steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Mau Bikin Blog? Kenalan Sama Domain Dulu, Yuk!

Hai, Sobat Blogger!

domain .id murah

Membuat blog untuk seorang pemula, tidaklah terlalu sulit. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat blog karena senang menulis, bisa menggunakan dua builder yang sudah terkenal. Yaitu, blogspot dan wordpress. Kedua builder ini bisa menjadi pilihan kamu dalam membuat blog.

Namun, kamu juga harus tahu bagian-bagian yang selalu melekat di blog itu sendiri. Sebuah blog tidak akan bisa tanpa domain atau pun hosting. Nah, untuk kamu yang baru banget buat blog. Pahami dulu apa itu domain, yuk!

Apa Itu Domain?

domain .id murah

Domain adalah nama website yang diakhiri dengan ekstensi (.com. .co.id, .id, dan lain-lain) yang biasanya kamu ketikkan di kolom alamat browser. Nama domain bisa kita pilih sendiri dan tentukan sendiri ingin dinamakan apa.

Seperti blog saya ini, yaitu steffifauziah.com. Karena blog ini punya pribadi, maka saya namai dengan nama saya sendiri. Untuk kamu yang ingin punya blog juga bisa menggunakan nama kamu sendiri, ya. Bisa juga dengan nama toko jika kamu ingin buka toko online atau nama apapun yang ingin kamu mau.

Domain itu seperti alamat yang perlu kamu gunakan ketika akan membuka sebuah website. Gampangnya seperti ini. Website atau blog itu adalah rumah. Hosting itu adalah tanah tempat membangun rumah kamu dan domain itu alamat rumah kamu.

Jadi, domain ini memang penting banget dalam sebuat website atau blog. Domain termasuk komponen utama dalam suatu website atau blog.

Apa Bedanya dengan URL?

domain .id murah

URL adalah Universal Resource Locator. Yaitu alamat web lengkap yang bisa mengantarkan kamu ke situs yang ingin kamu kunjungi. Di dalam URL, pasti ada nama domain.

Pada domain hanya terdapat dua kompenen, yaitu situs dan ekstensi. Contoh : steffifauziah.com.

Nah, pada URL terdapat protokol, subdomain, nama domain dan path atau halaman. Contoh : https://www.steffifauziah.com/blogging

Bagaimana? Sudah tidak bingung kan dengan perbedaan domain dan URL? Tentunya kamu bisa juga langsung menuliskan nama domain di kolom pencari browser kok. Jika kamu tidak tahu URL halaman yang ingin kamu cari di website tersebut.

Berbagai Jenis Domain

domain .id murah

Sebenarnya ada banyak berbagai jenis domain. Namun, di sini saya akan bahas tiga jenis domain saja, ya. Ketiga jenis ini biasanya sering ditemui oleh para blogger. Apalagi untuk blogger pemula, biasanya menggunakan tiga jenis domain ini. Apa saja, ya?

Domain Gratis

Domain gratis ini bisa kamu dapatkan setelah kamu membuat sebuah blog atau website di builder blogspot atau wordpress. Domain ini tidak perlu membayar. Contohnya : steffifauziah.blogspot.com atau steffifauziah.wordpress.com.

Memang kurang estetik dan unik jika menggunakan domain gratis ini. Ada baiknya kamu membuat domain yang berbayar. Apalagi untuk kamu yang sedang branding menjadi penulis atau blogger.

TLD (Top Level Domain)

TLD atau Top Level Domain adalah nama tingkat atas untuk sistemnya di Internet. TLD yang paling sering digunakan adalah .com, .org atau .net dan lain sebaginya.

Tentunya memiliki harga yang variatif dan lebih mahal dibandingnya TLD lainnya. Namun, untuk kamu yang ingin punya nama domain lebih terjangkau bisa coba ccTLD.

ccTLD (Country Code Top Level Domain)

Ekstensi ini menggunakan nama negara, dengan menggunakan dua huruf dari nama negara tersebut. Contoh : .id untuk Indonesia, .us untuk United States, .jp untuk Japan dan lain sebagainya.

Untuk kamu yang ingin punya nama domain lebih unik bisa menggunakan ccTLD ini, loh. Apalagi ada domain .id murah yang bisa kamu coba untuk nama domain kamu. Wah, website atau blog kamu akan lebih estetik nih.

3 Alasan Mengapa Harus Punya Domain Berbayar

domain .id murah

Menurut saya nih, ya. Ada beberapa alasan kenapa kamu harus punya domain berbayar. Karena punya domain berbayar itu gak rugi loh. Kamu perlu tahu alasannya, nih.

1. Untuk Branding

Bagi seorang penulis atau blogger. Branding itu penting. Nah, punya blog atau website dengan nama sendiri tanpa ada embel-embel subdomain .blogspot.com atau .wordpress.com itu bisa memudahkan kamu untuk branding loh.

Nama blog atau website kamu jadi lebih bagus, unik dan gampang untuk diingat. Tak jarang, jika menggunakan domain gratis, orang suka lupa menambahka subdomain tersebut. Jadi, baiknya sih punya domain TLD atau ccTLD, ya.

2. Memudahkan Pengunjung untuk Mencari Blog Kita

Yap, karena lebih mudah diingat. Coba bandingkan nama domain steffifauziah.com dan steffifauziah.blogspot.com. Mana yang lebih mudah diingat? Tentunya yang sudah menggunakan TLD, ya.

Pastinya pengunjung juga lebih mudah menemukan blog atau website kita di Internet. Dengan begitu lebih banyak pengunjung yang sering datang, baca artikel kita dan meninggalkan komen di berbagai tulisan di blog kita.

3. Blog Terlihat Profesional

Pastinya! Karena terlihat ada modalnya, hihi. Coba deh kalau pakai domain gratis. Wah, takutnya cuma blog yang isinya dear diary doang lagi. Padahal isi blognya bagus. Untuk itu, gak ada salahnya investasi lebih untuk beli domain TLD, ya.

InsyaAllah, enggak ada ruginya kok. Malah semakin untung karena banyak brand yang ingin bekerjasama dengan kamu, loh. Terlihat dari blognya yang profesional menggunakan TLD.

Cari Cuan dengan Gabung Bersama Reseller Domain

domain .id murah

Untuk kamu yang ingin menambah dari hasil jualan domain. Nah, kamu bisa gabung dengan Reseller Domain ini loh. Perlu diingat, bahwa ini reseller domain tanpa deposit loh. Wah, tentunya bisa menambah uang jajan kamu nih.

Apalagi untuk mau yang masih ragu beli domain TLD. Nah, coba aja deh jadi reseller domain ini. Siapa tahu dari hasil jualan domain, kamu jadi tertarik beli domain TLD, hihi.

Good luck, ya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Salam,

steffifauziah

Comments