steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Sudah Yakin Blog Kamu Tak Bermasalah? Yuk Cek Dengan 4 Cara Ini!

Hi, Sobat Blogger!


Kamu merasa aman-aman saja dengan blog kamu yang sekarang? Sudah pernah coba di cek belum? Nah, kalau belum sudah saatnya blog kamu di cek dulu dengan cara-cara yang akan saya berikan ini. Sejujurnya setiap blogger memiliki PR untuk blognya loh. Wah PR apa tuh?

Jadi, saya dapat info dari grup whatsapp, yaitu grup komunitas blogger yang saya ikuti. Ada 4 cara yang perlu kita lakukan untuk mengecek apakah si blog kita ternyata sudah oke apa belum. Sebenarnya enggak terlalu sulit untuk mengecek ini kok, gaes! Karena sudah ada caranya dan situsnya juga, kita tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.

Namun, yang menjadi PR terbesar adalah hasil dari pengecekan tersebut. Hasil yang keluar bagus atau jelek? Kalau bagus Alhamdulillah, lah kalau jelek? Nah loh, PR banget kan gaes untuk kita. Tenang kamu enggak sendirian, kok. Blog saya sudah saya cek dan yah gitu deh masih juga perlu perbaikan di sana sini. PR yang harus diselesaikan masih buanyak, hehe.

Eh, tapi emang bukan saya aja sih. Rata-rata para blogger senior pun mengalami hal yang sama seperti saya. Bahwa masih banyak PR yang harus dibenahi di blog kita sendiri. Nah, kira-kira cara-caranya seperti apa ya? Untuk kamu yang enggak sabar, langsung aja yuk kita simak ulasannya di bawah ini :

Ada 4 Cara Optimasi Trafik Organik

1. Mengecek Jumlah Artikel yang Terindeks di Google
  • Buka www.google.co.id
  • Ketik site:namablog.com (misal site:steffifauziah.com)
  • Jika masih kurang dari 1000 hasilnya, maka perbanyak lah artikel di blog kamu, ya 
Blog saya pun perlu banyak perbaikan, hiks, hiks. Harus bikin jadwal menulis, nih!

Tujuan dari mengecek jumlah artikel yang ter-indeks di google ini adalah supaya kamu mengetahui sudah banyakkah artikel kamu yang ter-indeks oleh google. Jika sudah tentu ini akan mempermudah blog kamu dikunjungi oleh lebih banyak lagi pengunjung. Namun, jika belum ini merupakan PR yang wajib kamu penuhi.

Caranya dengan semakin sering menulis di blog. Mungkin sudah saatnya kamu ikut ODOP (One Day One Post). Dengan begitu kamu akan semakin rajin menulis dan akan terpenuhi untuk mencapai 1000 di hasil pencarian google. Artikel yang kamu tulis bisa dari sponsor (job review atau content placement) dan konten original.

Saran saya ketika melakukan pengecekan jumlah artikel ini baiknya di laptop atau di PC. Dikarenakan jika di handphone tidak akan keluar jumlah artikelnya. Saya pernah coba melalui handphone dan memang benar nihil untuk melihat hasilnya. Jadi, cobalah menggunakan desktop pada pengecekan pertama ini, ya.

2. Mengecek Kualitas Blog




  • Buka www.seoptimer.com
  • Masukkan nama blog kamu
  • Klik Audit
  • Nilai blog kamu akan keluar
  • Pastikan setiap nilai pada blog kamu adalah B+ atau A-
  • Lebih baik lagi jika bisa A+
  • Jika di bawah nilai tersebut silahkan perbaiki setiap nilai, ya
Sedih banget liatnya, padahal sebelumnya B loh. Heu. Kudu semangat memperbaiki blog!

Mengecek kualitas blog kamu perlu banget loh. Dengan begitu kamu dapat mengetahui seberapa bagus kualitas blog kamu. Perlukah berbenah atau tetap konsisten agar tak turun nilainya. Nah akan ada 5 penilaian, yaitu SEO, Usability, Performance, Social, dan Security.

Ini memang enggak mudah sih, SEO saya di blog dari dulu buruk, heu ~

Alhamdulillah, usability masih bagus.

Duh, menyedihkan lihatnya, gaes!

Nah, emang sosial media itu penting untuk blogger!

Alhamdulillah security-nya bagus!

Dari kelima penilaian tersebut akan dijabarkan masing-masing. Lalu, akan ada review dari masing-masing penilaian yang bisa gunakan untuk memperbaiki blog kamu. Akan dirinci dengan sangat jelas, mana yang sudah oke dan nama yang belum. Jadi, kamu perlu fokus dengan yang belum oke ini. Supaya blog yang kamu miliki semakin berkualitas dan pengunjungnya semakin banyak.

PR untuk blog saya pun sebanyak ini, Masyaallah ~

3. Mengecek Kecepatan Blog


Memiliki blog yang memiliki kecepatannya baik akan senang dikunjungi. Maka, mengecek kecepatan blog juga perlu loh, agar si blog bisa semakin disukai oleh pengunjung. Tentu, ini enggak mudah karena terkadang kita masih senang membuat blog kita seperti apa adanya. Tidak berusaha untuk memperbaiki. Salah satunya kompres foto. Banyak yang enggan karena malas, padahal ini pengaruh banget loh. Saya yang sudah kompres foto aja hasilnya tetap jelek sewaktu di cek untuk mobile, hiks. Sedih aku tuh.

Di mobile buruk, harus diperbaiki nih, hmm ~

Alhamdulillah untuk desktop aman ~

Nah, coba cek blog kamu di sini. Lihat hasilnya, akan ada 2 hasil yaitu pada mobile dan desktop. Masing-masing akan ada penilaian-nya dan memberikan review pada blog kamu. Jika nilai masih belum baik maka kamu wajib memperbaiki kekurangan yang di review oleh situs tersebut.

4. Mengecek Loading Blog



Hiks, sedih banget 20 detik, yang seharusnya kudu 5 detik. PR banget ini ~

Loading pada blog kamu memang harus di cek. Pada loading kali ini mengecek time atau waktu yang dibutuhkan ketika membuka blog kamu. Jika loading yang diberikan terlalu lama  pada blog kamu, tentu para pengunjung akan enggan kembali untuk  mengunjungi blog kamu. Dengan mengecek loading blog ini kamu akan semakin tahu apakah loading blog kamu sudah baik atau belum. Selain itu, kamu jadi tau bagian mana yang harus dibenahi.

Nah ini review-nya, supaya blog akuh loadinya cepat ~

Nah, itu tadi keempat cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah blog kamu sudah oke atau masih banyak masalahnya? Jika faktor-faktor diatas telah terpenuhi, Google akan menilai blog kamu baik karena loading-nya cepat dan banyaknya tulisan-tulisan dengan konten yang baru. Jadi, akan lebih cepat mendongkrak trafik pada blog kamu karena banyak artikel yang telah ter-indeks oleh Google.

Blog saya sebelumnya juga pernah saya lakukan keempat hal diatas sebelum mengganti template. Hasilnya lebih baik yang dulu tentu dibandingkan yang sekarang. Namun, setelah ganti template terlihat perubahan besar dari blog saya. Wah, ini memang PR terbesar banget setelah ganti template. Saya harus mulai dari awal lagi supaya blog semakin layak untuk dikunjungi.

Nah, jadi warning juga untuk para blogger-blogger yang lain, untuk enggak gonta-ganti template, ya. Saya sudah berjanji enggak akan ganti template lagi, setelah template ini, wkwk. Sudah tobat dan waktunya berbenah blog agar semakin layak dan enggak banyak masalahnya. Ada yang sama seperti saya? Yuk, barengan juga berbenah blog! Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas blog kamu, ya.

Salam,

Comments

  1. Sudah saya cek, mbak steff... mudah sekali kalau mengikuti arahan dari blognya mbak steff.
    lapor! saya yang bagus hanya usability dan security hehe.. pagespeednya not bad lah ; 62.
    Saya belum pakai SEO. Mau baca-baca lebih banyak lagi ah biar blog saya yang masih baby bisa tambah oke. Keep writing about blogging ya, mbak.
    Thanks ilmunya.

    ReplyDelete
  2. Wah aku baru tau yg point 1, makasih sharing ilmunya mbak, n baru tau juga kalo gonta ganti template ngaruh juga ya ke performa blog kit

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mbak ilmumya, belum sempat ngeceknya.

    ReplyDelete
  4. keren nih ilmunya...thankyu mak...jadi tahu...

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya.

back to top