steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

5 Situs Untuk Mengecek Nilai DA & PA, Sudah Cek Belum?

Halo, Sobat Blogger!


Sebelumnya saya sudah membuat tulisan dengan judul Gaes, Sudah Kenal DA & PA Belum?. Nah, pada tulisan saya dengan judul tersebut sudah janji akan memberikan tutorial cara mengecek nilai DA dan PA, ya. Sebenarnya caranya sangat mudah sekali. Enggak sulit, beneran! Selain itu, situs-situs untuk mengecek nilai DA dan PA juga buanyak! Hehe. Jadi, nanti saya akan memberikan tutorial-nya di salah satu situs aja, ya.

Sudah saya jelaskan juga di postingan sebelumnya bahwa mengecek nilai DA dan PA itu penting banget untuk blog kita. Namun, perlu juga diketahui dari beberapa situs yang akan saya share nanti. Bahwa setiap situs pengecekan DA dan PA pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Makanya, penting juga sih sebenarnya mengecek DA dan PA di berbagai macam situs.

Kalau saya sih dulu karena belum paham, mengecek nilainya hanya di satu situs saja. Terus sudah ketahuan nilai DA dan PA saya, sudah deh selesai begitu saja. Eh, tapi ternyata ada banyak hal yang perlu saya ketahui di masing-masing situs pengecekan DA dan PA ini. Banyak ilmunya ternyata. Meski saya pun belum paham-paham bener sih, hehe. Mengerti dikit-dikit juga, nanti kalau ada yang lebih paham, boleh ya saling sharing, hehe.

Dari situlah akhirnya saya rajin cek domain blog saya di berbagai macam situs untuk pengecekan DA dan PA ini. Wah, agak sedikit bikin pusing tetapi enggak sampai beli paramex juga sih di warung, wkwk. Nah, biar kamu juga ikutan pusing *eh jangan dong, wkwk. Biar kamu juga bisa tahu se-bagus apa nilai DA dan PA kamu, yuk langsung aja di simak situs-situs untuk mengecek nilai DA dan PA.

Situs-situs Untuk Mengecek Nilai DA & PA

1. Moz

Ini tampilannya ya, gaes ~

Ini adalah situs yang paling sering dikunjungi para blogger untuk mengecek nilai DA dan PA. Lengkap banget penjelasan mengenai DA dan PA ini. Enggak hanya mengecek nilai DA dan PA saja, tetapi kamu juga bisa mengecek inbound link, anchor text, top page dan lain-lain. Keunggulan menggunakan Moz ini adalah tampilan-nya yang user friendly dan adanya menu bar persis di sebelah kiri, tepat dimana kita memasukkan situs domain kita. Jadi, jelas apa-apa saja yang bisa di cek selain nilai DA dan PA. Namun, kekurangan dari Moz ini tidak ada nilai Moz Rank, mungkin ini akan didapatkan jika kamu menggunakan Moz Pro.

Baiklah, saya akan coba memberikan tutorial mengecek DA dan PA menggunakan Moz ya. Simak ulasannya di bawah ini :

  • Masuk ke Moz
  • Jika belum login, maka login atau sign up terlebih dahulu
  • Masukkan nama website atau blog kamu di "Root Domain"
Masukkan nama domain di sebelah "root domain", lalu klik tanda search, ya ~
  • Klik tanda "Search" yang berada di sebelah kanan, berwarna biru
  • Nilai DA kamu akan muncul di menu bar Overview
Hanya DA saja yang muncul di Overview
  • Untuk mengecek nilai PA klik menu bar "Inbound Links"
Nah di Inbound Links muncul nilai DA dan PA-nya


Nah, mudah sekali kan untuk mengecek nilai DA dan PA blog kamu. Sisanya kamu bisa explore di menu bar sebelah kiri. Kamu bisa kepo sesuka kamu. Kamu pun bisa mengecek sudah se-kece atau sudah berkualitas kah blog kamu selama ini. Semoga enggak pusing, ya, wkwk. Saya pun juga belum benar-benar memahami itu semua, kok. Heu.

2. SEO Review Tools

Ini tampilan di SEO Review Tools

Ini juga salah satu situs yang sering digunakan para blogger adalah SEO Review Tools. Di sini bisa juga loh untuk mengecek nilai DA dan PA. Tidak berbeda jauh dari Moz cara penggunaannya. Hanya tinggal memasukkan nama domain blog kamu dan klik "Perform Check". Tak berapa lama, akan langsung muncul nilai DA dan PA kamu. Mudah kan?

Menu Bar yang berada di sebelah kanan bawah

Namun kekurangan dari SEO Review Tools ini kurang user friendly kalau menurut saya. Dia memiliki menu bar di sebelah kanan di bagian agak bawah. Lebih tepatnya di bawah sign in. Nah, enggak kelihatan emang. Saya aja awalnya enggak ngeh. Kebetulan karena kepo saya klik aja. Eh ternyata itu menu bar untuk mengecek nilai performa blog selain DA dan PA.

Nah, jika kamu kepo kebangetan dengan blog kamu kekurangannya apa. Kamu tinggal langsung aja cek di SEO Review Tools, ya. Semoga enggak bingung sama tampilan-nya, hihi.

3. Small SEO Tools

Ini tampilan Domain Authority Checker di SEO Small Tools

Lain halnya dengan Small SEO Tools. Khusus bagian Domain Authority Checker, hanya menampilkan nilai DA, PA, Moz Rank, IP address, IP location dan ada More Info yang bisa kamu klik. Hanya begitu saja tampilan ketika kamu mengecek nilai DA. Meski simpel tetapi ini membantu kamu untuk mengetahui Moz Rank.

Ini hasilnya ada Moz Rank. Agak berbeda memang hasilnya pada PA-nya. IP location nyasar.

Apa emang kegunaan Moz Rank? Jadi dari nilai Moz Rank ini kamu bisa mengetahui skor link popularity (tautan yang populer) dari setiap halaman blog atau website. Tentu, semakin besar nilainya, berarti tulisan kamu di setiap halaman blog semakin dikenal dan dibaca. Jadi, jangan berhenti menulis yang bermanfaat di blog, ya.

4. Bulk Domain Authority Checker

Ini tampilan pada Bulk Domain Authority Checker ~

Menggunakan Bulk Domain Authority Checker untuk mengecek nilai DA, bisa kamu lakukan dengan mudah. Sama seperti di situs-situs sebelumnya juga, bahwa kamu perlu memasukkan nama domain blog atau website di kolom "Website Name". Namun, ada yang berbeda pada situs cek domain authority ini. Sebelum kamu klik "Get Result" ada beberapa bagian yang perlu di ceklis.

Ini hasil setelah saya coba mengecek nilai DA dan PA pada blog saya ~

Nah, kamu tinggal ceklis saja bagian-bagian yang ingin kamu tampilkan. Jika kamu hanya ingin mengecek nilai Domain Authority dan Page Authority saja, berarti hanya itu saja yang kamu ceklis. Tetapi jika kamu ingin tau juga IP Address dan Moz Rank, maka bagian tersebut juga perlu kamu ceklis. Hanya itu saja yang akan ditampilkan, sisanya enggak ada. Meski hanya seperti itu, tetapi menggunakan Bulk Domain Authority Checker bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengetahui nilai DA dan PA kamu loh.

5. SEOWEATHER
Ini tampilan sederhana dari SEOWEATHER ~

Nah, ini situs terakhir yang akan dibahas. SEOWEATHER salah satu pengecekan nilai domain authority dan page authority yang mudah. Tampilan juga sederhana, meski ada beberapa informasi yang kurang jelas. Adanya iklan dari google adsense yang kurang pas penempatan-nya, membuat saya agak bingung ketika akan submit.

Hasilnya hanya keluar DA dan PA saja, gaes ~

Jadi, sebelum akhirnya kamu klik "Go Fetch", jangan lupa untuk klik captcha terlebih dahulu. Saya pun awalnya enggak ngeh mengenai ini, karena enggak scrolling sampai bawah. Nah, pas saya scrolling baru deh kelihatan captcha-nya. Pantesan pas saya klik "Go Fetch" ada pemberitahuan bahwa harus klik si captcha, hehe.

Tapi memang sangat simpel banget. Beda jika di bandingkan dengan Moz atau pun SEO Review Tools. Tampilan-nya sangat simpel hanya ada nilai DA dan PA. Untuk kamu-kamu yang hanya ingin cek nilai DA dan PA aja, bisa ke SEOWEATHER ini, ya.

Itu tadi kelima situs untuk mengecek nilai DA dan PA. Sudah mulai paham dong, ya, mengenai DA dan PA ini. Semoga sudah, yes, hehe. Jadi apa kamu sudah mulai kepo dengan blog kamu nih? Kira-kira nilai DA dan PA-nya sudah naik belum ya? Hmm, yasudah buruan cek, ya! Semoga bermanfaat.

Salam,

Comments

  1. Hai, Mbak Steffi. Selama ini aku pakai SEO Review Tools saja. Tadi coba ikuti Moz.com. Eh, ternyata aku sudah pernah daftar tapi nggak pernah pakai, lho. Di Moz jauh lebih komplit ya, meskipun aku nggak mudeng cara bacanya gimana. Sepertinya perlu waktu khusus buat menelusurinya, ceileeeh, segitunya ...

    ReplyDelete
  2. Aku sering pake MOZ, seo review tools, dan small seo. Hasilnya kalo cuma dari segi DA/PA sih mirip-mirip ya. Soalnya aku juga gak ngeh dengan printilan lainnya hehehe. Yg no 4-5 belom pernah coba

    ReplyDelete
  3. Seperti biasanya, Mbak Steffi rajin nih bikin tutorial. Sip.

    Saya biasanya ngecek da/pa di no 1,2,3 plus di checkmoz (dot)com. Hasilnya sama, sih. Alhamdulillah, Naik :)

    Kalo yg no 4,5 belum pernah nyobain. Nanti saya cobain juga, deh.

    ReplyDelete
  4. Kadang saya nggak pede buat melihat begini, apalagi blog nya masih yang gratisan. Tapi terimakasih ya buat infonya, saya masih rajin ngintip DA juga sih hihi

    ReplyDelete
  5. Saya kalo mau cek suka search dulu di google biar kluar pilihannya, sukabiseng aja coba2in satu2. Padahal hasilnya mah segitu2 aja. Wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Aku pakai nomor 1 dan 2. Lebih sering yang 2. Yang lain belum pernah coba
    Oh ya hasilnya kelimanya sama enggak yaaa, Mbak?

    ReplyDelete
  7. Aku pakai MOZ sama SEO Review Tools. Ya merasa paling cocok sama dua itu dan angkanya juga gak beda jauh.

    ReplyDelete
  8. Mba Stefi selalu keren ksh info yg oke banget. Iya nih saya biasanya pake moz sm SEO Review Tools. Udh cucok sih hnya beda dikit. Mksh yaa infonya...

    ReplyDelete
  9. Cek DA PA biasanya pakai MOZ dan SEO Review Tools.
    Belum pernah cek yang no 3 sampai 5.
    Tapi tertarik mo ngecek yang no 3, ah.
    Makasih infonya Mb Stef.

    ReplyDelete
  10. Saya ga pernah ngecek DA & PA, asli ngga tau. Tapi asyiknya Mba Steffi selalu mengedukasi dg tutorialnya. Makasih ya Mba

    ReplyDelete
  11. Paling bingung kalo ditanya DA PA blognya berapa? Ternyata gini ya ngeceknya, hihi, terimakasih mb, langsung cuss cek DA nanti.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top