steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Yuk, Mengenal Pabrik Spidol dan Tinta Refill Spidol HQLINE !

Hai, Sobat Blogger!

tinta refil spidol HQLINE

Spidol adalah salah satu poduk yang banyak digunakan untuk menulis atau menggambar. Baik dari kalangan guru, murid, pekerja kantoran, sampai seniman pun banyak menggunakan spidol dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Di dalam spidol ini terdapat berbagai jenis macam warna yang dihasilkan oleh tinta spidol. Serta beberapa jenis spidol ini juga bisa diisi ulang jika habis. Yaitu dengan tinta khusus yang biasa disebut dengan tinta refill spidol, tinta refill spidol permanent dan whiteboard.

Jenis Spidol

Spidol sendiri memiliki jenis yang sangat beragam. Seperti spidol gambar, spidol papan tulis, highlighter atau yang biasa juga disebut dengan stabilo, spidol permanen, dan lain-lain. Beragamnya jenis spidol ini juga memiliki fungsi dan kegunaan yang beragam sesuai dengan bahan yang digunakan dalam produksinya. Beberapa jenis spidol bahkan ada yang bisa diisi ulang seperti yang disebutkan di atas.

Pabrik Spidol dan Tinta Refil Spidol

Spidol sendiri diproduksi oleh pabrik yang juga sekaligus memproduksi tinta refillnya. Sehingga biasanya pabrik spidol juga memiliki produk tinta refill dengan merek yang sama. Seperti pabrik spidolHQ Line misalnya. Salah satu produknya yang berupa spidol whiteboard, juga memiliki produk tinta refill dengan nama yang sama yaitu HQ Line REFILL INK.

tinta refil spidol HQLINE

Banyaknya merek dari pabrik yang memproduksi spidol ini pun juga menghasilkan kualitas yang berbeda-beda pada setiap produknya. Hal ini karena mereka memiliki standar kualitas yang juga berbeda-beda, sesuai dengan budget modal yang mereka punya untuk membeli bahan baku spidol.

Bahan Baku Spidol

Berbicara mengenai bahan baku spidol, setiap pabrik sebenarnya memiliki bahan dasar yang sebagian besar sama. Setidaknya ada empat bahan utama didalamnya. Yaitu ada aditif, air, pelarut, dan bahan pengawet. 

Sementara untuk bahan lainnya sama, tetapi untuk pelarut sendiri ternyata berbeda-beda pada tiap spidol. seperti dalam spidol permanen misalnya. Pelarutnya menggunakan xilena dan toluena yang akan menjadikan coretan spidol bertahan lama.

Kualitas Bahan Baku Spidol

Kualitas yang ada pada setiap spidol sendiri tergantung pada kualitas bahan yang digunakan. Jika menggunakan bahan yang berkualitas bagus, maka pabrik juga akan memproduksi jenis spidol bagus.

Penggunaan kualitas bahan baku yang tinggi pun juga akan berpengaruh pada keuntungan yang akan diperoleh pabrik spidol. Semakin bagus kualitas bahan bakunya, semakin berkualitas mereknya. Maka semakin banyak yang berminat membelinya. Akhirnya semakin besar pula keuntungan yang didapat pabrik.

Karena spidol ini merupakan produk yang sering dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, pabrik penghasil spidol pun biasanya akan memproduksi spidol dengan skala yang besar.

tinta refil spidol HQLINE

Maka dari itu pula biasanya pabrik spidol tidak hanya memiliki karyawan yang berjumlah banyak tapi juga memiliki mesin produksi yang cepat. Sehingga spidol yang dihasilkan bisa berjumlah banyak dalam waktu yang singkat.

Karyawan di Pabrik Spidol

Pabrik spidol dan tinta refill ini juga umumnya memiliki karyawan pabrik dengan tugas yang sama seperti pabrik-pabrik produksi barang lain. Seperti operator pabrik, packing barang, karyawan gudang dan bagian administrasi yang mengatur segala transaksi seperti pembelian bahan baku dan penentuan harga jual kepada distributor.

Pabrik Spidol di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada banyak basis pabrik pembuatan spidol. Beberapa pabrik ini bahkan tidak hanya memasarkan spidolnya untuk dalam negeri, tapi juga untuk diekspor ke luar negeri. Bahkan setidaknya lebih dari 70% produk spidol dalam negeri berhasil diekspor ke luar negeri. 

Hal ini pun menjadikan industri spidol menjadi salah satu penyumbang perekonomian dalam negeri juga walaupun dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

Alamat Pabrik Spidol HQLINE

HQLINE – Pabrik dan Supplier Tinta Refill Spidol Permanent dan Whiteboard

Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Fax: (022) 751 4316

tinta refil spidol HQLINE

Itu tadi penjelasan singkat mengenai pabrik spidol dan tinta spidol dari merk HQLINE. Bagaimana? Sangat menarik bukan mengenal pabrik spidol. Sekarang kita menjadi tahu, bahwa spidol yang kita gunakan ada berbagai jenis dan terdapat pabriknya juga di Indonesia.

Semoga tulisan ini bermanfaat, ya. Serta menambah pengetahuan kita semua.

Salam,

steffifauziah

Comments