Friday, September 21, 2018

# hamil # lifestyle

10 Mitos Kehamilan yang Tidak Masuk Akal, Bunda yang Sedang Hamil Harus Tau Nih, Agar Tidak Mengganggu Pikiran

Hai, Mak Blogger!


Bunda sering dengar tentang mitos kehamilan enggak? Mungkin banyak banget ya mitos saat sedang hamil yang sebenarnya enggak masuk akal. Di islam sendiri pun enggak ada tuh hal-hal seperti itu. Nah, kan dari mana ya asalnya mitos-mitos kehamilan yang beredar di masyarakat? Hmm, daripada saling salah menyalahkan asal muasal dari mitos-mitos kehamilan mending Bunda yang sedang hamil harus tau nih apa saja mitos yang beredar.

Untuk itu, ada 10 mitos kehamilan yang bisa Bunda ketahui, supaya Bunda pun tau bahwa mitos tersebut tidak benar dan salah kaprah. Supaya Bunda pun tak menyalahi aturan agama yang ada karena percaya mitos-mitos tersebut. Nah, kira-kira apa saja ya 10 mitos kehamilan? Simak ulasannya berikut ini :

1. Minum air es



Katanya ibu hamil enggak boleh minum air es karena dapat menyebabkan anak di dalam perut menjadi besar dan sulit untuk lahiran normal. Sebenarnya air es enggak pengaruh akan hal tersebut loh. Dokter kandungan pun enggak pernah bilang bahwa air es dapat membuat anak di dalam perut menjadi besar.

Bayi dalam kandungan menjadi lebih gendut dikarenakan asupan gula yang di dapat oleh ibu banyak dan berlebihan sehingga bayi membesar bukan karena air es. Selain itu, bisa jadi saja memang faktor keturunan dan bayi tersebut laki-laki karena bayi laki-laki biasanya lebih besar daripada bayi perempuan. Maka, minum air es tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan bayi yang menjadi lebih besar di dalam kandungan.

2. Melayat orang meninggal



Ibu hamil tidak boleh melayat orang meninggal dikarenakan takut bayinya kena sawan adalah mitos belaka. Dalam islam hal ini tidak ada dalil shahihnya, jadi jangan percaya akan hal ini. Sudah sewajarnya jika ada saudara semuslim yang meninggal, bagi siapapun untuk melayatnya karena hal itu sunnah. Begitu juga untuk ibu hamil, tidak ada larangan untuk melayat. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam berkata :

“Barangsiapa yang bertakziyah kepada orang yang tertimpa musibah, maka baginya pahala seperti pahala yang didapat orang tersebut.” (HR.At-Tirmidzi)

3. Memotong rambut



Mitos ini telah beredar lama sejak dahulu, dikatakan bahwa ibu yang sedang hamil tidak boleh memotong rambut karena akan membuat anak yang di kandungnya cacat. Padahal ini tidak benar sama sekali. Untuk itu Bunda, jika memang tak nyaman dengan rambut yang terlalu panjang saat sedang hamil, tidak apa untuk memotong rambut. Tak boleh memotong rambut saat hamil hanya mitos belaka kok. Jadi, jangan mudah percaya ya Bunda apalagi jika tidak ada penjelasan medis maupun dalil shahihnya.

4. Keluar malam hari



Dulu banyak orangtua yang melarang anaknya yang sedang hamil untuk keluar malam hari. Katanya jika ibu hamil keluar malam hari akan terjadi hal buruk pada janinnya. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar. Ibu hamil tidak ada masalah untuk keluar malam kok. Meski memang ada hadist yang mengatakan bahwa tidak boleh keluar saat maghrib. Tetapi, hadist tersebut hanya saat magrib tiba saja setelahnya tidak masalah untuk keluar malam jika memang ada keadaan yang mengharuskan si ibu hamil keluar rumah pada malam hari. Semoga dipahami ya, Bunda.

5. Resiko ngidam tidak dituruti



Banyak kakek nenek dulu yang mengatakan bahwa jika ibu hamil sedang menginginkan sesuatu lalu tak dituruti maka janin yang akan lahir nanti akan ngiler terus. Namun, hal ini tidak dibenarkan. Sejatinya bayi memang sering mengeluarkan iler atau ludah, apalagi saat bayi sedang belajar makan atau gigi yang akan tumbuh. Tentu, iler atau ludah bayi ini akan lebih sering keluar. Jadi, ini hanya mitos belaka kok, jangan mudah percaya ya Bunda.

6. Mengucapkan "Amit-amit jabang bayi"



Ucapan ini sudah seperti jargon untuk orang-orang yang tak ingin anaknya seperti yang terlihat. Misal ibu hamil melihat anak cacat dan harus mengelus perutnya serta mengucapkan "Amit-amit jabang bayi" supaya bayi yang dikandungnya tidak seperti itu juga. Padahal hal ini tidak benar loh, Bunda. Penjelasan medis maupun hadist shahihnya pun tak ada. Bayi yang di dalam kandungan adalah hak Allah akan dilahirkan seperti apa yang terpenting Bunda harus tetap berdoa dan ikhtiar agar yang bayi yang dikandung sehat, normal dan tak kekurangan apapun. Aamiin.

7. Ketika ayam berkokok di malam hari



Mitos ini sungguh tidak masuk akal. Orang dulu, bahkan hingga sekarang masih mempercayai bahwa jika mendengar ayam yang berkokok pada malam hari diketahui ada wanita yang hamil diluar nikah. Padahal hal ini tidak benar sama sekali. Tidak ada kaitannya ayam berkokok pada malam hari dengan wanita yang hamil diluar nikah. Tidak ada satu hadist pun yang mengatakan bahwa ayam berkokok adalah sebagai pertanda wanita hamil di luar nikah. Jadi, jangan ikutan percaya ya Bunda.

8. Acara 4 atau 7 bulanan



Kedua acara ini diyakini akan memberikan keselamatan dan kesehatan pada janin yang dikandung oleh ibunya. Padahal tidak perlu ada acara seperti ini jika ingin berdoa untuk keselamatan dan kesehatan janin. Seorang muslim dapat memintanya kepada Allah setiap hari tanpa harus dengan acara 4 dan 7 bulanan ini. Katanya lagi, jika tidak melakukan acara 4 atau 7 bulanan bayi yang dikandungnya tidak akan sehat atau selamat. Tentu, hal ini tidak ada dalil shahihnya, jangan percaya ya Bunda. Selama Bunda tetap sholat dan berdoa kepada Allah, tentu hal itu yang paling utama dibandingkan acara 4 atau 7 bulanan.

9. Membaca surah tertentu


Mitos ini biasanya terjadi saat acara 4 bulanan. Jika si ibu ingin memiliki anak perempuan maka diharuskan membaca surah Maryam dan jika ingin memiliki anak lelaki maka diharuskan membaca surah Yusuf. Padahal hal ini tidak ada sama sekali dalil shahihnya. Mau laki-laki atau perempuan itu hak Allah Sang Maha Pemberi, hanya Dia yang berhak menentukan akan yang dikandung akan laki-laki atau perempuan. Tugas Bunda hanya tetap berdoa dan ikhtiar agar bayi yang dikandung selalu sehat serta tak kekurangan apapun hingga lahiran nanti.

10. Membawa gunting kemana-mana



Ini mitos yang masih sering dipercaya oleh ibu hamil. Bahwa ibu hamil wajib membawa gunting kemana-mana. Apakah ada kaitannya gunting dan ibu hamil? Tentu ini adalah mitos belaka. Jika membawa gunting dapat menghilangkan bencana untuk ibu hamil. Lalu, apakah gunting lebih berkuasa daripada Allah yang Maha Kuasa? Jadi, sudah dipastikan bahwa membawa gunting kemana-mana adalah mitos belaka. Jangan, percaya ya Bunda.

Itulah kesepuluh mitos kehamilan yang tidak masuk akal. Bunda percaya itu semua? Jika Bunda seorang muslim dan percaya akan semua itu maka kamu akan musyirik loh. Wah, ngerih kan? Makanya harus hati-hati sama mitos tidak semua itu benar selama tidak ada dalil shahih atau pakar kedokteran secara ilmiah. Jadi, saat Bunda sedang hamil sudah tidak percaya lagi hal tersebut kan? Semoga Bunda yang sedang hamil dimudahkan prosesnya hingga lahiran nanti ya dan Allah yang senantiasa menjaga. Aamiin.

Salam,
 steffifauziah

26 comments:

  1. Hamil anak pertama saya mengalami ini semua, tapi dasarnya agak bandel jadi ya sebgian diterjang saja. Anak kedua sudah lebih selow. Lha gimana lagi apa-apa sendiri. Jadi ya bismillah aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah bun percaya sama Allah lebih baik dari pada percaya mitos seperi itu. Selama diterjang aja nyatanya anak jg baik2 aja kan?

      Delete
  2. Waktu hamil mau potong rambut gak boleh katanya pamali, huaaa kebayang kan ibu hamil gampang banget kegerahan. Akhirnya tetep potong rambut, dan menguatkan pikiran kalau itu cuma mitos belaka hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul, nyatanya pas lahir anak juga sehat2 aja ya bun? Alhamdulillah.

      Delete
  3. Hahaha lucu ya bun mitos-mitosnya dan itu erat sekali dengan kehidupan masyarakat kita. Dulu waktu hamil juga, saya disuruh ama mertua bawa bawang putih dll. Katanya biar ga digangguin hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun betul banget kebanyakan tahayul. Pake bawang biar gak diganggu? Padahal Allah kan yang bakal menjaga? 😊

      Delete
  4. Hihi yang disebut itu semua berhubungan dgn sumbet katanya ya mba...Bhkan smpi sekarang msh bnyk yg mempercaysi mitos2 itu. Semoga kita dijauhkan dari sebutan musyrik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun serem ya, saya gamau percaya lillahi ta’ala aja. Selama kita dekat Allah apa yang perlu ditakutkan? Hihi

      Delete
  5. Alhamdulillah meskipun Almarhumah mertua saya sudah sepuh tapi pikirannya sudah mulai "terbuka" nggak lagi percaya mitos2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, bersyukur banget dapat mertua seperti ini. Percaya banget bahwa ada Allah yang senantiasa menjaga.

      Delete
  6. Kl keadaan hamil memikirkan mitos di atas, sang ibu jd sress. Pasrahkan hy kepada Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget bun pikiran jadi enggak tenang.

      Delete
  7. Mitos seputar kehamilan ini memang buanyak ya. Soalnya berkaitan dengan sesuatu yang belum bisa kita lihat. Jadi, masih banyak orang yang percaya. Memang sebaiknya patokan kita lebih baik dari sisi agama dan medis saja, lebih sahih dan meyakinkan.

    ReplyDelete
  8. Wah ngalamin banget mitos2 itu waktu hamil anak pertama, kala itu masih bareng ortu. Hamil kedua sih aman karena dah misah sama ortu hehehe. Nuhun infonya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba sama-sama. Semoga bermanfaat. Padahal kalo gak dituruti janin enggak akan kenapa-kenapa ya mba? 😁

      Delete
  9. Alhamdulillah saya tinggal jauh dari ortu dan mertua. Jadi tiap hamil cuma denger aja kalau ada mitos ini dan mitos itu tapi selow aja. Karena hanya menjalani berdua suami hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang ortu ya mba yang ketakutan. Padahal mah seharusnya hal tsb gak pengaruh apa2. Berserah dan berdoa sama Allah cukup.

      Delete
  10. Beberapa dengar dari ortu mbak. Alhamdulillah berhasil menghindar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhmdulillah. Semoga ortu lama kelamaan semakin paham ya mba. Aamiin 🤲🏻

      Delete
  11. Jadi ingat waktu hamil dulu, banyak banget pantangannya, tapi saya yakin itu cuma mitos, berserah saja pada Allah, yang penting berdoa minta perlindungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bun padahal minta perlindungan sama Allah aja udah cukup ya.

      Delete
  12. Pengen ketawa klo ingat mitos kayak gini. Dulu sya malah pernah pake jahe dipeniti di baju. Sya lepas malah dimarahin Papa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, lucu ya mba. Banyak banget mitos yg gak sesuai dengan ilmiah dan agama bikin serem aja. Hihi.

      Delete
  13. Haha... Mbak... Saya makin penasaran lho. Dulu pas hamil senang makan es. Tapi biasa saja. Dan selalu potong rambut. Abis gerah sih. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, emang gak masalah kan ya mba hihi.

      Delete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed