steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Yuk, Cari Tahu Tentang Sistem ERP dan Manfaatnya Bagi Bisnismu!

Halo, Sobat Blogger!

sistem ERP

ERP adalah salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk membuat bisnis lebih optimal. Penggunaan ERP dapat mengintegrasikan berbagai proses yang ada pada bisnis sehingga dapat berjalan optimal.

Salah satu modul penting dalam ERP yang akan sangat membantu bisnis adalah sistem finance. Di mana sistem ini membantu pengelolaan keuangan perusahaan yang menjadi hal vital dan perlu diolah secara efisien. Jika kamu berniat untuk menggunakan sistem finance ERP, mari simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Sistem ERP?

Sistem ERP

Sistem ERP atau yang juga disebut Enterprise Resource Planning adalah sebuah informasi sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasi seluruh proses bisnis. Penggunaan sistem ERP ini sangat berguna untuk mengelola proses bisnis mulai dari logistik, distribusi, SDM, akuntansi, sampai dengan keuangan. Keberadaan sistem ini bisa dikatakan menjadi bagian vital perusahaan dalam rangka meningkatkan efisiensi dan mengembangkan bisnis.

Prinsip dasar ERP sendiri adalah mengoptimalkan proses bisnis perusahaan dengan mengurangi seluruh biaya operasional yang diperlukan. Seperti biaya yang dikarenakan kesalahan teknis atau juga biaya inventory.

Sistem ERP dilengkapi dengan hardware dan software yang dapat terintegrasi dan digunakan dalam proses bisnis. Dengan sistem ERP, proses pengambilan keputusan juga dapat dilakukan secara cepat dan tepat sehingga efisiensi kinerja juga dapat tercipta.

Teknologi dalam ERP mampu mengintegrasikan berbagai fungsi seperti marketing, sumberdaya, produksi, logistik, finance, dan lainnya. Fungsi finance adalah salah satu fungsi penting yang menolong perusahaan dalam mengelola keuangan perusahaan.

Apa Manfaat dari Menerapkan Sistem ERP Finance?

Sistem ERP

Penggunaan sistem ERP finance punya banyak manfaat untuk perusahaan. Di mana penggunaannya dapat menghemat waktu dan keuangan. Tidak sampai situ saja, bahkan sistem finance ERP ini membantu menyederhanakan proses pembuatan laporan keuangan perusahaan.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya, antara lain:

1. Mengotomatisasi Data Keuangan

Mengotomatisasi data keuangan membantu perusahaan untuk lebih produktif dalam mengelola data keuangan perusahaan. Sistem keuangan ERP, menggabungkan berbagai data keuangan yang sepenuhnya otomatis. Otomatisasi ini juga memungkinkan Anda untuk melacak seluruh daftar transaksi keuangan secara cepat dan aman. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan.

2. Memberikan Keuangan secara Rinci

Penggunaan sistem ERP finance akan membantu kamu dalam membuat laporan keuangan yang lebih rinci. Tidak hanya laporan neraca, tapi juga laba rugi, dan sebagainya. Kamu juga dapat membuat proyeksi arus kas yang keluar dan masuk sesuai dengan manajemen persediaan dan faktor-faktor lainnya.

3. Meminimalisir Human Error

Sistem ERP yang telah bersifat digital dan otomatis memberikan manfaat kepada perusahaan untuk dapat meminimalisir terjadi human error. Hal yang mungkin bakal terjadi bila Anda menggunakan pengelolaan manual.

4. Kontrol Bisnis yang Menyeluruh

Sistem ERP finance memungkinkan perusahaan untuk dapat mengontrol bisnis secara menyeluruh. Hal ini berkaitan dengan informasi yang disajikan secara real time sehingga memberikan gambaran yang lebih nyata tentang apa yang terjadi di lapangan. Selain itu, kehadirannya juga mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat berbasis data.

Sistem ERP

Itulah manfaat dari sistem finance yang ada pada ERP. Beruntungnya sekarang ini untuk menikmati berbagai fitur sistem finance dalam ERP tidaklah sulit. Hal ini karena saat ini di Indonesia juga sudah ada sistem ERP yaitu RedERP.

Software ERP RedERP punya sistem finance yang membantu perusahaan untuk mengelola keuangan perusahaan lebih cepat dan akurat. Semua sistem pengelolaan keuangan perusahaan bisa ditemukan dalam software ERP RedERP yang sudah berbasis cloud.

Referensi: https://rederp.co.id/blog/sistem-erp-finance/

Salam,

steffifauziah

Comments