng. Tapi saya sampe sekarang belum berani ikutan lomba blog, payah yes, wkwk.

Keenakan curhat kan jadinya. Baiklah untuk kamu-kamu yang sudah penasaran apa saja alasan untuk membuat blog. Ini ada 15 alasan *banyak yes, iya banyak biar kamu puas, wkwk* supaya kamu akhirnya memiliki blog. Simak ulasannya ya :

1. Sebagai Pengingat

Sejatinya manusia itu mudah sekali lupa. Memiliki blog bagus sebagai pengingat. Apalagi untuk yang suka menceritakan keseharian. Menceritakan tentang keluarga, pasangan, anak, saudara, tetangga, teman dan lain sebagainya. Dengan memiliki blog tentu memori itu tak akan mudah hilang atau terlupa. Akan selalu abadi di tulisan. Blog adalah salah satu tempatnya. Ini alasan yang paling saya sukai ~

2. Melatih Menulis



Sebagai penulis pemula, melatih menulis itu hukumnya WAJIB! Iyalah kalau enggak dilatih kapan tulisan bisa layak diterbitkan ke penerbit buku atau media online. Iya khaaan? Nah, maka memiliki blog akan sangat mudah membuat saya dan teman-teman penulis lainnya dapat berlatih menulis setiap saat bahkan setiap hari. Seruuu!

3. Membantu Orang Lain

Blog bisa membantu orang lain? Iya, bisalah. Kaya gimana? Nah, jangan salah loh. Blog bisa menulis apapun yang diinginkan. Kaya saya kemarin menulis review brownies buatan teman saya. Saya enggak minta gratis kok. Saya bayar hehe, terus saya review di blog saya. Supaya apa? Supaya semakin laris.

Ya, hitung-hitung membantu usahanya dia supaya semakin sukses. Bukan itu aja sih. Ada juga teman kesulitan membuat blog. Saya share step-step membuat blog di blog saya ini. Alhamdulillah pada ke bantu dan sekarang pada punya blog yang kece, gitu. Nah, makanya punya blog itu penting biar bisa berbagi melalui tulisan!

4. Menebar Manfaat

Dapat membantu orang lain itu salah satu manfaat dari blog. Tulisan yang ditulis di blog tentu dong ada manfaatnya. Selama tulisannya bukan nyindir orang atau sebuah kelompok, Insyaallah akan selalu bermanfaat. Tulisan traveling saya, ternyata bermanfaat bagi mereka yang ingin traveling ke tujuan tersebut dan dijadikan referensi.


Tulisan review produk saya, bermanfaat juga ternyata. Ketika mereka ingin membeli produk yang awalnya ragu jadi yakin beli karena review yang saya kasih membuat mereka penasaran dengan produk tersebut. Ya, begitulah setiap tulisan yang ditulis di blog selama tulisan tersebut dari hati dan bukan untuk menebar kebencian. Insyaallah akan selalu bermanfaat.

5. Transformasi Tulisan

Punya blog akan terlihat jelas transformasi tulisan loh. Saya awalnya menulis masih ngasal hingga sekarang agak tidak ngasal, wkwkw *apa sih. Ya, intinya tulisan saya banyak perubahan-nya. Alhamdulillah sih ke yang lebih baik, yes. Nah, untuk kamu yang suka menulis juga dan ingin jadi penulis, bisa kok memulainya dari blog dan bisa di cek transformasi tulisan-tulisan kamu sudah sejauh apa berkembangnya.

6. Teman Curhat

Masih ada kok yang membuat blog seperti teman curhat. Ada beberapa blogger yang menceritakan perjalanan kehidupan pahit-nya di blog. Bukan untuk membuka aib sih, tapi memberikan pelajaran berharga supaya yang membaca tak seperti dia. Itu bagus kok.

Blog juga bisa dijadikan tempat sebagai teman karena kita bisa menulis apapun disini, tanpa ada yang mengganggu. Coba saja dulu, bikin blog sebagai teman curhat. Mungkin ini alasan kamu membuat blog. Kalau saya jarang banget curhat di blog, kecuali tentang kepenulisan, hehe.

7. Terapi Diri

Menulis itu sesungguhnya terapi. Nah, salah satu media-nya di blog ini. Kadang saya sudah capek dengan pekerjaan rumah yang menumpuk. Dengan menulis ada rasa lega dan lebih bersemangat membereskan pekerjaan rumah lainnya. Terapi ini membuat saya semakin menyukai menulis di waktu senggang. Nah, salah satu alasan ini juga yang membuat saya semakin giat untuk menulis. Selain itu, ini salah satu kegiatan sangat positif.

8. Menyimpan Karya

Setiap penulis pasti ada karya yang ingin diabadikan. Blog adalah satu satu sarana untuk menyimpan karya-karyanya. Saya pun juga seperti itu. Satu persatu buku antologi terbit, saya akan abadikan di blog ini. Begitu pun dengan sertifikat-sertifikat yang pernah saya dapatkan (ini sedang berjalan sih, hehe).

9. Mendapatkan Uang

Nge-blog itu bisa menjadi penghasilan loh. Beneran! Sudah banyak teman-teman penulis saya lainnya yang mendapatkan uang dari blog. Entah itu Job Review, Content Placement atau pun diminta membuat lomba dan mendapatkan sponsorship.

Wah, seru banget pokoknya. Alasan saya di awal memang ini, hehe. Tak dipungkiri manusia memang membutuhkan uang. Tetapi sekarang saya enggak terlalu sibuk mencari pekerjaan. Inginnya menulis di blog dengan niat suka-suka aja. Lebih happy dan enggak deg-deg ser *emang dikejar rentenir, wkwk.

10. Branding Diri



Sebagai penulis branding diri itu sangat perlu. Supaya orang-orang tau siapa saya. Kenapa perlu tau? Ya, namanya juga ingin branding diri. Saya ingin orang-orang mengenal saya sebagai penulis dan blogger. Maka, dengan memiliki blog, mereka yang kepo *emang ada, wkwk* tentang saya tau bahwa saya siapa, gitu ~

11. Dikenal Orang

Lebih banyak dikenal orang, maka lebih banyak pula karya saya dibaca. Selain itu, penghasilan nambah karena biasanya suka ngasih kerjaan, hehe. Enggak juga sih, ya intinya tulisan saya bisa lebih luas dibaca orang-orang. Inginnya bisa banyak bermanfaat untuk orang lain. Enggak bisa secara langsung membantu. Insyaallah melalui tulisan bisa membantu lebih banyak lagi. Aamiin

12. Mendapatkan Teman

Wah ini mah jelas banget. Teman saya tambah banyak, rata-rata penulis dan blogger. Senang sih mendapatkan banyak teman yang satu passion dengan saya. Jadinya, saya bisa banyak sharing tentang suka duka menulis. Terus, bisa dengan mudah mendapatkan asupan motivasi juga di saat saya sedang down atau mendapatkan cobaan.



Sampai sekarang saya punya geng bersembilan dan semuanya penulis. Sudah melahirkan 2 buku antologi, yang satu sedang on the way di penerbit dan yang satunya lagi sedang proses editing. Insyaallah empat buku antologi dari geng ini adalah sebagai tanda bukti bahwa menulis tak hanya sekedar menulis tapi bisa mendapatkan teman/sahabat rasa saudara. Masyaallah.

13. Hidup Lebih Sempurna



Ini bukan lebay, wkwk. Beneran kok. Versi saya tapi yes, plis jangan cubit gemas saya, wkwk. Saya dulu pekerja kantoran terus resign jadi pedagang online shop, terus enggak berhasil lalu ketemu sama menulis. Apalagi jadi penulis di blog. Duh, Masyaallah. Di sini saya merasa hidup saya sempurna. Merasa cukup dan bersyukur Allah temukan saya dengan menulis. Hanya di rumah *tepatnya di kamar* dari menulis dapat duit, teman, komunitas bahkan penghargaan. Bagaimana hidup ini enggak sempurna? Masyaallah, Barakallah.

14. Rumah Kedua



Enggak hanya rumah secara fisik aja sih. Blog itu juga bisa dikatakan rumah maya. Meski hanya online tapi ini seperti rumah. Nyaman. Tenang. Bikin betah saat melihat blog dikunjungi orang-orang dan saling berkomentar. Seperti banyak tamu gitu, kalau pada berkunjung. Rumah kedua ini, meski hanya rumah maya, membuat saya semakin senang menulis. Duh, jadi baper wkwk ~

15. Sebagai Pelipur Lara



Pernah saya merasakan kejadian tak enak. Saya merasa terpukul waktu itu. Sedih, kesel, sebel, galau, bete, ah semuanya yang enggak enak-enak pokoknya. Pernah saya tuliskan di blog saya tentang hal itu. Banyak yang support saya dan mendukung bahwa semua akan baik-baik saja. Senang, ternyata blog tidak hanya sekedar menulis tetapi bisa sebagai pelipur lara. Masyaallah. Senang berada di sini ~

Nah itulah 15 alasan yang bisa saya jabarkan untuk memiliki blog. Memiliki blog itu pastinya sangat menyenangkan. Apalagi untuk kamu yang suka bangeeet nulis *kaya saya. Menulis di blog adalah salah satu mengembangkan hobi bahkan passion. Untuk itu, menulis sudah seperti makan atau minum ya, kudu banget menulis. Entah itu di blog atau untuk buku atau di media online.

Dari 15 alasan yang saya jabarkan diatas, adakah alasan kamu disana? Yuk, saling sharing ya! Ditunggu komentar-komentar sobat blogger semua.

Salam,

Comments

  1. Btw picture di nomor 11 pake aplikasi apa ya

    ReplyDelete
  2. Alasan saya karena ingin melatih menulis, menebar manfaat,transformasi tulisan juga terapi diri mb..
    Wwduhhh..hampir semua alasan yang ditulis mb Epi mengena ke alasan saya buat blog.

    ReplyDelete
  3. Menebar manfaat. *eh*. Pingin banget punya blog yang bermanfaat buat orang banyak, dan sepertinya glowingnya sudah mulai terlihat, banyak kolega yang ucapin makasih untuk tulisan-tulisan yang saya di blog krn dpt digunakan sbg referensi, hihi

    ReplyDelete
  4. Ahhh, gara-gara kalianlah termasuk dirimu neng saya jadi ngeblog lagi
    Padahal blog saya udah lama banget mati suri
    Semangat......!!

    ReplyDelete
  5. naaah, yg rumah kedua.. saya malah jadikan blog sebagai rumah pertama saya Mbak, hihih karena sebelum berkeluarga belum punya rumah sendiri, jadilah anggap blog itu sebagai rumah pertama, hihihih..
    tempat segalanya saya kembali, curhat dan sejenisnya.
    Blog emang bisa banget jadi self healing dan semua poin2 yang Mbak tulis itu :)
    jadiii klo nunda buat blog juga rasanya sayang banget deh ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah keren, semoga selalu bermanfaat blog kita ya mba. Aamiin.

      Delete
  6. Ah selalu suka sm tulisan2 nya ba steffi ini..sy jadi suka menulis ini krn byk hal dan salah satunya krn sering bc tulisanya b steffi stlh gabung di EstriLook

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah, serius mba? kok saya jadi terharu, semoga tulisan saya bermanfaat :).

      Delete
  7. Yess, setuju banget, Mbak. Kadang blog memang seperti rumah kedua, nyaman nulis diblog, bisa nulis apapun, suka-suka yang nulis dong, hehe ­čśä

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, suka-suka kita yang penting tulisan kita insyaallah selalu bermanfaat ~

      Delete
  8. Setuju banget, Mbak. Tapi yang nomor 9 saya belum kesampaian

    ReplyDelete
  9. Setuju banget....inilah yang saya rasakan ketika ngeblog....

    ReplyDelete
  10. Wah, alasan ngeblognya banyak banget. No.9 belum kesampaian. semoga segera mendapatkan penghasilan dari blog. Amin

    ReplyDelete
  11. Wah keren banget mba Step. Aku selalu suka deretan kalimat di setiap tulisannya mba Step. Keep writing and sharing y mba. Jujur aja aku merasakan banyak manfaat dari blog mba Step lho, makasih banyaaaak

    ReplyDelete
  12. Padahal ngeblog asik banget yaa ... awal bikin blog cuma buat latihan nulis. Makin ke sini makin tertarik untuk jadiin blog sebagai salah satu alternatif tambahan income

    ReplyDelete
  13. Setuju mbak.. Saya mendapat banyak manfaat dari menulis di blog sesuai Pengalaman pribadi­čśŹ

    ReplyDelete
  14. Saya galau mau beternak blog nih, Mbak..kwkwk *minta digetok :D

    ReplyDelete

Post a Comment

back to top