Sunday, September 23, 2018

# hamil # lifestyle

Bunda Sering Mengalami Morning Sick? Tak Perlu Khawatir, Ada 9 Cara Mengatasi Mual Pada Pagi Hari, Pasti Dapat Membantu Bunda!

Hi, Mak Blogger!


Sebenarnya apa ya morning sick itu? Jadi, morning sick adalah kondisi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah pada pagi hari, biasanya terjadi pada trisemester awal kehamilan. Rata-rata memang terjadi pada pagi hari, meski tak selalu di pagi hari dan bahkan ada yang sepanjang hari merasakan mual serta muntah. Tentu, ini akan mengganggu aktivitas yang dilakukan oleh ibu yang sedang hamil.

Selain itu, ibu yang sedang hamil setelah muntah akan menyebabkan sakit kepala yang lumayan berat, menyebabkan ibu hamil tak bisa melakukan apa-apa selain berbaring di tempat tidur. Tentu, untuk sebagian ibu hamil ini sangat mengganggu karena pekerjaan rumah yang seharusnya dapat ibu hamil lakukan, jadi tak bisa dikerjakan. Menyebabkan rumah akan semakin tak ter-urus dan membuat ibu yang sedang hamil menambah beban pikiran.

Nah, karena itulah Bunda harus tahu ini cara mengatasi mual yang sering terjadi saat hamil. Supaya Bunda pun tetap bisa beraktivitas seperti biasanya meski sedang hamil. Sebenarnya caranya enggak sulit kok. Apa saja ya? Berikut ini 9 cara mengatasi morning sick :

1. Menghindari makanan yang berlemak dan pedas



Ibu hamil harus menghindari makanan yang berlemak dan pedas karena pada makanan ini dapat memicu mual. Malah akan membuat morning sick lebih parah dari biasanya dan menyebabkan sakit pencernaan bagi ibu hamil. Jadi, untuk sementara lebih baik Bunda menghindari makanan ini dulu ya. Supaya morning sick tidak semakin parah dan cepat reda.

2. Ketika bangun pagi ada jeda untuk istirahat



Ketika Bunda bangun pada pagi hari ada baiknya tidak langsung beraktivitas tetapi istirahat dulu sebentar. Dengan begitu akan mengurangi mual yang terjadi pada tubuh. Jangan memaksakan diri jika Bunda masih sering morning sick, berbicaralah dengan suami agar bisa saling membantu pekerjaan rumah pada pagi hari. Jadi, Bunda pun dapat dengan mudah mengendalikan mual pada pagi hari.

3. Makan dalam porsi kecil tetapi sering



Saat hamil tentu keinginan makan akan sangat besar, tetapi jangan makan hingga kekenyangan. Hal ini dapat membuat Bunda mual, jadi makan saya dengan porsi kecil tetapi sering. Bunda tak perlu memaksakan makan sehari 3 kali tetapi cobalah makan sehari 5-6 kali dengan porsi dikit. Dengan begitu mual sepanjang hari yang Bunda rasakan akan sedikit berkurang.

4. Konsumsi jus atau air jeruk



Vitamin C dapat membantu mengurangi rasa mual salah satunya terdapat pada buah jeruk. Bunda bisa mengkonsumsi jus atau air jeruk setiap Bunda merasa ingin muntah. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa mual loh. Jika Bunda enggak bisa minum jeruk hangat bisa juga dengan es jeruk atau pun dengan jus jeruk supaya lebih segar. Dengan begitu mudah-mudahan morning sick Bunda dapat segera reda.

5. Konsumsi makanan sehat dan sayur



Konsumsi makanan sehat tentu perlu untuk ibu hamil, tidak hanya karena sedang morning sick saja tetapi untuk konsumsi pasca melahirkan juga sangat baik. Bunda wajib nih, mulai sekarang untuk konsumsi sayur, supaya rasa mual bisa segera diatasi dan tidak lagi semakin parah. Tentu, dengan begitu Bunda dan bayi-nya pun akan semakin sehat karena makanan yang Bunda konsumsi banyak gizinya.

6. Jadwalkan waktu tidur siang



Istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk ibu hamil. Apalagi selama Bunda mengalami morning sick tentu Bunda harus siapkan jadwal tidur siang, supaya rasa mual bisa sedikit demi sedikit hilang. Jangan disepelekan jadwal tidur siang ini ya Bunda, karena ini sangat baik untuk Bunda dan bayi di kandungan agar istirahat yang didapat cukup setiap harinya.

7. Tidak stress



Terkadang pekerjaan rumah yang kunjung selesai membuat Bunda mudah sekali stress. Saat hamil tentu badan lebih sensitif dan mudah untuk lelah. Jadi, Bunda jangan paksa 'kan diri jika memang tak sanggup saat mengerjakan semua pekerjaan rumah. Kerjakan saja yang bisa dan kerjasama dengan suami untuk membantu. Supaya Bunda tidak mudah stress dan mual yang diderita tidak lebih sering datangnya. Bunda harus bahagia selalu ya!

8. Olahraga hamil



Sebagian ibu hamil enggan melakukan hal ini karena saat dulu sebelum hamil pun juga jarang melakukannya. Padahal manfaat olahraga hamil ini sangat banyak loh. Dapat membantu Bunda menjaga berat badan dan mengendalikan rasa mual juga. Dengan olahraga rutin tentu tubuh akan lebih sehat dan rasa mual yang sering Bunda rasakan biasanya terjadi karena tubuh terlalu tegang, tidak rileks. Jadi, coba deh Bunda untuk sering melakukan olahraga hamil setiap hari.

9. Jalan santai pada pagi hari



Udara pagi hari sangat baik untuk ibu hamil. Seminggu sekali ajaklah suami untuk berjalan santai berdua dan menikmati pagi hari. Dengan begitu rasa mual yang sering terjadi akan mereda karena kondisi udara yang segar dan hilangnya rasa penat di kepala. Jadi, yuk Bunda sering-sering jalan santai di pagi hari supaya morning sick tidak sering mengganggu aktivitas Bunda.

Nah itu tadi kesembilan cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi morning sick. Mudah kan Bunda? Kerjasama dengan suami tentu akan membuat Bunda lebih mudah melakukan 9 cara tersebut. Mudah-mudahan Bunda tetap semangat dalam menjalani kehamilan ya, meski morning sick sering mendera setiap saat.

Tak perlu khawatir karena morning sick juga terdapat manfaat kok Bunda. Jadi, lebih baik nikmati setiap proses kehamilan Bunda supaya Bunda lebih bahagia dan tak banyak beban pikiran. Yuk, Bunda pasti bisa!

Salam,
 steffifauziah

30 comments:

  1. JAdi inget masa2 morning sick,,duh keder antara laper tapi ga ada kepengenN makan hehehe. Nice sharing! Terima kasi ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yak kayanya kebayakan seperti itu. Saya belum pernah ngerasain hihi.

      Delete
  2. JAdi inget masa2 morning sick,,duh keder antara laper tapi ga ada kepengenN makan hehehe. Nice sharing! Terima kasi ya mak

    ReplyDelete
  3. Sudah lama tidak ngalamin morning sick, anak bungsu saya sudah 15 tahun. Tetapi tulisan ini manfaat loh untuk dibaca para ibu muda juga calon ibu. Terima kasih ya sayang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bun anak2nya sudah besar banget. Jangan2 anak sulungya seumuran saya hihi 🤭

      Delete
  4. Kalau aku tambah satu, Mbak. Makan permen jahe atau minum wedang jahe. Nggak perlu banyak2 tapi sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya jahe juga pereda ya. Siap mba di noted deh 👍🏻

      Delete
  5. Jadi ingat lagi saat hamil dulu. Tapi alhamdulillah, saya nggak merasakan morning sick di semua kehamilan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Masya Allah, hamil kebo enak ya mba. Di keluarga saya keturunannya hamilnya tepar hihi.

      Delete
  6. Stress penyebab morning sickness yang parah saat kehamilan ketiga saya Mbak. Gimana enggak stress cobak..Hamil harus ngurus proses pindahan ikut suami sekolah ke Amerika, mikir banget gimana lahiran di sana, mana masih ada kakaknya lagi yang balita..hdeh, stres berat ...sampai gejala morning sicknessnya lebih parah dari kehamilan pertama dan kedua Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tapikan seru bun jalan-jalan ke Amerika *maafkan saya anaknya demen jalan banget soalnya hihi. Masya Allah untung aman semua ya mba.

      Delete
  7. Alhamdulillah 3 kali hamil( no 2 keguguran). Hamil kebo. Makan terus ga pernah ngalami morning sicknes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, hebat bun. Saya enggak tau nih nanti hamil soalnya punya keturunan hamilnya tepar dan mual2 parah hihi. Intinya semoga semua sehat. Aamiin.

      Delete
  8. Sudah lewat masanya. Hehe...tapi penting buat info ke anak cucu kelak. Mksh yaa


    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bun, cocok buat saya jga mempersiapkannya sekalian cari ilmu seputar kehamilan hihi.

      Delete
  9. Yang ketiga kemarin aku hamil kebo hihi alhamdulilah ga morning sick. Cuma dulu pas hamil anak pertama dan kedua kalau morning sick gitu ya istirahat aja. Saya sering sambil makan coklat atau ice cream aja hehe. Kayanya emang doyan kalau itu *ups

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyik ya mba peredanya coklat dan eskrim. Saya juga mauu *loh hihi.

      Delete
  10. Alhamdulillah, dulu semasa hamil aku belum pernah mengalami morning sick. Nggak ada rasa mual. Cuma lapar, lapar, lapar, dan ngantuk hahaha ... Kalau sedang kontrol, sering tuh ketemu ibu-ibu yang sudah makan karena mual. Duh, kasihan yaaa. Pernah baca artikel kalau air kacang hijau juga baik untuk mengurangi mual.

    Nice info nih, Mbak. Bisa dishare ke teman-teman yang tengah mengalami morning sick.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya baru tau air kacang hijau bisa untuk morning sick. Sip mba makasih sudah ditambahi. Alhamdulillah, semoga bermanfaat 😊.

      Delete
  11. Catet ni 9 hal yg bikin anti morning sickness, makasih ya mba..

    ReplyDelete
  12. Saya termasuk yang mengalami morning sick di kehamilan pertama. Dan dokter kandungan yang menangani saya, menganjurkan saya untuk mengonsumsi cemilan asin sebelum turun dari tempat tidur. Dan memang lumayan mengurangi morning sick.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah cemilan asin juga pengaruh ya. Oke sip mba. Terima kasih telah berbagi pengalaman 😊

      Delete
  13. Jadi ingat pas hamil dulu saya mual muntah sampai 6 bulan. Hehe.. udah kulakukan semua tips itu tapi gak mempan. Ya emang berkurang sih tapi tetep aja muntah kalo makan. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti morning sicknessnya lumaya parah ya mba.

      Delete
  14. Kalo aku justru harus makan yg pedes2 mbak biar mualnya hilang. Beda orang beda bawaan kayaknya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes bener juga ya mba hihi. Tergantung kondisi hihi.

      Delete
  15. Terimakasih tips nya mba bisa diaplikasikan kalo hamil lagi

    ReplyDelete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed