steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Bosan Makan Ikan? Cobain Dulu Resep Pesmol Ikan Kembung yang Enak Ini!

Hi, Sobat Blogger!

Resep Pesmol Ikan Kembung

Ikan kembung adalah salah satu jenis ikan yang banyak dikenal dan menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat di Indonesia. Memiliki cita rasa yang gurih pasti akan membuat sahabat sehat sekalian ketagihan.

Ikan yang dikenal memiliki nutrisi setara dengan ikan salmon ini bisa diolah menjadi berbagai macam olahan untuk keluarga sahabat sehat sekalian. Salah satu makanan yang sahabat sehat patut untuk dicoba dan dihidangankan di rumah adalah resep pesmol ikan kembung.

Pesmol sendiri adalah masakan khas yang bisa dibuat dari ikan baik itu ikan lele, ikan bandeng, ikan mas dan ikan kembung. Makanan ini paling mudah kita jumpai di daerah Sunda Jawa Barat. Memiliki cita rasa yang gurih, manis, asam dan pedas ini akan semakin membuat sahabat sehat sekalian tambah doyan makan dan pasti akan di jadikan makanan favorit.

Sebelum sahabat sehat sekalian mengetahui cara membuat pesmol ikan kembung mari kita ulas terlebih dahulu apa saja nutrisi yang terkandung yang ada di Ikan kembung.

Ciri- Ciri Ikan Kembung

Resep Pesmol Ikan Kembung
  1. Memiliki kepala yang lebih panjang dari pada tebal tubuhnya.
  2. Rahangnya sebagian tersembunyi ditutupi tulang lakrimal yang panjangnya sampai tepi rongga mata.
  3. Insang yang panjang akan terlihat jika mulutnya terbuka.
  4. Punya kantung renang.
  5. Memiliki sirip yang berada di punggung.
  6. Jika ikan kembung berjenis kelamin laki-laki yang masih dalam keadaan hidup akan memiliki warna keemasan pada bagian punggungnya.
  7. Pada ikan kembung yang sudah mati akan memiliki warna gelap di garis bagian punggung dan hitam di dekat batas bawah sirip di dada terhadap sirip kuning bercorak kehitaman di punggung sedangkan sirip pada bagian dada dan ekor berwarna kekuningan.
  8. Banyak ditemukan pada daerah perairan laut Kalimantan, Selat Malaka, Jawa dan Sumatra Barat.

Nutrisi Di Dalam Ikan Kembung

Resep Pesmol Ikan Kembung

1. Omega-3

Memiliki kandungan omega-3 yang lebih tinggi dari pada ikan salmon, yaitu 100 gram ikan kembung memiliki kandungan omega-3 setara 2,4 gram.

2. Selenium

Selenium bekerja sebagai antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini.

3. Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia agar tubuh selalu berfungsi dengan baik. Seratus gram ikan kembung m memiliki kandungan proteinnya hampir mencapai 20 gram.

4. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh yang berguna untuk membantu penyerapan kalsium, membantu sistem imun dan saraf, menjaga kesehatan tulang dan gigi sehat.

5. Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah, mampu untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh dan juga kesehatan sistem imun dan saraf.

Kamu bisa berbelanja ikan kembung yang pastinya aman untuk dikonsumsi di situs belanja sehat komplit SESA.ID.

Resep Pesmol Ikan Kembung

Resep Pesmol Ikan Kembung

Nah, berikut ini adalah resep pesmol ikan kembung yang bisa sahabat sehat buat di rumah. Jangan khawatir resep ini mudah, loh. Sahabat sehat pasti dengan mudah memubuat pesmol ikan kembung. Cek resepnya di bawah ini, ya.

Bahan yang Dibutuhkan

  • 3 ekor ikan kembung yang sudah dibersihkan
  • ½ mentimun yang sudah di kupas kasar dan di potong-potong
  • 5 buah cabe rawit utuh
  • ½ batang serai yang digeprek
  • 1 lembar daun jeruk
  • ½ buat tomat yang di potong-potong
  • 1 batang daun bawang potong serong
  • Gula, garam, kaldu bubuk, air secukupnya

Bumbu Pesmol Ikan Kembung

  • Bawang merah 3 butir
  • Bawang putih 1 siung
  • Kemiri 1 butir
  • ½ ruas lengkuas
  • ½ ruas kunyit
  • ½ jahe

Langkah-langkah Membuat Pesmol Ikan

  1. Lumuri dengan perasaan jeruk nipis, garam lalu diamkan 10 menit, bilas sampai bersih setelah itu digoreng sampai matang
  2. Haluskan bahan bumbu halus, tumis bersamaan daun jeruk, serai lalu aduk. Tuangkan air, tambah cabe rawit, tomat, gula, garam dan kaldu
  3. Selanjutnya masukkan ikan kembung yang sudah di goreng bersama dengan timun, daun bawang aduk rata, cicipi lalu siap untuk dihidangkan

Bagaimana? Ternyata sangat mudah, ya, membuat pesmol ikan kembung. Untuk sahabat sehat yang ingin sekali mencoba masak ikan, bisa coba resep ini. Cara membuatnya mudah dan pastinya enak. Semoga sahabat sehat suka dengan resepnya, ya.

Salam,

steffifauziah

Comments