Monday, September 24, 2018

# anak # holiday

6+ Tips Traveling Bersama Bayi Umur 6 Bulan Ala Selebgram Rachel Vennya, Wah Bunda Harus Tau Nih Biar Makin Nyaman Travelingnya!

Hallo, Mak Blogger!


Traveling itu penting, apalagi untuk Bunda yang lebih sering di rumah. Pasti jenuh kan? Pengin pasti rasanya pergi ke suatu tempat bersama suami dan anak. Eh, tapi Bunda ingat masih punya bayi yang belum genap satu tahun. Takut si bayi rewel dan enggak betah saat traveling. Tapi, ketahuilah Bunda itu semua enggak selalu kok. Selama Bunda punya tips-nya kayanya anak Bunda akan nyaman dan betah nih untuk diajak kemana-mana. Wah seru banget kan pastinya?

Untuk itu Bunda ada beberapa tips yang bisa Bunda ikuti nih. Tips ini dari seorang selebgram bernama Rachel Vennya. Selama punya anak Xabiru yang berumur kurang lebih 6 bulan, Rachel Vennya sering banget bawa Xabiru jalan-jalan. Enggak cuman di dalam negeri aja bahkan sudah sampai luar negeri seperti Jepang dan Kenya.

Nah, mungkin tips-tips dari Rachel ini bisa Bunda ikuti loh. Supaya bayi Bunda di rumah pun juga bisa dengan anteng dibawa traveling. Penasaran apa saja ya tips dari Rachel Vennya traveling bersama bayi kurang dari satu tahun? Simak yuk ulasannya berikut ini :

1. Memilih tempat traveling yang nyaman untuk bayi

Bunda harus pintar memilih tempat traveling yang memang nyaman untuk bayi. Jangan sampai tempat traveling yang Bunda pilih tidak cocok untuk bayi dibawah satu tahun. Tentu, bayi tak akan nyaman dan gampang rewel. Rachel Vennya sendiri memberikan tips untuk ini yaitu pilihlah tempat traveling di alam terbuka dengan banyak binatang atau taman. Sekaligus memperkenalkan kepada bayi hewan dan lingkungan sekitar.

Sumber : instagram.com/rachelvennya/

Selain itu, lihat dari musim juga, saat musim hujan hindari sementara alam terbuka dan lebih baik traveling city tour saja atau museum. Nah, jika musim panas alangkah nyaman untuk bermain ke taman atau lihat hewan-hewan di alam terbuka. Tetapi pilih pada pagi atau menjelang sore ya Bunda, supaya bayi pun tak kepanasan saat tengah hari di alam terbuka.

2. Wajib membawa stroller dan gendongan bayi

Membawa stoller itu penting karena Bunda pasti lelah jika menggendong bayi terus menerus. Dengan adanya stroller maka Bunda akan lebih mudah kemana-mana bersama bayi. Untuk itu lokasi yang Bunda datangi harus bisa membawa stroller ya, jangan sampai saat sampai tujuan liburan ternyata tempat tersebut sulit untuk stroller. Wah, bisa-bisa Bunda encok saat harus menggendong bayi selama traveling.

Sumber : instagram.com/rachelvennya/

Kegunaan stroller juga bisa sebagai tempat tidur untuk bayi Bunda agar bisa nyenyak tidurnya loh dan enggak terganggu. Bayi pun akan nyaman saat tidur di stoller dibandingkan digendong. Maka, stroller ini benda wajib saat dibawa traveling. Tentu cari stroller yang bisa dilipat ya Bunda, biar enggak repot saat dibawa ke pesawat. Cari juga gendongan bayi yang nyaman untuk Bunda, jika sesekali bayi capek di stroller Bunda akan aman dengan gendongan yang memang nyaman Bunda pakai.

3. Membawa makanan tepat saat traveling

Untuk anak diatas 5 bulan tentu butuh asupan selain ASI. Jadi, bawalah makanan yang praktis dan jangan lupa cemilan bayi juga. Dengan begitu, saat bayi lapar dan Bunda sulit untuk memberikan ASI, bisa diatasi dengan memberikan cemilan dan makanan praktis yang telah dibawa. Sekarang banyak makanan siap saji yang tinggal di seduh dengan air hangat. Tentu, ini tidak akan merepotkan Bunda ya selama traveling.

Sumber : instagram.com/rachelvennya/

Namun, saat datang ke restoran Bunda juga bisa menanyakan makanan bayi disana. Seperti buah potong juga bisa Bunda berikan ke bayi kok. Tetapi lebih baik dilumatkan atau dijadikan jus dulu sebelum diberikan agar mudah menelannya. Jadi, bagaimana Bunda, enggak repot kan traveling bersama bayi?

4. Tidak membawa banyak barang

Traveling bersama bayi sesungguhnya lumayan merepotkan. Jadi, Bunda dan suami bisa mengkondisikan untuk tidak membawa banyak barang ya. Bunda tetap bisa membawa barang seperlunya saja. Seperti pakaian yang akan Bunda bawa sebisa mungkin bawa pakaian yang praktis dan enggak banyak memakan tempat di koper. Carilah pakaian yang bahannya nyaman dan pastinya kancing depan untuk memudahkan saat bayi butuh ASI.

Sumber : instagram.com/rachelvennya/

Untuk perlengkapan bayi juga sebisa mungkin tidak membawa banyak mainan. Bawa saja satu atau dua mainan yang biasanya disukai oleh bayi. Bawa baju juga jangan terlalu banyak kecuali popok. Sebisa mungkin mencuci baju bayi saat traveling supaya Bunda tidak perlu membawa banyak baju bayi.

5. Upayakan penerbangan pagi atau malam

Saat Bunda traveling dan menaiki pesawat, Bunda bisa kok mencari penerbangan yang pagi atau malam hari. Hal ini dikarenakan saat menaiki pesawat anak tidak rewel. Sesuaikan dengan jam tidur anak, jika akan suka tidur di jam 8 atau jam 10 pagi, upayakan cari penerbangan jam tersebut. Begitu pun saat penerbangan malam, jika bayi tidur disekitar jam 9 malam, upayakan cari penerbangan di jam tersebut. Dengan begitu penerbangan dengan bayi pun lebih aman dan nyaman dari gangguan bayi rewel.

Sumber : instagram.com/rachelvennya/

Namun, jika bayi tak kunjung tidur juga. Bunda bisa kok menenangkan-nya dengan memberikan mainan favorit dia yang telah Bunda bawa. Ajak bercanda atau pun download video yang memang sering ditontonnya. Dengan begitu bayi tidak akan rewel saat diajak menaiki pesawat.

6. Ketika bayi rewel saat traveling

Bayi rewel saat traveling itu banyak faktor. Terkadang karena lapar, haus, tempat traveling enggak nyaman dan sebagainya. Bunda harus bisa menyiasati-nya nih. Jika, bayi tiba-tiba rewel dan menangis coba Bunda bujuk dengan memperlihatkan tempat-tempat sekitar yang bisa membuat bayi tenang. Jika masih menangis siapa tau bayi lapar Bunda bisa siapkan cemilannya.

Sumber : instagram.com/rachelvennya/

Biasanya bayi akan mulai tenang saat dirinya sudah mulai nyaman dan senang kembali. Jadi, saat bayi rewel Bunda bisa ajak untuk bercanda atau pun menghiburnya. Memberikan mainan yang dia suka juga bisa menjadi solusi kok. Intinya ajak bayi yang rewel ini happy kembali. Yuk, Bunda bisa jangan khawatir bayi rewel saat traveling.

7. Peralatan bayi dan orang tua di pisah

Pisahkan peralatan bayi dan orang tua terutama pakaian. Hal ini memudahkan Bunda mencari baju anak saat buru-buru. Selain itu koper akan terlihat lebih rapi. Biasanya saat traveling perlengkapan Bunda dan suami sendiri dari baju hingga peralatan mandi saja sudah menumpuk. Jadi, jangan jadikan satu koper dengan anak supaya tidak terlalu berantakan.

Sumber : instagram.com/rachelvennya/

Dengan menggunakan plastik perekat juga bisa menjadi salah satu solusi. Supaya sudah dibagi beberapa bagian baju yang akan digunakan oleh bayi dan orang tua. Tentu Bunda tidak akan repot dan bingung lagi memilihnya karena sudah rapi dan tertata.

8. Memberikan pengalaman berharga kepada bayi saat traveling

Pengalaman untuk bayi itu penting supaya bayi pun mengenal lingkungannya dengan baik. Melihat alam terbuka, hewan-hewan atau pun benda-benda di dalam museum membuat bayi jadi semakin tau banyak hal. Meski memang terlalu kecil, tetapi Bunda bisa membuat si bayi mengenal tempat-tempat baru.

Sumber : instagram.com/rachelvennya/

Dengan begitu anak Bunda akan lebih mudah beradaptasi dimana saja saat besar nanti. Seperti Xabiru, anak dari Rachel Vennya ini. Xabiru saat bermain di taman yang luas saja sudah senang sekali. Ketika bertemu hewan pun girang banget yang membuat siapa pun orang tua akan senang melihat anak ketawa lepas seperti itu. Jadi, enggak ada hambatan untuk traveling bersama bayi kan Bunda?

Itulah beberapa tips yang bisa Bunda ikuti ya. Meski terkadang tak mudah memang membawa bayi yang masih dibawah umur 1 tahun tetapi tak ada salahnya kok jika perjalanannya nyaman dan tempat traveling-nya juga asyik untuk bayi. Tak perlu khawatir berlebihan ya Bunda. Coba saja tips ala Rachel Vennya diatas, karena dirinya sering banget bawa Xabiru, anaknya, untuk traveling dari dalam sampai luar negeri. Wah, seru pasti traveling bareng buah hati.

Jika, Bunda punya tips sendiri biasanya yang paling penting itu apa ya? Boleh kok ditambahkan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Salam,
 steffifauziah

22 comments:

  1. Whuaa setuju semua dengan tipsnya, emang penting lihat jadwal penerbangan itu. Untungnya biasanya memang flight malam atau paling pagi juga lebih hemat daripada yang siang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba hehe, sip semoga bermanfaat ya.

      Delete
  2. Sedikit tambahan karena saya pernah traveling ke Amerika karena mau pindah ikut suami sekolah dan ngajak si adik yang 2 bulan dan kakaknya 4 tahun..:
    Jadi, pastikan di tiket disebutkan status penumpang infant, karena akan ada perlakuan khusus-terutama di penerbangan jarak jauh. Kursi akan diutamakan paling depan , ada baby box kecil, cabin crew juga langsung nyiapin tempat stroller dan sepanjang perjalanan ibu dan bayi "diistimewakan" layanannya. Kemudian datang lebih awal ke bandara, biar enggak buru-buru, karena jika ibu cemas bayi akan rewel.
    Lalu saat take off&landing bayi disusui saja untuk mengurangi efek perbedaan tekanan udara dan suara.
    Dan pastikan ASI ibu tercukupi dengan makan yang cukup selama perjalanan biar bayi enggak rewel

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mba dian pengalaman bangeeet, terima kasih tambahannya mba :).

      Delete
  3. Maksih informasinya mba Steffi, saya sudah ngga punya bayi tapi ttp aja repotnya kalau mau travelling terutama barang bawaan yang makin banyak hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyees betul banget mba, anak semakin besar semakin besar pula bawaannya wkwkwk.

      Delete
  4. Saya dulu sering membawa anak2 jalan keluar kota, terutama si Ade msh 7 bulan. Sesuai tips di artikel..sejauh ini aman2 aja...hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe Alhamdulillah ya bun, semoga bermanfaat :).

      Delete
  5. Makasih mba tipsnya, membawa bayi traveling agak rivet tapi seneng ya😍 atau bawa pemandangannya makanan khususnya bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe betul banget mba, ribet-ribet asyik yes. Tapi pengalaman juga untuk si baby hihi.

      Delete
  6. Nah, data setuju dengan tambahan tips dari Mbak Dian, terutama until bab menyusui saat landing dan take off

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe siap mba damar, semgoga bermanfaat ya.

      Delete
  7. Tipsnya bagus juga nih. Mau terusin ke calon mantu ah, semoga nanti segera diberi momongan dan bisa gunakan tips-tips ini. Kalau saya kan sudah tidak punya bayi. Tinggal tunggu cucu, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bun sudah mau mantu aja wkwkw, siap bun semoga mantunya bisa segera diberi cucu yang lucu, sehat dan sholeh/sholehah. Aamiin.

      Delete
  8. Tipsnya komplit dan bagus banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya mba.

      Delete
  9. Wah saya paling rempong urusan bawa bayik jalan-jalan hehe. Niatnya pengen bawa barang tapi nyatanya tetep aja banyak. Wkwkwk. Anyway, tipsnya keren mba.. makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang begitu sih kenyataannya wkwk, selalu bingung untuk memilah mana yang harus dibawa dan enggak dibawah, heuheu ~

      Delete
  10. Wah ini namanya traveling bahagia. Dulu aku juga bawa MPASI instan, saat banyak orang kekeh bawa gerombolan makanan blum dimasak saat pergi2. Buatku MPASI instan bikin gak ribet urusan makanan. Kitanya juga gak capek. Toh di restoran bs ditanyakan ada ndak makanan buat bayi. Ah tips komplit ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuul, sesekali membawa mpasi instan gak masalah kok. toh jalan-jalannya kan enggak sering juga hehe. Kasian juga kan jika ibu capek, liburannya jadi gak happy nanti hihi.

      Delete
  11. Panduan yang menarik buat MahMud. Selamat traveling.

    ReplyDelete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed