Saturday, September 22, 2018

# hamil # lifestyle

Bunda Wajib Baca! Ada 8 Barang yang Perlu Bunda Persiapkan Saat Melahirkan, Harus Dibawa dan Jangan Sampai Tertinggal

Hallo, Mak Blogger!


Masa-masa kehamilan sudah akan berakhir dan sudah saatnya mempersiapkan diri Bunda untuk melahirkan. Tentu, ini adalah masa tegang karena akhirnya Bunda akan bertemu dengan bayi yang selama ini telah ada di kandungan Bunda selama 9 bulan. Bukan hal yang mudah dan cepat selama 9 bulan lamanya.

Makanya, masa-masa melahirkan adalah hal yang paling menegangkan sekalipun paling membahagiakan. Bagaimana tidak, akhirnya akan ada kehidupan baru di rumah yang telah lama ditunggu-tunggu. Wah, pasti rumah kan semakin membahagiakan dengan adanya anak-anak ya.

Nah Bunda, supaya Bunda tak bingung persiapan barang apa saja kira-kira yang perlu di bawah saat melahirkan. Ada 8 barang yang tak boleh Bunda lupa apalagi sampai tertinggal. Pokoknya 8 barang ini wajib Bunda bawa ya. Apa saja ya 8 barang tersebut? Simak ulasannya berikut ini :

1. Pakaian untuk ibu dan bayi



Perlengkapan pakaian untuk ibu :

  • Baju longgar dan praktis sebanyak 2-3
  • Daster dengan kancing di depan agar mudah saat menyusui
  • Bra menyusui
Perlengkapan pakaian bayi :
  • Baju bayi baru lahir sebanyak 4-5
  • Sarung tangan dan kaki bayi
  • Topi bayi
  • Kain bedongan
  • Selimut bayi

Siapkan semua ini dalam satu tas, supaya Bunda dan suami praktis saat sudah mendekati persalinan. Bunda juga tak perlu repot lagi memikirkan apa saja yang belum karena pakaian yang dibutuhkan telah dipersiapkan jauh-jauh hari.

2. Perlengkapan mandi



Ibu yang telah melahirkan pasti butuh mandi. Jadi, Bunda wajib mempersiapkan perlengkapan mandi ini. Perlengkapan mandi yang perlu dibawa ada sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi dan handuk. Jangan sampai ini tertinggal karena saat Bunda ingin mandi tidak lagi bingung mencari perlengkapan mandi karena telah dipersiapkan.

3. Sarung



Sarung perlu untuk Bunda saat akan melahirkan supaya lebih leluasa dan praktis saat melahirkan jadi lebih baik jaga-jaga untuk membawa sarung. Meski terkadang ada pakaian dari rumah sakit yang seperti daster, tetapi tidak ada salahnya Bunda juga membawa sarung sendiri dari rumah. Jadi, jangan lupa masukan daftar sarung dalam barang yang perlu Bunda bawa saat melahirkan ya.

4. Dokumen penting



Dokumen penting ini berisi :

  • Kartu identitas (KTP)
  • Buku kehamilan
  • Kartu asuransi (jika membayarnya menggunakan asuransi)
  • Kartu identitas rumah sakit (jika ada)
  • Dokumen penting dari rumah sakit yang jika diperlukan
  • Kartu BPJS (jika menggunakan BPJS)
Beberapa dokumen penting tersebut jangan sampai tertinggal. Taruh saja bareng dengan tas yang akan di bawa saat persiapan melahirkan. Supaya Bunda tidak buru-buru dan mencari-cari lagi dokumen penting tersebut.


5. Pembalut untuk nifas

Setelah melahirkan pasti Bunda akan mengalami nifas. Bisanya pihak rumah sakit sudah menyediakan. Tetapi, tak ada salahnya jika Bunda pun membawa sendiri pembalut. Untuk jaga-jaga saja jika yang disiapkan dari rumah sakit kurang. Masukkan pembalut dalam daftar list yang wajib dibawa ya, Bunda.

6. Kain gurita untuk ibu

Menggunakan kain gurita dengan perekat lebih praktis dibandingkan dengan yang banyak tali. Jadi, Bunda lebih baik persiapkan gurita perekat supaya bisa langsung dipakai setelah melahirkan. Kain gurita untuk ibu pasca melahirkan saat baik untuk mengembalikan kulit yang mengendur, meredakan nyeri punggung dan pastinya memudahkan untuk menyusui bayi. Nah, jadi jangan lupa kain guritanya di bawa ya, Bunda.

7. Popok bayi



Menggunakan popok bayi sangat praktis untuk Bunda yang baru saja selesai melahirkan. Supaya tidak repot jika bayi sedang buang air kecil atau buang air besar. Siapkan popok yang lembut untuk bayi yang baru lahir karena biasanya kulit bayi masih sangat sensitif. Tentu, siapkan popok bayi bersama perlengkapan lainnya agar tak tertinggal.

8. Tisu basah dan kering



Tisu sangat penting untuk dibawa di saat persiapan melahirkan. Apalagi tisu basah, itu berguna saat bayi sedang buang air besar. Tisu basah bisa dijadikan sebagai pengganti air dan sabun untuk mengelap bayi, jika saat itu Bunda masih kesakitan pasca melahirkan dan agar lebih cepat serta praktis. Tisu basah dan kering juga dibutuhkan untuk hal lainnya.

Itulah kedelapan barang penting yang wajib Bunda bawa saat persiapan persalinan. Bunda siapkan itu semua saat Bunda sudah memasuki bulan ke 9. Jadi, saat ke rumah sakit Bunda tinggal bawa tas tersebut saja dan tak repot untuk membereskannya lagi. Jadi, Bunda tak perlu banyak yang dipikirkan saat menjelang melahirkan. Tinggal fokus saja supaya ibu dan bayi yang dilahirkan selalu sehat dan normal tanpa kekurangan apa pun. Aamiin.

Dari kedelapan barang yang perlu dibawa saat persiapan melahirkan kira-kira ada yang tertinggal tidak ya? Adakah Bunda? Jika ada kasih tau ya di kolom komentar di bawah ini.

Salam,
 steffifauziah

2 comments:

  1. Makasih infonya mba Stefi, menurut saya sih ngga ada yang kurang. Nah dokumen itu malah ngga kepikiran sama saya, makasiih.

    ReplyDelete
  2. Info yg bagus bgt. Tp menurut saya dibanding tisu basah, membawa kapas bulat lebih cocok saat bayi BAB/BAK karena kapas lebih lembut. Bisa membawa kotak bertutup juga utk menaruh kapas yg sudah dibasahi dg air hangat/dingin jd saat bayi BAB/BAK kapasnya sdh siap digunakan 😊

    ReplyDelete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed