steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

10 Ucapan & Doa Penuh Makna Bagi Pengantin Baru, Baca Yuk!

Bismillah.

Hai, Sobat Blogger!

Doa untuk Pengantin

Jika dulu sebelum pandemi melanda kamu dibanjiri undangan pernikahan. Namun saat ini undangan pernikahan yang datang bisa jadi hanya berupa undangan secara virtual saja. Contohnya, kamu hanya mendapatkan info akad nikahnya serta melihat foto dan video selama prosesi pernikahan. Tentunya yang bisa kamu lakukan hanya mengucapkan selamat dan memberikan doa untuk pengantin baru melalui handphone.

Mendoakan pernikahan orang lain entah kamu sedang mendatangi acaranya atau tidak merupakan akhlak yang mulia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengajarkan umatnya untuk mendoakan pengantin yang baru resmi melangsungkan pernikahan dan memulai bahtera rumah tangga.

Jika kamu ingin memberikan ucapan maupun doa untuk pengantin yang baru menikah, maka berikut dibawah ini ada rekomendasi contoh ucapan dan doa penuh makna untuk pengantin baru yang bisa disampaikan. Cek ulasannya dibawah ini:

Ucapan Pertama

“Alhamdulillah. Selamat ya atas pernikahan kalian yang berjalan dengan lancaar. Semoga kalian menjadi pasangan yang harmonis, senantiasa dikarunai keberkahan dalam menjalani biduk rumah tangga dan senantiasa diberikan kelancaran dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Tidak lupa, semoga kalian juga dikaruniai anak – anak yang soleh dan solehah sebagai penyempurna kebahagiaan. Allahumma Aamiin.”

Baca juga 10 Hal Kenapa Pillow Talk dengan Suami Itu Penting!

Ucapan Kedua

“Tidak ada ibadah yang lebih indah daripada pernikahan. Dimana duduk berdua menjadi ibadah, dan menghabiskan waktu berdua juga menjadi ibadah. Bahkan, menyuapkan makanan juga menjadi ibadah. Semoga kebahagiaan dan keberkahan senantiasa menyertai langkah kalian. Allahumma Aamiin.”

Ucapan Ketiga 

Doa untuk Pengantin

“Alhamdulillah, selamat ya atas pernikahannya sahabat. Semoga pernikahanmu dilimpahi dengan cinta, kebaikan, dan kebahagiaan. Barakallahu fiikum.”

Ucapan Keempat

“Barakallahu lakum wa baraka 'alaikum. Semoga Allah senantiasa memberikan dan melimpahkan keberkahan bagi kamu dan pasangan. Allahumma Aamiin.”

Ucapan Kelima

“Baarakallahu laka wa baarakaa 'alaika wa jama'a bainakumaa fii khoir. Semoga Allah memberkahi kamu dan pasangan, baik saat senang maupun susah dan senantiasa mengumpulkan kalian berdua pada kebaikan. Allahumma Aamiin.”

Baca juga Ketika Ada Jarak Maka Rindu Hadir, Ketika Suami WHF Masih Adakah Rindu?

Ucapan Keenam

“Pernikahan ini merupakan awal kehidupan baru kamu dan pasangan. Mudah – mudahan membawa keberkahan hingga akhir hayat dan kalian akan selalu memperoleh Rahmat-Nya. Selamat menempuh hidup baru sahabatku.”

Ucapan Ketujuh

Doa untuk Pengantin

“Selamat hari berbahagia sahabat. Jadikanlah niat menikah ini sebagai ibadah untuk mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan semoga Allah Ta'ala selalu memudahkan perjalanan kalian.”

Ucapan Kedelapan

“Selamat menjalani hidup baru temanku. Mudah – mudahan pernikahan kalian langgeng dan senantiasa memperoleh petunjuk dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam setiap langkah.”

Ucapan Kesembilan

“Pernikahan merupakan awal kehidupan baru untuk menjemput keridhoan-Nya. Mudah – mudahan membawa berkah hingga akhir hayat dan kalian akan selalu memperoleh rahmat-Nya.”

Ucapan Kesepuluh

“Turut berbahagia atas pernikahan kalian. Mudah – mudahan pernikahan ini menjadi awal kisah perjalanan cinta kalian dan senantiasa diridhai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.”

Baca juga Tips Daftar Haji di Masa Pandemi

Namun sangat dianjurkan kepada siapa pun yang hadir pada pesta pernikahan untuk mendoakan pengantin yang sedang berbahagia. Diantara doa yang dianjurkan untuk dibaca adalah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadist sahih dan diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu berbunyi :

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.”

Artinya, “Mudah – mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.”

Doa untuk Pengantin

Doa tersebut merupakan doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada umat-Nya ketika memberikan doa kepada pengantin. Hal ini agar kedua mempelai senantiasa mendapatkan keberkahan saat dalam keadaan susah maupun senang dan selalu berada dijalan kebaikan ketika telah menjalani bahtera rumah tangga nanti.

Doakan dengan doa diatas jika kamu datang sebagai tamu, maka doa tersebut juga baik untuk kamu ketika orang – orang yang dikenal sedang melangsungkan pernikahan. Dengan turut mendoakannya, niscaya kamu juga akan mendapatkan kebaikan dari doa yang dipanjatkan.

Semoga kesepuluh ucapan dan doa yang penuh makna diatas tadi bisa menjadi referensi untuk kamu ketika ada teman atau saudara yang menikah. Ucapkan doa-doa diatas dengan tulus, karena ucapan adalah doa. Semoga bermanfaat, ya.


Salam,
steffifauziah

Comments